Skip to content

Ukuran Carport Standar dan Tips Agar Fungsional di Rumah

Setiap rumah tentu dilengkapi dengan tempat penyimpanan kendaraan (carport). Tapi untuk membuatnya tentu harus memperhitungkan ukuran carport standar agar muat untuk kendaraan yang diparkir.

Fungsi adanya carport ini sangat penting untuk melindungi kendaraan dari hujan maupun panas. Selain itu, carport juga pilihan tepat untuk membuat tampilan rumah jadi lebih cantik.

Seringkali muncul pertanyaan apa beda carport dengan garasi?

Carport dan garasi memilik fungsi yang sama yaitu untuk menyimpan kendaraan. Satu yang menjadi perbedaan yaitu, garasi berupa tempat kendaraan dalam ruangan tertutup dengan empat dinding pada bagian sisinya.

Sedangkan carport yaitu tempat kendaran sebelum memasukannya ke dalam garasi. Letaknya dibagian depan rumah, jadi ukuran carport standar perlu menjadi perhatian.

Panduan Mendapatkan Ukuran Carport Standar

ukuran carport standar

Carport sangat cocok digunakan untuk Anda yang memiliki lahan minimalis. Tidak hanya itu, penggunaannya juga sangat cocok apabila memiliki mobil lebih dari satu.

Jadi perlu untuk membangun carport agar mobil dapat terparkir dengan aman dan rapi. Untuk itu, ada beberapa aspek ukuran carport standar yang harus diperhatikan, antara lain:

Jarak Aman Setiap Mobil

Carport yang akan digunakan untuk dua mobil, hendaknya selalu memperhatikan ukurannya. Pastikan bahwa terdapat jarak aman antar mobil.

Selain itu, sisakan area untuk pemilik mobil bergerak disekitarnya, termasuk untuk keluar dan masuk mobil. Untuk jarak aman, Anda dapat menyisakan kurang lebih satu meter.

Untuk memberikan jarak aman ini, juga perlu melihat dari segi ukuran mobil, seperti mobil dengan lebar 1, 6 meter maka lebar carport alangkah baiknya dibuat lebar carport sekitar 2,5 meter. Sedangkan untuk panjang carport bisa dibuat 6 meter untuk panjang mobil 4,6 meter.

Ukuran Carport Standar untuk Satu Mobil

ukuran carport standar

Selajutnya, adalah ukuran carport standar untuk satu mobil. Ukuran yang satu ini sudah umum dimiliki oleh beberapa orang. Terdapat ukuran carport standar untuk satu mobil, berikut detailnya:

  • Lebar : 2,5 meter
  • Panjang : 6 meter
  • Tinggi : 2,5 meter
  • Kemiringa lantai : 1 hingga 2 ke arah depan
  • Jarak dengan dinding samping 1 meter
  • Ruang gerak : 1 meter
  • Jalur ban mobil : 50 hingga 75 cm

Ukuran Carport Standar untuk Dua Mobil

ukuran carport standar

Jika Anda memiliki dua mobil, alangkah baiknya untuk menyediakan space ukuran garasi untuk 2 mobil dengan ukuran yang tepat untuk menyimpan kendaraan. Umumnya, mobil diparkirkan secara berdampingan didalam carport.

Jadi, ukuran lahan juga harus menjadi perhatian. Berikut rekomendasi ukuran carport standar untuk dua mobil:

  • Panjang : 6 meter
  • Lebar : 6 meter
  • Tinggi : 2,5 meter
  • Jarak aman dengan dinding : 1 meter
  • Jarak antar mobil : 60 hingga 80 cm
  • Kemiringan lantai : 1 hingga 2,5 % arah depan
  • Jalur ban mobil : 50 hingga 75 cm
  • Ruang gerak : 1 meter

Tips Membuat Carport yang Fungsional

Setelah mamahami ukuran carport yang standar, selanjutnya bisa mengikuti tips-tips berikut ini agar carport Anda menjadi lebih menarik juga akan menambah nilai estetika dari rumah hunian.

Berikut adalah tips untuk membuat carport menjadi lebih menarik serta fungsional:

Serasikan dengan Tampilan Rumah

Sebelum membuat carport, hendaknya untuk memperhatikan tema atau tampilan dari rumah Anda. Sehingga, carport yang sudah dibuat akan Nampak serai dengan tampilan rumah.

Hal ini juga akan menghindari dari kontradiksi gaya rumah dengan carport yang dibuat. Seperti, rumah Anda memiliki konsep minimalis modern, dengan desain eksterior yang sederhahan namun tampak elegan dan warna dinding yang terkesan modern.

Sedangkan untuk desain carport, perlu menyesuaikan dengan konsep rumah yaitu dengan membuat atap carport minimalis dari material yang sederhana. Hal ini mungkin bisa menjadi ide carport Anda.

Utamakan Fungsi

Ketika membeli sesuatu atau membuat sesuatu, maka yang paling utama adalah memprioritaskan fungsi. Ukuran carport harus dipastikan mempu menampung kendaraan yang dimiliki.

Misalnya mampu menyimpan satu mobil dan satu motor. Apabila Anda memiliki lebih dari satu mobil, maka ukur dan kalikan sesuai jumlah kendaraan Anda.

Tidak lupa untuk memperhatikan ruang gerak sekitar  serta jarak aman antar kendaraan sehingga untuk akses keluar dan masuk lebih lancar.

Proporsi Seimbang

Karena carport sering digunakan untuk rumah yang memiliki keterbatasan lahan, maka disarankan untuk tidak membuat desain yang akan menyita ukuran fasad, dimana mengakibatkan tampilan rumah tertutup.

Sehingga, sangat penting memperhatikan proporsi calon carport Anda. Usahakan menghindari material solid untu desain carport. Buat desain agar tampak lebih terbuka, seperti bagian atap menggunakan material yang lebih transparan.

Atap juga bisa didesain dengan model partis bercelah agar lebih terbuka dan luas. Perhatikan juga ukuran lahan agar seimbang dengan tampilan rumah seluruhnya.

Buat Desain Menarik

Carport merupakan bagian rumah yang akan terlihat langsung oleh orang yang berlalu lalang. Agar orang yang melihat sedikit terkesan, bisa dengan membuat desain carport menjadi lebih menarik.

Desain carport yang menarik dan unik, juga akan menambah keestetikan rumah Anda. Untuk desainnya sendiri bisa dengan menambahkan material kaca pada bagian samping kanan atau kiri. Bisa juga dengan menggunakan atap model kerai yang bisa dibuat tutup. Dekorasi juga bisa dicoba untuk kecantikan carport Anda, melalui tanaman rambat dan lain sebagainnya.

Perhatikan Lantai Carport

Masalah lantai carport tekadang dilupakan. Pentingnya memilih bahan material lantai carport supaya tidak licin sewaktu memasukkan kendaraan.

Bisa dengan batu alam, keramik yang kasat, dan beton. Ketiga material ini cukup populer digunakan sebagai lantai carport.

Keungulan dari batu alam dan beton yaitu material ini lebih cepat kering dari basah, serta sangat kokoh untuk menahan beban kendaraan. Untuk menghindari genangan air, Anda dapat menambahkan rumput atau parit kecil.

Sedangkan keramik, bisa memilih motif yang lebih menarik, namun usahakan keramik yang kasat agar tidak licin ketika terkena air.

Membuat Subgrade yang Stabil

Maksut dari subgrade stabil yaitu landasan atau pondasi yang kuat pada carport. Hal ini tentu penting diperhatikan, sebab carport Anda akan menahan bebean kendaraan yang bisa mencapai ratusan kilo.

Untuk membuat lapisan subgrade, langkah pertama adalah dengan membersihkan dan meratakan area yang akan digunakan sebagai carport. Tanah dapat dipadatkan dengan memanfaatkan mesin pemadat atau lebih dikenal stemper supaya landasan carport tidak gampang retak.

Tambahkan bagian subgrade serta beberapa batu kali. Batu kali ini bertujuan untuk menghindari tanah naik keatas dan menambah kepadatan subgrade. Untuk finishing, bisa dengan menambahkan pasir dengan tebal sekitar 5 cm.

Ukuran carport standar di atas dapat disesuaikan dengan tampilan rumah agar Nampak lebih serasi atau tidak kontras. Jangan lupa untuk tetap mengutamakan fungsi carport yang sesungguhnya agar tetap mendapatkan kesan bagus di mata tamu yang datang ke rumah.

Pada dasarnya hampir tidak ada ukuran carport standar. Hanya saja merujuk pada ukuran mobil pada umumnya, maka tentu ada batasan minimal ukuran sehingga bisa disebut carport.

Itulah penjelasan tentang ukuran standar dari carport yang berbeda-beda menyesuaikan jumlah kendaraan yang Anda miliki.

Baca profil Perusahaan kontraktor kolam renang yang melayani jasa perencanaan pembangunan, desain kolam renang, renovasi kolam renang rumah pribadi, hotel, apartemen, villa, guess house dan kolam renang umum lainnya yang profesional dan bergaransi.