Harga Bondek Per Lembar 6 Meter (Per Jenis / Merk)

Ketika hendak membangun rumah bertingkat, salah satu material terpenting yang harus ada dalam konstruksi tersebut adalah bondek.

Material bondek sendiri di pasaran cukup bervariasi, salah satu yang umum dipakai adalah yang brukuran 6 meter. Harga bondek per lembar 6 meter sendiri di angka setengah jutaan ke atas. Harga ini dirasa cukup worth it bagi sebagian orang.

Bondek sendiri banyak digunakan sebagai pengganti alternative papan kayu atau triplek sebagai pembungkus material cor serta menahan tekanan beton pada sebuah konstruksi.

Salah satu alasan mengapa kebanyakan orang lebih memilih menggunakan bondek jika dibandingkan dengan material lainnya.

Di Indonesia sendiri bondek mempunyai macam-macam harga serta ukuran, mulai dari ukuran 3 meter, 4 meter, 5 meter, serta 6 meter. Untuk harganya sendiri juga bervariasi, contohnya untuk harga bondek per lembar 6 meter berkisar antara ima ratus sampai satu jutaan.

Oleh sebab itu, jika anda berencana untuk menggunakan material bondek dengan ukuran 6 meter, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu daftar harganya. Berikut ini beberapa jenis dan bahan material bondek ukuran 6 meter yang perlu anda ketahui.

Jenis-Jenis Material Bondek

Perlu kita ketahui, di pasaran Indonesia bondek sendiri tersedia dalam dua jenis yaitu bondek galvalum serta bondek galvanis. Tentunya kedua jenis tersebut memiliki karakteristik yang berbeda pada masing-masing jenisnya.

Sebelum kita membahas tentang harga bondek per lembar 6 meter, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu jenis-jenisnya.

Bondek Galvalum

Bondek galvalum sendiri terbuat dari komposisi 55% menggunakan alumunium, serta 45% menggunakan seng.

Kandungan alumunium yang terdapat menjadikan bondek jenis galvalum tahan terhadap karat. Namun sayangnya, jenis galvalum lebih rentan terhadap semen sehingga mudah keropos apabila terkena semen.

Bondek Galvanis

Bondek galvanis juga terbuat dari campuran bahan dasar alumunium serta campuran seng. Campuran seng tersebut berperan sebagai pelindung lembaran besi atau baja dari polusi yang dapat membuat bondek cepat berkarat.

Bondek jenis galvanis inilah yang paling cocok digunakan sebagai bondek cor, karena memiliki banyak sekali kelebihan yang dibutuhkan jika dibanding dengan jenis bondek galvalum.

Kegunaan Bondek

Seperti yang sudah kita bahas diatas, bondek digunakan sebagai pengganti papan atau triplek untuk keperluan pekerjaan cor dak sebuah bangunan gedung atau rumah.

Selain itu, bondek juga sering digunakan sebagai tulangan positif beton pada sebuah bangunan bertingkat.

Tentunya bondek yang digunakan sebagai alas cor juga mempunyai harga sedikit mahal jika dibanding dengan jenis bondek yang mempunyai ukuran lebih kecil.

Bondek ukuran 6 meter memiliki bentuk sama seperti jenis bondek lain, yaitu bergelombang dengan tinggi gelombangnya sekitar 5 cm.

Akan tetapi ada juga jenis bondek dengan ukuran gelombang per lembarnya lebih tinggi sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pembelinya.

Harga Bondek Per Lembar 6 Meter

Harga Bondek Per Lembar 6 Meter
Harga Bondek Per Lembar 6 Meter

Harga bondek sendiri dipasaran cukup bervariasi, tergantung pada jenis material serta ukurannya. Selain itu, merek produk juga dapat mempengaruhi harga, semakin bagus kualitas materialnya maka akan semakin mahal pula harganya.

Agar kalian mendapat gambaran harga di pasaran, berikut rincian dan penjelasan tentang daftar harga bondek per lembar 6 meter.

Bondek Galvanis 0,65 mm

Untuk harga bondek per lembar 6 meter jenis galvanis dengan lebar 100 cm, serta tebal 0,65 mm umumnya dijual dengan harga sekitar Rp. 612.000. Harga ini pun tidak semua sama, tergantung masing-masing toko yang menjualnya.

Bondek Galvanis 0,70 mm

Untuk harga bondek per lembar 6 meter jenis galvanis dengan lebar 100 cm, serta tebal 0,70 mm dijual dengan harga sekitar Rp. 642.000. Harga ini pun tidak semuanya sama, tergantung pada masing-masing toko yang menjualnya.

Bondek Galvanis 0,75 mm

Untuk jenis bondek galvanis dengan lebar 100 cm, serta tebal 0,75 mm dijual dengan harga sekitar Rp. 672.000. Harga ini pun tidak semuanya sama, tergantung pada masing-masing toko yang menjualnya.

Bondek Galvanis 1.00 mm

Untuk harga bondek per lembar 6 meter jenis galvanis dengan lebar 100 cm, serta tebal 1.00 mm dijual dengan harga sekitar Rp. 1.116.000. Harga ini pun tidak semuanya sama, tergantung pada masing-masing toko yang menjualnya.

Bondek Galvalum 0,70 mm

Untuk harga bondek per lembar 6 meter jenis galvalum dengan lebar 100 cm, serta tebal 0,70 mm dijual dengan harga sekitar Rp. 648.000. Harga ini pun tidak semuanya sama, tergantung pada masing-masing toko yang menjualnya.

Bondek Galvalum 0,75 mm

Untuk harga bondek per lembar 6 meter jenis galvalum dengan lebar 100 cm, serta tebal 0,75 mm dijual dengan harga sekitar Rp. 690.000. Harga ini pun tidak semuanya sama, tergantung pada masing-masing toko yang menjualnya.

Perlu diingat, harga bondek per lembar 6 meter diatas bisa saja berubah-ubah atau bahkan berbeda untuk beberapa wilayah, hal ini bisa disebabkan oleh beberapa factor tertentu.

Baca juga: Ukuran Rangka Atap Baja Ringan untuk Kanopi Rumah Beserta Harganya

Kelebihan dan Kekurangan Bondek

Setiap jenis bahan material bangunan pastinya mempunyai karakteristik masing-masing, termasuk juga bondek.

Berikut ini penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan bondek 6 meter sebagai bahan pertimbangan sebelum ingin membelinya.

Kelebihan Bondek Untuk Material Cor

Sekarang ini, sangat banyak peminat bondek jika dibanding dengan triplek atau bahan material lainnya untuk keperluan bahan bangunan. Untuk itu anda perlu mengetahui kelebihan dari bondek tersebut.

Tampilan Lebih Bagus

Bondek sendiri memiliki motif dan lekukan yang unik serta dapat memberikan tampilan yang berbeda dan akan membuatnya lebih cantik, apalagi jika anda mengecat bondek dengan warna favorit.

Salah satu kebanyakan orang memilih bondek cor sebagai material untuk alas cor bangunan adalah ketahanannya serta untuk mempercantik plafon rumah.

Lebih Ramah Lingkungan

Penggunaan material triplek untuk bahan cor membuat limbah semakin banyak, sehingga saat ini banyak orang yang memilih menggunakan bondek. Selain kokoh, bondek juga dapat mengurangi limbah konstruksi.

Pengerjaan Menjadi Lebih Cepat

Ukuran bondek yang cenderung lebar, dapat membuat waktu pengerjaann menjadi singkat dsan lebih cepat lagi. Hal ini berbeda jika dibandingkan pengerjaan menggunakan triplek.

Selain itu, proses pengerjaannya juga lebih banyak menghemat waktu, jadi anda masih dapat melakukan pekerjaan konstruksi lain.

Kekurangan Bondek yang Harus Diperhatikan

Disamping mempunyai kelebihan yang banyak, bondek juga mempunyai beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Pastikan anda sudah mengetahui cara mengantisipasi kekurangannya.

Harga Lebih Mahal

Jika dibandingkan dengan lapisan dak cor berbahan triplek, tentunya penggunaan bondek sebagai lapisan dak membutuhkan biaya yang lebih besar lagi daripada triplek.

Anda harus mempersiapkan biaya tambahan sekitar 10-15% untuk pembuatan cor konstruksi dari bondek, karena harga bondek per lembar 6 meter tidaklah murah.

Membutuhkan Keahlian dan Alat Khusus

Proses pengerjaan bondek cor sendiri membutuhkan sebuah alat khusus, contohnya seperti las listrik, serta tidak sembarang orang dapat mengerjakannya. Oleh karena itu, dibutuhkan pekerja yang benar-benar ahli dalam pembuatan bondek cor.

Itulah penjelasan mengenai harga bondek per lembar 6 meter yang dapat anda perhatikan, terutama jika hendak menggunakan material bondek untuk lapisannya, serta pilihlah bahan bondek yang benar-benar bagus untuk hasil yang lebih sempurna.

Editted by UN

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website