Model Jendela Rumah Bagian Depan Untuk Bangunan Rumah Yang Modern

Tidak hanya dari sisi kesehatan saja, memilih model jendela rumah bagian depan yang bagus juga berpengaruh terhadap estetika.

Saat anda tinggal di rumah yang berukuran kecil, maka anda bisa mempertimbangkan kembali penggunaan model jendela rumah bagian depan yang ukurannya besar. Hal ini bertujuan agar hunian jadi tampak lebih luas dan nyaman.

Selain memberikan efek kesehatan dan memberi nilai estetika pada rumah, fungsi lain jendela adalah untuk melindungi rumah dari ancaman orang-orang yang hendak mencuri. Sehingga peran jendela pada bangunan rumah sangatlah penting.

Macam-Macam Model Jendela Rumah Bagian Depan

Semakin berkembangnya dunia desain saat ini, banyak arsitek yang merancang dan membuat inovasi tentang desain dan model jendela rumah bagian depan.

Desain dan modelnya juga sangat beragam, mulai dari berbahan material kayu, besi, alumunium dan lain-lain. Berikut penjelasannya.

Model Minimalis dan Klasik

Pada setiap rumah, pintu dan jendela adalah bagian penting. Fungsi utama pintu adalah untuk akses keluar masuk rumah, sedangkan fungsi utama jendela adalah sebagai sumber ventilasi dan sumber pencahayaan.

Pemilihan model jendela rumah bagian depan perlu mendapatkan perhatian khusus, sebab nantinya akan berdampak secara langsung pada tampilan rumah anda. Jika tidak cermat dalam memilih model jendela yang akan dipasang, maka tampilan rumah pun akan menjadi tidak elegan.

Model Jendela Slide

Salah satu model jendela rumah bagian depan yang umum dan sering digunakan adalah model jendela slide. Saat ini, tren jendela rumah minimalis biasanya berbentuk persegi atau persegi panjang, hal ini bertujuan agar dapat dibuka dan ditutup dengan cara digeser.

Pada bagian pinggir jendela ini terbuat dari kayu, yang akan menambah tampilan jendela rumah menjadi lebih estetik ketika dipandang.

Model Jendela Swing atau Casement

Jendela swing atau biasa juga disebut jendela casement oleh orang awam. Padahal sebenarnya jenis keduanya pun berbeda, baik dari segi teknis dan penggunannya.

Jendela casement adalah jendela yang memakai engsel casement, kelebihan dari engsel ini adalah saat jendela akan ditutup, engsel tidak akan terlihat, dan pada saat dibuka daun jendela tidak menempel pada salah satu sisi kusen.

Jendela swing adalah jendela yang bisa dibuka dengan cara di swing atau diayunkan kesamping kiri atau kanan. Jendela swing juga bisa memakai engsel lain, seperti engsel kupu-kupu. Jenis engsel ini punya kelebihan saat digunakan pada jendela yang berukuran besar dan tinggi.

Model Jendela Nako

Selanjutnya ada jendela model Nako, ide pembuatan jendela dengan model jendela rumah bagian depan terinspirasi dari rumah modern seperti saat ini, jendela model ini juga sangat efektif untuk menambah kesan yang lebih modern, tapi tetap estetik.

Jika anda ingin memunculkan kesan unik dan stylish pada rumah hunian, maka perpaduan jendela rumah yang satu ini sangat pas untuk diperhitungkan.

Selain itu, anda pun juga bisa memilih kusen jendela yang berwarna gelap seperti hitam dan menggunakan kaca full transparan. Ini akan memberikan kesan plong pada hunian anda.

Baca juga: Variasi Kaca Jendela Motif Bunga Terbaru

Model Jendela Pivot

Model jendela rumah bagian depan selanjutnya adalah model jendela pivot. Model jendela seperti ini terbilang unik, karena untuk ;etak engselnya sudah menggunakan model engsel jenis pivot yang diletakkan pada bagian tengah jendela.

Sehingga untuk membukanya cukup dengan didorong pada salah satu sisi jendela. Namun, model jendela pivot ini tidak bisa dipasangi teralis dan bisa menjadi gorden cepat rusak.

Model Jendela Awning

Yang selanjutnya ada model jendela rumah bagian depan model jungkit atau awning. Jendela model seperti ini dapat dibuka dengan cara mendorong handel jendela dari bawah keatas.

Jendela jungkit ini cukup banyak dipakai dan dapat menggunakan dua jenis engsel, yaitu engsel casement dan juga engsel kupu-kupu. Jendela jungkit ini banyak dipakai untuk jendela kamar tidur, dan juga jendela kamar mandi.

Model Jendela Gaya Eropa

Bagi anda yang menyukai hal-hal klasik dan mewah, model jendela rumah bagian depan yang satu ini sangat cocok untuk anda gunakan. Pada umunya jendela ini berbentuk persegi dengan tambahan bentuk busur pada bagian atasnya.

Baca juga: Rumah dengan Kusen 1 Pintu 2 Jendela, Seperti Apa?

Model Jendela Transom

Nah, bagi anda yang tidak suka dengan hal-hal biasa, model jendela rumah bagian depan ini sangat cocok untuk anda. Jendela transom sendiri merupakan salah satu model jendela yang dapat dengan mudah dijumpai pada rumah-rumah diluar negeri.

Jendela ini bergaya klasik, namun telah dikembangkan sehingga sudah banyak digunakan pada rumah-rumah modern seperti sekarang ini.

Model Jendela Geser Kaca

Jika anda ingin memaksimalkan space pada hunian, anda juga bisa mempertimbangkan model jendela rumah bagian depan dengan pintu geser kaca yang ukurannya sama.

Tidak hanya mendatangkan cahaya alami yang berlimpah dari sinar matahari, hunian pun akan terkesan sejuk dan nyaman. Anda bisa mengaplikasikan model jendela rumah dengan pintu geser seperti ini dengan material bingkai dan warna yang senada, agar tampak lebih menyatu.

Model Jendela Sederhana

Pada dasarnya, ukuran sebuah kusen pintu dan jendela minimalis, mengacu pada seberapa tinggi rumah yang akan dibangun, dan pastinya memiliki ukuran yang berbeda-beda.

Oleh sebab itu, ukuran pintu dan jendelanya juga akan menyesuaikan. Model jendela rumah bagian depan ini cocok digunakan untuk rumah model minimalis sederhana tipe 36.

Model Jendela Fixed

Model jendela fixed bisa menjadi solusi alternative jika anda ingin membuat hunian yang mudah untuk dibersihkan. Tak hanya itu saja, jendela ini juga tidak bisa dibuka ataupun ditutup, sehingga memberikan kesan rumah yang enak dipandang.

Bahan Material yang Digunakan Untuk Model Jendela Rumah Bagian Depan

Selain memilih desain dan model jendela rumah bagian depan, anda juga perlu memilih material yang akan digunakannya. Pilihlah material yang bagus dan kokoh, sehingga nantinya akan awet ketika digunakan untuk membuat sebuah jendela. Berikut ini rekomendasi bahan material untuk membuat jendela.

Alumunium

Rekomendasi bahan material pertama untuk jendela rumah adalah alumunium. Bahan material alumunium bisa menjadi pilihan yang sangat bagus untuk membuat frame jendela, dan mempunyai keunggulan yang sangat bagus.

Selain itu, model jendela alumunium juga bisa menjadi pilihan yang bagus untuk digunakan membuat jendela dengan jangka waktu yang lama, dan pastinya anti rayap.

Kayu

Jika anda ingin memberikan tampilan rumah dengan gaya klasik atau menggunakan konsep rustic, pembuatan model jendela rumah bagian depan dengan material kayu bisa menjadi pilihan terbaik.

Jangan lupa untuk menambahkan teralis di jendelanya, agar memberikan keamanan yang yang ekstra dan terlihat lebih enak untuk dipandang sebagai dekorasi rumah bagian depan yang unik.

UPVC

Yang terakhir ada bahan membuat jendela dari material upvc. Bahan material ini saat ini menjadi sangat populer karena bahanya sangat bagus sekali untuk membuat jendela terlihat lebih modern dan mewah.

Sudah banyak hunian yang memiliki konsep modern yang menggunakan bahan material upvc untuk jendela rumah bagian depannya, karena harganya juga cenderung terjangkau dan memiliki keunggulan sebagai bahan utama pembuatan jendela rumah.

Itulah pembahasan mengenai model jendela rumah bagian depan yang bisa anda contoh untuk rumah hunian anda. Anda bisa mengombinasikan pilihan model diatas, sehingga menjadi desain seperti yang di inginkan.

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *