Rekomendasi Model Rangka Atap Kayu Rumah Minimalis Terbaik dan Paling Unik 

Model rangka atap kayu rumah minimalis sengaja dibahas kali ini semoga bisa menjadi referensi Anda dalam membuat hunian yang kuat dan estetik.

Selain bermanfaat sebagai pelindung dan penutup paling atas dari sebuah bangunan, jenis rangka atap rumah satu ini mempunyai sifat kokoh serta tahan terhadap segala cuaca meskipun  mempunyai model yang minimalis.

Selain dijadikan sebagai pelindung paling luar, atap rumah kerap menjadi titik pandang setiap orang yang kewat sebab dianggap unik. Oleh karena itu, pada artikel ini akan membagikan 10 inspirasi model rangka atap kayu rumah minimalis. Penasaran bagaimana model-modelnya? Mari simak penjelasan berikut!

Model Rangka Atap Kayu Rumah Minimalis Terbaik

Ketika Anda menggunakan model rangka atap kayu rumah minimalis ini, maka akan banyak sekali keuntungan yang didapatkan. Salah satunya adalah penggunaan bahan material yang tidak berlebihan.

Selain itu, rangka atap seperti ini juga berperan untu mencegah kebocoran atap. Variannya juga cukup banyak.

Mengapa demikian? Sebab Anda hanya perlu menggunakan kayu sebagai bahan utama. Selain itu, ada banyak sekali model rangka atap kayu rumah minimalis yang dapat Anda kombinasikan sesuai dengan lokasi rumah dan ukuran rumah.

Sehingga, rumah Anda nampak jauh lebih estetik, keren, unik, dan megah. Berikut adalah model-model rangka atap kayu rumah minimalis yang dapat Anda jadikan sebagai referensi:

1. Model Rangka Atap Kayu Rumah Minimalis Melengkung

Model Rangka Atap Kayu Rumah Minimalis

Model rangka atap yang pertama ini, memang jarang sekali Anda temukan di Indonesia. Hal ini dikarenakan model rangka atap melengkung kerap dijadikan sebagai pelengkap untuk menambah kesan unik pada suatu rumah.

Biasanya, atap ini digunakan sebagai atap teras rumah. Akan tetapi jangan khawatir, sebab di Sedona, Amerika Serikat, banyak masyarakat yang menggunakan model rangka atap satu ini karena mempunyai nilai seni yang tinggi.

Apabila Anda menggunakan model ini, bisa jadi dapat menginspirasi banyak orang sehingga beramai-ramai menggunakannya sebagai rangka atap rumah utama.

2. Model Atap Bentuk Limas

Model atap rumah minimalis yang satu ini merupakan model yang paling populer di Indonesia. Model rangka atap kayu rumah minimalis berbentuk limas ini, sangatlah cocok untuk bagian rumah yang tidak terlalu besar karena memang bentuknya sangat simpel.

Meskipun bentuknya sangat sederhana, Anda harus tetap memperhatikan ukuran atap. Mulai dari panjang, lebar, tinggi di setiap sudutnya sehingga model ini tetap presisi.

Banyak sekali arsitektur yang menyarankan model atap rumah ini untuk diterapkan pada bagian rumah yang mempunyai porsi tanah dengan luas yang kecil. Bila Anda mempunyai lahan rumah yang tidak cukup luas, maka model atap ini menjadi salah satu alternatif yang paling cocok.

3. North Light Truss

Rangka model atap rumah minimalis yang selanjutnya adalah north light truss yang mempunyai bentang cukup besar yaitu sekitar 20 hingga 30 meter. Untuk pembangunan model ini, jauh lebih murah karena Anda cukup menambahkan tiang penopang sebagai gelagar kisi lebar untuk mencakup rangka penopang,

North light truss juga menjadi salah satu model rangka atap kayu rumah minimalis yang sangat ekonomis dan paling banyak dijumpai di pasaran karena memungkinkan Anda untuk mendapatkan ventilasi pada atap. Selain itu, rangka ini juga berfungsi untuk ruang tamu dan ruangan yang mempunyai ukuran besar.

4.   Parallel Chord Truss

Model rangka atap kayu rumah minimalis satu ini memang dibuat khusus bagi Anda yang ingin membuat rumah tanpa menghabiskan anggaran yang besar untuk membuat atapnya. Adapun alasannya adalah atap ini hanya terbuat dari kayu dan tidak membutuhkan potongan kayu penuh sebagai bantalan.

Justru sebaliknya, model atap rangka kayu rumah ini cukup membutuhkan beberapa tenaga kerja. Selain itu, model ini membutuhkan banyak ruang di loteng dan bentangannya sangat terbaik. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi Anda untuk menerapkan model ini.

5.   Model Atap Rumah Hip

Sudah banyak sekali artis-artis tanah air yang menggunakan model ini untuk atap karena modelnya yang memodifikasi atap rumah limas sehingga dapat diterapkan pada rumah dengan ukuran yang jauh lebih besar.

Model ini menggunakan konsep trapesium yang sangat praktis dan mudah diterapkan. Oleh karena itu, model ini menjadi favorit di negara yang ada di dunia.

Baca juga: Rumah Minimalis Semakin Berbinar dengan Atap Kaca Skylight

6.   Model Atap Rumah Palang Runcing

Model rumah atap kayu minimalis satu ini juga kerap Anda jumpai di negara Indonesia karena mempunyai bentuk yang menyerupai atap rumah hip. Posisi atapnya terlihat menyilang dari arah samping dan membentuk pola segitiga sehingga memberikan kesan runcing bagi yang melihatnya.

Meskipun model atap rumah satu ini berbentuk segitiga dari arah samping, model ini tetapi mempunyai dua sisi pokok atap yang sama. Biasanya di Indonesia, atap rumah ini digunakan sebagai penanda pintu masuk dan pintu belakang sebuah rumah.

7.   Model Atap Rumah Bonet

Model Rangka Atap Kayu Rumah Minimalis

Model atap rumah minimalis satu ini sangat unik, karena hasil kombinasi antara atap rumah limas dengan model atap hip. Selain itu, konsep yang diangkat oleh model ini adalah rumah bertingkat dengan desain pada bagian bawah atap lebih menjorok ke luar yang fungsinya sebagai penutup lubang bagian ruang yang ada di bawahnya.

Anda bisa menemukan model atap ini di rumah-rumah Joglo khas Pulau Jawa. Selain itu, Anda juga dapat menemukan model ini di daerah-daerah Amerika Serikat, seperti Louisianan dan Mississippi. 

Bagaimana, apakah Anda mulai tertarik untuk menerapkan modle atap rumah satu ini?

8.   Model Fan Truss

Rekomendasi model rangka rumah yaitu fan truss yang muncul dengan desain sangat sederhana dan biasanya terbuat dari baja. Meskipun demikian, Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan bahan dasar kayu.

Dalam penerapannya, model ini akan membentuk rangka atap yang fink. Adapun karakteristik utama dari model ini, yaitu akord atasnya terbagi menjadi bagian panjang yang lebih kecil sehingga menghasilkan kesan yang unik.

Baca juga: Ukuran Rangka Atap Baja Ringan untuk Kanopi Rumah Beserta Harganya

9.   Howe Truss

Model Rangka Atap Kayu Rumah Minimalis

Model rangka atap kayu untuk rumah yang minimalis selanjutnya adalah howe truss yang merupakan kombinasi antara bahan dasar baja dan kayu sehingga desain yang dimunculkan nampak jauh lebih elegan.

Selain itu, segi struktur yang ditawarkanpun adalah desain yang menarik. Hampi semua bagian dari desain ini terbuat dari kayu dan menjadikan baja sebagai bahan dukungan saja.

Salah satu faktor yang membuat howe truss ini menjadi nampak luar biasa, yaitu rentang yang dimiliki sangat lebar dan mencakup bentang mulai dari 6 sampai 30 meter.

Karena hal inilah yang menjadikan howe truss sangat serbaguna untuk berbagai jenis proyek ataupun rumah yang dibangun.

Sekian informasi singkat mengenai model rangka atap kayu rumah minimalis dengan berbagai karakterisktik masing-masing. Semoga dengan infromasi di atas dapat menambah wawasan Anda terkait bentuk model atap rumah yang sangat cocok dengan jenis model rumah Anda. Sekedar saran, pilihlah model yang sesuai dengan selera agar tidak menyesal nantinya.

Baca profil Dimulti Pool, Perusahaan kontraktor kolam renang yang melayani jasa perencanaan pembangunan, desain kolam renang, renovasi kolam renang rumah pribadi, hotel, apartemen, villa, guess house dan kolam renang umum lainnya yang profesional dan bergaransi.

Leave a Comment