Inspirasi Desain Kamar Tidur 2×1 Meter, Nyaman Meski Kecil

Desain kamar tidur 2×1 meter ternyata mampu memberikan kesan lebih nyaman jika ditata dengan baik dan benar. Seperti diketahui, luas ruang 2 x 1 meter jelas bisa dikatakan sangat terbatas.

Namun, konsep yang dipikirkan secara matang bisa menyulapnya jadi ruangan elegan. Anda ingin tahu caranya? Simak inspirasi desain atau penataan ruangannya di sini, ya.

Tips Merancang Desain Kamar Tidur 2×1 Meter

Sebelum membahas mengenai rancangan desain untuk kamar luas 2 meter saja, ketahui beberapa hal penting yang tidak boleh dilewatkan.

Yang pertama, kamar dengan luas terbatas harus menghindari penggunaan warna-warna yang bisa membuatnya jadi terkesan sempit.

Contoh warna yang dimaksud adalah merah cerah. Meskipun masuk kategori warna dasar yang cerah, menerapkannya di ruangan sempit secara menyeluruh bisa dikatakan sebagai pilihan kurang tepat.

Pasalnya, warna ini bisa mengubah ruangan jadi makin berdekatan. Selain merah, warna-warna netral, seperti putih sebaiknya dihindari. Tips lainnya, pastikan memanfaatkan tiap area yang ada dan maksimalkan fungsinya.

Misalnya, dibandingkan menaruh pigura dan foto, lebih baik gunakan dinding untuk membuat rak. Rak tersebut nantinya dapat digunakan untuk menyimpan barang-barang kecil yang Anda miliki. Seperti aksesoris rambut ataupun aksesoris lainnya.

Inspirasi Desain Kamar Tidur 2×1 Meter yang Nyaman

Setelah tahu tips-tips penting di atas, berikut ini beberapa inspirasi desain kamar tidur 2×1. Simak hingga tuntas, Ya!

1. Gunakan Ranjang Plus Laci

Inspirasi pertama dalam mendesain kamar tidur 2×1 sukses dan membuat Anda nyaman meskipun luas ruangannya terbatas ialah menggunakan ranjang plus laci. Salah satu furnitur terbaru ini dapat membantu kamar Anda jadi lebih bermanfaat.

Pasalnya, meskipun areanya mungkin jadi terbatas, Anda tetap bisa menyimpan barang apa saja di laci dalam ranjang/dipan.

2. Letakkan Ranjang dengan Posisi Melintang

Supaya kamar tetap terkesan nyaman, Anda juga bisa memposisikan ranjang dengan posisi melintang.

Dengan cara ini, kamar tidur dipastikan akan tampak terkesan tidak begitu sempit. Pasalnya, disediakan area yang membuat kamar jadi punya sisa ruang.

3. Gunakan Furnitur Multiguna

Desain kamar tidur 2×1 juga bisa dimaksimalkan dengan menggunakan furnitur multiguna. Ini tidak hanya berlaku untuk dipan. Akan tetapi, Anda juga bisa menggunakan furnitur lain yang dirasa punya manfaat banyak untuk Anda.

Sebagai contoh, saat ini ada kasur yang dapat diubah jadi tempat duduk. Furniture ini memungkinkan Anda untuk menjadikan ruangan tampak lebih luas kapan saja dengan mengubah bentuk kasur.

4. Hadirkan Gaya Monokrom

Kerap dianggap bisa memberikan kesan gelap, faktanya tidak begitu. Jika Anda bisa mengatur ruangan dengan baik, gaya monokrom pada kamar tidur 2×1 dipastikan bikin nyaman.

Adapun yang dimaksud gaya monokrom di sini tidak harus selalu hitam putih. Namun, Anda juga bisa menggunakan warna yang lebih cerah seperti halnya abu-abu.

Supaya lebih terasa kesan monokromnya, Anda perlu menghadi beberapa elemen yang fungsional dengan warna sama. Misalnya, memakai holder hook warna abu, rak buku dinding warna abu, dan lain-lain.

5. Jadikan Dinding Lebih Multifungsi

Untuk Anda yang memiliki kamar tergolong sempit, kreasikan dinding jadi lebih multifungsi jika ingin nuansanya terasa lebih nyaman. Contohnya seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Selain contoh di atas, Anda juga bisa menaruh hal-hal lain di kamar. Contohnya, membentangkan kayu dari ujung dinding ke ujung dinding yang cukup tinggi dan menjadikannya tempat baju.

Jika ingin mengikuti inspirasi desain kamar tidur 2×1 ini, pastikan lebih telaten menjaga kebersihannya agar minim risiko jadi sarang nyamuk.

6. Optimalkan Pencahayaan

Mengoptimalkan pencahayaan juga bisa jadi salah satu cara untuk meningkatkan kenyamanan dalam kamar tidur Anda. Namun sebelumnya, pastikan juga untuk menyiapkan di mana letak sebaiknya menaruh lampu.

Pasalnya, pencahayaan terlalu terang mungkin akan membuat waktu tidurmu terasa kurang nyaman. Di samping itu, pencahayaan yang kurang bisa saja menjadikan ruangan jadi tempat sembunyinya nyamuk.

Supaya ini tidak terjadi, Anda bisa mengoptimalkan pencahayaan dengan tidak hanya memanfaatkan lampu. Namun, buat juga ventilasi udara di dinding atau bahkan atap agar cahaya dari luar selalu masuk ke ruangan.

7. Lengkapi Kamar dengan Cermin Besar

Cermin besar di satu sisi dinding mungkin bisa membuat kamar Anda jadi terkesan lebih luas. Desain kamar tidur 2×1 ini sudah diterapkan oleh banyak orang dan terbukti bikin ruangan terkesan lebih nyaman. Namun, penataan posisi cerminnya tidak boleh asal-asalan sebab dapat memengaruhi kenyamanan Anda saat istirahat juga. 

8. Gunakan Lantai Kayu

Desain menarik dari lantai kayu dapat menjadikan kamar tidur Anda juga jadi lebih nyaman. Terlebih, jika lantai kayu yang dipasangkan memiliki warna yang tidak terlalu gelap, misalnya cokelat terang.

9. Lengkapi Lemari Plus Rak di Ujung Ranjang

Inspirasi desain kamar tidur 2×1 dengan menghadirkan rak di ujung ranjang sebenarnya bukan hal yang baru. Namun, Anda bisa memodifikasi kamar yang dilengkapi dipan dan rak agar jadi lebih menarik.

Misalnya, gunakan elemen dengan gaya Japandi yang terkesan minimalis, tetapi fungsinya tetap maksimal.

10. Buat Jendela Lebih Besar

Memberikan jendela dengan ukuran lebih besar dari biasanya juga bisa bikin kamar tidur Anda terkesan lebih besar. Namun, perlu diketahui jika pembuatan jendela besar ini juga harus dipastikan terkonsep.

Jangan sampai membuat jendela besar jika kamar tidur Anda langsung menghadap ke jalanan bahkan terhubung. Hal ini tentu akan mengurangi esensi sekaligus kenyamanan kamar tidur Anda.

Sebagai saran, sebaiknya terapkan desain jendela ini jika kamar Anda menghadap ke taman rumah. Selain itu, kamar yang berada di lantai dua juga bisa menggunakan jendela besar agar ruang terbatas terkesan lebih luas.

11. Lengkapi dengan Mural Kota

Untuk menghadirkan efek luas pada ruangan, Anda juga bisa melengkapi dinding kamar tidur dengan mural kota. Anda bisa membuatnya sendiri ataupun menggunakan wallpaper dinding yang siap pasang.

Sebagai saran tambahan, pastikan warna mural yang akan diterapkan memiliki nuansa monokrom juga. Pasalnya, warna earth tone lebih berisiko membuat kamar terkesan lebih terbatas walaupun tetap nyaman.

Baca juga: Ide Desain Kamar Tidur Lesehan Ukuran 3×3, Pangling dan Nyaman!

12. Pilih Warna-Warna Cerah dan Soft

Alternatif lain menjadikan kamar tidur sempit agar jadi terkesan lebih luas ialah dengan menghadirkan warna-warna cerah dan lembut. Contohnya, memilih warna sage, soft pink, salem, beige, dan lain-lain.

Supaya kesannya lebih menarik, tentukan jumlah warna yang akan dihadirkan di kamar. Contohnya, dua warna, tiga warna, atau empat warna. Kemudian, jika Anda akan menambahkan furnitur atau elemen apa pun, pastikan mengacu pada warna-warna yang sudah digunakan di awal.

Dengan begitu, model kamar tidur yang diciptakan bisa benar-benar memberikan kesan nyaman.  Itu dia informasi seputar inspirasi desain kamar tidur 2×1 atau untuk ukuran sempit lainnya.

Semoga desain kamar tidur 2×1 di atas dapat memberi Anda gambaran yang cukup untuk menjadikan kamar tidur sempit terasa luas. Semoga bermanfaat.

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *