Carport Batu Alam Andesit Membuat Tampilan Rumah jadi Estetik

Mengulas tentang carport batu alam andesit mungkin menarik Anda ketahui. Punya rumah nyaman dan berestetik merupakan impian semua orang. 

Tak heran, jika banyak kalangan sultan yang berbondong-bondong memperbaiki interior maupun eksterior rumahnya guna menciptakan suasana baru. Setiap sudut rumah tidak pernah lepas dari perhatian termasuk carport. 

Banyak orang yang menggunakan carport batu alam andesit sebagai bagian dari desain properti. Selain memiliki kualitas yang kuat, batu alam andesit juga menambah kesan estetik. 

Berbagai macam bentuk dan ukuran disediakan oleh produsen batu alam andesit. Sehingga, Anda  lebih mudah dalam membuat desain carport yang unik, elegan, dan berestetik sesuai keinginan.

Apa itu Carport Batu Alam Andesit?

Secara definisi, carport memiliki sedikit perbedaan dengan garansi. Walaupun memiliki fungsi yang serupa. Namun dalam arti sederhana, Carport adalah ruangan minimalis yang dipakai untuk menaruh kendaraan roda 4. 

Biasanya bagian ini dibuat pada rumah-rumah yang memiliki lahan sempit. Seperti di emperan atau teras rumah. Sedangkan garansi, adalah sebuah rumah yang dipakai untuk menyimpan mobil dan kendaraan lainnya. Dari sisi tempat, garansi lebih luas daripada carport.

Lalu apa itu carport batu alam andesit? 

Setelah mengetahui tentang definisi carport, mari beralih membahas batu alam andesit.

Nama batu andesit diambil dari pegunungan Andes yang terletak di Amerika Selatan. Ini terbentuk karena diakibatkan oleh lava yang mendingin secara cepat. 

Umumnya, lava-lava ini berbentuk seperti kristal-kristal kecil dan memiliki butiran-butiran halus. Jadi, pengertian mudahnya, batu andesit adalah batu alam yang terbentuk dari aliran magma dan mempunyai karakteristik tekstur butiran halus.

Komposisinya terbentuk oleh abu vulkanik dan tuva. Andesit merupakan salah satu jenis batu alam yang banyak ditemukan di daerah gunung berapi. 

Seperti; Gunung Krakatau Indonesia, Gunung Fuji Jepang, Gunung Shasta Amerika serikat, dan gunung-gunung berapi lainnya.

Kelebihan Carport Batu Alam Andesit

Carport Batu Alam Andesit

Carport batu alam andesit saat ini menjadi trend menjamur di seluruh pelosok. Hal ini, bukan tanpa alasan kenapa batu alam andesit menjadi salah satu batu alam yang direkomendasikan dalam pembangunan. Berikut beberapa keunggulan penggunaan jenis batuan ini:

1. Kuat dan Tahan Cuaca

Andesit memiliki material kokoh. Sehingga, walaupun sering terkena hujan dan terinjak oleh kendaraan-kendaraan cukup besar tidak mudah retak. Hal inilah yang menjadi sumber alasan utama, kenapa orang lebih suka membangun carport dengan batu alam andesit.

Walaupun harga andesit lebih mahal, sebenarnya jika dihitung secara terperinci sebanding dengan kualitas yang diberikan. Bahkan, lebih murah dan hemat daripada material lainnya. Karena tidak perlu melakukan renovasi atau perbaikan dalam waktu cukup lama.

2. Ukuran Bervariasi

Selain kokoh, dan tahan lama, manfaat lain yang tak kalah menarik dari pembuatan carport adalah desain. Sehingga bukan hanya dapat dinikmati secara fungsi atau kegunaan saja. 

Melainkan untuk menambah keindahan rumah. Oleh sebab itu, para produsen batu alam andesit membuat banyak inovasi. 

Mulai dari ukuran carport standar sampai bentuknya. Tentu, hal ini sangat memudahkan para pembeli dalam memilih dan menyelaraskan carportnya dengan gradasi bentuk dan warna dengan ruangan-ruangan lainnya.

3. Menyamarkan Noda

Batu andesit mempunyai warna gelap dan mampu menutup atau menyelaraskan debu-debu yang menempel di atasnya. Sebagaimana yang kita ketahui, ban mobil seringkali membawa kotoran setelah digunakan. 

Tentu, ini sangat menjengkelkan jika lantai carport mudah sekali terlihat kotor. Ini juga menjadi pertimbangan orang, kenapa lebih suka membangun carport batu alam andesit.

Panduan Membangun Carport Batu Alam Andesit

Carport Batu Alam Andesit

Sebelum membangun carport batu alam andesit ada banyak hal yang perlu dipertimbangan dan diperinci dengan detail. Hal ini, untuk meminimalisir resiko ketidakpuasan. 

Seperti istilah sambil menyelam minum air. Mungkin inilah prinsip yang diterapkan. Selain bisa difungsikan, carport juga harus bisa dijadikan sebagai bangunan yang sedap untuk dipandang. Di bawah ini beberapa rangkumannya:

1. Menyiapkan Lahan

Lahan menjadi tolak ukur utama dalam membuat desain. Karena lahan sempit dan lahan luas mempunyai perhitungan berbeda dalam menentukan bentuk, pola, warna, dan lain sebagainya yang menunjang keindahan. 

Usahakan dalam membuat carport, ada jarak kosong minimal satu meter. Supaya Anda tidak terlalu kesusahan ketika akan memasukkan dan mengeluarkan kendaraan.

2. Bentuk Atap

Bentuk atap tak kalah menarik untuk di ulik. Selain berfungsi untuk melindungi kendaraan dari hujan dan sengatan Matahari, atap carport yang indah akan memberikan kesan atau aura yang berbeda pada rumah dan carport tersebut.

3. Siapkan Konsep dan Desain

Pada tahapan ini, jika anda memiliki kelemahan dalam bidang desain. Anda bisa menyewa jasa desainer, arsitektur, atau orang-orang yang memiliki kekuatan dalam bidang seni tata ruang. 

Bahan dan alat yang sama bisa memberikan hasil yang berbeda. Oleh sebab itu, supaya nilai keindahan tetap terjaga, keprofesionalitasan sangat diperlukan.

Tips Memasang Carport Batu Alam Andesit untuk Lantai

Cara memasang batu alam andesit hampir sama seperti memasang keramik pada umumnya. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda praktekkan:

1. Bersihkan Lantai

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membersihkan lantai yang akan dipasangi batu andesit. Bagian ini sangat penting untuk dilakukan, supaya permukaan tanah menjadi rata dan semen dapat lebih mudah melekat pada batu Andesit. 

2. Siapkan Alat dan Bahan

Supaya anda bisa melakukan pekerjaan secara terstruktur, cepat, dan praktis. Anda perlu menyiapkan apa saja yang diperlukan. Jika tidak, tenaga anda akan terkuras dan waktu yang dibutuhkan pun lebih lama. 

Karena fokus anda akan dibagi, antara memasang batu andesit dan riwa-riwi mencari alat dan bahan. Bahan dan alat yang diperlukan untuk memasang batu alam andesit; seperti semen, cangkul, palu, sendok semen, meteran, benang, ember, dan alat pemotong keramik.

Baca juga: Rekomendasi Model Lantai Carport Minimalis Modern

3. Memasang Benang

Para pekerja sering menyebutnya dengan istilah benangan. Proses ini merupakan bagian yang sangat urgent. 

Karena jika benangnya tidak lurus, hasil dari pemasangan batu andesit juga tidak akan bertemu ujung titiknya maka akan melengkung. Tentu, hal ini akan mengurangi nilai keindahan.

4. Rendam Batu Alam Andesit

Sebelum dipasang, batu alam andesit harus direndam dulu ke dalam air. Hal ini bertujuan, supaya batu andesit yang akan dipasang nanti dapat merekat sempurna dengan adonan semen.

5. Pemasangan Batu Andesit

Setelah batu andesit di rendam, langkah terakhir, masukkan adukan semen ke atas lantai yang akan dipasangi batu andesit. Kemudian, ratakan adukan tersebut dan tempelkan batu andesit ke atasnya. 

Supaya tidak ada gelembung udara, pukul ringan atau ketuk batu andesit yang telah dipasang menggunakan palu. Jika Anda tertarik untuk membuat carport batu alam andesit, artikel ini bisa menjadi referensi dalam menentukan langkah-langkah yang harus  disiapkan.

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018.

Leave a Comment