Mengenal Beragam Manfaat Vertical Garden

Tahukah Anda bahwa manfaat vertical garden cukup banyak untuk pemilik rumah yang mengadopsinya?

Salah satu manfaat terbaiknya adalah tidak banyak memakan space lahan. Hal ini karena biasanya, jika ingin menanam banyak tanaman, diperlukan lahan yang besar.

Nah, bagi Anda yang hobi bercocok tanam dan memiliki lahan terbatas, Anda dapat membuat konsep dengan vertikal garden. Hemat lahan menjadi salah satu manfaat vertical garden bagi pecinta tanaman.

Apa itu Vertical Garden?

Sebelum ke bahasan manfaat vertical garden, kita cari tahu dulu apa pengertiannya.

Bagi Anda yang masih asing dengan istilah vertical garden, vertical garden ini merupakan bentuk taman yang dibangun pada lahan lurus atau vertikal. Vertikal garden sangat cocok diaplikasikan pada lahan terbatas.

Pengadaan vertical garden sendiri bisa menjadi sarana hijau sebagai penahan sinar matahari, mengurangi polusi udara, dan penambah suplai oksigen. Kesan indah yang terpancar dari vertical garden akan menghidupkan rumah Anda. Vertical garden juga mudah untuk dibangun dengan konsep outdoor maupun indoor.

Pembuatannya pun cukup mudah, Anda dapat meletakkan tanaman yang sudah tertanam di dalam pot dan disusun secara vertikal dari atas ke bawah dengan menggunakan pipa PVC ataupun bambu sebagai media tanam vertical garden.

Botol bekas juga bisa dijadikan pot untuk vertical garden yang nantinya akan diletakkan pada kontruksi atau frame yang sudah dibuat sebelumnya di dinding rumah. Cara berikut juga merupakan usaha untuk mendaur ulang barang yang sudah tidak digunakan.

Proses maintenance vertikal garden ini juga terbilang mudah, umumnya vertical garden sudah dilengkapi dengan pengairan otomatis yang akan menyiram tanaman secara otomatis pula selama sumber airnya tersedia dengan baik.

Beragam Manfaat Vertical Garden untuk Lahan Terbatas

Dari sekian banyak alasan kenapa perlu membuat vertical garden adalah karena penanamannya yang tidak memerlukan banyak space lahan. Berikut ini kumpulan manfaat vertical garden untuk ada di rumah Anda.

Hemat Lahan

manfaat vertical garden

Manfaat vertical garden yang utama ialah bentuknya yang tidak membutuhkan lahan luas. Hanya dengan bidang yang vertical, Anda dapat membuat vertikal garden yang bisa untuk menanam berbagai jenis pohon.

Bagi Anda yang memiliki lahan luas namun bingung mau diapakan, vertical garden juga bisa menjadi solusi anda.

Anda hanya perlu membuat kerangka untuk menempelkan tanaman pada dinding, sehingga dalam pembuatannya tidak perlu membuang banyak waktu dan uang. Alias cukup simpel.

Membuat Ruangan Menjadi Estetik

Manfaat vertical garden selanjutnya ialah membuat ruangan menjadi terlihat lebih estetik. Taman Vertikal yang dibuat di dalam ruangan juga dapat berfungsi sebagai pembatas ruangan yang membuat desain rumah Anda semakin cantik dengan kesan rustic.

Ruangan yang rapi, bersih, dan nyaman dilihat dapat membuat orang menjadi betah dan merasa ingin berlama-lama berada di ruangan tersebut.

 Ruangan yang indah juga akan memberi kesan yang baik bagi siapapun yang merasakannya. Vertical garden akan membuat ruangan menjadi terlihat cantik dan menyegarkan mata sehingga membuat otak Anda lebih fresh dan hati menjadi senang.

Bagi Anda yang tinggal di apartemen perkotaan atau bekerja di kantor, vertical garden juga bisa menjadi salah satu sumber keindahan alam yang menenangkan. Yang mana dapat membuat otak lebih fresh serta menciptakan ketenangan mental saat penat melanda.

Baca juga: Cara Membuat Rooftop Garden di Atap Rumah

Mengurangi Panas dan Polusi Udara

Fungsi dasar dari tanaman ialah untuk penghijauan. Berkat vertical garden yang berisikan tanaman sungguhan ini bisa membuat polusi udara akibat suhu yang semakin tinggi ini dapat berkurang.

Tanaman tersebut akan menghisap zat karbondioksida dari polusi sehingga akan terganti dengan oksigen dari hasil fotosintesis.

Tidak hanya mengurangi polusi, tapi membuat udara di rumah menjadi lebih segar alami. Jadi, manfaat Vertical garden ialah juga bermanfaat untuk meningkatkan efisiensi energi dari rumah. Efisiensi energi yang dimaksud disini ialah energi dari pemakaian AC.

Ketika cuaca terik, vertikal garden berfungsi untuk mereduksi cahaya matahari yang akan membuat suasana di dalam rumah terasa teduh dan sejuk. Saat musim hujan, vertical garden berfungsi untuk menghangatkan ruangan di dalam rumah.

Mencegah dan Menutupi Coretan di Dinding Rumah

Pemasangan vertical garden yang tertempel di dinding, bisa menjadi solusi untuk melindungi dinding anda. Dinding tidak mudah dicoret-coret karena terhalangi oleh taman vertikal ini.

Selain coretan di dinding, vertical garden juga dapat menutupi benda-benda yang kurang menarik dipandang mata.

Praktis dan Fleksibel dalam Penyediaannya.

Vertical garden dikatakan praktis karena penggunaan lahan yang sedikit serta perawatan yang tidak rumit. Media pembuatannya juga dapat menggunakan benda benda bekas yang didaur ulang menjadi pot tanaman, kemudian disusun secara vertikal.

Vertical garden juga dikatakan fleksibel karena dapat ditempatkan jauh dari hewan dan serangga hama yang mengganggu seperti kelinci, siput, maupun serangga hama lain. Sehingga Anda dapat berkebun secara organik tanpa menggunakan pestisida dan pastinya akan jauh lebih mudah.

Vertical garden lebih mudah dalam mengontrol penyebaran gulma. Dengan kata lain, manfaat vertical garden ialah waktu yang digunakan untuk berkebun menjadi jauh lebih singkat karena terhindar dari serangan hama yang merusak tanaman vertical garden kesayangan.

Bagaimana Cara Membuat Vertical Garden?

manfaat vertical garden

Setelah mengetahui manfaat vertical garden, apakah Andatertarik untuk membuatnya?

Pembuatan vertical garden jika tidak menggunakan bahan daur ulang, memang cukup memakan biaya. Namun, untuk menghemat biaya, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk membuat vertical garden sederhana di rumah.

  1. Pilih dinding yang akan ditanami vertical garden, jangan lupa pastikan dinding tersebut kuat untuk menopang beban dari media tanam dan tanaman.
  1. Pakai plastik untuk melapisi dinding yang dipilih sebelum Anda memasang  rangka pada dinding. Hal ini bertujuan untuk mencegah akar tanaman masuk ke dinding.
  2. Siapkan pipa PVC ataupun kawat tebal untuk membuat vertical garden. Sebisa mungkin hindari pemakaian besi sebagai rangka karena bobotnya berat dan besi memiliki sifat mudah berkarat.
  3. Material kayu juga sebaiknya dihindari karena mudah rapuh. Setelah rangka dibuat, pasanglah rangka tersebut pada dinding dengan menggunakan baut.
  4. Sebagai pengganti pot, Anda dapat menggunakan media kain. Penggunaan kain juga dapat menjadi pilihan untuk menghindari beban yang terlalu berat pada rangka vertical garden. Gantungkan media kain pada rangka yang telah dibuat, kemudian isi kain dengan media tanah dan tanaman hias.
  5. Aturlah posisi tanaman dengan baik agar mudah dijangkau, disiram, serta dipangkas jika sudah terlalu lebat.

Bagaimana Cara Perawatan yang Tepat untuk Vertical Garden?

Sebenarnya, membuat serta merawat vertical garden memang tidak semudah ketika membuat taman biasa. Anda harus benar-benar teliti memilih jenis wadah yang digunakan, media tanam, tanaman yang cocok, serta spot yang tepat sehingga menarik dilihat.

Vertical garden harus dirawat secara berkala. Tidak hanya disiram dan diberi pupuk saja. Anda  juga harus memperhatikan posisi dan letak tanaman atau jarak antar masing-masing pot agar tanaman tidak mudah rusak dan layu yang akhirnya berujung gagal.

Jika perlu, lakukan penggantian posisi tanaman secara berkala agar seluruh tanaman mendapatkan sinar matahari yang cukup sehingga dapat tumbuh dengan baik dan membuat polusi berkurang.

Demikianlah manfaat vertical garden yang cukup baik untuk kesehatan dan lingkungan sekitar. Dengan membuat vertical garden, Anda turut membantu dalam melakukan penghijauan. Manfaatkan barang bekas serta space dinding Anda untuk membuat vertical garden di rumah.

Baca profil Dimulti Pool, Perusahaan kontraktor kolam renang yang melayani jasa perencanaan pembangunan, desain kolam renang, renovasi kolam renang rumah pribadi, hotel, apartemen, villa, guess house dan kolam renang umum lainnya yang profesional dan bergaransi.

Leave a Comment