Mau Coba Konsep Dapur dan Ruang Cuci Menyatu? Perhatikan Hal Ini

Jika Anda ingin membuat dapur dan ruang cuci menyatu alias jadi satu area lantaran dirasa lebih pas untuk rumah Anda, sebenarnya tidak masalah. Apalagi, konsep dapur dan ruang cuci menyatu seperti ini sudah familiar.

Jadi bukan Cuma Anda, dan Anda akan lebih mudah cari referensinya nanti.

Meskipun nanti kesannya sumpek karena aktivitas dapur yang identik dengan masak-masak harus disatukan areanya dengan aktivitas cuci-mencuci, namun itu bukan masalah besar.

Jika mampu mengatur penataannya dengan baik, bukan tidak mungkin hasil desainnya akan terlihat lebih baik.

Untuk lebih jelasnya soal konsep seperti apa yang akan kita ulas, di postingan kali ini kita akan membahasnya.

Nah, apa yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini?

  • Fungsi dan Manfaat Ruang Cuci
  • Tips menata ruang cuci/loundry
  • Plus Minus Konsep desain dapur dan ruang cuci menyatu

Dari ketiga hal ini nanti kita akan tarik kesimpulan apakah menyatukan dapur dan area cuci jemur itu worth it atau tidak.

Kenapa Keberadaan Ruang Laundry Penting?

Ruang laundry amat penting adanya karena ruang ini difungsikan untuk mencuci dan menjemur pakaian sehari-hari. Artinya jika tidak ada ruang cuci maka pakaian kotor Anda sekeluarga tidak akan bisa dibersihkan.

Sementara dapur sudah jelas fungsinya, untuk masak makanan Anda sekeluarga sehari-hari.

Yang sudah-sudah, ruang cuci biasanya jadi satu dengan area kamar mandi karena sama-sama identik dengan area basah. Meski begitu, situasi seperti ini juga masih seringkali mengganggu, dimana ketika membutuhkan kamar mandi dan mencuci dalam waktu yang bersamaan, mobilitasnya repot.

Alhasil, hal ini jadi tidak efisien dari segi waktu, karena kegiatan mencuci sampai menjemur bisa dibilang repot, cukup lama, dan melelahkan.

Untuk mengatur letak ruang cuci baju yang terpisah dari kamar mandi bisa dicarikan opsi lain. Diantara opsi tersebut adalah bagaimana jika dapur dan ruang cuci menyatu?

Pertanyaannya, apakah bisa menggantikan kamar mandi dan setidaknya jadi tidak lebih ribet?

Sebagai disclaimer, pada dasarnya, mau disatukan dengan ruang apapun, ruang cuci baju tetap bisa berkombinasi kok. Meskipun menuntut Anda untuk pandai-pandai dalam mengatur penempatan alat-alatnya.

Vitalnya kebutuhan ruang cuci mencuci alias loundry ini jelas memerlukan pemikiran yang tepat agar tidak mengganggu aktivitas yang lain. Seperti halnya desain ruang cuci jemur lantai 2 yang memerlukan perencanaan yang matang.

Tips Mengatur Penataan Dapur dan Ruang Cuci Menyatu

dapur dan ruang cuci menyatu

Dalam penataan yang baik, ada perencaanan yang perlu matang agar tidak membuat rumah semakin berantakan dan ruang cuci bisa dipakai secara maksimal.

Berikut ini, beberapa tips menata dapur dan ruang cuci menyatu yang bisa Anda coba di rumah.

Pastikan Anda Tahu Ukuran Mesin Cuci yang akan dipakai

Mesin cuci ini nantinya akan disesusikan dengan space yang tersedia. Maka, Anda setidaknya harus tahu ukuran volume mesin cuci yang akan dipakai.

Ukuran mesin cuci rata-rata setidaknya 1 meter persegi. Sehingga harus setidaknya disediakan space lebih besar dari ukuran tersebut.

Karena menyatu dengan dapur maka Anda harus mengalah ada space dari dapur yang harus termakan penempatan mesin cuci tersebut.

Alokasi space untuk area cuci berapa?

Setelah tahu betul dengan ukuran volume mesin cuci yang akan dipasang, langkah selanjutnya adalah membuat positioning area dapur yang akan dialokasikan sebagai mesin cuci.

Perhatikan penempatan perlengkapan lain seperti wadah pakaian kotor, gantungan, dan sebagainya. Hal ini akan mempermudah Anda dalam menjalankan aktivitas cuci mencuci hingga menjemur.

Tata Letak Harus Diatur Sedemikian Rupa

Karena lokasinya berbagi dengan dapur, maka penempatan dan tata letaknya harus dipikir dengan matang. Ketika dapur dan ruang cuci menyatu maka setidaknya harus diatur pembagian spacenya dengan baik.

Termasuk juga pembagian area basah dan kering seperti yang biasa ada pada ruang laundry. Ini memungkinkan agar space tetap tersedia untuk peralatan penting-penting lainnya.

Pencahayaan dan ventilasi rumah yang tepat

Tips lainnya agar konsep desain dapur dan ruang cuci menyatu berhasil diwujudkan dengan baik adalah soal pencahayaan ruang.

Ruang dapur dan ruang cuci harus representatif dan nyaman dipakai karena menggabungkan keduanya bisa berakibat pada ketidaknyamanan saat melakukan aktivitas memasak dan mencuci.

Pilih gantungan jemuran yang pas

Ruang laundry tidak jauh-jauh dari penambahan alat-alat pelengkap aktivitas cuci dan jemur pakaian. Sebut saja rak gantung/gantungan biasa untuk jemuran yang sudah dicuci, maka perlu pemilihan model hingga pemasangannya yang tepat.

Pilihlah furniture tambahan yang minimalis dan multifungsi

Karena lokasinya gabungan dua area menjadi satu maka perlu perencanaan yang matang dari sisi furniture. Untuk itu, belilah furniture yang minimalis namun memiliki kegunaan yang multifungsi.

Rak gantung bisa dari material stainless atau kayu tergantung keinginan. Lalu untuk pemasangannya bisa dibuat menempel pada dinding sehingga lebih irit space.

Untuk penyimpanan alat-alat pelengap dan deterjen, Anda bisa mengandalkan penyimpanan dalam bentuk laci yang dibuat multifungsi sekaligus sebagai gantungan.

Pilih Warna Ruangan Terbaik dan Lantai anti selip

Karena kombinasi dapur dan ruang cuci menyatu, maka efeknya akan sempit secara visual. Nah, ada solusinya kok mengatasi itu. Yaitu dengan memilih desain dan warna ruangan terbaik.

Anda bisa pilih cat interior ruangan dengan warna dasar putih dan abu-abu muda karena warna ini bisa membuat ruangan terasa lebih luas.

Atau alternatifnya, Anda bisa juga dengan menambahkan wallpaper sesuai dengan keinginan namun tetap mendukung agar ruangan terlihat lebih luas.

Selain warna ruangan, lantai juga mesti jadi perhatian. Ruang cuci tentu punya dua area besar, yaitu area basah dan kering.

Untuk area basah, tentu akan berbahaya jika diberi lantai jenis biasa karena bisa membuat kaki terpeleset.

Kalau area kering mungkin tidak jadi masalah.

Anda bisa menggunakan lantai yang anti licin dengan finishing matte, yang mana penggunaan lantai jenis ini dapat meminimalisir kerusakan akibat seringnya terkena air.

Lantai ini juga cocok untuk dikombinasikan pada area dapur karena memang cuckup aman jika dilewati.

Baca juga: 4 Ide Desain Dapur Apartemen Menarik Beserta Furniturnya

Kesimpulan

dapur dan ruang cuci menyatu

Memilih konsep dapur dan ruang cuci menyatu memang semacam bisa jadi solusi untuk mengatasi sempitnya ruangan. Artinya, desain ini sangat cocok untuk Anda yang tinggal di rumah minimalis tipe 21, atau bahkan mungkin tipe 36.

Artinya, kombinasi ini memang cukup memudahkan bagi Anda yang tak mau repot ketika harus merenovasi ruangan lainnya.

Hanya saja, ketika memilih opsi ini maka Anda harus menyadari bahwa ada kemungkinan berpotensi mengganggu seperti bau dari masakan dan peralatan dapur yang mungkin bisa membuat Anda risih.

Meskipun begitu, tidak ada salahnya untuk Anda mencoba dan mengkreasikan kombinasi tersebut sesuai keinginan.

Alhasil, jika Anda pandai mengotak-atik desainnya, meminimalisir setiap peletakkan item-item yang ada, bukan tidak mungkin hasil desainnya akan sangat memuaskan.

Jadi, bagaimana berminat untuk mengusung konsep desain dapur dan ruang cuci menyatu? Jangan lupa rencanakan segala sesuatunya dengan baik ya agar hasil akhirnya memuaskan. Selamat mencoba!

rofik n

Being Content Writer Since 2017. Menulis pertama kali di diminimalis dimulai tanggal 7 Februari 2018. Topik tulisannya seputar desain rumah minimalis, interior, eksterior, landscape dan juga aquascape, termasuk kolam renang, mulai dari pembuatan, renovasi dan juga perawatan, dengan mengedepankan konsep green living dan citra hunian yang nyaman bagi keluarga.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.