Rumah dengan Kusen 1 Pintu 2 Jendela, Seperti Apa?

Untuk hunian minimalis, mengusung bagian depan rumah dengan model kusen 1 pintu 2 jendela sebetulnya adalah pilihan yang pas.

Sebab dengan mengusung kusen 1 pintu 2 jendela, konsep minimalis-nya akan tetap terjaga meski secara fisik mungkin bukan type-type rumah yang terbilang kecil.

Bahasan kita kali ini tentang desain rumah dengan kusen 1 pintu 2 jendela. Kita akan bahas mulai dari dasar, pengertian kusen, jenis kusen dan mterial yang dipakai hingga kelebihan mengusung kusen 1 pintu 2 jendela.

Pengertian Kusen

Kusen merupakan suatu rangka dari balok kayu untuk meletakkan daun jendela atau pintu.

Karena tidak hanya bisa dibuat dari satu material saja, kusen memiliki bentuk yang variatif. Secara otomatis, siapapun bisa memilih akan menggunakan kusen dari material manapun.

Untuk pemasangannya, kusen harus dipasang tegak lurus, space sisa bawah dan atas harus diukur. Berapa jarak ke lantai untuk kusen bagian bawah berapa jarak ke atasnya.

Semakin serasi leveling kusen dengan bukaan pintu atau jendela maka akan semakin bagus pula ruangan tersebut dilihat dari sisi estetika dan keamanan.

Pada prinsipnya, pemasangan kusen sesuai ukurannya dengan kusen pada ruangan lainnya. Ini bertujuan agar didapat hasil desain tampilan yang bagus dan simetris.

Estetika Kusen pada Hunian

Bentuk dan variasi kusen akan menjadi nilai tambah estetika dan penampilan suatu bangunan. Meskipun untuk hal ini tergantung pada selera pemilik bangunan dan budget yang tersedia.

Semakin bagus bentuknya maka semakin sulit membuatnya, alhasil semakin mahal pula harganya.

Akan tetapi yang tidak kalah penting dari sekian karakteristik kusen, setidaknya harus memenuhi syarat – syarat dimana kusen tersebut akan dipasang, yaitu sebagai berikut:

  1. Konstruksi sambungan harus baik dan rapat.
  2. Sebelum dipasang harus sudah dalam keadaan halus, rata, dan siku.
  3. Ukuran panjang telinga kusen minimal selebar bahan kusen.
  4. Permukaan kusen yang berhubungan langsung dengan dinding/tembok harus sudah dicat supaya awet, lakukan pengecetan dua kali.
  5. Permukaan kusen yang menempel pada tembok/dinding harus sudah dipasang angkur sebagai pengikat/pengokoh agar tidak mudah lepas.
  6. Sudah diberi skor supaya sudut kesikuan kusen terjaga.
  7. Sebelum kusen dipasang pada tempatnya, teliti dan perhatikanlah jenisnya serta bukaan untuk pintu dan jendela harus benar penempatannya.
  8. Lebar bawah kusen pintu harus diklem dahulu dan pemasangannya harus sama dengan bagian atasnya.

Material Kusen untuk Rumah Tinggal yang Banyak Dipakai

Kusen untuk tempat tinggal yang palingg banyak didominasi oleh material terbuat dari kayu atau aluminium.

Kusen dari material kayu memiliki keunggulan dari sisi penampilan yang mengesankan kehangatan. 

Serat-serat yang biasa terlihat pada permukaan kayu akan kelihatan gagah, merupakan isolator yang baikserta pada umumnya tahan terhadap pengaruh cuaca.

Basanya, kusen kayu yang siap pasang sudah difinishing dengan lapisan cat, meskipun ada juga yang masih berupa kayu asli tanpa pelapisan.

Sementara itu, kusen berbahan logam seperti aluminium berbeda dari kayu. 

Yaitu tidak terpengaruh oleh air, kusen aluminium tidak menghadirkan kehangatan sebagaimana kayu. Selain itu, mudah menjadi media perpindahan panas atau listrik.

Namun begitu, kelebihan kusen alumunium atau stainless-steel ialah tetap bisa dipoles dengan finishing cat yang cantik.

Jenis-jenis Kusen Berdasarkan Penggunaan

Berdasarkan penggunaannya, kusen bisa dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu:

  1. Kusen pintu
  2. Kusen jendela
  3. Kusen penerangan/bovenlich
  4. Kusen gendong

Bentuk dan variasi kusen yang biasa dipakai di rumah cukup bervariatif sehingga pemilihannya tergantung pada pemilik bangunan.

Meski bervariasi tetapi tetap harus memperhatikan keamanan, keindahan dan faktor anggaran.

Ada 4 jenis konstruksi kusen yang banyak dipakai saat ini, yaitu:

Kusen gendong [kombinasi]

Yaitu kusen untuk pintu dan jendela jadi satu konstruksi yang utuh. Ini yang biasa ditempatkan pada bagian depan rumah.

Biasanya pada ruangan yang memerlukan penerangan yang lebih seperti ruang tamu. Konsep yang paling banyak diusung adalah kusen 1 pintu 2 jendela seperti yang jadi topik kita kali ini.

Kusen tunggal

Selanjutnya yaitu kusen tunggal yang mana berarti kusen daun pintu saja. Biasanya pada kusen tunggal bagian atasnya ada lubang untuk penerangan dan sirkulasi udara.

Kusen jendela

Yaitu rangka kusen untuk menempatkan daun jendela saja. Kusen jendela juga sama dengan kusen tunggal pada bagian atasnya biasanya ditambah lubang untuk penerangan dan sirkulasi udara.

Kusen penerangan

Yaitu rangka kusen untuk penempatan kaca jendela khusus atau skylight yang memang tujuannya untuk bukaan tambahan.

Desain Kusen Gendong/Kombinasi: Kusen 1 Pintu 2 Jendela

Sesuai dengan topik bahasan kita kali ini, yaitu tentang desain kusen 1 pintu 2 jendela. Yang mana ini disebut kusen gendong karena bentuk nyambung jadi satu bentuk yang utuh.

Nah, seperti apa model kusen gendong ini sehingga lumrah dipakai pada bagian depan hunian?

Keunggulan yang dimiliki oleh kusen gendong ini diantaranya adalah

Kepraktisannya

Kusen gendong lebih mudah pemasangannya dan lebih praktis karena antara kusen pintu dan jendela jadi satu bentuk utuh.

Lain lagi jika terpisah, kusen pintu sendiri dan kusen jendela sendiri. Maka bisa jadi kurang pas, sementara bagian depan rumah seringkali perlu kusen yang simetris agar didapat fungsi yang lebih maksimal.

Lebih estetik dari segi tampilan

Kusen 1 pintu 2 jendela yang biasa ada pada bagian depan rumah hunian seringkali terlihat lebih bagus dan cantik dari segi estetika.

Hal ini karena desainnya yang gabung jadi satu bentuk lebih bagus secara tampilan.

Selain itu, kusen 1 pintu 2 jendela memberikan kesan rumah minimalis modern yang meskipun kecil namun tetap cocok untuk diberi kusen minimalis tersebut.

Model 2 jendela 1 pintu sudah familiar

kusen 1 pintu 2 jendela
Sumber: bukalapak

Tentu Anda ingin membuat desain hunian yang tidak aneh-aneh dan populer di masyarakat bukan?

Nah, desain kusen 1 pintu 2 jendela ini adalah salah satu konsep yang cukup populer saat ini. Anda tinggal memilih material kusen yang diinginkan lalu memasangnya sebagai rangka depan rumah Anda.

Kusen Kayu vs Aluminium, Mana yang Terbaik?

Diantara banyaknya bahan yang bisa diolah menjadi sebuah kusen, kayu dan aluminum adalah yang paling populer.

Kusen dari kayu dan aluminium dikenal sejak lama memiliki keunggulan yang di atas rata-rata. Sekarang, jika keuda bahan kusen ini dibandingkan. Manakah yang terbaik menurut Anda?

Kusen dari kayu memang lumrah dipakai pada hunian-hunian minimalis modern saat ini. Kelebihan dari kusen kayu ini diantaranya ialah:

– Bisa diubah ke dalam berbagai bentuk

– Banyak jenis kayu yang kuat yang bisa dipakai seperti, jati, mahino, laban atau kamper

– Rumah akan tampil alami dan natural

Sementara kusen dari aluminium Anda tahu sendiri diantara kelebihannya yaitu anti rayap, lebih awet. Sementara kekurangannya ialah bentuk dan modelnya tidak sevariatif kayu.

Keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun jika bicara konsep model kusen 1 pintu 2 jendela, maka kusen dari material kayu lebih disarankan.

Kusen gendong dengan model tersebut akan menghasilkan tampilan yang keren.

Baca juga: Tips Memilih Warna Cat Kusen Jendela dan Pintu yang Bagus

Harga Kusen Gendong Minimalis

Terakhir sebagai penutup, kami berikan gambaran harga kusen jendela dan pintu dari berbagai bahan kayu:

  • Kusen kayu Jati: 800 ribu s/d 3 juta
  • Kusen Kayu Kamper 300 ribu s/d 700 ribu
  • Kusen Kayu Meranti 190 ribu s/d 900 ribu
  • Kusen kayu mahoni 200 ribu s/d 800.000

Harga tersebut tentu saja hanya estimasi, untuk fix nya biasanya tergantung pada ukuran jendela kaca dan model serta penjualnya.

Anda bebas pilih model kusen 1 pintu 2 jendela yang Anda sukai, tetapi dengan tetap memilih yang paling pas dan sesuai dengan kebutuhan Anda.   

rofik n

Being Content Writer Since 2017. Menulis pertama kali di diminimalis dimulai tanggal 7 Februari 2018. Topik tulisannya seputar desain rumah minimalis, interior, eksterior, landscape dan juga aquascape, termasuk kolam renang, mulai dari pembuatan, renovasi dan juga perawatan, dengan mengedepankan konsep green living dan citra hunian yang nyaman bagi keluarga.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.