Ukuran Meja Dapur Cor Minimalis yang Tepat

Meja dapur merupakan bagian utama yang berperan dalam menunjang kenyamanan saat memasak. Untuk itu, menentukan ukuran meja dapur cor minimalis ini menjadi penting, sebab berkaitan dengan penataan/lay out secara keseluruhan.

Model meja dapur dengan material cor ini bersifat tahan lama, hemat budget, low cost maintenance, dan sustainable.

Namun, untuk membuatnya memang tidak bisa langsung. Anda harus memikirkan dan membuat ukuran meja dapur cor minimalis dan desain terbaiknya terlebih dulu.

Sekedar panduan untuk Anda, di bawah ini terdapat informasi cara menentukan ukuran meja dapur cor minimalis. Berikut adalah informasinya.

Langkah-Langkah Menentukan Ukuran Meja Dapur Cor Minimalis

Ukuran Meja Dapur Cor Minimalis
Menentukan Ukuran Meja Dapur Cor Minimalis

Untuk menentukan ukuran meja dapur minimalis dengan teknik pengecoran, Anda bisa memulainya dengan memastikan tinggi, lebar, dan panjangnya. Selengkapnya di bawah ini, ya!

Tentukan Tinggi Meja Dapur Cor

Sebagai informasi, tinggi meja dapur cor bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Misalnya, jika butuh meja untuk menyimpan kompor, tingginya dapat diperkirakan dari setengah badan Anda dikurangi 10 cm hingga 20 cm.

Sementara itu, untuk meja perlengkapan masak dan wastafel, ukurannya bisa setengah tinggi badan Anda.

Sebagai contoh, apabila tinggi badan Anda adalah 160 cm, meja perlengkapan masak dapat dibuat dengan ukuran 80 cm. Sementara itu, meja kompor dapat dibuat dalam ukuran 70 cm, 65 cm, atau 60 cm. Tergantung pada kenyamanan Anda.

Tentukan Lebar Meja Dapur

Pada dasarnya, hampir semua masyarakat di Indonesia memiliki ukuran meja dapur cor minimalis yang sama di bagian lebarnya. Adapun ukuran lebarnya adalah 60 cm sampai dengan 65 cm.

Ukuran ini bisa dikatakan sangat ideal. Pasalnya, meja dengan ukuran tersebut cukup untuk menyimpan kompor, pas untuk menempatkan wastafel cuci piring, dan ideal untuk menyimpan beberapa bumbu hingga alat makan.

Tentukan Panjang dan Bentuk Meja Dapur Cor Minimalis

Meski meja dapur cor akan dibuat dengan konsep minimalis, ini tak berarti ukurannya harus sempit. Panjang ukuran meja dapur cor minimalis dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi ruangan.

Contohnya, jika ruangan dirasa sempit tetapi Anda butuh meja yang cukup luas, meja dapat dibuat dalam bentuk letter U.

Sementara itu, jika merasa cukup dengan ukuran ideal, meja dapur bisa dibuat dengan bentuk letter L atau memanjang saja. Mengenai ukurannya, Anda bisa mengakumulasikan panjang meja kompor plus meja cuci piring.

Idealnya adalah 90 cm sampai dengan 120 cm. Jika ingin memaksimalkan fungsinya, Anda juga bisa menambah meja dengan kegunaan lainnya.

Perhatikan Ukuran Besi Behel Cor

Sebelum membuat meja dapur, diperlukan besi behel untuk membuat kerangkanya. Dengan bekal estimasi ukuran panjang, lebar, dan tinggi meja tadi, Anda bisa menentukan ukuran besi behelnya.

Sebagai informasi, jika ukuran meja dapur cor minimalis yang akan dibuat tergolong ideal, ukuran diameter besi behel yang bagus dipilih adalah 8 mm.

Perhatikan Ketebalan Meja Dapur Cor

Untuk memastikan meja dapur cor memiliki tingkat kekuatan yang sangat baik, pastikan tebal permukaannya sesuai.

Misalnya, jika ingin dapur cor kuat tanpa pelapis sedikit pun, ketebalannya bisa 7 cm sampai dengan 9 cm.

Sementara itu, apabila ingin melapisinya dengan keramik yang memiliki tebal sekitar 2 cm atau 3 cm, tembok meja cor bisa dibuat dalam ukuran 5 cm.

Tentukan Jarak Meja Dapur dengan Meja Makan

Konsep dapur minimalis identik dengan ruang yang serba terbatas tetapi fungsional. Oleh karena itu, jika Anda memiliki dapur sempit tetapi ingin menghadirkan meja makan, itu bukan pilihan yang salah.

Namun sebelum merealisasikan keinginan itu, Anda harus membuat estimasi jarak antara meja dapur dan meja cornya terlebih dulu.

Sebagai informasi, saat ini ada banyak model meja makan yang memiliki jarak dekat dengan meja dapur.

Seperti model meja bar, meja makan yang menyatu dengan meja dapur, dan masih banyak lagi. Anda bisa memilih salah satunya untuk memaksimalkan manfaat dapur Anda.

Tentukan Jarak Meja dengan Lemari Dapur

Jika Anda ingin menghadirkan lemari dapur, baik model gantung maupun kabinet, jarak dengan meja dapur juga harus diperhatikan. Hal ini dilakukan untuk memastikan nuansa dapur terasa lebih nyaman dan tidak terkesan berantakan.

Apabila ingin menghadirkan lemari dapur gantung, jarak meja dapur dan lemari tidak perlu terlalu jauh. Adapun jaraknya bisa mulai dari 70 cm hingga 80 cm.

Sesuaikan dengan jangkauan tangan Anda agar barang-barang di lemari tidak sulit digapai. Sementara itu, jika ingin menghadirkan lemari kabinet, furnitur ini bisa ditempatkan dalam jarak 200 cm dari meja dapur.

Dengan jarak ini, posisi lemari kabinet tidak terlalu jauh dari meja dapur. Namun, tidak begitu dekat juga sehingga berbagai risiko noda saat memasak di area meja kompor tidak akan mengenai kabinet.

Hal-Hal Lain yang Harus Diperhatikan untuk Membuat Meja Dapur Cor Minimalis

Ukuran Meja Dapur Cor Minimalis

Bukan hanya ukuran meja dapur cor minimalis, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal sebelum membuat furnitur dapur ini. Adapun beberapa hal yang dimaksud di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Desain

Meskipun niatnya membuat meja dapur cor yang identik dengan gaya industrial dan berkesan natural, tak ada salahnya memikirkan desain tertentu.

Misalnya, meja dapur ingin dilengkapi dengan kabinet di bawah, backsplash bentuk heksagon, dan pola paving block di tiap sisi mejanya.

Baca juga: 12 Inspirasi Desain dan Model Kitchen Set Minimalis Untuk Dapur Kecil

2. Material Pelapis

Apabila ingin memberikan sentuhan artsy, setelah menentukan ukuran meja dapur cor minimalis, Anda bisa memikirkan material pelapisnya jika ingin.

Sebagai informasi, ada banyak material yang cocok dijadikan pelapis meja dapur. Seperti keramik, granit, atau memberikan pelapis berupa cat saja.

3. Memperhatikan Saluran Pembuangan

Mengingat meja dapur dicanangkan agar memiliki usia lama maka konsepnya harus benar-benar sempurna.

Tiap komponen pentingnya harus dipikirkan secara matang agar hasilnya dirasa memuaskan. Tidak terkecuali dengan model pipa pembuangan.

Pada dasarnya, bagian paling penting yang harus diperhatikan saat membuat pipa pembuangan dari meja dapur adalah konsep gravitasi.

Namun selain itu, pipa pembuangan juga harus dipastikan solid danĀ  memberikan kesan menarik pada ruangan (jika terlihat).

4. Perhatikan Ventilasi Udara

Meja dapur dengan ukuran berapa pun harus ditempatkan di area yang tepat. Yang mana, lokasinya tidak jauh dari sumber udara. Untuk ini, Anda bisa membuat meja dapur dekat dengan jendela atau pintu menuju halaman belakang.

Jika membuat ventilasi atap dapur, sebaiknya sesuaikan dengan ukuran meja dapur cor minimalis dan kompor. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan udara maksimal sekaligus pencahayaan yang optimal.

Setelah mengetahui ulasan di atas, sudah dapat pencerahan mengenai bagaimana cara menentukan ukuran meja dapur dengan bahan cor dan desain minimalis?

Jika sudah, sebaiknya segera buat rencana atau konsepnya agar Anda tidak lupa dengan langkah-langkah tadi. Jika diperlukan, Anda juga bisa menyimpan ulasan seputar ukuran meja dapur cor minimalis ini untuk dibaca kembali. Semoga bermanfaat.

Editted by UN

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *