Skip to content

8 Ide Desain Garasi Mobil Rumah Kecil

Garasi sepertinya sudah umum dimiliki dan jadi kebutuhan yang sangat urgent bagi para pemilik mobil. Meski tinggal di rumah minimalis, Anda bisa mengusung garasi mobil rumah kecil sesuai dengan ukuran hunian Anda.

Nantinya, garasi mobil rumah kecil ini bisa Anda buat sedemikian rupa sehingga tidak akan mengganggu mobilitas Anda dan keluarga. Plus kendaraan Anda aman dari kerusakan ataupun gangguan kejahatan yang tidak diinginkan.

Sebelum kita bicara lebih jauh, kami ringkaskan dulu apa saja poin yang akan kita bahas tentang ide desain garasi mobil rumah kecil kali ini.

  • Apa itu garasi?
  • Fungsi dan Manfaat garasi
  • Beda garasi dan carport
  • Kriteria rumah disebut kecil
  • Desain garasi mobil rumah kecil

Apa itu Garasi?

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, garasi berarti rumah-rumahan atau bagian/area dari rumah yang sengaja difungsikan untuk tempat menyimpan mobil/kendaraan berukuran lainnya.

Dengan kata lain, garasi berarti: kandang mobil. Meskipun garasi identik dengan mobil, namun bukan berarti garasi hanya untuk menyimpan mobil saja ya.

Pada prakteknya, kebanyakan garasi ini dipakai untuk mengandangkan kendaraan apapun yang dimiliki.

Apa Manfaatnya Punya Garasi?

Pengertian garasi sudah kita bahas. Sekarang kita gali kenapa garasi amat penting untuk dibuat dan dimiliki oleh Anda yang punya mobil atau beberapa kendaraan lain di rumah.

Alasan utamanya yang harus jadi mindset adalah bahwa dengan adanya garasi tidak hanya mobil Anda terlindungi dari panas dan hujan. Namun juga jadi tidak mengganggu orang lain.

Dulu sempat viral, kejadian di mana banyak pemilik mobil yang memarkirkan kendaraannya semabrangan seperti di pinggir jalan komplek perumahan.

Alhasil, ini jadi semacam ironi karena mengganggu kenyamanan pengguna jalan. Tentu akan beda jika yang bersangkutan punya garasi di rumah. Mobil jadi terlindungi dan tidak ada cerita mengganggu hak jalan orang lain karena parkir sembarangan.

Apa Bedanya Garasi dan Carport?

Sebagian besar orang masih bingung membedakan dua istilah ini. Antara carport dan garasi.

Meski mirip, keduanya punya perbedaan yang mencolok loh.

Garasi berarti kadang mobil yang mana diambil dari bagian rumah untuk melindunginya dari cuaca dan hal tidak diinginkan lainnya. Bentuk garasi identik dengan sebuah ruangan tertutup dengan atap dan dinding.

Sedangkan pengertian carport dikutip dari Wikipedia ialah tempat menyimpan kendaraan di depan rumah yang dilengkapi dengan atap dan tanpa dinding alias terbuka.

Jika disimpulkan, garasi ialah ruang penyimpanan tertutup, sering kali dibuat menyatu dengan rumah, ada lantai, dinding, dan langit-langit. Karena tertutup, secara proteksi jadi lebih baik.

Sementara carport bisa dibuat lebih simpel karena hanya memerlukan atap carport dan tiang penyangga saja.

Untuk kebutuhan ukuran lahan yang diperlukan untuk membuat keduanya juga berbeda. Carport hanya butuh sekitar 10-15 meter persegi untuk mobil sejenis MPV.

Sementara garasi butuh space lebih luas 2-3 meter persegi lebih luas lantran harus bangun dinding dan lainnya.

Kriteria Rumah disebut Kecil

Sebelum bicara soal desain garasi mobil rumah kecil seperti apa yang pas untuk Anda. Sebaiknya kita buat parameter dulu tentang ukuran rumah seperti apa yang disebut kecil.

Adapun bangunan rumah yang termasuk ke dalam tipe minimalis/kecil yaitu:

Biasanya, rumah tipe tersebut dibangun di atas lahan seluas kurang lebih 72 meter persegi atau lebih luas khusus tipe 45 dan 60. Meski demikian, untuk membuat garasi mobil rumah kecil seperti ini perlu pertimbangan khusus.

Anda bisa perhatikan beberapa tips penting seputar pembangunan garasi mobil rumah kecil berikut ini.

Tips Penting ketika Hendak Menambahkan Garasi di Rumah Kecil

garasi mobil rumah kecil

Ada beberapa hal mendasar soal bagaimana membuat garasi rumah yang benar-benar tepat dari berbagai sudut pandang. Diantaranya:

Lokasi

Pertimbangan lokasi menjadi hal mutlak yang mesti Anda pikirkan. Tentukan dimana lokasi garasi rumah Anda akan ditempatkan.

Apakah di depan, di samping, atau bahkan di belakang rumah. Hal ini akan mempengaruhi aspek estetik rumah Anda plus Anda nyaman atau tidak saat bermobilitas.

Ukuran

Ukuran garasi juga perlu dipertimbangkan karena nantinya akan memberikan dampak signifikan untuk kenyamanan Anda memarkirkan mobil di rumah.

Desain

Bicara soal desain, untuk garasi mobil rumah kecil pertimbangan utamanya lebih baik diprioritaskan pada aspek estetika dan kenyamanan saja.

Kalau mau, hias dinding garasi dengan graviti yang sesuai dengan tema yang diusung. Atau masuk dengan warna mobil/kendaraan-kendaran anda.

Ide Desain Garasi Mobil Rumah Kecil

Ada banyak ide desain garasi mobil rumah kecil yang bisa Anda usung, diantaranya:

Garasi rumah dengan Pagar Besi yang Elegan

Ide garasi mobil rumah kecil dapat Anda desain dengan menggunakan pagar besi modern yang elegan.

Desain pagar seperti ini sangat cocok untuk Anda yang mengininkan keamanan dari potensi pencuri atau perusak mobil Anda.

Untuk pagar besi bisa dipilh yang sesuai dengan keinginan karena di pasar sudah cukup banyak pilihannya. Dengan adanya pagar, maka Anda akan memiliki garasi yang aman dan minim resiko kejahatan.

Garasi Rumah Nyambung dengan Pintu Belakang

Ide selanjutnya ialah garasi mobil yang menyambung dengan pintu belakang. Ini ide yang bagus mengingat Anda akan dimudahkan dalam mengakses ruang garasi nantinya.

Sebagai pelengkap, Anda bisa menambahkan pintu garasi dari material kayu yang kuat.

Garasi Rumah Tanpa Pagar

Ada ide lain supaya garasi rumah kecil Anda terlihat luas. Yaitu dengan menghilangkan pagar alias tanpa menggunakan pembatas berupa pagar besi atau sejenisnya.

Garasi Rumah dengan mengambil bagian dari taman

Tidak masalah area garasi kecil, namun ada taman rumah sempit yang berada di samping/depan. Keduanya bisa dikombinasikan untuk menghasilkan ruang garasi yang estetik.

Memang Anda harus merelakan space taman untuk dipakai sebagai bagian dari garasi. Namun dengan begitu, hasil desainnya akan cukup bagus.

Garasi kecil dengan lantai keramik

Meskipun berukuran kecil, garasi rumah minimalis bisa dipadukan dengan elemen biasa seperti keramik lantai.

Meski begitu, jika garasi menggunakan keramik pada lantainya, ada resiko jika rusak akan terlihat kurang bagus bahkan berbahaya. Anda mesti siap dengan konsekuensi dari menggunakan lantai garasi dari kemarik tersebut ya.

Garasi Kecil di Samping Rumah

Kalau mobil Anda tergolong mini, membuat garasi ukuran kecil tidak jadi masalah. Apalagi untuk peletakkannya banyak opsi seperti di samping rumah.

Anda bisa membuat garasi di samping rumah dengan sedikit sentuhan maka akan terwujud garasi mini yang elegan.

Garasi Kecil di bawah balkon

Jika rumah Anda berpola lantai dua dengan balkon minimalis di lantai atas, Anda bisa gunakan bagian bawahnya untuk garasi.

Hasilnya akan terlihat modern meskipun konsep yang diusung cukup sederhana. Sebagai pelengkap, Anda bisa gunakan banyak elemen lain seperti pintu kayu setengah tinggi atap.

Garasi Kecil Tapi Multifungsi

garasi mobil rumah kecil

Jika di rumah Anda tersedia gudang yang cukup luas, Anda bisa gunakan sekaligus untuk kandang mobil.

Ini jadi salah satu ide yang brilian di tengah minimnya space di rumah kecil Anda bukan?

Menjadikan gudang sebagai garasi sekalian akan memudahkan Anda untuk mengontrol jika sewaktu-waktu ada kerusakan. Dengan begitu, Anda tidak perlu cemas karena segala peralatan reparasi sudah ada di gudang.

Bagaimana, tertarik untuk mengadopsi desain garasi mobil rumah kecil yang mana nih?

Editted 22/07/2022 by UN.

Baca profil Perusahaan kontraktor kolam renang yang melayani jasa perencanaan pembangunan, desain kolam renang, renovasi kolam renang rumah pribadi, hotel, apartemen, villa, guess house dan kolam renang umum lainnya yang profesional dan bergaransi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *