Contoh Desain Balkon Kecil Minimalis Cocok untuk Bersantai

Anda sedang cari referensi desain balkon kecil yang sesuai dengan gaya rumah minimalis Anda? Gampang kok untuk dapat insipirasinya karena desain balkon kecil sebenarnya sudah banyak yang mengadopsinya.

Anda bisa cari referensi terbaik di portal-portal online seperti pinterest atau situs-situs gambar lainnya.

Jika belum menemukan ide desain terbaik, anda bisa mengambil salah satu dari ide desain yang kami sajikan di artikel kali ini.

Sebelum menuju pembahasan ide desain, apa saja yang akan kami bahas pada kesempatan kali ini?

  • Seberapa Penting Keberadaan Balkon untuk Rumah?
  • Balkon Kecil Vs Besar, Berapa Ukuran Standarnya?
  • Contoh Ide Desain Balkon Kecil

Seberapa Penting Balkon untuk Rumah Minimalis?

Jika ditanya seberapa penting maka jawabannya adalah soal manfaat apa yang akan Anda dapatkan dengan adanya balkon di rumah Anda.

Beberapa manfaat balkon sebenarnya sudah umum diketahui oleh banyak orang, diantaranya ialah:

Balkon bisa untuk taman mini

Jika lahan rumah Anda terbatas alias tidak memiliki tanah khusus untuk berkebun/taman minimalis, Anda bisa merancangnya di area balkon.

Selain menghemat tempat, membuat taman mini di balkon akan membuat suasana rumah menjadi lebih asri karena pemandangan hijau dari tanaman yang ditanam.

Bilamana balkon yang Anda miliki terlalu sempit, Anda bisa menggantinya dengan tanaman model gantung.

Karena balkon merupakan area terbuka, maka tanaman yang nanti ditanam akan mudah tumbuh dengan sehat dan hijau lebat.

Balkon bisa dan biasa jadi area berkumpul

Salah satu fungsi keberadaan balkon di rumah Anda adalah untuk jadi tempat santai atau berkumpul sembari menikmati makanan ringan atau minuman hangat.

Jika balkon Anda cukup luas, Anda bisa menambahkan kursi dan meja. Sebagai tambahan, Anda bisa menambahkan perkakas untuk memanggang daging atau barbeque untuk melengkapi momen kebersamaan.

Balkon bisa jadi area Olahraga ringan

Balkon bisa juga dipakai untuk berolahraga ringan lho. Sambil berjemur, Anda bisa berolahraga ringan seperti sit up atau push up.

Agar aktivitas olahraga Anda berjalan lancar, Anda bisa tambahkan alat-alat pendukung seperti barbel dan sebagainya.

Mau coba?

Balkon bisa juga untuk tempat jemur pakaian

Bingung mau menaruh jemuran pakaian dimana? Balkon bisa dimanfaatkan untuk menjemur pakaian Anda.

Balkon sendiri sering mendapatkan paparan sinar matahari cukup banyak sehingga kalau dipakai untuk menjemur pakaian akan mudah kering.

Desain Balkon Kecil Vs Besar

Ukuran balkon sendiri umumnya memang cukup luas. Apalagi untuk rumah-rumah yang notabene bertipe besar.

Namun, apakah rumah minimalis hanya cocok mengusung desain balkon kecil saja? Berapa ukuran sebuah balkon yang tepat untuk rumah minimalis?

Pada dasarnya, balkon rumah setidaknya menyesuaikan dengan space yang ada, baik panjang maupun lebarnya.

Jadi balkon kecil setidaknya berukuran panjang 2 meter dan lebarnya sekitar 1 meter. Ini umum berlaku pada rumah minimalis yang space-nya memang terbatas.

Lain halnya pada rumah berukuran besar yang seringkali mengusung desain balkon yang sesuai dengan ukuran space yang ada.

Ukuran balkon besar bervariatif, tapi yang umumnya dipakai berukuran setidaknya 2 meter untuk lebarnya dan 4 meter untuk panjangnya.

Ide Desain Balkon Kecil yang Bisa Dicontoh

Dalam dunia desain, model menjadi satu-satunya hal yang bisa dieksplorasi untuk dibuat sebaik mungkin sesuai dengan keinginan dan tuuan tertentu.

Ada banyak ide desain balkon rumah minimalis yang sebenarnya bisa Anda usung. Memang kecil dari sisi ukuran, namun bisa divariasikan dengan berbagai elemen pendukung sehingga meskipun minimalis hasilnya tetap cantik dan bagus dipakai untuk aktivitas apapun.

Berikut ini beberapa contoh ide desain balkon kecil minimalis cantik yang bisa Anda tiru.

1. Desain balkon kecil dengan hiasan cantik

desain balkon kecil


Kesan modern akan sangat terasa bila elemen lampu-lampu tumblr diusung dengan penataan yang rapi. Tujuannya tidak lain karena lampu tumblr sendiri akan memanjakan mata saat dilihat karena warna warninya yang indah.

Sebagai pelengkap, Anda bisa menambahkan kursi dan bantal-bantal yang empuk sehingga sangat cocok untuk area bersantai yang kekinian.

Tertarik untuk punya balkon kecil macam itu?

2. Desain balkon kecil dominasi kayu

desain balkon kecil


Tertarik untuk punya balkon rumah yang bernuansa natural? Anda bisa mengadopsi material kayu sebagai elemen yang dominan di sekitar balkon rumah Anda.

Kombinasinya dengan kursi dan meja besi berwarna hitam, ada bantal warna warni dan tanaman hijau membuat balkon kecil ini terasa begitu nyaman dipakai bersantai.

Baca juga: Memilih Material Desain Atap Balkon Rumah Minimalis Terbaik

3. Desain Balkon Minimalis Simpel

desain balkon kecil


Kecil bukan sebuah alasan untuk tidak bisa mendapatkan kenyamanan saat bersantai di waktu senggang. Sebab dengan mengusung desain balkon kecil sederhana seperti di atas saja bisa.

Sebagai pelengkap kesempurnaan, Anda bisa pilih pagar balkon yang model baru dan kekinian sehingga lengkap sudah tampilannya seperti balkon mewah yang sederhana.

4. Balkon minimalis dengan kursi gantung dan tanaman hijau

desain balkon kecil


Jika diamati, fokus utama dari desain balkon minimalis ini adalah pada kursi gantungnya yang estetik. Apalagi perpaduan warnanya dengan hijau dari tanaman dan coklat dari kursi kayu dan lantai membuatnya nampak sangat natural.

5. Balkon kecil dengan pemandangan luas

desain balkon kecil


Siapa sangka bahwa balkon minimalis bisa dibuat sesimpel ini? Meski jarak antara pintu ruangan dengan batas lebar balkon cukup kecil, namun nyatanya bisa juga dibuat bagus.

Hanya dengan menambahkan  beberapa tambahan hiasan tanaman dan kursi sebagai pelengkap sudah lebih dari cukup. Mau bersantai sekaligus melihat lalu lalang jalanan atau atap rumah-rumah tetangga bisa juga.

Sebenarnya, dengan melihat contoh-contoh desain balkon kecil di atas sudah cukup untuk membuay Anda mendapatkan ide terbaik. Asalkan Anda tidak ragu-ragu dan memang disesuaikan dengan keinginan Anda pasti hasilnya akan bagus.

rofik n

Being Content Writer Since 2017. Menulis pertama kali di diminimalis dimulai tanggal 7 Februari 2018. Topik tulisannya seputar desain rumah minimalis, interior, eksterior, landscape dan juga aquascape, termasuk kolam renang, mulai dari pembuatan, renovasi dan juga perawatan, dengan mengedepankan konsep green living dan citra hunian yang nyaman bagi keluarga.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.