Skip to content

Mengenal Mana Paling Baik Antara Jenis Kloset Plengsengan dan Duduk

Jenis kloset plengsengan dan model duduk merupakan dua jenis kloset yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di dunia. Meskipun keduanya mempunyai fungsi yang sama, akan tetapi sangat berbeda jika dilihat dari segi manfaat untuk kesehatan tubuh.

Penggunaan kamar mandi pada sebuah hunian pasti menjadi perhatian khusus. Seseorang pasti memperhitungkan terlebih dahulu sebelum memasang jenis kloset yang sesuai.

Salah satunya yang sering digunakan yakni model plengsengan. Banyak penelitian membuktikan mengenai beberapa desain yang baik untuk kesehatan.

Oleh karena itu, alangkah baiknya jika Anda mengetahui hal tersebut agar tidak salah memilih jenis kloset yang baik untuk digunakan. Guna mengetahui hal tersebut, maka Anda bisa membaca penjelasan pada artikel kali ini.

Mengapa demikian? Sebab pada artikel ini akan memberikan saran terbaik sebagai pilihan jenis kloset plengsengan dan duduk untuk Anda.

Manfaat Menggunakan Jenis Kloset Plengsengan

jenis kloset plengsengan

Perlu Anda ketahui, bahwa menggunakan jenis kloset leher angsa/plengsengan ini memiliki banyak sekali manfaat yang Anda peroleh. Bahkan, kloset ini dianggap bersih dan disebut sebagai adopsi dari budaya barat.

Berikut adalah manfaat dari menggunakan satu dari sekian jenis kloset plengsengan untuk kesehatan:

Memperlancar Buang Air Besar

Menurut hasil penelitian dalam jurnal Digestive Diseases and Scieses yang dilakukan oleh Dov Sikirov, penggunaan jenis kloset satu ini sangat berpengaruh kepada kelancaran buang besar.

Bahkan, hasil penelitian tersebut sudah terbukti dengan adanya sejumlah peserta yang diinstruksikan untuk buang air besar di tiga posisi kloset berbeda. Hasilnya, peserta yang menggunakan kloset jenis duduk membutuhkan waktu 130 detik untuk bisa buang air besar.

Sedangkan peserta yang menggunakan jenis kloset ini hanya membutuhkan waktu selama 51 detik untuk kegiatan yang sama.

Dapat Meningkatkan Tekanan Intra Abdomen

Masih berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli, menggunakan kloset jenis satu ini membuat posisi buang air besar yang Anda lakukan menjadi lebih ideal. Saat Anda menggunakan kloset jenis ini, paha akan tertekuk pada perut sehingga kapasitas pada rongga perut dapat berkurang.

Hal tersebut akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, yaitu meningkatkan tekanan intra abdomen yang dapat mempercepat proses pendorong feses keluar dari tubuh.

Mengurangi Tenaga Untuk Buang Air Besar

Penelitian yang dilakukan oleh Henry L.Bockus, mencatat bahwa penggunaan jenis kloset plengsengan akan memperlancar proses buang air besar dibanding saat Anda menggunakan kloset duduk.

Mengapa demikian? Sebab menggunakan jenis kloset ini tak perlu menghabiskan tenaga besar untuk dapat mengeluarkan feses dari tubuh.

Mengurangi Resiko Penyakit Sembelit dan Wasir

Banyak orang menderita penyakit sembelit dan wasir. Hal ini dapat diakibatkan oelh beberapa hal.

Mulai asupan makan dan minum yang tidak benar hinggaterlalu lama duduk terlebih ketika di kamar mandi.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli, jenis kloset jongkok atau plengsengan terbukti mempunyai banyak manfaat. Salah satunya adalah dapat mengurangu sembelit, kembung, dan menurukan gejala wasir yang Anda alami. Selain itu, juga dapat meningkatkan kualitas kesehatan usus besar Anda secara keseluruhan.

Menggunakan kloset jenis ini juga menyebabkan otot pinggul serta kandung kemih menjadi lebih baik sebab ketegangan yang dialami dapat berkurang.

Melepaskan Otot Puborectalis

Ketika Anda buang air besar, maka otot puborectalis akan mengendurkan tekanannya pada saat proses keluarnya feses.

Seperti yang dijelaskan oleh para ahli, bahwa menggunakan jenis kloset satu ini akan membuat tekanan puborectalis Anda jauh lebih mengendur sehingga dapat memperlancar proses keluarnya feses dari tubuh.

Lain halnya dengan ketika Anda menggunakan kloset duduk yang dapat membuat tekanan pada otot puborectalis hanya mengendur sebagian saja, padahal otot ini mempunyai peran yang sangat penting dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Salah satu fungsinya adalah sebagai pengontrol ketegangan pada bagian perut. Dengan menggunakan jenis kloset plengsengan pada kamar mandi Anda, sangat baik untuk ketegangan otot puborectalis dan membuat lebih merasa rileks.

Kekurangan Jenis Kloset Plengsengan

jenis kloset plengsengan

Jenis kloset satu ini dapat Anda sebut juga dengan kloset jongkok. Perlu Anda ketahui selain mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, jenis kloset satu ini mempunyai beberapa kekurangan, antara lain adalah sebagai berikut:

Modelnya Kuno

Kekurangan pertama yang dimiliki oleh jenis kloset ini, yaitu modelnya yang sangat kuno. Memang benar, kloset jenis ini pada umumnya mempunyai tampilan yang sederhana dibandingkan dengan kloset duduk yang nampak jauh lebih modern.

Meskipun mempunyai model yang kuno, namun di zaman sekarang agar jenis ini terlihat menarik sudah ada banyak jenis pilihan warna yang cerah.

Bahkan, Anda juga dapat memilih warna sesuai dengan selera Anda. Dibanding di zaman dahulu, jenis kloset ini hanya bewarna biru laut.

Baca juga: 5 Contoh Terbaik Desain Kamar Mandi Minimalis Kloset Jongkok Shower

Kurang Membuat Nyaman

Jenis kloset ini juga mempunyai kekurangan, yaitu sering dianggap kurang memberikan kenyamanan bagi para penggunanya. Mengapa demikian? Sebab saat menggunakan kloset ini, Anda tentu harus jongkok.

Apabila Anda membutuhkan waktu yang lama untuk buang air besar, tentu terlalu lama jongkok maka akan menyebabkan keluhan nyeri pada tumit dan paha.

Tidak Cocok Bagi Orang Tua

Selain dapat menyebabkan kurang nyaman akibat keluhan nyeri pada tumit dan paha, juga tidak cocok bagi para lansia sebab biasanya tubuh sudah rentah dan tidak bisa lama-lama untuk jongkok. 

Akibat tubuh yang semakin tua, maka semakin mudah keluhan nyeri pada tumit dan paha muncul.

Pilih Kloset Duduk atau Jenis Kloset Plengsengan?

Tak hanya mengetahui tentang kloset jenis plengsengan saja, Anda juga harus mengetahui beberapa keunggulan dari toilet duduk. Salah satunya adalah mempunyai model atau tampilan yang juga modern.

Memang benar kloset ini jauh lebih modern dan menarik sehingga dapat membuat kamar mandi Anda terlihat lebih elegan dibanding dengan jenis kloset plengsengan.

Selain itu, kloset ini juga diklaim sangat cocok untuk para orang tua atau lanjut usia, sehingga resiko keluhan nyeri pada paha dan tumit mereka menjadi berkurang.

Akan tetapi, berdasarkan fakta-fakta terkait manfaat kloset plengsengan untuk kesehatan, alangkah baiknya jika Anda memilih penggunaan kloset ini dibanding penggunaan kloset duduk.

Baca juga: Sanitasi Septic Tank Biotech yang Ramah Lingkungan, Ini 4 Keuntungan untuk Rumah Anda

Mengapa demikian? Sebab kloset jenis ini lebih banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Setelah mengetahi kelebihan dan kekurangan masing-masing dua jenis kloset tersebut, pasti sekarang Anda bisa memilih jenis kloset yang sesuai dengan kebutuhan.

Terlepas dari penggunaan kedua jenis kloset tersebut, jika Anda mengalami susah buang air besar, maka sangat direkomendasikan untuk periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan.

Itulah informasi singkat seputar jenis kloset plengsengan beserta kloset duduk yang mungkin bermanfaat. Sejatinya, setiap desain kloset memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Tingkat kenyaman seseorang juga pasti tidak sama. Artikel tentang jenis kloset plengsengan di atas hanya sebagai bahan pertimbangan yang bisa dijadikan referensi. Semoga bermanfaat!

Baca profil Perusahaan kontraktor kolam renang yang melayani jasa perencanaan pembangunan, desain kolam renang, renovasi kolam renang rumah pribadi, hotel, apartemen, villa, guess house dan kolam renang umum lainnya yang profesional dan bergaransi.