10 Granit Dinding Dapur Minimalis, Hitam Favorit!

Adanya ide tambahan material granit dinding dapur minimalis menjadi angin segar bagi banyak pemilik rumah.

Alasan utamanya, granit hitam dikenal sebagai material dapur yang kuat, tahan lama, mudah dibersihkan, memberikan kesan mewah dan cocok digunakan di berbagai sisi interior. Baik modern, minimalis, maupun futuristik.

Penerapan desain dapur minimalis tidak hanya membuat memasak menjadi lebih estetik, tetapi juga lebih efisien. Selain itu, dapur minimalis sangat efektif dalam memberikan kesan bersih dan higienis.

Jika Anda tertarik untuk mengaplikasikan granit dinding dapur minimalis, berikut ini beberapa inspirasinya! 

10 Ide Granit Dinding Dapur Minimalis dengan Warna Hitam

Granit Dinding Dapur Minimalis
Granit Dinding Dapur Minimalis

Berikut ini beberapa ide penerapan material granit dinding dapur minimalis yang cukup bagus.

Dapur minimalis dengan granit hitam tema monokrom

Ide granit dinding dapur minimalis yang pertama yaitu granit hitam dengan tema monokrom. Dapur minimalis bertema monokrom dengan granit hitam akan meningkatkan kesan elegan, minimalis, dan modern pada dapur Anda lho.

Anda bisa menggunakan granit dapur minimalis berwarna hitam untuk permukaan meja island dapur atau countertop dan padukan dengan kabinet berwarna putih.

Dapur minimalis granit hitam pada backsplash

Granit hitam bukan hanya dapat diaplikasikan pada countertop atau permukaan meja island dapur saja, tetapi bisa juga pada backsplash.

Kemudahan dalam membersihkan granit hitam adalah salah satu alasan utamanya – backsplash mudah sekali kotor saat terciprat cairan atau bahan dapur. 

Anda juga bisa menciptakan tampilan modern dengan memadukan granit hitam pada backsplash dapur dengan warna putih pada kabinet atas serta warna cokelat kayu pada kabinet di bawahnya.

Dapur minimalis dengan granit hitam serta kayu bercorak

Perpaduan granit hitam pada countertop dan backsplash, dengan kayu yang bercorak pada kabinet dapat menjadi pilihan desain yang sangat tepat untuk mendapatkan kesan interior dapur yang tidak terlalu monoton, mewah, dan tidak berlebihan. 

Dapur minimalis dengan granit hitam dengan tone earthy

Ide granit dinding dapur minimalis berikutnya yaitu granit hitam dengan tone earthy. Anda bisa memadukan countertop granit hitam dengan warna tone earthy.

Seperti hijau lumut untuk lemari dapur bagian bawah, sehingga dapat memberikan kesan dapur modern dan minimalis. Hal ini juga dapat menghadirkan kesan hangat pada dapur Anda.

Anda juga bisa mengimbangi paras gelap warna ini dengan menggunakan warna abu-abu pada backsplash dapur dan warna putih pada dinding dapur, agar ruangan tetap terang. 

Dapur minimalis dengan granit hitam bertema all black

Keseluruhan berwarna hitam di dapur, kenapa tidak?

Granit dinding dapur minimalis dengan tema serba hitam benar-benar dapat membuat dapur Anda terlihat sangat berkelas, elegan serta menciptakan kesan misterius. Agar tidak terlihat gelap dan “tidak berjiwa”, pastikan ada pencahayaan yang baik dan cukup ya.

 Dapur minimalis dengan granit hitam serta kombinasi abu-abu-pink pastel

Kombinasi granit hitam dan perpaduan abu-abu pink pastel dapat menciptakan suasana dapur yang lembut dan unik.

Gunakan granit hitam untuk permukaan meja island dan countertop. Kemudian padukan dengan kabinet kombinasi abu-abu dan pink pastel pada meja dapur granit tersebut. Hasilnya, sangat menarik dan unik, bukan? 

Hias Dapur Minimalis Granit Hitam dengan Lampu Gantung

Untuk menciptakan kesan mewah setelah diaplikasikan granit dinding dapur minimalis, Anda juga bisa menambahkan lampu gantung rumah. Anda bisa memilih beragam desain lampu gantung yang sudah banyak tersedia di pasaran.

Anda juga bisa memilih model lampu gantung yang unik lho, dimana lampu dilengkapi dengan kap kaca bulat bergaya industrial. Dapur jadi terlihat lebih elegan, bukan? 

Aksen Natural di Dapur Minimalis Granit Hitam

Seperti yang sudah Anda ketahui, penggunaan dapur granit hitam minimalis bisa memberikan kesan super elegan.

Namun, ada baiknya Anda menambahkan aksen natural di dapur, agar berbagai kegiatan memasak terkesan lebih homey dan leluasa. 

Salah satu caranya, Anda bisa menambahkan elemen kayu atau dekorasi berupa tanaman indoor yang akan diletakkan di sudut countertop.

Jika Anda tidak ingin ribet, Anda bisa langsung saja menghadirkan perabot dapur yang terbuat dari bahan atau motif kayu.

 Kombinasikan Warna Putih Pada Dapur Minimalis Granit Hitam

Penggunaan granit hitam pada countertop pasti dapat memberikan kesan mewah pada dapur. Namun, Anda harus memadukannya dalam beberapa elemen dengan warna lain.

Misalnya, warna putih pada kabinet agar memberikan kesan dinamis dan membuat dapur tetap terang dan luas. 

Gunakan Elemen Kontras Pada Dapur Minimalis Granit Hitam

Penerapan dapur granit hitam minimalis memang lumayan sulit karena harus meningkatkan efek visual agar tidak terlihat monoton.

Salah satu caranya, Anda dapat menambahkan beberapa elemen kontras. Misalnya, untuk tampilan yang lebih eksklusif, Anda bisa mengaplikasikan cat berwarna cerah atau menggunakan sink cuci piring warna emas atau perak. 

3 Kelebihan Menambahkan Granit Dinding Dapur Minimalis

Setidaknya ada tiga kelebihan yang dimiliki oleh material granit dinding dapur minimalis, diantaranya:

  • Tampilannya yang indah

Granit memiliki keistimewaan yaitu motifnya yang abstrak dan warnanya yang cukup beragam. Ini adalah produk alami dengan desain dan gaya yang tak lekang oleh waktu atau timeless. 

  • Tidak mudah tergores dan tahan panas

Keuntungan lain menggunakan granit adalah tidak mudah tergores. Hal ini dikarenakan sifat granit yang sangat keras dan tahan lama. Selain itu, granit juga tahan panas, sehingga apabila Anda ingin menggunakannya sebagai meja kompor akan sangat ideal.

  • Tidak mudah terkena noda

Kegiatan memasak di dapur memang tidak lepas dari berbagai noda minyak, piring atau saus dan bahan dapur lainnya.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena dengan perawatan yang tepat, noda pada meja granit tidak akan meninggalkan bekas atau menempel.  

5 Pilihan Warna Granit untuk Dapur Terpopuler

Untuk warnanya sendiri, ada beberapa pilihan yang bisa ditentukan:

  • White Ice Granite

White Ice Granite adalah salah satu warna granit yang banyak dipilih orang. Sama seperti namanya, warna ini didominasi warna putih bercampur abu-abu dan biru. Warna ini menimbulkan kesan mewah dan bersih di dalam rumah. 

  • Alaska White Granite

Alaska White Granite mempunyai warna dasar putih. Banyak penghuni rumah yang memilih warna granit ini karena desainnya yang cukup unik. Warna ini juga sering dipilih karena dapat menimbulkan kesan mewah dan luas pada ruangan. 

  • Dark Sparkle Granite

Granit jenis ini memiliki warna dasar hitam bercampur emas pada permukaannya. Warna ini sempat sangat populer di tahun 90-an. Selain itu, warna granit ini juga sangat cocok jika dipadupadankan dengan furnitur berwarna emas.

  • Black and White Granite

Seperti namanya, granit jenis ini memiliki corak warna hitam dan putih. Warna ini sering dipilih karena dapat menimbulkan kesan elegan pada rumah. Selain itu, warna ini juga cocok dipadukan dengan furnitur berbahan kayu. 

  • White Sparkle Granite

Warna granit white sparkle ini adalah kombinasi putih dan abu-abu. Warna ini sangat cocok untuk dapur, karena dapat menimbulkan kesan mewah dan menarik. Ya, suasana memasak Anda akan semakin menarik, bukan? 

Demikian pembahasan lengkap mengenai granit dinding dapur minimalis yang bisa Anda jadikan referensi. Jangan lupa lengkapi dapur Anda dengan berbagai furnitur dan aksesoris terbaik ya. Semoga bermanfaat!

Editted by UN

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website