6 Pilihan Granit Dapur Minimalis Terbaik

Memilih Granit dapur minimalis yang pas memang kadang membingungkan. Sebab pilihan warna dan motifnya sendiri cukup banyak.

Belum lagi ide penempatannya mau di sisi mana juga mesti dipikirkan karena itu berpengaruh pada jumlah unit yang harus dibeli/diadakan.

Untuk yang belum tahu granit, granit sendiri dikategorikan dalam batuan alami yang terbentuk dari proses pelapukan batuan magma di dalam bumi.

Ini adalah salah satu material yang paling populer digunakan untuk permukaan meja dapur karena keindahan, kekuatan, dan daya tahan yang luar biasa.

Desain pengaturan pada granit dapur minimalis mengacu pada gaya yang sederhana, bersih, dan elegan. Permukaan granit dapur minimalis cenderung memiliki warna-warna netral dan pola minimalis.

Warna-warna yang umum digunakan termasuk putih, abu-abu, hitam. Coba simak penjelasan granit dapur minimalis berikut ini agar Anda lebih memahami penggunaannya.

Jenis-Jenis Material Granit Berdasarkan Warnanya

Granit Dapur Minimalis
Granit Dapur Minimalis

Sebelum mulai mendesain dapur minimalis dengan material granit beserta ide-ide lainnya, alangkah baiknya Anda pahami terlebih dahulu jenis-jenis granit itu sendiri.

Granit adalah batuan alami yang terdiri dari berbagai mineral, dan terdapat berbagai jenis granit berdasarkan perbedaan komposisi mineral dan warna.

Berikut ini adalah beberapa jenis material granit yang umum digunakan:

1. Granit Hitam

Granit dapur minimalis dikenal karena karakteristik fisiknya yang kuat dan tahan lama. Granit memiliki tingkat kekerasan yang tinggi dan tahan terhadap goresan, noda, panas, dan keausan sehari-hari.

Permukaannya yang halus dan tahan lama membuatnya mudah dibersihkan dan dijaga kebersihannya.

Jenis granit ini memiliki tekstur yang padat dan homogen dengan warna dasar hitam. Contoh granit hitam yang populer termasuk Absolute Black, Black Galaxy, dan Black Pearl. Granit hitam memberikan tampilan elegan dan kontras yang kuat di dapur atau area lainnya.

2. Granit Putih

Granit putih memiliki warna dasar putih atau krem dengan pola dan butiran yang bervariasi. Jenis granit putih yang populer meliputi White Pearl, Kashmir White, dan River White. Granit putih memberikan kesan bersih dan terang pada ruangan.

3. Granit Abu-abu

Granit abu-abu dapat memiliki berbagai nuansa, mulai dari yang terang hingga yang gelap. Beberapa contoh granit abu-abu yang umum digunakan adalah Steel Grey, Silver Pearl, dan Impala Black.

Granit abu-abu memberikan tampilan yang kontemporer dan serbaguna bila digunakan pada model dapur klasik yang menonjolkan warna-warna gelap.

4. Granit Merah 

Memiliki warna merah atau merah kecokelatan dengan pola dan urat yang menarik. Beberapa contoh granit merah yang terkenal termasuk Red Dragon, Red Marinace, dan Imperial Red.

Granit merah menambahkan sentuhan kehangatan dan keindahan alami pada desain dapur atau ruangan lainnya.

5. Granit Hijau

Granit hijau memiliki berbagai nuansa hijau, mulai dari yang pucat hingga yang gelap. Contoh granit hijau yang populer meliputi Verde Ubatuba, Verde Butterfly, dan Emerald Pearl.

Granit hijau memberikan tampilan alami yang menenangkan dan sering kali digunakan dalam desain yang terinspirasi alam.

6. Granit Biru

Granit biru memiliki warna dasar biru atau biru keabuan dengan pola dan varian warna yang menarik. Beberapa contoh granit biru yang terkenal termasuk Blue Pearl, Blue Eyes, dan Blue Bahia.

Granit biru memberikan tampilan unik dan dramatis pada desain dapur atau ruang lainnya.

5 Keuntungan Mengadopsi Material Granit Dapur Minimalis

Granit Dapur Minimalis

Granit adalah salah satu material yang sangat populer dalam desain interior, terutama dalam penggunaan sebagai permukaan meja dapur, lantai, atau elemen dekoratif lainnya.

Anda yang bermaksud menggunakan granit dapur minimalis perlu mempertimbangkan kelebihan-kelebihan berikut ini;

1. Keindahan dan Estetika

Salah satu kelebihan utama granit adalah keindahan alaminya. Granit hadir dalam berbagai pola, butiran, dan warna yang unik.

Setiap lempengan granit memiliki karakteristik yang khas, yang membuatnya menjadi pilihan yang menarik bagi desain interior. 

Ada banyak variasi warna granit yang tersedia, mulai dari putih, abu-abu, hitam, merah, hijau, hingga biru.

Variasi ini memungkinkan Anda untuk memilih yang sesuai dengan gaya dan tema ruangan Anda. Pola alami granit juga memberikan tampilan yang menarik dan memperkaya estetika ruangan.

2. Kekuatan dan Ketahanan

Granit, sebagai salah satu material yang sangat kuat dan tahan lama dalam desain interior, menawarkan keandalan yang tinggi.

Tingkat kekerasan granit yang tinggi membuatnya tahan terhadap goresan, pecah, dan abrasi yang mungkin terjadi dalam penggunaan sehari-hari. 

Permukaan granit dapur minimalis juga memiliki ketahanan panas yang luar biasa, sehingga aman untuk digunakan di area dapur yang terpapar panas.

Keunggulan ini menjadikan granit sebagai pilihan yang aman dan andal di lingkungan dapur yang membutuhkan perlindungan terhadap suhu tinggi.

Selain itu, granit juga menawarkan ketahanan terhadap noda dan air. Permukaannya yang tidak mudah menyerap cairan membuat granit mudah dibersihkan dan dirawat.

Noda dari bahan makanan atau minuman yang tumpah dapat dengan mudah dihapus dari permukaan granit. Selain itu, granit juga tahan terhadap penetrasi air sehingga tidak mudah rusak oleh kelembapan atau kebocoran.

Keunggulan kekuatan, ketahanan panas, ketahanan terhadap noda, dan tahan air membuat granit dapur minimalis menjadi pilihan praktis untuk material desain interior.

Material ini tidak hanya memberikan daya tahan jangka panjang, tetapi juga memudahkan pemilik rumah untuk menjaga kebersihan dan keindahan permukaannya dengan usaha minimal.

3. Keanekaragaman Aplikasi

Granit dapat digunakan dalam berbagai aplikasi di dalam rumah. Selain sebagai permukaan meja dapur, granit juga sering digunakan sebagai lantai, backsplash, dinding, tangga, atau bahkan sebagai elemen dekoratif seperti pot bunga dan patung. 

Fleksibilitas penggunaannya membuat granit cocok untuk berbagai gaya desain interior, baik itu modern, tradisional, atau kontemporer.

Pada pengaplikasian desain dapur, granit juga sering digunakan untuk memperkuat fungsionalitas dan estetika ruangan. Wajar saja jika sekarang rata-rata dapur moderen menggunakan granit dapur minimalis.

4. Perawatan yang Mudah

Granit adalah material yang mudah dirawat dengan perawatan minimal. Permukaan granit yang halus dan padat tidak mudah menyerap noda, sehingga cukup mudah dibersihkan. Penggunaan air hangat dan deterjen ringan secara rutin sudah cukup untuk membersihkan granit. 

Selain itu, penggunaan segel atau pelapis pelindung dapat membantu menjaga keindahan granit dan melindunginya dari noda atau kerusakan.

Dengan perawatan yang tepat, granit dapat tetap tampak indah dan tahan lama dalam desain dapur minimalis Anda.

5. Penambahan Nilai Properti

Penggunaan granit dalam desain interior, terutama di dapur, dapat meningkatkan nilai properti rumah.

Granit telah menjadi pilihan yang sangat populer bagi pembeli properti karena keindahannya, daya tahan yang tinggi, dan kemampuan untuk meningkatkan estetika dan fungsionalitas ruangan. 

Dengan memasang granit, Anda dapat mewujudkan dapur minimalis modern mewah dengan tampilan yang eksklusif. Sehingga, hal ini akan menarik minat calon pembeli atau meningkatkan nilai jual properti Anda.

Secara keseluruhan, granit memiliki berbagai kelebihan yang menjadikannya pilihan yang ideal untuk desain interior.

Keindahan alaminya, perawatan yang mudah, dan peningkatan nilai properti adalah faktor-faktor yang membuat granit menjadi material yang sangat diinginkan terutama pada dapur minimalis. 

Granit dapur minimalis memberikan kombinasi sempurna antara keindahan, kekuatan, dan kemudahan perawatan.

Dengan kelebihan-kelebihannya, granit menjadi pilihan yang ideal untuk menciptakan dapur minimalis yang elegan, tahan lama, dan fungsional.

Sekarang tugas Anda hanyalah memutuskan warna granit dapur minimalis seperti apa yang akan digunakan untuk memperindah area memasak Anda.

Editted by UN

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *