Tips dan Inspirasi Desain Membuat Taman Kering Ala Jepang

Menambahkan unsur taman di area rumah sudah jadi daya tarik yang umum. Bahkan konsep taman kering ala Jepang yang terbilang asing juga sudah banyak yang mengadopsinya.

Ada banyak sekali jenis dan konsep taman kering ala Jepang yang biasa diletakkan di dalam rumah dan cocok untuk dijadikan sebagai pemanis interior rumah.

Sudah menjadi rahasia umum jika gaya arsitektur jepang memiliki banyak sekali peminat. Hal yang mempengaruhi banyaknya peminat terhadap arsitektur Jepang adalah cirinya yang khas, sederhana, minimalis namun selalu menarik perhatian mata.

Selain itu, interior ala jepang juga identik dengan tema alam sehingga dalam proses pembuatannya akan bernilai seni natural yang tinggi. Dengan kata lain, anda harus menyiapkan beberapa elemen yang berhubungan dengan alam[R1] .

Seperti apa Konsep Taman Kering Ala Jepang?

Namun sebelumnya tahu kah Anda seperti apa taman kering ala Jepang itu?

Taman kering adalah konsep taman yang sengaja dibuat untuk menambah keindahan interior maupun eksterior rumah.

Apa bedanya dengan taman di luar rumah?

Sebenarnya tidak ada perbedaan yang jauh dengan taman di luar rumah, perbedaan yang paling mencolok hanyalah pada peletakannya saja. Jika taman biasa pada umumnya terdapat didepan rumah, maka taman kering ini bisa ditaruh diluar maupun dalam.

Untuk tata letaknya, anda dapat memilih antara konsep antara semi outdoor atau  indoor, semua tergantung pada selera anda. Namun sebagai catatan agar tanaman yang anda punya tidak layu dan mati maka anda harus membuat konsep taman anda menjadi semi outdoor.

Dengan begitu, cahaya matahari masih tetap bisa masuk dan tumbuhan yang anda punya masih tetap dapat bertahan hidup.

Nah, pemilihan konsep taman kering ala Jepang sangat cocok untuk anda yang suka sekali dengan nuansa negara Jepang. Untuk menciptakan suasana negeri Sakura pada taman yang Anda inginkan, maka Anda perlu mempersiapkan beberapa bahan yang menggambarkan ciri khas negara Jepang.

Jika anda sangat tertarik untuk memilikinya di rumah minimalis anda, silakan baca tips untuk membuat taman kering ala Jepang di bawah ini.

Persiapan Konsep Taman Kering Ala Jepang

Punya lahan mau dibuat taman kering ala Jepang, konsep-konsep berikut mungkin cocok untuk Anda.

Taman kering dengan kolam ikan

 Tips yang pertama adalah penambahan kolam ikan pada taman kering ala Jepang yang anda buat. Anda pasti tahu bahwa menambahkan kolam ikan pada taman akan membuatnya menjadi lebih terlihat natural dan lebih menyenangkan untuk dipandang.

Apalagi, jika diisi dengan ikan-ikan yang memiliki corak indah, karena perlu anda ketahui bahwa efek dari ikan yang bercorak indah pada kolam akan sangat memanjakan mata anda.

Taman kering dengan interior bambu

taman kering ala jepang

Sumber foto : Pinterest

Tips yang selanjutnya adalah penambahan elemen bambu pada taman kering ala Jepang anda. Pemilihan elemen bambu akan sangat mendukung terciptanya konsep natural.

Desain dengan unsur bambu akan membuat taman menjadi lebih natural dan segar. Selain menambahkan elemen bambu pada taman, anda juga dapat menambah beberapa pohon besar di beberapa sisi taman agar taman yang anda miliki terasa lebih teduh dan sejuk.

Baca juga: 10 Prinsip Desain Rumah Jepang yang Bisa Diadaptasi di Indonesia

Taman kering dengan batu koral putih

Tips penambahan elemen yang selanjutnya adalah menambahkan batu koral putih pada taman kering ala Jepang anda. Batu koral putih akan membuat efek cerah dan luas pada taman anda dibandingan dengan batu kerikil hitam biasa.

Selain itu, penambahan batu koral putih pada taman tersebut juga menggantikan tekstur tanah sehingga tampilan dan warna akan terlihat menarik. Selain itu, tekstur batu koral putih akan mampu memberikan tekstur kasar alami pada taman kering ala Jepang yang anda miliki.

Taman kering dengan lumut atau rumput hijau

Tips penambahan elemen selanjutnya yang dapat anda tambahkan adalah lumut atau rumput hijau kering seperti rumput jepang atau yang nama latinnya adalah Zoysia Japonica.

Rumput atau lumut dapat anda tambahkan dengan tujuan untuk memberikan nuansa hijau dan sejuk pada taman kering ala Jepang yang sedang anda buat. Anda bisa menentukan beberapa spot yang akan anda beri rerumputan.

Selain itu, mungkin anda juga dapat menambahkan beberapa batu alam besar pada taman anda, namun pemberian batu alam ini jangan berlebihan karena ukurannya yang besar sehingga dapat membuat penuh taman kering yang anda punya.

Taman kering dengan pancuran air

Tips penambahan elemen selanjutnya yang dapat anda ikuti adalah penambahan pancuran air. Pemberian pancuran air ini bertujuan untuk memberi kesan gemercik air pada taman kering ala Jepang anda.

Suara gemercik air yang dihasilkan dapat membuat taman anda semakin terasa nuansa Jepangnya, sehingga akan membuat anda merasa rileks.

Baca juga: 5 Ciri Khas Desain Rumah Kayu Jepang

Taman kering dengan gazebo

Tips penambahan elemen yang selanjutnya adalah penambahan gazebo. Peran gazebo pada taman kering ala Jepang yang anda miliki yaitu untuk tempat anda bersantai dengan keluarga sembari menikmati suasana taman.

Selain untuk tempat bersantai penambahan gazebo juga membuat taman kering ala Jepang anda menjadi lebih lengkap. Selain itu anda juga dapat menabahkan beberapa lampu untuk penerangan saat malam.

Opsi lain jika menurut anda pemberian gazebo pada taman kering ala Jepang milik anda dirasa akan memakan banyak tempat atau membutuhkan dana lebih. Maka, anda dapat menggantinya dengan pemberian meja kecil saja.

Anda cukup menyiapkan spot luas yang dialasi dengan papan kayu agar anda merasa nyaman saat duduk.

Taman kering dengan tambahan batu alam

Tips yang terakhir untuk penambahan elemen agar taman kering yang Anda rancang semakin terlihat natural adalah  adalah penambahan batu alam ceper seperti gambar di atas.

Penambahan elemen batu ceper seperti gambar diatas bertujuan sebagai alat pijakan, selain itu penambahan batu alam ceper pada taman anda akan menambah kesan estetik pada taman kering ala Jepang yang anda miliki itu.

Karena penambahan batu alam ceper tersebut bertujuan untuk alat pijakan, maka posisi peletakan yang paling dianjurkan adalah menuyusun batu ceper tersebut secara berurutan pada taman anda.

Setelah membaca beberapa tips pembuatan serta referensi desain untuk taman kering layaknya di jepang di atas apakah anda semakin tertarik untuk memilikinya di rumah anda?

Semoga setelah anda membaca beberapa tips ini anda sudah tidak kebingungan lagi tentang bagaimana cara, konsep, serta elemen apa saja yang harus anda siapkan untuk membuat taman kering ala Jepang yang sangat anda idam-idamkan.