Model Garasi Motor Samping Rumah, Simpel Minimalis Tapi Terkesan Modern

Memiliki garasi khusus motor seperti sudah kewajiban bagi sebagian besar masyarakat. Kenapa? Karena motor jadi kendaraan pribadi yang paling banyak dimiliki.

Meski banyak yang punya, model garasi motor samping rumah masih sedikit yang mengadopsinya. Disinilah artikel ini akan coba membantu Anda mengatasi masalah tersebut.

Sebelum ke rekomendasi model, mari kita flashback sebentar tentang seberapa penting sepeda motor pribadi dibuatkan garasi khusus.

Di sebuah negara yang mana jumlah sepeda motor cukup banyak seperti di Indonesia, setiap rumah membutuhkan ruang yang disediakan untuk garasi sepeda motor.

Model garasi juga kerap kali dicari seiring banyaknya masyarakat yang memiliki kendaraan pribadi baik roda empat ataupun roda dua. Meski banyak pro-kontra tentang kendaraan pribadi di daerah perkotaan padat, memilikinya masih sangat diperlukan.

Hampir semua orang sudah memiliki kendaraan pribadi, kendaraan pribadi bisa dikatakan mirip seperti manusia yang membutuhkan tempat di rumah. Jika anda mempunyai kendaraan pribadi, maka anda harus menyediakan tempat untuk garasi.

Mempunyai kendaraan bermotor sebagai kendaraan pribadi, pastinya tidak ribet untuk membuat model garasi motor samping rumah, karena dengan body yang tidak terlalu besar kita bisa membuat garasi di samping rumah ataupun cukup diletakan diteras rumah.

Pada rumah minimalis masa kini, Carport minimalis menjadi pengganti garasi mobil. Carport  merupakan tempat menyimpan kendaraan di depan atau samping rumah.

Jika anda ingin model garasi motor samping rumah, banyak hal yang perlu anda pertimbangkan, termasuk adanya lahan dan desain.

Selain untuk menyimpan kendaraan, garasi juga digunakan untuk membenahi maupun memodifikasi kendaraan anda. Jadi anda juga harus mendesain terlebih dahulu model garasi motor samping rumah idaman anda.

Keuntungan Memiliki Garasi Motor Samping Rumah

model garasi motor samping rumah

Jika bicara soal keuntungan, model garasi motor samping rumah memiliki banyak keuntunganya, salah satunya yaitu tidak memakan lahan yang banyak.

Selain itu tidak membutuhkan ukuran ruangan yang luas, tidak menghalangi pemandangan rumah, dan tentunya tidak memakan anggaran yang begitu besar.

Kalau Anda membuat untuk mobil, ukuran carport standar sendiri perlu disesuaikan dengan dimensi/ukuran mobil.

Untuk melihat aneka ragam bentuk dan model garasi motor samping rumah, anda tidak perlu bingung mencari rekomendasi kemana-mana. Semua model dan bentuknya akan di bahas pada artikel ini.

Macam-Macam Bentuk dan Model Garasi Motor Samping Rumah

Selain garasi mobil, garasi motor juga mempunyai banhyak model dan bentuknya, mulai dari model garasi motor samping rumah tertutup, model garasi dari kayu, model garasi dari alumunium, model garasi kontainer, model garasi kecil terbua, dan masih banyak model lainya.

Semua model tersebut hanyalah beberapa dan masih banyak model yang lainya. Jika anda ingin memilih salah satu dari model garasi motor samping rumah yang perlu anda perhatikan adalah luas tanah yang menjadi hunian anda.

Jika luas tanahnya sempit anda bisa menggunakan teras rumah sebagai garasi motor anda.

Model Garasi Motor Samping Rumah Tertutup

Anda mempunyai lahan kosong disamping rumah? Daripada tidak difungsikan, kamu bisa membuat garasi motor disamping rumah dengan model tertutup. Model yang satu ini bisa kamu tiru untuk menyimpan motor anda agar lebih aman dari pencuri.

Kamu juga bisa menambahkan beberapa lemari penyimpanan untuk helm, alat-alat kunci bengkel, jaket, dan perlengkapan bermotor lainya.

Model Garasi Motor Samping Rumah Terbuka

Jika anda mempunyai lahan kecil kosong di samping rumah, anda bisa membuat garasi motor pada lahan kosong tersebut.

Meskipun kecil, garasi tersebut tentunya akan berfungsi untuk melindungi motor anda dirumah, sehingga nantinya motor anda tidak lagi dimasukan ke dalam rumah.

Model Garasi Motor Samping Rumah Material Kayu

Selanjutnya ada model garasi motor samping rumah berbahan material kayu. Selain melindungi motor dari panas dan hujan, garasi motor yang satu ini juga tentunya lebih aestetik dan fleksibel.

Kamu juga bisa membongkarnya kapan saja jika ke depan sudah tidak lagi digunakan, tidak cuman itu ukurannya yang minimalis dan tentunya tidak memakan banyak tempat di samping rumah.

Model Garasi Motor Alumunium atau Baja

Inspirasi selanjutnya bisa kamu tiru karena cukup fleksibel. Model garasi motor samping rumah satu ini juga bisa kamu buat dari bahan alumunium atau baja ringan. Selain unik, garasi motor samping rumah ini juga mempunyai ukuran yang kecil.

Jadi, luas garasi tersebut juga tidak memakan banyak tempat dirumah anda. Jika kamu mempunyai dua motor, model yang satu ini bisa kamu pertimbangkan karena berbeda dari yang lain, selain itu motor juga lebih aman lagi karena terdapat pintu untuk menutupinya.

Model Garasi Motor dari Kontainer

Jika anda mempunyai keinginan yang unik untuk membuat model garasi motor samping rumah, model garasi motor berbahan dari kontainer bekas bisa kamu pertimbangkan.

Area penyimpanan tersebut adalah sebuah kontainer bekas yang di sulap menjadi sebuah garasi yang unik. Ukuran garasi kontainer tersebut pun berukuran kecil sehingga tidak membutuhkan banyak lahan untuk diletakan disamping rumah anda.

Namun garasi tersebut hanya cukup digunakan untuk garasi motor saja.

Baca juga: 5 Contoh Model Garasi Mobil Terpisah dari Rumah

Model Garasi Motor Sekaligus Workshop

Anda mempunyai hobi touring menggunakan sepeda motor? Atau kamu juga sering bongkar-bongkar motor? Nah, kamu butuh suatu tempat agar lebih nyaman lagi untuk digunakan membongkar motor tersebut di rumah.

Model garasi satu ini bisa kamu pilih karena cukup sederhana, garasi samping rumah ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan sekaligus area workshop, sehingga anda bisa membongkar motor dirumah dan tidak mengganggu penghuni rumah lainya.

Garasi Motor Minimalis Terbuka di Sebelah Taman

Desain garasi motor minimalis yang satu ini cukup sering digunakan sebagai pilihan garasi motor minimalis terbaik. Umumnya garasi motor akan dibuat terbuka berdampingan dengan taman dan jalan utama pagar rumah.

Hal ini tentu membuat kamu lebih mudah dalam menggunakan motor, namun pastikan bahwa proteksi pagar cukup aman untuk melindungi kendaraan milik anda.

Model Garasi Motor Minimalis dengan Rolling Door

Jika biasanya anda menemukan desain rolling door besi atau alumunium pada bangunan pertokoan, kamu bisa menggunakan rolling door sebagai proteksi pada garasi motor anda.

Menggunakan rolling door akan membuat garasi jauh lebih aman lagi, terutama dari kasus pencurian motor. Namun, kamu tetap harus memberikan sirkulasi udara berupa ventilasi yang cukup agar sirkulasi udara berjalan dengan baik dan cahaya matahari tetap bisa masuk ke dalam rumah anda.

Model Garasi Motor Kecil Terbuka

Jika anda memiliki rumah dengan lahan terbatas, anda bisa mencoba model garasi motor samping rumah yang berukuran kecil. Model garasi motor minimalis yang satu ini bisa anda bangun dengan kapasitas sesuai dengan jumlah motor milik anda.

Misalnya saja kamu memiliki dua motor, maka kamu bisa membangun garasi dengan luas 2×2 meter saja. Kemudian pada ujung garasi bisa dibuat pintu yang menjadi akses dari dalam rumah langsung ke garasi.

Desain Garasi Motor Samping Rumah Memanjang

Model garasi motor samping rumah memanjang ini juga tampak terbuka pada sisi depan dan kanannya.

Hampir sama seperti garasi pada umumnya, hanya bedanya model garasi ini berbentuk memanjang dengan atap kaca yang terlihat elegan namun super modern. Tampak tiang-tiangnya pun hanya ada empat pilar saja yang digunakan sebagai atap.

Model Garasi Motor Bawah Tanah

Selanjutnya ada model garasi motor samping rumah yang berada di bawah tanah.

Desain garasi bawah tanah yang minimalis ini juga bisa menjadi pilihan inspirasi kamu dalam membangun garasi untuk rumah dengan lahan yang terbatas. Anda bisa membangun garasi dengan posisi permukaan lebih rendah dari area rumah.

Desain Garasi Motor dengan Pintu Lipat

Garasi dengan model pintu lipat ini bisa kamu aplikasikan jika garasi mobil dan motor dijadikan satu. Sehingga anda bisa menggunakan pintu lipat ini sebagai solusi. Jika anda ingin mengeluarkan motor, anda tidak perlu membuka pintu garasi secara keseluruhan.

Model Garasi Motor yang Menyatu dengan Teras Rumah

model garasi motor samping rumah

Model garasi motor samping rumah yang satu ini memang sengaja dibuat menyatu dengan desain teras rumah.

Namun jangan khawatir, karena anda masih akan memiliki garasi motor dan teras secara bersamaan. Kamu hanya perlu mengatur posisi garasi dan teras yang tepat supaya tidak menghalangi jalan saat akan masuk kedalam rumah.

Model Garasi Motor Mini Samping Rumah

Selanjutnya ada model garasi mini untuk rumah anda, terkadang kita berfikir dan akan terbesit dalam fikiran anda ketika melihat desain yang satu ini, akan tetapi pada dasarnya untuk membuat garasi mini disamping rumah bukanlah sebuah masalah.

Meskipun lahan yang sempit anda masih bisa membuatnya dengar ukuran yang kecil. Tetapi anda harus tetap sedikit memberikan space untuk kendaraan anda, agar nantinya ketika dikeluarkan kendaraan tidak tergores dinding garasi.

Model Garasi Motor 2 Pintu Sederhana Samping Rumah

Jika anda memiliki beberapa motor sekaligus, terkadang tidak mudah untuk mengeluarkan salah satu motor apabila hanya mempunyai satu pintu garasi saja. Solusinya adalah model garasi motor samping rumah dengan menggunakan dua pintu.

Selain memudahkan saat harus memasukan dan mengeluarkan kendaraan, dua pintu pada garasi juga memberikan kesan hunian yang luas, dan estetik pastinya.

Model Garasi Motor Samping Rumah Atap Datar

Selanjutnya ada model garasi motor samping rumah dengan atap datar. Atap datar merupakan salah satu tren yang ada saat ini. Tentunya tren tersebut bisa di aplikasikan pada garasi motor juga.

Selain memberikan kesan estetik dan kekinian, model garasi motor dengan atap datar juga memberikan tampilan hunian yang estetik, modern, dan tentunya kekinian.

Bukan itu saja, atap datar pada garasi juga hemat biaya karena hanya menggunakan material yang sedikit karena tidak memerlukan genting ataupun rangka kayu dalam pembuatanya. Tentunya ini sangat cocok bagi anda yang memiliki budget terbatas.

Baca juga: Rekomendasi Model Garasi Mobil Tertutup, Cara Bikin Rumah Anda Keren dan Kekinian

Model Garasi Motor Besar Sederhana Samping Rumah

Untuk mereka yang senang mengoleksi motor, model garasi motor samping rumah yang besar merupakan pilihan yang paling tepat. Model garasi ini memungkinkan anda untuk menyimpan banyak motor sekaligus di waktu bersamaan.

Desainnya pun tidak perlu muluk-muluk, cukup simple dengan menggunakan rolling door berwarna putih yang senada dengan warna cat rumah krem.

Agar sedikiti lebih estetik, memberikan detail batu bata pada bagian kaki tembok juga bisa menjadi pilihan, supaya garasi motor anda terlihat lebih estetik lagi.

Itulah beberapa desain dan model garasi motor samping rumah yang bisa anda jadikan referensi, sebelum membuat model garasi seperti diatas alangkah baiknya anda sesuaikan dengan model ruman anda, supaya nantinya garasi anda terlihat lebih estetik dan tentunya tidak membosankan untuk dilihat.

Baca profil Dimulti Pool, Perusahaan kontraktor kolam renang yang melayani jasa perencanaan pembangunan, desain kolam renang, renovasi kolam renang rumah pribadi, hotel, apartemen, villa, guess house dan kolam renang umum lainnya yang profesional dan bergaransi.

Leave a Comment