Skip to content

5 Merk dan Jenis Kloset Leher Angsa Terbaik

Keberadaan kloset di kamar mandi memiliki fungsi yang cukup penting. Umumnya, saluran pembuangan pada kloset menggunakan jenis kloset leher angsa atau jenis huruf S. 

Mengapa bentuknya demikian?

Bentuk tersebut punya tujuan tertentu yaitu supaya kloset tetap bersih. Selain itu agar kotoran tidak langsung jatuh ke tempat penampungan serta menghalangi mikroba yang keluar dari tinja.

Apa Itu Kloset Leher Angsa?

Kloset leher angsa merupakan sebuah istilah pada bagian sistem pembuangan kloset yang dibuat melengkung seperti leher angsa. Bagian ini memang tidak tampak dari luar, namun kegunaannya sangat penting pada kloset.

Adanya leher angsa ini menguntungkan karena kotoran tidak meluap ataupun kembali ketika sudah disiram air. Jenis kloset leher angsa juga mampu menghilangkan bau dibandingkan dengan jenis kloset lainnya.

Ciri khas yang membedakan kloset ini dengan yang lain adalah pada bagian bawah kloset berbentuk huruf U atau lebih mirip seperti leher angsa. 

Pada bagian saluran kloset difungsikan untuk tempat penampungan air dimana bau kotoran atau binatang kecil dapat keluar.

Deretan Jenis Kloset Leher Angsa

Banyak diantara kloset jongkok yang menggunakan sistem pembuangan leher angsa.

Saluran leher angsa ini dinilai standar pada kloset duduk untuk mencegah perkembangan bakteri sebagai sumber penyakit. Untuk itu, berikut disajikan beberapa pilihan jenis kloset leher angsa yang bisa dipilih.

1. Kloset Jongkok Leher Angsa Trilliunware

jenis kloset leher angsa

Pertama, jenis kloset leher angsa yang satu ini mempunyai model yang elegan dimana terbuat dari bahan keramik berkualitas tinggi dengan glasur lebih tebal serta berkilau. 

Dengan Trilliunware, tampilan desain kamar mandi minimalis Anda akan tampak lebih cantik meskipun dengan kloset jongkok. Menggunakan toilet jongkok, pengguna akan lebih menghemat air. 

Untuk menyiramnya, hanya perlu membilasnya dalam 3 kali dan kotoran akan langsung menghilang. Model yang lebar juga membuat nyaman penggunanya. Toilet ini telah dijamin standarnya oleh SNI dan memiliki harga terjangkau.

2. Kloset Jongkok American Standard Rapi Ex

Selanjutnya, jenis kloset jongkok American Standard Rapi Ex yang memiliki desain lebih modern dan pastinya memiliki kualitas tinggi. Kloset tipe Rapi Ex CWR012N1-1CACT 0000 ini terbuat dari bahan yang berkualitas tinggi. 

Ditambah lagi menggunakan sistem pembuangan leher angsa membuat kloset menjadi lebih awet dan tidak mudah mampet. Menggunakan desain kloset yang tepat, kloset jenis ini akan memberikan rasa nyaman untuk penggunanya. 

Bahan dasar keramik dengan sedikit sentuhan elegan pas untuk kamar mandi yang memiliki ukuran tidak terlalu luas.

3. Kloset Leher Angsa Toto

jenis kloset leher angsa

Selain beberapa merek jenis kloset leher angsa di atas, Toto juga memiliki toilet dengan sistem serupa. Toto menawarkan kloset dengan kualitas mumpuni. 

Terbuat dari bahan keramik seluruhnya yang membuat kloset ini berdaya tahan kuat dan lebih awet. Apabila Anda memiliki bangunan rumah dua lantai, maka kloset leher angsa Toto type CE 6 bisa mengisi ruang kamar mandi lantai dua milik Anda. 

Jika dilihat, kloset Toto mempunyai warna yang cantik dan tidak luntur atau tidak mudah terkelupas.

4. Kloset Leher Angsa Genio

Jika Anda memiliki budget minim untuk membeli toilet namun berkualitas terbaik, maka jenis kloset leher angsa dari Genio ini dapat menjadi alternatif pilihan. Genio menggunakan sistem pembuangan leher angsa yang tidak kalah bagus dari jenis kloset lainnya.

Dengan harga yang relatif terjangkau, tidak perlu ragu dengan kualitas yang ditawarkan. dengan Genio, pengguna lebih dapat berhemat air dan tanpa perlu menyiramnya berkali-kali untuk melarutkan kotoran.

5. Kloset Jongkok Leher Angsa FWC

Jenis kloset leher angsa yang terakhir yaitu FWC atau Feel Well Ceramics. Salah satu yang menjadi perhatian adalah misi social untuk menghilangkan buang air sembarangan. 

Perusahaan FWC mendesain toilet sedemikian rupa dengan bentuk leher angsa terbaik. Mengusung tema agronomis menyesuaikan lebar bahu dan kaki manusia dalam posisi kuda-kuda.

Ketika Anda sedang buang air besar, maka akan terasa lebih nyaman saat jongkok maupun berdiri. 

Jenis kloset leher angsa model jongkok FWC ini dibuat dari formulasi lapisan aktif higienis yang membuat kotoran menjadi tidak lengket serta tanpa bau. Sehingga membuat kloset tetap bersih dari pertumbuhan bakteri.

Baca juga: 5 Contoh Terbaik Desain Kamar Mandi Minimalis Kloset Jongkok Shower

Tips Agar Toilet Tetap Bersih

jenis kloset leher angsa

Setiap rumah wajib memiliki toilet untuk kebutuhan setiap penghuninya. Toilet perlu dirancang senyaman mungkin karena digunakan dalam jangka panjang. 

Tidak harus mewah, melainkan toilet wajib bersih. Untuk membersihkannya, Anda memerlukan alat atau bahan seperti cairan desinfektan, dan sikat. Berikut tips-tips untuk menjaga kebersihan toilet:

1. Bersihkan Dinding Toilet

Untuk menjaga kebersihan toilet agar terhindar dari bakteri penyebab penyakit, maka sangat perlu untuk membersihkan bagian penting ini. Dinding toilet merupakan bagian yang lumayan sulit untuk dibersihkan. 

Untuk membersihkannya perlu menggunakan semprotan disinfektan kemudian didiamkan semalam untuk mematikan bakteri.

Bisa juga dengan tisu yang direndam dalam cairan desinfektan, lalu gunakan benang untuk menggosok-gosok area dinding hingga benar-benar bersih. Untuk mengeringkannya, gunakan kain kering.

2. Gunakan Sarung Tangan

Tidak hanya menjaga kebersihan toilet, melainkan Anda juga perlu menjaga kebersihan diri sendiri yaitu dengan menggunakan sarung tangan. Terdapat beberapa bagian  yang sulit untuk dijangkau dengan alat besar seperti sikat toilet.

Maka dari itu, perlu menggunakan alat kecil seperti sikat gigi bekas dan Anda wajib menggunakan sarung tangan. 

Penggunaan sarung tangan diperlukan sebab, saat pembersihan, tangan akan bersentuhan langsung dengan toilet yang kotor dan sarung tangan akan melindungi Anda dari kotoran tersebut.

3. Siram dengan Baik

Langkah pembersihan tidak hanya sesekali saja, melainkan ketika menggunakan toilet alangkah baiknya untuk sekaligus membersihkannya dengan menyiram toilet hingga bersih.

Menyiram saja ternyata tidak cukup, namun juga membutuhkan ketelitian saat menyiram toilet. Terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa kotoran pada sebuah sikat disebabkan oleh partikel kecil yang terbang sewaktu kotoran disiram.

Baca juga: Tips Memilih Pintu Kamar Mandi yang Awet & Murah

4. Gunakan Cuka Putih Sebagai Desinfektan

Membersihkan toilet memerlukan cairan yang ampuh untuk membunuh kuman. Seperti hanya dengan cairan desinfektan. Anda dapat memanfaatkan cuka putih sebagai penggantinya.

Penggunaan cuka putih ini bisa memberikan aroma segar pada toilet. Selain itu, penggunaan cuka putih juga mampu mengatasi endapan air yang tertampung di perlengkapan sanitasi.

5. Pastikan Sikat Selalu Bersih

Perlu Anda ketahui, bahwa sikat toilet yang digunakan untuk membersihkan mempunyai lebih banyak bakteri. Hal ini disebabkan oleh kelalaian setelah menggunakannya dan tidak langsung dibersihkan, sehingga bakteri akan berkembang biak disana.

Cara agar sikat toilet tetap bersih dan terhindar dari bakteri yaitu dengan merendam sikat pada cairan desinfektan selama satu malam. Dengan begitu, bakteri yang mudah lepas akan mati dan sikat aman untuk digunakan kembali.

Demikian penjelasan singkat mengenai jenis kloset leher angsa yang dijadikan sebagai standar untuk kloset. Kloset leher angsa ini mampu bertahan kurang lebih selama 10 tahun, sebab penggunaanya masih mengandalkan pipa. 

Selain itu, pemasangannya perlu ditanam serta dibuatkan punggungan. Jenis kloset leher angsa berbeda dengan jenis kloset duduk yang hanya dengan diletakkan tanpa perlu menanam. Semoga Anda menemukan pilihan terbaiknya ya.

Baca profil Perusahaan kontraktor kolam renang yang melayani jasa perencanaan pembangunan, desain kolam renang, renovasi kolam renang rumah pribadi, hotel, apartemen, villa, guess house dan kolam renang umum lainnya yang profesional dan bergaransi.