Contoh Model Garasi Mobil Terpisah dari Rumah

Untuk Anda yang sedang mencari referensi model garasi mobil terpisah dari rumah, Anda nanti bisa lihat contoh yang kami sajikan pada artikel kali ini.

Beberapa model garasi mobil terpisah dari rumah yang dimaksud ini nantinya cukup mudah diadopsi dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Pada bahasan kali ini, topiknya adalah soal mengusung desain garasi mobil yang konsepnya terpisah dari rumah yang ditinggali. Hasil desainnya akan seperti apa, kita akan coba gali kebutuhannya secara umum sekaligus contohnya ya.

Pentingnya Memiliki Garasi Sebelum Beli Mobil

Garasi sudah sepatutnya jadi kebutuhan jika Anda akan/sudah punya mobil. Jika belum punya mobil sebaiknya tidak perlu beli mobil dulu.

Sebab resikonya, jika mobil tidak dimasukkan garasi, bukan saja membuat mobil jadi kepanasan atau kehujanan. Namun juga berpotensi mengganggu kenyamanan orang lain lantaran parkir bukan pada tempatnya.

Nah, begitu pentingnya garasi sehingga mendesainnya pun perlu direncanakan dengan baik. Tujuannya agar mobil yang diparkir jadi aman dan Anda pun nyaman dalam menjangkau garasi.

Konsep utamanya ada dua untuk sebuah garasi, yaitu jadi satu dengan bangunan rumah entah disamping kanan kiri atau belakang, maupun terpisah dari rumah.

Nah, konsep yang akan kita bahas kali ini adalah model garasi mobil terpisah dari rumah. Seperti apa konsepnya nanti di sub bahasan selanjutnya kita bahas.

Sebelum itu kita bahas dulu perbedaan antara garasi dan carport yang banyak orang keliru memaknai keduanya.

Membedakan Garasi dan Carport

Mungkin di benak Anda, garasi dan carport itu sama. Ya benar, garasi dan carport memang sama.

Yaitu sama-sama sebagai tempat untuk menyimpan kendaraan bermotor khususnya roda empat seperti mobil.

Bedanya, antara garasi dan carport ada pada desainnya yaitu terbuka tanpa dinding untuk carport dan garasi tertutup alias dengan dinding.

Keduanya sama-sama dibuat untuk melindungi kendaraan khususnya mobil.

Memang, kebutuhan untuk membuat carport areanya lebih kecil, hanya sekitar 10-15 meter persegi saja. Sementara itu, untuk membuat garasi biasanya dibutuhkan lahan lebih luas sekitar 13 hingga 18 meter persegi.

Meski begitu, secara teori keduanya cukup mudah dibuat apalagi jika mengusung konsep terpisah dari rumah utama.

Tips Memilih Lokasi Garasi untuk Rumah Anda

Untuk menentukan lokasi penempatan garasi rumah yang tepat, ada beberapa pertimbangan yang bisa diambil. Salah satunya adalah dengan memperhatikan arah hadap rumah.

Jika Anda termasuk yang percaya dengan fengshui, maka Anda bisa terapkan tips penentuan lokasi garasi seperti berikut.

Garasi yang mana bukan ruangan primer disarankan untuk diletakkan di titik negatif dari arah hadap rumah.

Contohnya, rumah yang menghadap ke arah utara dan selatan berarti memiliki lokasi positif di arah timur. Maka, posisi garasi sebaiknya diletakkan berlawanan arah dari titik positif tersebut, yakni arah barat.

Sementara itu, jika Anda termasuk yang kurang percaya dengan fengshui, bisa saja arah manapun Anda pilih sebagai lokasi penempatan garasi.

Nilai Plus Memiliki Garasi Mobil Terpisah dari Rumah

Keputusan Anda sudah bulat untuk memiliki garasi mobil yang terpisah dari rumah? Anda bisa pertimbangkan dulu plus minusnya berikut ini agar keputusan yang Anda ambil benar-benar tepat.

Berikut adalah keuntungan memiliki garasi yang terpisah dari rumah.

1. Desain bisa dieksplorasi sedemikian rupa

Sebuah garasi yang terpisah dari rumah memiliki keunggulan yang cukup menjanjikan yaitu Anda jadi lebih bebas mengeksplorasi desainnya.

Ruang garasi terpisah artinya desainnya juga terpisah dari konsep utama bangunan rumah.

Ini akan memudahkan Anda ketika hendak membuat ide desain yang sesuai keinginan. Tanpa harus ikut dengan desain yang sudah ada pada konsep rumah, Anda bisa berkreasi mengusung sebuah konsep baru yang menurut Anda bagus untuk jadi “kandang mobil” pribadi Anda.

2. Lebih leluasa dalam mengatur kebutuhan

Garasi yang terpisah akan membuat Anda lebih leluasa dalam mengatur setiap kebutuhan. Seperti untuk mengatur penempatan barang-barang/perkakas hingga menghias sekeliling dinding dengan lukisan tertentu.

3. Lebih aman

Hal ini bisa saja membuat keluarga Anda aman dari potensi bahaya yang ditimbulkan oleh mesin/alat-alat yang biasanya ada pada ruang garasi.

Terutama jika di rumah Anda ada anak kecil, garasi mobil terpisah dari rumah jelas membantu sekali anak-anak Anda tetap aman dengan tidak mudah mengakses ruang garasi

4. Terhindar dari bau dan kebisingan

Garasi yang terpisah dari rumah lebih menjamin kenyamanan dari polusi, bau,dan kebisingan. Ini akan bermanfaat jika di rumah Anda ada bayi atau orang tua yang butuh ketenangan.

Ide Model Garasi Mobil Terpisah dari Rumah

Ada beberapa referensi model garasi mobil terpisah dari rumah yang bisa Anda contoh. Diantaranya ialah:

Model garasi mobil terpisah dari rumah sederhana dengan tambahan kanopi               

Contoh Model Garasi Mobil Terpisah dari Rumah 1

Ide garasi mobil terpisah dari rumah yang pertama cukup sederhana. Jika Anda ada lahan kosong, Anda bisa jadikan sebagai garasi.

Anda hanya perlu menambahkan kanopi sebagai rumah atau pelindung mobil. Ukurannya tinggal disesuaikan dengan ukuran mobil, sehingga secara fisik nanti terlindungi dari panas dan hujan.

Model garasi mobil terpisah gaya terbaru 

Contoh Model Garasi Mobil Terpisah dari Rumah 2
Model garasi mobil terpisah dari rumah gaya terbaru

Kalau ingin konsep yang lebih mewah, Anda bisa adopsi model lain. Garasi mobil terpisah dari rumah seeeprti ini akan menghadirkan kenyamanan dalam melindungi mobil dari kerusakan.

Kaca sebagai pintu gerbangnya akan membuat tampilannya amat estetis dari luar.

Model garasi mobil terpisah dari rumah yang multifungsi 

Contoh Model Garasi Mobil Terpisah dari Rumah 3

Memiliki garasi mobil terpisah dari rumah dapat Anda desain sedemikian rupa supaya multifungsi,. Misalnya saja seperti menjadikan space lebarnya sebagai bengkel pribadi di sebelah parkiran kendaraan.

Selain itu Anda bisa menambahkan lemari sebagai tempat penyimpanan alat-alat bengkel agar telihat selalu rapi dan nyaman. 

Model garasi mobil minimalis terpisah serba putih

Contoh Model Garasi Mobil Terpisah dari Rumah 4

Mengaplikasikan warna putih pada sebuah bangunan selalau pas –pas saja, bahkan pada garasi mobil pribadi sekalipun.

Dengan warna tersebut, garasi akan terlihat menjadi bersih dan tampil elegan. Deisan ini sangat cocok untuk Anda yang tidak ingin pusing dengan konsep. Asal kendaraan masuk dan aman dari gangguan sudah cukup.

Model garasi mobil terpisah dari rumah minimalis tapi mewah

Contoh Model Garasi Mobil Terpisah dari Rumah 5
Model garasi mobil terpisah dari rumah mewah

Dalam sebuah karya ide desain, warna hitam dipercaya dapat menampilkan kesan yang tegas dan kuat. Sedangkan warna coklat sebagai kombinasinya mampu menghadirkan rasa hangat sekaligus tenang yang kalem.

Ketika keduanya dikombinasikan, maka akan menghadirkan konsep garasi rumah minimalis modern nan mewah.

Hal yang sama bisa Anda aplikasikan pada garasi mobil sekalipun, sehingga seluruh sudut rumah akan terlihat harmonis dan megah.

Oke itu dia berbagai inspirasi model garasi mobil terpisah dari rumah yang bisa kami sajikan untuk Anda ya. Tentu saja masih banyak ide lain yang bisa Anda pilih. Jika pilihan Anda tepat, bukan tidak mungkin hasilnya akan nampak bagus. Selamat berkreasi!

rofik n

Being Content Writer Since 2017. Menulis pertama kali di diminimalis dimulai tanggal 7 Februari 2018. Topik tulisannya seputar desain rumah minimalis, interior, eksterior, landscape dan juga aquascape, termasuk kolam renang, mulai dari pembuatan, renovasi dan juga perawatan, dengan mengedepankan konsep green living dan citra hunian yang nyaman bagi keluarga.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.