Skip to content

Inspirasi Desain Gudang Rumah Minimalis

Memiliki hunian yang nyaman tentu fokusnya tidak hanya pada tampilan ruang-ruang utama saja. Tapi juga bagian interior yang jarang terlihat seperti pada gudang rumah minimalis Anda.

Jadi intinya tidak hanya bagian ruang tamu, kamar tidur, dapur atau ruang keluarga saja. Namun setiap rumah juga harus memiliki gudang sebagai ruang penyimpanan.

Tidak harus rumah luas atau mewah, tapi Anda juga bisa membuat sebuah gudang minimalis meskipun terkendala lahan sempit.

Pada dasarnya memang ada teknik khusus untuk membuat gudang pada hunian minimalis, karena keterbatasan lahan ini maka Anda harus bisa memutar otak agar mampu memanfaatkan ruangan sebagai gudang. 

Tidak harus berbentuk satu ruangan utuh, namun Anda bisa memanfaatkan sudut-sudut ruangan yang tidak terpakai untuk dijadikan gudang. Artikel mengenai gudang rumah minimalis yang akan dibahas pada kali ini mungkin bisa bisa menjadi inspirasi pilihan.

Beberapa Rekomendasi Ide Penataan Gudang Rumah Minimalis

gudang rumah minimalis

Gudang merupakan sebuah ruangan penyimpanan yang dapat digunakan untuk menampung beberapa perlengkapan. Baik rumah tangga yang tidak terpakai atau jarang terpakai. 

Umumnya barang-barang tersebut masih bagus sehingga sayang untuk dibuang. Akhirnya disimpan di gudang dengan tujuannya agar sewaktu-waktu dapat digunakan kembali. 

Berbicara mengenai gudang hunian minimalis memang membutuhkan perlakuan khusus, karena keterbatasan lahan inilah Anda harus bisa menyiasatinya. 

Jika Anda bingung, berikut ini beberapa rekomendasi desain gudang rumah minimalis yang cocok dicoba:

1. Gudang Mini Model Display

Jika Anda masih bingung dengan model desain gudang rumah minimalis, tiada salahnya jika memanfaatkan model display untuk desainnya. Inspirasi ini cukup menarik dan bisa Anda aplikasikan di sudut ruangan kosong. 

Memadukan antara pegboard dan rak besi bisa menjadi pilihan menarik. Untuk area pegboard, Anda bisa menata barang yang berukuran kecil. 

Sementara untuk bagian rak besi, bisa Anda manfaatkan untuk beberapa peralatan yang lebih besar. Agar tidak banyak makan tempat, sebaiknya cara menata gudang dilakukan dengan teratur dan rapi. 

Selain untuk menciptakan estetika, hal ini juga dapat mempermudah pengguna untuk menemukan kembali barang ketika akan digunakan.

2. Gudang Rumah Minimalis di Bawah Tangga

gudang rumah minimalis

Umumnya rumah minimalis pasti dilengkapi dengan tangga dua lantai. Lahan yang cukup terbatas bisa Anda manfaatkan untuk mendesain gudang hunian minimalis yang ditempatkan di bawah tangga. 

Ini merupakan cara yang cukup efektif. Anda bisa menatanya dengan rapi atau bisa juga ditambahkan rak gantung untuk menyimpan barang-barang yang tidak terpakai.

3. Gudang Satu Ruangan dengan Garasi

Garasi bisa menjadi tempat lain yang cocok dijadikan gudang rumah minimalis. Ruangan garasi umumnya memiliki celah atau sudut yang tidak terpakai. 

Disinilah Anda bisa memanfaatkan sudut itu untuk dijadikan sebuah gudang. Konsep pemanfaatan ini sudah banyak dilakukan oleh para pemilik rumah minimalis yang memiliki lahan terbatas. 

Di negara barat, konsep seperti ini sudah umum digunakan. Anda bisa mengaplikasikannya pada hunian minimalis yang Anda punya. 

Adapun hal yang paling penting ialah susunan penyimpanan yang rapi serta mengatur barang-barang yang tersimpan disebut dengan teratur. Tujuannya adalah agar tidak merusak desain utama sebuah rumah.

4. Konsep Gudang Minimalis di Basement Rumah

Jika Anda memiliki ruangan bawah tanah maka ruangan tersebut bisa digunakan untuk gudang. Basement memang sering terdapat pada bangunan rumah minimalis.

Letaknya berada di bawah permukaan tanah atau lantai dasar dari sebuah bangunan atau juga sering disebut dengan ground floor. Ruangan ini bisa menjadi tempat penyimpanan yang aman untuk barang-barang yang tidak terpakai atau jarang Anda pakai. 

Meski begitu Anda juga harus sering membersihkan area ini agar barang-barang yang Anda simpan tidak rusak. Sebenarnya basement sendiri berfungsi untuk memperdalam kedalaman dasar pondasi guna memberikan pengaruh terhadap kenaikan besar atau daya dukung ultimate tanah dasar. 

Ruangan ini berperan untuk memperbesar kestabilan konstruksi gedung terhadap gaya guling atau gaya geser yang mungkin bisa terjadi. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai gudang untuk rumah minimalis.

5. Membuat Gudang di Atas Plafon

Jika Anda memiliki lahan terbatas, ada alternatif lain yang bisa dimanfaatkan sebagai gudang. Seperti menggunakan ruangan di atas plafon atau loteng sebagai tempat penyimpanan. 

Agar lebih maksimal, Anda bisa menambahkan lemari kecil sebagai tempat penyimpanan untuk barang yang tidak terlalu besar. Sedangkan untuk peralatan yang cenderung cukup besar, Anda bisa menata dengan teratur agar terlihat rapi.

Satu hal yang patut Anda memperhatikan ialah mengenai konstruksi plafon. Sebaiknya gunakan material plafon yang kuat agar mampu menahan beban dari barang-barang yang disimpan. Terlebih jika barang tersebut disimpan dalam waktu cukup lama.

6. Memanfaatkan Area Belakang Rumah

Apabila Anda memiliki sedikit lahan dibelakang rumah, daripada tidak digunakan bisa dimanfaatkan untuk gudang. Area minimalis ini bisa disulap menjadi ruangan penyimpanan yang lebih menarik dengan dekorasi minimalis. 

Gunakan cat berwarna putih di bagian dinding untuk menciptakan kesan luas. Jika perlu, sediakan lemari cabinet atau rak yang dapat menampung beberapa barang. Maksimalkan pengaturan dengan penataan yang rapi dengan memanfaatkan celah kosong.

7. Celah Kecil Dekat Kamar Mandi untuk Gudang Minimalis

gudang rumah minimalis

Karena keterbatasan lahan, maka Anda harus lebih pintar memanfaatkan ruangan. Kendati terlihat kecil, namun pasti ada celah kosong yang bisa dimanfaatkan. 

Selain pada bagian bawah tangga, Anda juga bisa menggunakan celah kosong dekat kamar mandi sebagai gudang. Gunakan rak gantung atau lemari multifungsi untuk menyimpan berbagai barang.

8. Desain Minimalis pada Area Pintu Samping

Sebenarnya ada berbagai gudang rumah minimalis yang bisa Anda buat. Seperti ketika ada sudut kosong dekat pintu samping. 

Ini berlaku bagi para pemilik rumah yang memiliki akses pintu samping. Berikan rak-rak kecil untuk menampung barang yang tidak terlalu besar. 

Agar konsep hunian tidak rusak, beri akses sentuhan minimalis seperti pajangan foto atau bantal hias di bagian ini.

Baca juga: Dapur Sejuk Bikin Mood Masak Melejit

9. Gudang Minimalis Dekat Dapur

Dari beberapa tempat gudang rumah minimalis, yang paling sering menjadi tempat gudang adalah area dekat dapur. Tidak sedikit yang menggunakan area ini sebagai tempat dan cara menata barang di gudang dengan metode penyimpanan. 

Anda bisa menambahkan lemari atau meja kayu untuk membuat area tersebut lebih rapi. Selaraskan warna cat dengan area ini agar terlihat lebih estetik. 

Sebagai rekomendasi, sebaiknya Anda menggunakan warna netral untuk membuat ruangan terlihat lebih luas. Gudang rumah minimalis memang perlu perhatian khusus. 

Karena lahan yang ada cukup terbatas, sehingga penghuni rumah harus pintar mengatur dan memanfaatkan lahan tersebut. Pada dasarnya tidak ada alasan untuk membuat rumah tetap indah dan fungsional. 

Anda tetap bisa mensiasati sesuai kebutuhan masing-masing. Ulasan di atas hanya sebagai rekomendasi dan referensi yang mungkin bermanfaat untuk Anda. Setidaknya, kini Anda bisa menemukan ide yang akan diaplikasi pada bagian rumah sebagai gudang rumah minimalis Anda.

Baca profil Perusahaan kontraktor kolam renang yang melayani jasa perencanaan pembangunan, desain kolam renang, renovasi kolam renang rumah pribadi, hotel, apartemen, villa, guess house dan kolam renang umum lainnya yang profesional dan bergaransi.