Ide Desain Kamar Tidur Lesehan Ukuran 3×3, Pangling dan Nyaman!

Desain kamar tidur lesehan ukuran 3×3 memang sedang trend saat ini. Alasannya tak lain karena desain dengan ukuran ini mampu menampilkan kesan estetik meski aksen-aksen yang digunakan tergolong simpel.

Karena sifatnya itu, desain ini cocok banget dipilih anak muda yang ingin kamarnya terkesan lebih nyaman. Namun, tanpa harus mengeluarkan banyak biaya tambahan untuk melakukan dekorasi ulang.

Lantas, bagaimana cara menghadirkan desain kamar tidur lesehan ukuran 3×3 yang nyaman ini?

Hal-hal yang Harus Disiapkan Sebelum Mendesain Ulang Kamar Tidur Lesehan

Sebelum mengulas seperti apa desain kamar tidur lesehan ukuran 3×3 yang bagus untuk menampilkan kesan nyaman di kamar tidur lesehan, Anda perlu melakukan beberapa persiapan.

Ini penting dilakukan jika Anda ingin desain yang diterapkan ke kamar benar-benar menampilkan kesan sempurna.

Adapun persiapan yang dimaksud di antaranya, memilih konsep atau gaya ruangan. Serupa dengan kamar yang dilengkapi ranjang, ruang tidur lesehan juga harus punya gaya khas.

Hal ini dilakukan supaya Anda tidak bingung saat ingin menambahkan dekorasi-dekorasi yang cocok diterapkan ke kamar tidur.

Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah kebersihan kamar. Anda tentu jika kamar lesehan pasti membuat lantai cukup sulit dibersihkan karena adanya kasur yang menggelar.

Namun, hal tersebut bisa dipermudah dengan pemilihan jenis kasur yang tepat. Misalnya, kasur yang tidak berat sehingga lebih mudah dipindah-pindahkan. Opsi lainnya, Anda bisa memilih kasur yang dapat dinaik-turunkan atau kasur menggantung.

Ide Desain Kamar Tidur Lesehan Ukuran 3×3

Jika Anda sudah menentukan dua hal yang penting dipersiapkan di awal tadi, selanjutnya adalah merancang desain kamarnya. Sebagai referensi, berikut adalah beberapa ide desain kamar tidur lesehan ukuran 3×3 yang dapat Anda tiru:

1. Gunakan Tirai Panjang Menyentuh Lantai

Untuk Anda yang ingin memiliki kamar tidur lesehan nyaman, pastikan buat menyiapkan tirai jendela ukuran panjang. Jika bisa, pilih tirai yang ukurannya menyentuh lantai.

Adapun maksud memilih jenis tirai ini adalah memberikan kesan lebih luas pada ruangan. Apalagi jika warna tirai yang dipilih adalah putih atau abu-abu.

Sebagai saran, pilihlah model floor curtains ataupun puddle curtains yang panjangnya hingga lantai dengan titik ukuran pertama dari langit-langit. Tujuannya agar kesan yang ingin ditampilkan benar-benar tampak dari kamar tidur Anda.

2. Taruh Kasur Menghadap Jendela

Jika biasanya Anda kerap menempatkan kasur di samping jendela, sebaiknya ubah posisinya jadi berhadapan.

Mengingat ukuran kamarnya 3 x 3, artinya berbentuk persegi maka bukan hal sulit untuk mengubah-ubah posisinya.

Sebagai informasi, membuat posisi kasur menghadap ke jendela dapat memberikan kesan lebih nyaman. Selain itu, ruangannya juga bisa terkesan lebih lega karenanya.

3. Pilih Warna Monokrom  

Supaya ruangan di kamar Anda terkesan lebih teduh dan kalem, gunakan aksen-aksen dengan warna monokrom. Mulai dari gorden, alas kasur, nakas, dan lain sebagainya.

Adapun warna monokrom yang bisa Anda pilih untuk diterapkan dalam kamar di antaranya adalah hitam dan putih. Selain itu, bisa juga menggunakan warna hijau, biru, dan atau merah.

4. Lengkapi dengan Barang-Barang Fungsional khas Ruangan Japandi

Desain kamar tidur lesehan ukuran 3×3 memang tidak bisa dikatakan luas, tetapi tidak terlalu kecil juga. Kendati demikian, kamar dengan ukuran ini tetap perlu perhatian lebih agar tidak menimbulkan kesan akhir yang berantakan.

Salah satu cara agar kamar dengan ukuran standar ini nyaman dan rapi adalah menggunakan barang-barang fungsional.

Contohnya, Anda dapat menaruh lemari pakaian yang dilengkapi rak buku atau bahkan tempat foto.

5. Taruh Tanaman Hias di Samping Nakas

Ide desain kamar tidur lesehan ukuran 3×3 lainnya yang bisa Anda adopsi adalah dengan menambahkan tanaman.

Jika Anda memilih untuk menaruh nakas di dalam kamar, tidak ada salahnya menempatkan pot tanaman di dekatnya.

Selain memberikan kesan menarik, tanaman tersebut juga bisa menjadikan ruangan terkesan lebih segar. Bahkan meskipun tanaman tersebut hanya artificial.

6. Lapisi Dinding Samping Kasur dengan Wallpaper

Bagaimanapun juga, posisi tidur lesehan meskipun di atas kasur tetap bisa memberikan kesan lebih dingin jika dibandingkan tidur di ranjang.

Ini dikarenakan, udara dingin yang dirasakan bukan hanya dari atas, tetapi dari lantai hingga dinding yang langsung terhubung ke permukaan lantai.

Guna meminimalisir risiko dingin berlebihan, Anda bisa menerapkan wallpaper sebagai aksen desain kamar tidur lesehan ukuran 3×3. Namun, pastikan wallpaper yang dipilih memiliki sifat anti lembap dan dapat menahan panas juga.

7. Hadirkan Warna Beda di Tiap Dinding

Ide menarik selanjutnya yang bisa Anda terapkan ke kamar tidur lesehan adalah dinding beda warna. Keberadaan warna yang berbeda di tiap sudut kamar tentu bisa memberikan nuansa yang berbeda-beda.

Ini bagus untuk orang-orang dengan sifat mood swing sehingga kerap berubah nuansa hati dengan cepat.

8. Gunakan Lapisan Anti Lembap Bermotif Kayu

Inspirasi desain kamar tidur ukuran 3×3 berkonsep lesehan selanjutnya yang bisa dilakukan untuk memberikan kesan nyaman dengan menambahkan lapisan lantai.

Gunakan lapisan yang memiliki sifat anti lembap supaya kasur Anda juga senantiasa kering.

Selain itu, Anda juga bisa merasakan suhu yang lebih hangat jika lantai diberikan lapisan. Supaya memberikan fungsi lebih, lapisan lantai yang digunakan sebaiknya memiliki motif tertentu.

Misalnya, Anda dapat memilih motif kayu supaya kamar tampak lebih hangat dan estetik.

9. Taruh Hiasan di Dinding Atas Kepala

Desain kamar tidur lesehan ukuran 3×3 juga bakal terkesan lebih menarik jika dilengkapi hiasan berukuran cukup besar di dindingnya. Taruh hiasan tepat di atas posisi kepala Anda supaya kesannya lebih presisi.

Jika butuh saran mengenai hiasan yang bagus ditaruh di atas dinding, Anda dapat memilih lukisan, kaligrafi nama, ataupun quotes.

Selain itu, tak ada salahnya memilih grafik simpel seperti gambar pot, tanaman, atau hanya bunga dengan latar polos.

10. Pakai Sprei dengan Tone Sesuai Gaya Kamar

Kamar tidur lesehan ukuran 3 x 3 juga bakal tampak lebih menarik jika Anda menerapkan sprei dengan tone sesuai gaya.

Contohnya, jika kamar Anda memiliki gaya Victoria, sebaiknya pilih warna-warna sprei yang terkesan mewah. Sementara itu, jika kamar dibuat dengan konsep utama industrial style, Anda dapat memilih sprei putih atau hitam charcoal.

Baca juga: Tips Menentukan Warna Keramik Kamar Tidur Agar Terlihat Luas

11. Lengkapi dengan Lampu Meja

Inspirasi terakhir untuk menghadirkan desain kamar tidur lesehan ukuran 3×3 yaitu melengkapinya dengan lampu meja. Gunakanlah lampu dengan cahaya yang tidak terlalu terang tetapi jangan terlalu temaram juga.

Ini dilakukan supaya kamar Anda bisa tetap terkesan kalem saat malam hari sekalipun. Anda juga bisa menjadikan kamar terasa demikian ketika gorden ditutup dan lampunya dihidupkan.

Itu tadi sejumlah inspirasi desain kamar tidur lesehan ukuran 3×3 yang bisa dijadikan referensi jika Anda ingin mendekor ulang ruang istirahat. Sampai di sini, bagaimana? Ada inspirasi di atas yang dirasa sesuai dengan selera Anda?

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *