Dapur Minimalis Ukuran 3×3, Cantik dan Mewah!

Saat mendesain dan menata rumah impian Anda, dapur kecil ukuran 3×3 merupakan salah satu bagian tersulit. Bagaimana mendesain dapur minimalis ukuran 3×3 supaya tetap bagus dan berfungsi sempurna. 

Ya, hal ini karena masih banyak orang yang belum memahami betapa pentingnya dapur ini, terkadang dapur hanya mendapat ruang sisa. Namun, bukan berarti dapur kecil tidak bisa tampil cantik, menarik dan fungsional lho. 

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana memilih desain dapur minimalis ukuran 3×3 untuk rumah idaman, simak inspirasinya berikut ini ya!

20 Ide Dapur Minimalis Ukuran 3×3 yang Cantik dan Mewah

Dapur Minimalis Ukuran 3x3
Dapur Minimalis Ukuran 3×3

Punya dapur minimalis ukuran 3×3 dan ingin membuatnya tampil beda dan keren, Anda bisa mencoba beberapa inspirasi desain dapur berikut ini.

Dapur Berbentuk L Shaped

Inspirasi dapur minimalis ukuran 3×3 yang pertama adalah dapur berbentuk L shaped. Dapur minimalis ini berbentuk L.

Desain ini tidak hanya menawarkan kesempatan untuk memaksimalkan ruang dan menciptakan lebih banyak penyimpanan, tetapi desain ini juga tampak cantik dan elegan. 

Dapur Minimalis Berbentuk U Shaped

Anda bisa menerapkan desain dapur minimalis ukuran 3×3 berbentuk U ini untuk menciptakan lebih banyak ruang penyimpanan. Desain berbentuk U ini juga dapat meningkatkan sirkulasi udara di dapur lho. 

Dapur Minimalis Ukuran 3×3 ala Scandinavian

Salah satu gaya desain dapur minimalis yang dapat Anda terapkan adalah gaya Skandinavia. Anda cukup menggunakan kitchen set putih sederhana dan lampu gantung sebagai hiasan dan focal point.

Dapur Minimalis Colorful

Rekomendasi dapur minimalis ukuran 3×3 selanjutnya adalah dapur minimalis colorful. Tak hanya polos, konsep minimalis juga terlihat cantik saat menggunakan furnitur dapur dengan banyak warna dan corak.

Anda bisa memadukan kabinet putih dan meja dapur kayu untuk mendapatkan aksen minimalis.

Dapur Minimalis Modern Compact dan Terang

Untuk membuat dapur kecil terlihat besar, Anda perlu memastikan bahwa cahayanya cukup terang, baik dari lampu maupun sinar matahari yang terpantul di jendela.

Anda bisa menggunakan kitchen set berwarna putih dan melengkapinya dengan meja bar yang serasi. 

Dapur Minimalis Bernuansa Abu-abu

Anda tidak hanya bisa menggunakan warna-warna cerah, tetapi juga bisa menerapkan dapur minimalis sederhana, namun tetap mewah dengan nuansa abu-abu.

Agar tidak monoton, padukan dengan furnitur berwarna putih dan emas. Anda juga bisa menggunakan lampu gantung untuk memberikan tampilan modern pada dapur. 

Dapur Minimalis Sederhana dengan Kombinasi Kayu

Elemen kayu dan putih adalah perpaduan yang tepat dari dua elemen yang dapat menciptakan tampilan minimalis.

Interior dapur yang dilengkapi elemen kayu juga terkesan lebih hangat, natural dan menyatu serasi dengan alam. 

Dapur Minimalis Mewah dengan Marmer

Dapur marmer abu-abu cantik ini tak hanya membuat dapur terlihat minimalis, tapi juga bisa menambah aksen elegan pada ruangan lho. Selain bahan yang berwarna putih, Anda juga bisa menggunakan palet lain, misalnya hitam. 

Dapur dengan Skylight

Ide dapur minimalis ukuran 3×3 berikutnya yang bisa Anda coba adalah dapur dengan kaca skylight. Pencahayaan merupakan hal terpenting dari desain dapur minimalis.

Anda bisa mendesain skylight untuk memaksimalkan pencahayaan di dapur. Cahaya alami juga bisa mengurangi kelembapan di dapur Anda. 

Baca juga: Memilih Jenis Granit Dapur Minimalis yang Tepat

Gaya Dapur Monokrom

Monokrom atau hitam putih juga cocok untuk dapur minimalis lho. Tak hanya fungsional, namun juga menarik secara visual. Agar tidak terlihat terlalu gelap, Anda bisa menggunakan lampu gantung atau lighting lainnya. 

Dapur dengan Warna Netral, Namun Tetap Elegan

Siapa bilang warna gelap itu membosankan? Anda bisa mengikuti gaya dapur ini yang menggunakan kombinasi furnitur berwarna hitam, cokelat, dan putih. Ketiga warna ini bisa menambah sentuhan elegan pada dapur minimalis. 

Dapur Hijau Merona

Suasana saat memasak bisa lebih menyenangkan saat dapur memiliki sentuhan segar. Salah satu pilihannya adalah dengan mengaplikasikan cat hijau pada salah satu sisi dinding. Pada saat yang sama, Anda dapat menggunakan wallpaper dengan pola daun. 

Dapur Serba Pastel

Siapa yang tidak jatuh cinta dengan warna-warna pastel? Warna yang lembut dan menenangkan ini dapat mencerahkan ruangan lho. Anda bisa menggunakan cat dinding berwarna coklat pastel memberikan tampilan mewah pada dapur. 

Dapur Minimalis dengan Sentuhan Batu Alam

Ternyata perpaduan antara alam dan modernitas tidak kalah keren lho! Hal ini justru bisa membuat ruangan menjadi semakin menarik. Perpaduan material natural dan kitchen set berwarna putih akan membuat ruang makan dan dapur terlihat lebih luas. 

Gaya Dapur ‘Be Bold’

Anda bisa menggunakan warna yang lebih mencolok untuk menciptakan kesan mewah, seperti model yang satu ini. Kombinasi warna merah, putih, hitam dan abu-abu dapat memberikan kesan elegan pada dapur rumah Anda. 

Dapur Bergaya Polkadot

Anda yang menyukai motif polkadot bisa menggunakannya memakai backsplash di samping meja dapur. Untuk lemari dan kabinet, Anda bisa memakai warna putih. 

Dapur Minimalis Nuansa Cokelat

Cokelat adalah pilihan yang tepat jika Anda menginginkan desain dapur yang klasik dan elegan. Anda bisa memadukan warna ini dengan krem agar terlihat bagus. Warna coklat ini didapat dari kitchen set yang sebagian besar terbuat dari kayu. 

Sementara itu, Anda bisa menggunakan keramik dinding dapur untuk warna krem. Dapur 3×3 ini dilengkapi dengan wastafel, kompor dua tungku, dan kabinet atas dengan peralatan makan dan bumbu dapur. 

Dapur Minimalis Modern

Desain dapur minimalis ukuran 3×3 yang satu ini memiliki konsep minimalis modern berwarna abu-abu. Model ini dibuat sederhana dan tanpa banyak hiasan, dengan kitchen set abu-abu dan dinding putih. 

Kombinasi dua warna tersebut akan membuat dapur Anda sederhana dan elegan. Sebagai perabot dapur, Anda membutuhkan kompor, wastafel, dan penanak nasi. Selain itu, Anda bisa menyimpan peralatan makan dan bahan masakan di lemari es atau di lemari atas dan bawah. 

Dapur Minimalis Hitam Nuansa Putih

Desain dapur minimalis ukuran 3×3 dengan aksen hitam putih ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai desain minimalis. Berbeda dengan bentuk U atau L biasanya, kali ini Anda bisa meletakkan meja di dekat kabinet. 

Anda dapat menambahkan meja tersebut dengan wastafel dan kompor, sedangkan barang-barang lainnya diletakkan di kabinet.

Anda bisa membuatnya lebih minimalis lagi dengan menambahkan kursi di seberang meja untuk keluarga yang ingin melihat Anda memasak. 

Dapur Minimalis Ukuran 3×3 Industrial Style

Gaya industri adalah konsep dimana kemudahan penggunaan barang dan estetika desain digabungkan menjadi satu.

Jika Anda ingin menghadirkan sesuatu yang berbeda pada desain dapur minimalis, cobalah konsep gaya industrial yang cocok dengan gaya milenial masa kini. 

Itulah 20 inspirasi desain dapur minimalis ukuran 3×3 yang bisa Anda jadikan referensi. Lalu, desain mana yang menjadi favorit Anda?

Editted by UN

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website