9 Insight Dekorasi Ruang Makan Sederhana

Bagi beberapa orang, desain atau dekorasi ruang makan sederhana perlu diterapkan. Sebab, ruang makan termasuk ruangan utama yang bersifat pribadi.

Tidak sekedar menjadi ruangan untuk menikmati menu makanan saja, namun ruangan ini juga menjadi salah satu tempat untuk bersantai, berkumpul bersama keluarga atau teman hingga sebagai tempat untuk belajar maupun bekerja.

Terkadang ketika ingin mendekorasi ruang makan sederhana saja ada beberapa kendala yang mungkin bisa terjadi. Seperti ruangan yang terbatas atau sempit. Jika Anda memiliki masalah serupa, jangan khawatir.

Ada banyak cara dekorasi ruang makan sederhana untuk ruang terbatas yang bisa dicoba agar area esensial ini terlihat semakin menarik.

Ide Dekorasi Ruang Makan Sederhana Tapi Bagus

Dekorasi Ruang Makan Sederhana
Dekorasi Ruang Makan Sederhana

Mendekorasi ruang makan sederhana yang baik dan menarik tidak harus selalu mengeluarkan banyak uang. Semua bisa diakali dengan pemilihan gaya desain maupun perabot yang tepat supaya tercipta ruang makan yang aestetik.

Untuk membantu Anda, berikut ada beberapa ide dan cara dekorasi ruang makan sederhana yang bisa dicoba:

1. Kursi Stool

Agar ruang makan kecil Anda bisa serasi, maka pilihlah beberapa furnitur yang paling cocok untuk diterapkan pada konsep desain ruangan yang digunakan. Anda bisa menggunakan kursi tanpa pegangan (stool) untuk pasangan meja makan.

Kursi ini sangat cocok untuk diterapjkan jika hunian Anda adalah model minimalis karena kursi ini umumnya memiliki ukuran yang kecil, sehingga cukup ideal diletakkan untuk ruangan yang terbatas.

Selain bisa menghemat ruangan, kursi stool juga bisa membuat ruangan makan menjadi terlihat lebih rapi, elegan serta fungsional pastinya.

2. Taplak Meja

Cara dekorasi paling sederhana untuk ruang makan adalah dengan menambahkan taplak meja di atas meja makan. Pilihlah corak maupun warna meja makan yang senada selaras dengan meja makan.

Selain untuk menambah nilai aestetik, menghias meja makan dengan menggunakan taplak meja ini juga bisa melindungi warna cat meja agar tidak cepat luntur dan terhindar dari kotoran baik itu dari debu atau noda makanan menempel.

3. Menambahkan Hiasan di Atas Meja Makan

Selain memberi taplak meja, cara dekorasi lain yang sederhana yang bisa Anda lakukan adalah dengan menambah hiasan meja di atas meja makan secara sederhana saja. Namun jangan terlalu banyak menambah elemen dekorasi di atas meja supaya tidak terkesan ‘ramai.

Sebab jika hal ini terjadi justru akan mengurangi ketersediaan ruang meja makan yang justru akan mengurangi fungsi sebenarnya karena terlalu banyak hiasan di atasnya.

4. Meja Konsol

Penggunaan meja konsol untuk ruang makan memang terbilang sudah tidak umum, terlebih bagi hunian dengan desain modern minimalis. Banyak yang menilai, jika penggunaan meja konsol ini tidak terlalu fungsional dan justru membuat ruangan jadi nampak sempit.

Meski begitu, tidak ada salahnya jika Anda menginginkan meja model seperti ini untuk dekorasi ruang makan sederhana di rumah.

Anda bisa memanfaatkan meja ini untuk digunakan sebagai tempat untuk penyimpanan berbagai hiasan seperti piring antik, vas bunga dan sebagainya. Meja konsol juga bisa digunakan untuk sekat antara dapur dengan ruang makan.

5. Lampu Gantung

Agar semakin menarik dan elegan, Anda bisa memperhatikan aspek pencahayaan di ruang makan dengan memberinya lampu gantung. Buatlah lampu gantung yang bisa menghantarkan cahaya secara lembut ke seluruh ruang makan, namun jangan terlalu redup.

6. Lemari Panjang

Untuk pemilik rumah yang memiliki ruangan makan yang cukup lapang, maka bisa dengan menambahkan lemari panjang (cupboard) sebagai tempat untuk meletakkan berbagai peralatan makan.

Lemari ini juga bisa digunakan untuk meletakkan berbagai persediaan makan berupa kemasan seperti makanan kaleng, mie instan, susu bubuk, pasta dan sebagainya. Dengan begitu ruang makan jadi terlihat lebih rapi.

7. Rak Dinding

Jika ruangan Anda tidak memungkinkan untuk dipasang lemari, maka Anda bisa memberi rak dinding untuk tempat penyimpanan.

Penerapan rak dinding ini sangat cocok untuk dekorasi ruang makan agar terlihat semakin rapi. Selain untuk meletakkan stok makanan, Anda juga bisa meletakkan beragam bumbu dapur di rak ini.

8. Kitchen Set Minimalis

Jika dapur dan ruang makan menyatu, maka Anda bisa mengakalinya dengan menambahkan kitchen set minialis. Sama seperti meja konsol, fungsi kitchen set ini juga bisa digunakan sebagai sekat antara area dapur dengan ruang makan.

Jangan lupa untuk memperhitungkan jendela untuk sirkulasi udara agar tidak menimbulkan bau menyengat yang bisa mengganggu aktivitas makan setelah selesai memasak karena dapur yang menyatu dengan ruang makan.

9. Hiasan Dinding

Hiasan dinding ruang makan adalah salah satu hal yang tidak bisa diabaikan untuk membuatnya menjadi semakin menarik.

Anda bisa meletakkan beberapa dekorasi tambahan di dinding seperti foto ataupun lukisan. Tentu dekorasi dinding ini adalah hal yang paling sederhana dan mudah karena tidak perlu merubah ruang makan tersebut.

Tips Dekorasi Ruang Makan Sederhana Agar Tidak Membosankan

Ruang makan memang seharusnya didesain semenarik dan senyaman mungkin. Selain memperhatikan keserasian warna, konsep serta dekorasi pada ruang makan, Anda juga perlu memperhatikan beberapa tips berikut agar ruangan tersebut tidak membosankan:

  • Pencahayaan

Tidak bisa dipungkiri, pencahayaan yang terang sangat penting untuk ruang makan. Untuk pencahayaan alami dari matahari, Anda bisa usahakan meletakkan meja dan kursi makan di dekat jendela dan tambahkan lampu gantung untuk menerangi makanan yang tersaji di atas meja.

  • Warna Cat Tembok

Warna cat yang diterapkan ke dinding ruang makan juga harus selaras. Pilihlah warna-warna yang bisa membangkitkan selera makan seperti penerapan warna hijau, orange atau merah supaya ruangan menjadi terlihat lebih segar.

Anda bisa memadukan warna-warna ini dengan warna netral seperti  hitam, putih, krem atau cokelat muda. Warna tesebut akan mempercantik ruang makan minimalis Anda.

  • Memilih Furnitur yang Sesuai

Memilih furnitur yang sesuai dengan bentuk ruangan juga tidak kalah penting. Apabila ruang yang Anda miliki terbilang mungil, makan bisa mengakalinya dengan menggunakan meja bulat agar lebih efisien.

Sesuaikan bentuk meja dengan kursi dan pertimbangkan pula material yang digunakan oleh furnitur tersebut agar tampilannya semakin menarik.

  • Memberi Hiasan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, beri hiasan pada ruang makan. Anda juga bisa menggunakan hiasan tanaman hidup dengan warna hijau alami agar menambah selera makan Anda.

  • Menambahkan Partisi

Menambah rak penyimpanan, lukisan dinding hingga kabinet pantry juga bisa menambah dekorasi ruang makan sederhana menjadi menarik. Untuk lebih personal, Anda bisa menambahkan partisi rungan sebagai pembatas ruang makan dengan ruangan lainnya.

Pemilihan perabot dan penataan yang baik akan menciptakan dekorasi ruang makan sederhana. Selain itu, Anda juga bisa memaksimalkan fungsi ruangan tersebut dengan cara menambahkan beberapa fasilitas tambahan yang memang berguna.

Dengan beberapa ide dan tips simpel di atas, Anda bisa merombak ruang makan sekaligus menjadi titik kumpul keluarga dengan nyaman tanpa harus mengeluarkan biaya besar.

Editted by UN

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *