6 Ide Dapur Minimalis Granit Hitam, Ter-Favorit!

Dapur minimalis granit hitam kini menjadi desain paling favorit bagi sebagian besar penghuni rumah.

Alasan utamanya yakni granit hitam dikenal sebagai material dapur yang kuat, tahan lama, mudah dibersihkan, memberikan kesan mewah dan cocok digunakan di berbagai interior, baik modern, minimalis, maupun futuristik.

Jika Anda tertarik untuk mengaplikasikan desain dapur minimalis granit hitam, berikut ini beberapa inspirasi yang bisa Anda coba! 

6 Ide Dapur Minimalis Granit Hitam yang Paling Favorit

Dapur Minimalis Granit Hitam
Dapur Minimalis Granit Hitam

Ada beberapa ide tampilan granit dapur minimalis warna hitam yang bisa Anda susun sesuai kebutuhan, diantaranya:

Dapur minimalis granit hitam serta tone earthy

Anda dapat memadukan countertop granit hitam dengan tone warna earthy, seperti hijau lumut untuk lemari dapur bagian bawah agar memberikan kesan dapur modern dan minimalis. Hal ini juga dapat menghadirkan kesan hangat pada dapur Anda lho.

Anda bisa mengimbangi warna gelap warna ini dengan menggunakan warna abu-abu pada backsplash dapur dan warna putih pada dinding dapur agar ruangan tetap terang. 

Dapur minimalis granit hitam tema monokrom

Ide dapur minimalis granit hitam selanjutnya yaitu bertema monokrom. Dapur minimalis monokrom dengan granit hitam ini memberikan tampilan minimalis, elegan, dan modern di dapur Anda lho.

Anda bisa menggunakan granit hitam untuk permukaan meja island dapur atau countertop, serta padukan dengan lemari putih. 

Dapur minimalis granit hitam pada backsplash

Anda bisa mengaplikasikan granit hitam tidak hanya di countertop atau permukaan meja dapur, tapi juga di backsplash. 

Kemudahan dalam membersihkan granit hitam adalah salah satu alasan utamanya – backsplash mudah kotor saat terciprat cairan atau zat yang berhubungan dengan bahan memasak.  

Untuk menciptakan tampilan interior dapur yang modern, Anda bisa memadukan granit hitam di backsplash dapur dengan warna putih pada kabinet atas serta warna cokelat kayu pada kabinet bawah.

Dapur minimalis granit hitam bertema all black

Rekomendasi dapur minimalis granit hitam yang bisa Anda coba berikutnya yaitu bertema all black. Ya, keseluruhan serba hitam di dapur, kenapa tidak?

Dapur minimalis dengan granit hitam dan tema serba hitam memang bisa membuat dapur Anda sangat stylish, elegan, dan misterius. Agar tidak terlihat gelap dan “tidak berjiwa”, pastikan ada pencahayaan yang baik dan cukup ya. 

Dapur minimalis granit hitam dan kayu bercorak

Kombinasi granit hitam pada countertop dan desain backsplash kayu bercorak pada kabinet dapat menjadi pilihan desain dapur yang tepat untuk memberikan kesan dapur yang tidak terlalu monoton dan lebih mewah tanpa berlebihan. 

Dapur minimalis granit hitam dan kombinasi abu-abu-pink pastel

Kombinasi granit hitam dan perpaduan pastel abu-abu pink pastel akan memberikan suasana dapur yang lembut dan unik.

Gunakan granit hitam untuk permukaan meja island dan countertop, kemudian pasangkan kabinet dengan kombinasi pink pastel dan abu-abu. Sangat menarik dan unik bukan?

4 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memilih Granit Hitam Untuk Dapur

Granit cocok untuk dapur yang luas

Jika Anda menginginkan dapur yang terlihat elegan dan mewah tanpa terkesan berlebihan, penggunaan granit hitam pada dapur Anda adalah pilihan yang sangat tepat!

Namun, penggunaan granit hitam ini akan lebih baik jika digunakan pada dapur berukuran besar.

Material yang terlihat besar dan berat menjadi alasan utama mengapa material ini tidak cocok ditempatkan di dapur yang kecil atau sempit. 

Namun, jika Anda memiliki dapur yang sempit, jangan berkecil hati dulu. Material granit juga bisa digunakan pada dapur sempit dengan memadukannya dengan warna putih dan tambahan cermin, yang bisa memberikan kesan dapur luas. 

Selain itu, warna putih pada seluruh dinding (dan kabinet) dapur yang dipadukan dengan warna hitam pada permukaan meja atau countertop granit akan membuatnya tampak mengapung dan menjadi titik fokus utama pada dapur Anda. 

Baca juga: Jenis Motif Granit Teras Depan dan Cara Merawatnya

Mempunyai harga yang mahal

Nuansa granit hitam yang elegan dan mewah membuatnya dihargai dengan harga mahal. Tapi, itu sepadan dengan kualitas yang ditawarkan; sangat kuat, tahan panas, awet serta mudah dibersihkan. 

Gunakan pencahayaan yang baik dan cukup memadai

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan granit hitam di dapur, Anda harus memperhatikan pencahayaan di dalam ruangan. Pencahayaan yang disarankan adalah lampu putih terang.

Hal ini dikarenakan pencahayaan yang baik dan cukup memadai akan menonjolkan corak unik dan kemilau granit hitam. Ini juga akan membuat dapur Anda lebih hidup dan tidak gelap lho!

 Membutuhkan perawatan rutin

Agar granit lebih awet dan tetap kuat, Anda perlu merawatnya secara rutin. Selain perlu dibersihkan setelah digunakan, bahan ini juga memerlukan pelapisan secara berkala untuk melindunginya dari noda hingga menjaga kilau indahnya. 

Tips Membuat Dapur Jadi Estetik dengan Granit Hitam

Gunakan Elemen Kontras Pada Dapur Granit Hitam Minimalis 

Dapur minimalis berbahan granit hitam memang sulit diwujudkan karena Anda harus menciptakan efek visual agar tidak terlihat monoton. 

Atau, Anda dapat menambahkan beberapa elemen kontras. Misalnya, untuk tampilan yang lebih eksklusif, Anda bisa mengaplikasikan cat warna cerah atau menggunakan sink cuci piring warna emas atau perak. 

Hias Dapur Minimalis Granit Hitam dengan Lampu Gantung

Untuk menciptakan kesan mewah, Anda juga bisa menambahkan lampu gantung pada granit hitam minimalis yang tersebar di hunian Anda. Anda bisa memilih dari berbagai desain lampu gantung yang banyak tersedia di pasaran.

Anda juga bisa memilih model lampu gantung yang unik, di mana lampu dilengkapi dengan kap kaca bulat bergaya industrial. Dapur akan terlihat lebih elegan bukan? 

Tambahkan Aksen Natural di Dapur Minimalis Granit Hitam

Dengan menggunakan dapur granit hitam minimalis dapat memberikan kesan yang super elegan. Namun, ada baiknya Anda tetap menempatkan aksen natural di dapur, agar berbagai kegiatan memasak terkesan lebih homey dan leluasa. 

Di satu sisi, Anda bisa menambahkan elemen kayu atau dekorasi berupa tanaman indoor yang diletakkan di sudut countertop.

Bagi Anda yang tidak ingin ribet, Anda bisa langsung saja menghadirkan perabot dapur yang terbuat dari bahan atau motif kayu.

 Padukan dengan Backsplash Unik

Anda bisa membuatnya semakin atraktif dengan memadukan dapur minimalis granit hitam dengan backsplash dapur yang unik.

Menggunakan backsplash unik dapur dengan granit hitam bisa menjadi focal point ruangan. Dalam hal ini, Anda bisa bermain dengan motif backsplash yang tidak biasa untuk menciptakan kesan tersebut.

Baca juga: Desain dapur minimalis model L

Padukan Warna Putih Pada Dapur Minimalis Granit Hitam

Penggunaan granit hitam pada countertop pasti memberikan kesan mewah pada dapur. Namun, Anda harus memadukannya dalam beberapa elemen dengan warna lain.

Misalnya warna putih pada kabinet akan memberikan kesan dinamis dan membuat dapur tetap terang dan luas. 

Itulah beberapa ide dapur minimalis granit hitam yang bisa Anda jadikan referensi. Tentunya ada banyak granit hitam yang dapat dipilih dan disesuaikan dengan konsep interior dan anggaran Anda sendiri. Semoga bermanfaat!

Editted by UN

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website