Rekomendasi Desain Dapur Minimalis 3×4

Memiliki lahan yang terbatas tidak perlu bingung saat mau merancang dapur. Anda bisa mengusung desain dapur minimalis 3×4 yang sudah cukup representatif dari sisi ukuran.

Dengan mengusung desain dapur minimalis 3×4 maka penempatan alat-alat dapur dan area memasak akan lebih lega.

Jadi meskipun lahan yang dimiliki tidak begitu luas, Anda tetap bisa mendapatkan hasil desain yang keren.

Mengingat kriteria rumah yang lengkap porsinya yaitu keseimbangan antara ruangan-ruangan penting seperti ruang tamu, kamar mandi, dapur, kamar tidur, dan bagian rumah lainnya untuk berdiri di lahan yang sempit.

Penasaran dengan apa saja desain dapur minimalis 3×4 yang cocok dengan selera Anda? berikut penjelasan lengkapnya.

Alternatif Desain Dapur Minimalis 3×4 Meter

Desain Dapur Minimalis 3x4

Dapur minimalis merupakan keuntungan juga tantangan yang hadir secara bersamaan. Keuntungan yang bisa Anda rasakan yaitu biaya pembuatan yang cenderung lebih murah dan perawatan yang lebih mudah.

Sedangkan tantangan memiliki dapur minimalis yaitu Anda akan kesulitan dalam menata barang arena keterbatasan lahan. Untuk mensiasatinya, berikut alternative desain dapur minimalis yang direkomendasikan untuk Anda.

1. Gaya Terbuka

Desain dapur minimalis 3×4 yang pertama adalah dapur dengan gaya terbuka. Maksut dari dapur terbuka disini adalah dapur dibangun tanpa skat sama sekali, baik dengan meja makan ataupun dengan ruangan lainnya.

Manfaatkan pencahayaan alami dari bagian rumah dengan memberikan pintu kaca atau jendela kaca yang cukup lebar.

Dengan pencahayaan alami, Anda akan lebih hemat listrik serta suasana dapur tampak lebih asri dan cerah. Untuk interior dapur, Anda bisa menggunakan cabinet dengan warna hijau alami yang diapadupadankan dengan motif tekstur kayu.

Meskipun dapur berdampingan dengan ruang makan, area ini tidak akan terlihat sumpek atau sempit.

2. Dapur Warna Merah Menyala

Desain Dapur Minimalis 3x4

Desain dapur minimalis 3×4 yang satu ini  sedikit berbeda, umumnya pemilik rumah akan menggunakan warna netral atau cerah untuk menciptakan dapur impian agar lebih luas.

Tidak untuk desain kali ini, supaya tampil lebih berani, Anda dapat menggunakan sentuhan warna gelap agar dapur lebih unik.

Dengan warna merah menyala dengan paduan warna putih juga warna hitam akan membuat tampilan dapur menjadi lebih cantik dan berani. Untuk dapur Anda yang minimalis, tetap memperhatikan kitchen set agar mampu menyimpan banyak perabotan.

3. Dapur Warna Biru

Selain desain dapur dengan warna merah menyala, Anda juga bisa menggunakan warna biru untuk menghiasi dapur impian. Warna biru yang berpadu dengan warna putih akan membuat dapur menjadi lebih tenang dan segar.

Anda dapat menggunakan kitchen set yang menyatukan antara dapur dengan bar mini. Untuk penyimpanan barang, bisa dengan memasang cabinet yang menempek di dinding untuk memaksimalkan lahan yang minimalis serta mencegah agar dapur tidak nampak penuh.

Bisa juga dengan memasang lampu sorot untuk pencahayaan dapur. Gunakan lampu sorot yang memiliki focus berbeda-beda agar pencahayaan menjadi lebih menarik.

4. Desain dengan Bahan Kayu Ekspos

Sering kali melihat kayu yang digunakan sebagai material pembuatan dapur dicat sedemikian rupa untuk mempercantik ruangan. Namun, pada desain yang satu ini sedikit berbeda, material kayu ekspos atau kayu tanpa dicat juga memberikan keindahan ketika digunakan untuk dapur.

Hal menarik lain dari penggunaan kayu ekspos yaitu adanya motif alami dari kayu tersebut serta warna alami kayu. Namun, bukan berarti kayu ekspos tidak ditambahi dengan lapisan apapun. Material tersebut diberikan cairan anti rayap agar konstruksi kayu tetap terjaga.

Baca juga: 5 Plus Minus Desain Dapur Terbuka dengan Taman

5. Dapur Sederhana Warna Monokrom

Jika Anda ingin memiliki dapur yang sederhana namun tidak membosankan, bisa menggunakan warna monokrom agar dapur tampak lebih hidup. Desain dapur minimalis 3×4 dengan warna monokrom membuat ruangan menjadi lebih elegan dan maskulin.

Warna monokrom merupakan perpaduan antara warna hitam dan putih untuk dapur impian Anda.

Bisa dengan menggunakan kitchen set warna hitam, lantai warna putih, serta perabotan lainnya sebagai saran desan warna monokrom. Tambahkan beberapa tanaman hijau agar dapur terlihat lebih fresh.

6. Dapur dengan Warna Putih Dominan

Solusi untuk masalah keterbatasan lahan yaitu dengan memberikan warna putih agar ruangan yang sempit nampak lebih luas.

Pilihan warna putih memang disarankan untuk ruangan minimalis, atau bisa juga dengan menggunakan kitchen set serta lantai dengan warna putih agar dapur lebih terasa lega.

Bisa juga menambahkan cermin dengan ukuran standar untuk manipulasi ruangan yang minimalis menjadi tambah lebar. Tambahkan lampu warna kuning agar dapur terkesan hangat. Selain itu, dinding dengan motif polkadot akan menambah rasa ekslusif pada dapur Anda.

7. Desain Dapur Natural dan Segar

Terkadang, seseorang akan merasa jenuh dan stress ditengah kesibukannya. Ditambah lagi Anda memiliki double peran, yakni menjadi ibu rumah tangga juga wanita karir.

Untuk mengurangi rasa stress, bisa dengan memandang area yang berwarna hijau, seperti merancang dapur dengan tema natural dan segar. Dengan begitu, dapur terlihat lebih bersih dan segar untuk dipandang.

Anda juga akan mendapatkan kenyamanan tersediri saat kegiatan memasak. Penambah aksen hijau, seperti taman mini di dapur, rumput hijau, dan batu alam.

8. Dapur Mewah dengan Lapisan Marmer

Selera setiap orang memang berbeda-beda, ada orang yang menyukai kemewahan dan keglamoran, ada juga yang menyukai kesederhanaan. Bagi Anda yang senang dengan kemewahan, mungkin bisa mencoba desain dapur minimalis 3×4 dengan lapisan marmer yang mengkilat.

Dapur yang awalnya sederhana, disulap menjadi dapur mewah dengan lapisan marmer yang menghiasinya. Diberikan sentuhan batuan alam dengan  tambahan lampu gaya industrial yang menggantung akan menambah kemewahan dapur Anda.

Baca juga: Model Meja Dapur Cor Sederhana

9. Desain Dapur dan Ruang Makan

Bagi Anda yang menempati rumah di wilayah perkotaan tentu tidak memiliki lahan yang luas. Dari keterbatasan lahan tersebut, akhirnya muncul inovasi-inovasi baru seperti menggabungkan area dapur dengan ruang makan.

Desain dapur minimalis 3×4 yang satu ini juga akan meringankan Anda ketika mengolah makanan kemudian menyajikannya dimeja makan. Selain itu, keuntungan lain yang dapat dirasakan adalah mudahnya menjangkau dapur saat ingin menambah makanan karena jarak yang begitu dekat.

10. Desain Dapur Letter L

Desain Dapur Minimalis 3x4

Apabila ingin memiliki dapur minimalis yang lega dan luas, desain yang satu ini sangat direkomendasikan. Anda dapat menggunakan kitchen set letter I, dengan demikian dapur impian akan tetap keren namun tetap fungsional.

Kitchen set letter I akan mendominasi satu bidang dinding saja. Untuk cabinet dapur diposisikan pada bagian atas dan bawah.

Anda juga dapat mengatur posisi sesuai dengan keinginan sekaligus meletakkan perangkat dapur, seperti oven, dispenser, kulkas, dan perangkat lain.

Desain di atas merupakan referensi yang bisa dijadikan contoh ketika akan membuat desain dapur minimalis 3×4. Apabila Anda ingin merancang dapur sendiri hanya perlu menambahkan atau mengganti furniture.

Jika ruangan tergolong kecil, disarankan untuk menggunakan furniture yang multifungsi dan minimalis. Jangan lupa pada desain dapur minimalis 3×4 ntuk tetap menyesuaikan dengan anggaran.

Baca profil Dimulti Pool, Perusahaan kontraktor kolam renang yang melayani jasa perencanaan pembangunan, desain kolam renang, renovasi kolam renang rumah pribadi, hotel, apartemen, villa, guess house dan kolam renang umum lainnya yang profesional dan bergaransi.

Leave a Comment