Skip to content

Ide Desain Kanopi untuk Dapur Terbuka dari Polycarbonate

Menambahkan kanopi untuk dapur terbuka akan memberikan kesan yang berbeda dari sisi visual. Anda bisa menambahkan beberapa ide lain sebagai tambahan pelengkap.

Apalagi jika melihat fungsi kanopi disini yang terbilang penting untuk melindungi kendaraan Anda dari terik dan hujan. Maka, memilih desain kanopi untuk dapur terbuka Anda sangat penting.

Dengan kata lain, sudah seperti sebuah kewajiban untuk Anda memasangnya.

Sebelum bicara lebih jauh soal desain kanopi untuk dapur terbuka, kita bahas dulu beberapa plus minus dapur berkonsep terbuka dan pentingnya memasang kanopi di dalamnya.

Kekurangan Dapur Terbuka

kanopi untuk dapur terbuka

Ada beberapa hal yang mungkin bisa Anda jadikan pertimbangan ketika hendak membuat desain dapur terbuka di rumah Anda. Diantara kekurangan desain dapur terbuka ialah:

Bau Mudah Menyebar ke Seluruh Penjuru

Jika anda mempunyai dapur tertutup, bau masakan mungkin akan terperangkap di dalam dapur saja. Sementara jika anda mengusung desain dapur terbuka yang mana menyatu dengan ruang tamu, ruang keluarga atau ruangan vital lainnya, maka masalah bau bisa saja jadi masalah.

Aroma masakan dari menu makanan yang dibuat akan menyebar ke seluruh penjuru rumah dan itu seringkali sangat mengganggu.

Misalnya bau-bauan dari bumbu-bumbu masakan yang aromanya menyengat.

Atau bau dari sumber lain tentu akan dengan mudah menyebar ke area lain dalam rumah jika konsep dapur terbuka tidak direncanakan desainnya dengan baik.

Oleh karenanya menjadi penting untuk mempertimbangkan konsep desain dapur terbuka yang akan Anda buat agar dikonsultasikan dengan pakarnya. Tujuannya supaya ditemukan solusi terbaik bagaimana mengatur desainnya agar jangan sampai terjadi hal-hal demikian.

Apabila anda berencana menyulap dapur anda mejadi dapur minimalis terbuka, mempertimbangkan soal bau-bauan ini amat penting untuk dilakukan.

Apalagi kadang bau tidak bisa dikontrol sebarannya, bisa jadi tetangga akan terganggu karena bau-bauan yang nanti timbul. Ini harus dipikirkan.

Berpotensi terganggu konsentrasi memasak

Hampir sama dengan persoalan aroma yang bisa saja menyebar ke seluruh area dalam rumah, memperhatikan potensi lain yang akan membuat kondisi rumah jadi semakin bising juga penting.

Jadi, mau coba desain dapur terbuka? Harus siap dengan potensi kebisingan dari luar ya.

Artinya, jika Anda termasuk tipe orang yang suka melakukan sesuatu hal dengan penuh konsentrasi, sebaiknya pertimbangkan untuk mengusung desain dapur indoor saja.

Ruang Penyimpanan Aman Perlu Dibuat

Konsep dapur terbuka berarti menghilangkan dinding ruangan. Sehingga dengan begitu, tempat yang cocok untuk menyimpan bumbu-bumbu dan peralatan dapur bisa saja sangat minim.

Oleh karena itu, Anda bisa mencari solusi lain yang bisa mengatasi masalah tersebut. Misalnya dengan menambahkan rak yang ditempel pada dinding. Lalu dimanfaatkan untuk menempatkan beberapa peralatan dan wadah bumbu-bumbu yang ada dengan baik.

Dengan cara itu, mau seberapa pun ukuran lantai dapur Anda akan terlihat bagus dan ringkas.

Biaya mahal

Menghilangkan dinding pada dapur terbuka Anda, tidak hanya akan mengurangi area penyimpanan, tapi juga berefek terhadap biaya pengerjaan project. Seperti pada topik kali ini, Anda mesti menambahkan kanopi untuk dapur terbuka Anda yang mana ini butuh biaya tidak sedikit.

Jadi kalau mau coba desain terbaik untuk dapur terbuka Anda, harus siap dengan investasi budget yang sedikit lebih besar.

Kelebihan Dapur Terbuka

Sengaja kita bahas dulu kekurangannya di atas, agar Anda bisa menjadikannya sekedar catatan saja, bukan menjadi penghalang. Lalu, apa saja keuntungan yang akan Anda dapatkan dari mengusung desain dapur terbuka?

1. Konsepnya modern dan kekinian

Sudah rahasia umum bila dapur terbuka jadi salah satu konsep yang banyak diminati oleh para pemilik rumah minimalis modern. Alasannya tentu karena desain terbuka sudah jadi tren yang cukup masif.

Jadi, kalau Anda ingin merasakan sensasi memasak yang berbeda dari biasanya di dapur dalam ruangan, dapur terbuka bisa jadi pilihan terbaik.

Selain leluasa dalam mengeksplorasi ruang gerak memasak, juga mendapatkan visualisasi yang kekinian ala rumah mewah.

2. Hemat biaya listrik untuk lampu

Ruang terbuka berarti cahaya matahari alami mudah masuk, dan itulah yang banyak didambakan oleh para pemilik hunian minimalis modern saat ini.

Cukup dengan menambahkan desain kanopi untuk dapur terbuka Anda dari material tembus pandang seperti policarbonate, maka matahari dari luar akan mudah masuk.

Jika masak di siang hari maka tidak perlu menyalakan lampu, yang berarti Anda hemat biaya listrik.

3. Bisa dieksplorasi desain dan lay outnya sesuai keinginan

Keuntungan lainnya dari mengusung desain dapur terbuka adalah Anda bisa sekreatif mungkin dalam mengatur tata desainnya.

Apapun elemen yang Anda inginkan untuk ada dalam dapur terbuka Anda bisa Anda tambahkan sendiri tanpa takut salah dan mempersempit ruangan.

Termasuk bila Anda suka dengan konsep kombinasi dengan ruang makan dan masih ada space, Anda bisa menambahkannya.

Keren bukan?

Contoh Ide Desain Kanopi untuk Dapur Terbuka dari PolyCarbonate

Saat Anda bingung bagaimana menentukan jenis material kanopi yang tepat, ada beberapa referensi ide material yang bisa Anda pilih.

Bahan polycarbonate sendiri ada banyak macamnya, mulai dari yang paling bagus sampai dengan yang biasa saja. Beberapa jenis atau merek atap kanopi berikut ini dari bahan polycarbonate namun cukup bagus untuk dipilih, diantaranya:

EZ-Lock

Atap Skylight Transparan EZ-Lock Jika berbicara soal atap kanopi untuk dapur terbuka berbahan polycarbonate berkualitas, EZ-Lock jagoannya! EZ-Lock hadir sebagai atap praktis yang akan melindungi Anda dengan desain yang minimalis tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya.

Produk yang satu ini memiliki fitur easy locking system yang dapat memudahkan Anda dalam proses pemasangannya. Anda bisa mengaplikasikan atap dapur transparan yang dikombinasikan dengan warna solid yang tidak transparan seperti pada gambar di atas.

Pemasangan Ez Lock juga relatif mudah bahkan dengan konsep D.I.Y.

Produk EZLOCK ini juga disertai dengan pelindung UV yang akan menjadi tameng dari radiasi sinar UV hingga 98%, sehingga suhu ruangan tetap terjaga.

Baca juga: 5 Perbedaan Pergola dengan Kanopi Berdasarkan Fungsinya

SolarTuff

kanopi untuk dapur terbuka

SolarTuff adalah lembar polycarbonate berkualitas premium yang memiliki tingkat kejernihan tinggi.  Tahan cuaca juga sehingga aman untuk jadi material atap kanopi dapur terbuka Anda.

Salah satu pilihan material kanopi untuk dapur terbuka Anda ini cukup bagus untuk dipilih karena dari sisi kualitas tak kalah.

EcoLite

Terakhir, rekomendasi atap kanopi untuk dapur terbuka di rumah Anda dari material polycarbonate ialah Ecolite. Ecolite ini merupakan material bening yang cukup bagus untuk jadi material atap kanopi. Harganya murah dan mudah didaur ulang.

Oke itu saja deretan material kanopi untuk dapur terbuka yang cukup reccomended untuk Anda pilih sebagai salah satu jenis atap terbaik untuk kanopi dapur terbuka Anda. Pilih salah satu yang terbaik untuk dapur terbuka Anda.

We would like to thank if you would like to follow us on Google News

Leave a Reply

Your email address will not be published.