14 Model Partisi Ruang Tamu dan Ruang Keluarga

Ruang tamu dan ruang keluarga jadi salah “dua” ruangan yang umumnya digabungkan. Yaitu dengan berbagai model partisi ruang tamu dan ruang keluarga yang terbilang banyak pilihannya.

Ya, ada banyak model partisi ruang tamu dan ruang keluarga yang bisa dijadikan referensi untuk rumah Anda lho!

Partisi tidak hanya dapat digunakan untuk memisahkan ruang tamu dengan ruang keluarga, namun juga dapat memisahkan ruang keluarga dengan ruangan lain, misalnya dapur.

Jika Anda sedang mencari model partisi ruang tamu dan ruang keluarga atau ruangan lainnya, simak ulasan berikut ini ya!

14 Model Partisi Ruang Tamu dan Ruang Keluarga yang Estetik

Model Partisi Ruang Tamu dan Ruang Keluarga
Model Partisi Ruang Tamu dan Ruang Keluarga

Ada banyak model partisi ruang tamu dan ruang keluarga yang bisa Anda tiru, diantaranya adalah:

Partisi Ruangan Berupa Rak Display

Model partisi ruang tamu dan ruang keluarga pertama yang bisa Anda jadikan referensi adalah partisi ruangan berupa rak display. Partisi model ini biasanya dibuat dari material kayu dan tembok.

Anda dapat menempatkan partisi di tengah ruangan sehingga tetap memberikan keleluasaan.

Menariknya, model pembatas ruangan ini didesain khusus sebagai rak pajangan minimalis sehingga memungkinkan Anda menata berbagai  barang dan dekorasi dengan rapi. 

Misalnya tanaman hias, koleksi buku, bingkai foto, kotak penyimpanan, dan yang lainnya.

Partisi Ruang Tamu dan Ruang Keluarga Bahan Kaca

Penggunaan kaca sebagai salah satu model partisi ruang tamu dan ruang keluarga memang tidak banyak memberikan privasi, namun kehadirannya sangat efektif sebagai penanda fungsional antar ruangan.

Jika Anda ingin melindungi ruangan dan memiliki privasi lebih, Anda dapat memilih jenis kaca bertekstur atau buram yang  banyak tersedia di pasaran saat ini.

Baca: Dekorasi ruang keluarga

Partisi Bercat Putih

Jika Anda menyukai warna putih, Anda mungkin menyukai ide desain partisi ruang tamu dan ruang keluarga ini.

Pasalnya, ide desain partisi ini banyak menggunakan warna putih untuk menambah keindahannya.

Seperti yang diketahui semua orang, warna putih melambangkan ketenangan dan kesucian.

Oleh karena itu, warna putih menjadi favorit masyarakat. Gaya partisi ini akan membuat ruang tamu atau ruang keluarga Anda terlihat bersih. Bahkan, partisi ini memberikan kesan lapang di antara kedua ruangan.

Tak hanya itu, model partisi ruang tamu dan ruang keluarga ini juga bisa memberikan kesan modern dan kekinian lho!

Partisi Lemari dengan Beragam Fungsi

Privasi adalah sesuatu yang harus dihargai, karena setiap orang mempunyai privasinya masing-masing. Ya, partisi atau sekat dapat dipasang untuk mempertahankan privasi keluarga Anda.

Salah satu ide mendesain pembatas ruang tamu dan ruang keluarga adalah dengan menggunakan lemari yang memiliki banyak fungsi. 

Kita semua tahu bahwa lemari digunakan untuk menyimpan pakaian. Namun, ternyata lemari juga bisa digunakan sebagai pembatas ruangan atau partisi.

Dalam hal ini, Anda dapat menempatkan lemari di tengah ruangan antara ruang tamu dan ruang keluarga, sehingga lebih hemat ruangan.

Terutama pada ruangan  minimalis ya! Sebaliknya, di ruang keluarga bisa memasang barang-barang lain seperti TV, TV stand, bahkan tanaman hias.

Baca juga: 7 Ide Cat Dinding 3D Ruang Tamu yang Cocok Bagi Rumah Anda!

Partisi Marmer

Partisi marmer adalah model partisi ruang tamu dan ruang keluarga selanjutnya yang bisa Anda coba. Ya, apakah Anda sering merasa kamar Anda sedikit membosankan?

Apakah Anda memerlukan partisi yang terbuat dari bahan berbeda? Cobalah partisi yang menggunakan marmer ini.

Marmer dikenal luas sebagai bahan mulia, dengan setiap warna dan coraknya yang unik. Penggunaan partisi berbahan ini  akan langsung mengubah suasana ruangan Anda sehingga tercipta ruangan yang elegan, mewah dan estetik.

Partisi Model Kayu Renggang

Apabila rumah yang tidak terlalu luas masih menjadi masalah yang sama, maka partisi model kayu renggang ini bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda gunakan.

Celah antar aksen kayu  yang tidak rapat akan membuat ruangan lainnya nampak terlihat dan memberi ilusi luas pada ruangan Anda.

Partisi Unik Bertekstur Batu Bata

Saat ini, konsep hunian unfinished berhasil menarik perhatian banyak orang. Pasalnya, desain rumah dengan  gaya ini bisa dibilang sangat sederhana bahkan murah.

Apabila  Anda  salah satu pemilik rumah bergaya unfinished ini, partisi batu bata sangat cocok untuk membagi ruang Anda.

Tirai Simpel untuk Pembatas Ruangan

Model selanjutnya yaitu tirai simple untuk pembatas ruangan. Sebagai pembatas ruangan yang hemat tempat, Anda bisa membuat tirai dari bahan gorden atau kain tipis.

Cukup gantung saja di tembok atau langit-langit rumah Anda dengan tali. Sekat jenis ini juga dapat dibuka dan ditutup dengan mudah sesuai kebutuhan.

Baca: Dekorasi ruang tamu

Sekat Berbentuk Pintu

Tidak semua partisi pada ruangan berupa dinding. Saat ini, desain partisi lain lebih disukai. Ada banyak macam ide desain partisi ruang tamu dan ruang keluarga yang bisa diterapkan pada rumah tertentu. Salah satunya adalah partisi berupa pintu.

Partisi ini sangat cocok digunakan pemilik rumah pada ruang tamu atau ruang keluarga. Dalam hal ini,  Anda bisa memasang partisi ruang tamu dengan menggunakan pintu kayu.

Bahan kayu jati digunakan untuk sekat pintunya sehingga awet dan tahan lama. Selain itu, kayu jati juga memberikan kesan elegan pada partisi pintu. Dengan partisi tipe pintu, Anda dapat membuka partisi tersebut dengan menggesernya.

Partisi Macrame Gantung

Partisi tidak hanya berfungsi sebagai pembatas ruangan, namun juga memiliki aspek dekoratif yang  membuat ruangan  rumah Anda semakin indah. Salah satu dekorasi yang bisa dijadikan sebagai pembatas ruangan adalah macrame.

Macrame tidak hanya cantik dijadikan pajangan dinding rumah Anda, namun juga sering digunakan sebagai pembatas ruangan dengan motif dan bentuk yang berbeda-beda.

Backdrop TV sebagai Partisi Ruangan

Anda juga bisa menggunakan backdrop TV seperti rak, untuk memisahkan ruang tamu dengan ruang keluarga dan ruang TV.

Anda bisa menggunakan material rak TV yang sesuai dengan desain rumah Anda. Jika ingin tampil minimalis namun mewah, padukan besi, kayu, dan kaca sebagai partisi ya!

Gabungan Beberapa Material untuk Partisi

Sudah menjadi trennya kalau setiap ruangan di rumah menjadi satu. Namun, bukan berarti ruangan tersebut tidak memiliki privasi sama sekali. Gunakanlah sekat pembatas atas untuk melindungi privasi Anda.

Ide memilih model partisi ruang tamu dan ruang keluarga bisa dengan menggabungkan beberapa material untuk partisi. Ide desain partisi ini cocok jika Anda memiliki ruangan yang luas di rumah Anda.

Oleh karena itu, ide ini lebih sering digunakan pada rumah-rumah mewah dan mahal. Pada ide desain yang satu ini, partisi ruang tamu dan ruang keluarga merupakan kombinasi material tahan lama seperti besi, kayu, dan kaca.

Baca juga: Rekomendasi Memilih Buffet Minimalis Ruang Tamu Terbaik

Partisi Ruangan Portable

Apabila Anda tipe orang yang suka mengganti suasana ruang, maka dapat memilih partisi portabel dengan berbagai bentuk yang sesuai dengan hunian Anda.

Umumnya, sekat portable dapat dilipat, dipindahkan, dan disimpan saat tidak digunakan.  Sebaiknya pilih pembatas yang ringan agar mudah dipindahkan ya !

Partisi Tanaman

Model partisi ruang tamu dan ruang keluarga berikutnya adalah partisi tanaman. Partisi ini sangat cocok bagi Anda yang sangat menyukai segala jenis tanaman.

Siapa bilang tanaman hanya bisa dipelihara di luar rumah? Buktinya, Anda juga bisa menanam tanaman favorit langsung di dalam rumah.

Pembatas tanaman ini tidak hanya berfungsi sebagai sekat yang memisahkan ruangan satu dengan ruangan lainnya, namun sekaligus dapat mengubah suasana ruangan sehingga menjadikan ruangan terlihat lebih  sejuk dan indah.

Itulah 14 model partisi ruang tamu dan ruang keluarga yang bisa Anda jadikan referensi. Selain membuat ruangan Anda terlihat menarik dengan penggunaan partisi, melengkapinya dengan furnitur terbaik juga penting diperhatikan ya! Semoga bermanfaat!

Editor: UN

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

Tinggalkan komentar