14 Rekomendasi Desain Plafon Kamar Tidur 3×3 yang Estetik dan Minimalis

Desain plafon kamar tidur 3×3 semakin banyak digemari, apalagi kamar tidur seringkali memiliki luas yang sama.

Ya, kamar tidur merupakan tempat terpenting di dalam rumah. Suasana di kamar dapat membantu membangkitkan semangat Anda sepanjang hari setelah Anda bangun tidur.

Setelah lelah bekerja atau beraktivitas lainnya, Anda akan beristirahat di kamar  setidaknya selama 6-8 jam sehari. Tidakkah Anda menyadari bahwa ruangan yang paling sering Anda habiskan sebenarnya adalah kamar tidur? Pastinya Anda perlu banget mendesain agar tata letak interior di dalam ruangan menjadi lebih nyaman, khususnya plafon kamar tidur.

Nah, bagi Anda yang sedang mencari inspirasi desain plafon kamar tidur 3×3 meter, simak ulasan berikut ini ya.

Desain Plafon Kamar Tidur 3×3 yang Estetik

  1. Plafon Kamar Tidur Putih Polos

Desain plafon kamar tidur 3×3 yang pertama adalah plafon kamar tidur putih polos. Bagi Anda yang memiliki kamar tidur berukuran kecil 3×3, mengecat plafon dengan warna putih polos mungkin bisa menjadi pilihan terbaik.

Plafon berwarna putih sangat efektif memantulkan cahaya ke setiap sudut ruangan sehingga menciptakan kesan luas pada kamar tidur berukuran kecil.

  • Plafon Kombinasi Warna Abu-abu Tua dan Putih

Jika plafon kamar tidur Anda cukup tinggi, pengecatan warna gelap mungkin bisa menjadi  pilihan yang tepat. Meski disarankan memakai warna gelap, sebaiknya pilih warna gelap  selain hitam.

Jika Anda menggunakan warna hitam, ruangan Anda akan terkesan lebih kecil. Anda bisa menggunakan warna gelap yang lain seperti abu-abu tua. Plafon dengan warna gelap paling cocok dipadukan dengan  cat dinding  putih atau abu-abu terang.

  • Plafon Kayu Nuansa Natural

Anda juga bisa memilih plafon  kayu sebagai desain minimalis untuk kamar tidur Anda. Banyak orang menyukai plafon kayu  karena dapat memberikan kesan nyaman dan mewah.

Mengingat ukuran kamar tidur Anda yang kecil, memilih jenis plafon kayu mungkin akan terasa tepat bagi Anda. Untuk tampilan yang lebih mewah, tonjolkan warna plafon kayu dengan mengecatnya berwarna coklat kayu.

  • Plafon Warna Kuning Cerah

Selain warna putih, Anda juga bisa memilih warna yang cerah untuk desain plafon kamar tidur 3×3 Anda. Selain memberi efek  luas pada kamar tidur, warna cerah juga akan menghadirkan kesan tenang dan homey.

Warna-warna cerah yang direkomendasikan yaitu abu cerah, abu-abu muda, oranye, biru muda, dan kuning cerah. Pilihlah warna favorit untuk diterapkan pada kamar tidur Anda ya!

  • Plafon Merangkap Headboard

Bagi Anda yang memiliki kamar tidur berukuran 3×3 atau bergaya minimalis, plafon yang menyatu dengan headboard juga bisa menjadi pilihan lho. Jadi, desain plafonnya selaras dengan desain headboard.

Memilih plafon dengan desain seperti ini akan  menghemat ruang karena Anda tidak perlu lagi memasang lampu tambahan  di  headboard. Wah, menarik ya!

  • Plafon Kamar Tidur dengan Wallpaper

Desain plafon kamar tidur 3×3 yang bisa Anda ikuti selanjutnya adalah dengan menempelkan wallpaper pada plafon kamar tidur. Memasang wallpaper pada plafon kamar tidur akan membuat ruangan menjadi lebih bertekstur dan menciptakan nuansa unik yang berbeda dengan kamar tidur biasanya.

Pilihlah wallpaper yang tidak memiliki terlalu banyak tekstur, dengan warna yang sesuai selera Anda ya!

  • Plafon Papan Gypsum

Plafon gypsum merupakan salah satu jenis plafon yang digemari banyak orang, terutama yang memiliki kamar tidur berukuran kecil. Aksen minimalis akan terasa ketika melihat plafon gypsum ini. Agar ruangan semakin nyaman, Anda bisa memilih warna yang senada  dengan plafon dan dinding ruangan.

  • Desain Plafon Kamar Tidur 3×3 Model Melengkung

Salah satu desain plafon yang dapat membantu kamar tidur Anda menjadi lebih mewah adalah plafon dengan tepi melengkung.

Anda dapat memilih lengkungan di salah satu sisi plafon, kemudian meletakkannya di atas atau di sekitar tempat tidur. Pemilihan plafon seperti ini akan menciptakan nuansa elegan dan dinamis pada kamar tidur Anda lho.

  • Plafon Kamar Tidur Minimalis dengan Nuansa Industrial

Selanjutnya, Anda bisa mencoba menciptakan kamar tidur bergaya industrial dengan merombak plafon. Plafon di atas tempat tidur bisa dibuat dari beton, kemudian diekspos  tanpa lapisan material.

Untuk hiasannya, Anda bisa menambahkan sekumpulan lampu,  pipa kabel, dan kipas angin. Anda juga dapat memilih jenis lampu tidur dan menyiapkan lampu sorot dengan pencahayaan ke bawah. Desain plafon kamar tidur ukuran 3×3 meter ini akan memiliki nuansa warna abu-abu agar ruangan terlihat lebih sejuk.

  1. Plafon Kamar Minimalis 3×3 Nuansa Skylight

Ruangan berukuran 3×3 meter perlu desain yang menarik agar terlihat lebih segar. Untuk tipe kamar ini, Anda bisa menggunakan konsep skylight sebagai langit-langit atau plafon ruangan.

Skylight adalah lubang ventilasi yang mampu menghadirkan cahaya alami  ke dalam ruangan rumah. Ya, secara tidak langsung Anda juga bisa menghemat energi di siang hari. Pada malam hari, pemandangan seperti ini akan semakin indah ketika bintang-bintang bersinar di langit. Kamar tidur Anda pun semakin menarik dan membuat Anda betah berada di rumah.

  1. Plafon Kamar Minimalis dengan Aksen Lampu

Aksen lampu melayang terlihat sederhana namun tetap elegan. Plafon jenis ini bisa diaplikasikan dengan lampu berwarna hangat di setiap sisinya. Anda bisa membagi atap menjadi beberapa bagian dan menambahkan lampu untuk pemanis plafon ruangan minimalis.

  1. Desain Plafon Kamar Ukuran 3×3 Monokrom

Siapa yang suka dengan kamar tidur bernuansa monokrom? Beberapa dari kita pasti menyukainya. Apalagi pada ruangan dengan ukuran 3×3, hal ini akan menimbulkan kesan sempit berubah menjadi memiliki banyak ruang.

Ketika Anda melihat plafon monokrom pada kamar tidur, Anda pasti langsung teringat pada furnitur dengan nuansa monokrom. Jika iya, mungkin Anda bisa mencoba desain plafon kamar tidur  yang satu ini.

  1. Desain Plafon Kamar 3×3 Hijau Avocado

Desain selanjutnya yang bisa menjadi pilihan untuk plafon kamar tidur adalah plafon warna hijau avocado. Ini merupakan terobosan baru untuk kamar berukuran 3×3 di rumah. Banyak orang telah mencobanya dan ternyata cocok lho! Pastikan furnitur di dalam rumah Anda tidak terlalu terang agar tidak berbenturan dengan warna hijau avocado.

Anda juga tidak perlu khawatir untuk menambahkan tanaman pot kecil pada kamar. Pasalnya, plafon kamar berwarna hijau avocado bisa menyatu juga dengan tanaman.

  1. Plafon Kamar Bagi Pecinta Toy Story

Bagi Anda yang sudah memiliki anak,  konsep yang satu ini sangat cocok diterapkan. Apalagi jika anak-anak menyukai film kartun. Salah satu kartun yang paling terkenal adalah Toy Story. Plafon berwarna biru akan sangat cocok dipasang pada kamar tidur seperti ini.

Itulah 14 rekomendasi desain plafon kamar tidur 3×3 yang bisa Anda jadikan referensi. Agar lebih menarik, Anda juga bisa memilih desain plafon yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda ya!

Leave a Comment