Inspirasi Model Desain Rumah Ukuran 8×12 Modern dan Kekinian

Saat ini tren sebuah desain rumah selalu berubah seiring dengan berjalannya waktu. Desain rumah ukuran 8×12 jadi salah satu yang tren diterapkan sebagai type hunian modern saat ini.

Pertanyaaannya, dengan ukuran lahan tersebut apakah bisa dimaksimalkan untuk membuat hunian yang representatif?

Pertama, jika anda ingin memulai membangun sebuah rumah, maka salah satu hal yang paling penting untuk dipertimbangkan adalah desain dari rumah tersebut.

Desain rumah memang menjadi bagian paling penting dari sebuah proyek karena akan berpengaruh pada hasil pembangunan secara keseluruhan. Dengan demikian, jika desain yang dihasilkan bagus, maka rumah yang dihasilkan juga akan bagus.

Itulah kenapa ide desain rumah yang cukup banyak dipilih oleh masyarakat adalah desain rumah ukuran 8×12.

Dengan desain seperti ini, mimpi anda untuk memiliki sebuah rumah yang nyaman dapat segera terwujud.

Alasan Memilih Desain Rumah Ukuran 8×12

Sebagaimana sudah disinggung di awal bahwa terkait dengan desain sebuah rumah, ada cukup banyak pilihan yang dapat anda pertimbangkan untuk membuat rumah yang nyaman. Salah satu pertimbangan tersebut adalah dengan menentukan sebuah ukuran dari rumah.

Tentunya, desain rumah ukuran 8×12 adalah salah satu ide desain yang sangat menarik untuk dipilih.

Terkait dengan desain ini, ada beberapa alasan mengapa anda memilihnya sebagai bagian dasar pembangunan rumah. Beberapa alasan yang dapat anda pertimbangkan adalah sebagai berikut:

Biaya Pembangunan Tidak Terlalu Besar

Biaya pembangunan merupakan salah satu aspek paling penting untuk dipertimbangkan saat akan membangun sebuah rumah. Secara umum, membangun rumah memang membutuhkan biaya yang cukup besar.

Biaya pembangunan rumah tersebut tentu akan dipengaruhi oleh banyak hal, terutama dari luas bangunan yang dibangun rumah.

Semakin besar bangunan rumah, maka semakin besar pula biaya yang perlu dibutuhkan. Desain rumah ukuran 8×12 sebenarnya termasuk ukuran yang cukup besar karena akan menghasilkan bangunan dengan luas 96 meter persegi. Namun, bangunan ini tentu sangat ideal untuk tinggal bersama dengan keluarga kecil anda.

Terkait biaya pembangunan, untuk dapat membangun sebuah rumah dengan ukuran 8×12 bisa dikatakan berada pada level standard. Biaya yang diperlukan untuk membangun juga tidak terlalu besar sehingga anda bisa membangun rumah hingga jadi tanpa harus berhenti lama.

Ketersediaan Ruang Yang Memadai

Jika anda ingin membangun sebuah rumah dengan ketersediaan ruang yang memadai, maka desain rumah ukuran 8×12 adalah pilihan yang sangat tepat untuk anda pertimbangkan.

Ketersediaan sebuah ruangan seringkali menjadi pertimbangan saat seseorang ingin membangun rumah mereka. Dengan ruangan yang cukup, maka rumah akan terasa lebih nyaman.

Dalam hal ini, rumah dengan ukuran 8×12 akan memberikan space yang cukup luas untuk membangun beberapa ruangan didalam rumah. Dengan bangunan lantai satu saja anda sudah bisa menikmati suasana rumah dengan detail tiga kamar tidur, ruang tamu dan ruang keluarga secara dipisah.

Memiliki Halaman

Hal lain yang bisa menjadi alasan kenapa desain rumah ukuran 8×12 banyak dipilih adalah karena adanya space halaman yang bisa dibangun. Dari banyak contoh gambar desain rumah dengan ukuran ini, rumah yang dibangun kebanyakan akan dilengkapi dengan halaman teras di bagian depan rumahnya.

Ini adalah salah satu kelebihan dari desain rumah model ini yang tentu akan sangat menyenangkan. Teras rumah bisa menjadi tempat bersantai dan berkumpul bersama dengan keluarga atau tempat untuk menaruh beberapa tanaman hias yang akan membuat rumah tampak lebih hijau dan asri.

Macam-Macam Model Rumah Ukuran 8×12

Seperti yang kita ketahui, saat ini desain rumah ukuran 8×12 sangat beragam, mulai dari desain elegan, klasik, modern, dan masih banyak lagi. Berikut beberapa model rumah dengan ukuran 8×12 yang dapat anda jadikan inspirasi.

Rumah Minimalis Modern

Rumah minimalis modern adalah salah satu desain yang sangat populer di kalangan masyarakat. Desain rumah ini memadukan estetika minimalis dengan berbagai elemen-elemen modern yang mewah.

Rumah dengan desain ini seringkali memiliki dinding yang terbuat dari kaca yang besar, sehingga cahaya alami dapat masuk dengan bebas kedalam rumah yang akan menciptakan tampilan yang terang dan lapang.

Ruang tamu yang terbuka dengan perabotan minimalis juga dapat memberikan kesan yang elegan, sementara dapur yang dilengkapi dengan peralatan canggih akan memberikan kenyamanan bagi penghuni rumah. Taman belakang yang luas dengan kolam renang juga sering menjadi salah satu ciri khas dari desain rumah ini.

Rumah Model Klasik

Banyak orang saat ini seringkali mencari desain rumah yang mencerminkan kemewahan dan keanggunan.

Rumah klasik elegan adalah salah satu pilihan yang tepat dan populer di kalangan mereka. Desain rumah seperti ini seringkali memiliki arsitektur yang megah, dengan detail arsitekturnya seperti tiang dorik, pilar besar, dan jendela berbingkai kayu yang indah.

Interior rumah ini juga seringkali dihiasi dengan berbagai perabotan antik dan perabotan mewah. Ruang tamu yang luas dengan penataan yang tepat adalah salah satu fitur yang seringkali ada dalam desain rumah ukuran 8×12 model klasik.

Baca juga: Ketahui Estimasi Biaya Bangun Rumah 2 Lantai 5×7

Rumah Ukuran 8×12 Dengan 3 Kamar

Memfokuskan tiga kamar tidur sekaligus pada satu lantai yang sama bukanlah sebuah masalah. Banyak contoh yang sudah menerapkan desain rumah ukuran 8×12 dengan model 3 kamar tidur.

Model desain rumah ini terdiri dari kamar tidur utama dengan kamar mandi di dalamnya. Dua kamar tidur lainnya bersebelahan serta menghadap ke arah ruang keluarga serta ruang makan.

Desain rumah ini terbilang cukup efisien karena tidak ada satu sudut pun yang tidak terpakai. Jika tidak ingin membangun rumah secara vertikal, maka inspirasi rumah ukuran 8×12 ini bisa menjadi pilihan bagi anda yang sedang mencari inspirasi model rumah.

Supaya interiornya terasa lebih nyaman dan lega, pastikan untuk menerapkan konsep minim sekat untuk beberapa ruangan tertentu.

Rumah Ukuran 8×12 Model Japandi

Desain rumah ukuran 8×12 tidak hanya dapat memberikan rasa nyaman dan mengedepankan fungsi ruang, namun juga dapat memanjakan mata melihat. Model dan desain rumah jenis ini juga mengusung konsep Japandi pada interior huniannya.

Bagi yang belum tahu, Japandi design merupakan gaya pada interior rumah yang memadukan konsep Jepang dan Skandinavia. Kedua konsep ini sangat serasi dan menampilkan karakteristik minimalis serta natural pada ruangan. Gaya Japandi sangat cocok jika diaplikasikan pada hunian yang berukuran mungil.

Penggunaan lantai kayu berwarna cerah pada model rumah japandi juga dapat memberikan kesan yang hangat dan alami. Penataan ruangnya pun harus dibuat seefisien mungkin, sehingga tidak ada sudut yang tidak terpakai.

Itulah beberapa inspirasi desain rumah ukuran 8×12 yang dapat dijadikan referensi bagi anda yang sedang bingung mencari model dan bentuk rumah hunian.

Tidak perlu pusing dengan konsep besarnya, karena Anda bisa menyerahkan pekerjaan tersebut pada kontraktor bangunan terpercaya. Hasil akhirnya, desain rumah ukuran 8×12 yang Anda impikan akan bisa terwujud dengan sempurna.

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *