Skip to content

Model Teras Cor Dak Rumah Minimalis yang Bagus

Jika ingin model teras cor dak rumah minimalis yang sesuai dengan keinginan, Anda bisa memilih referensi terbaiknya dari internet.

Teras yang dicor dak memang punya daya tarik tersendiri. Anda bisa menambahkan berbagai elemen penting yang unik sebagai pelengkap.

Model cor sebagai atap teras tentu saja berbeda dengan bentuk kubah dengan atap genteng dan sebagainya.

Sehingga, dari cara pembuatan dan tekniknya juga berbeda.

Di postingan kali ini, kita akan coba membahas tentang model teras cor dak rumah minimalis yang mana sebenarnya sudah cukup banyak diadopsi.

Kelebihan Teras dengan Atap Cor Dak

Ada banyak ide yang bisa Anda terapkan ketika memilih model teras cor dak rumah minimalis Anda.

Penggunaan dak beton memang sangat banyak kelebihannya selain memiliki rumah yang kokoh dan solid. Berikut ini ada beberapa kelebihan mengusung model teras cor dak rumah minimalis.

1. Biaya Terjangkau

Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa karakteristik dari dak beton saat membangun rumah yang menggunakan panel beton dalam proses renovasi akan lebih murah dibandingkan membangun dak yang menggunakan bahan kayu maupun metal.

Dengan kata lain, mengusung model teras cor dak rumah minimalis akan menghemat biaya cukup banyak.

2. Bisa Digunakan Sebagai Panel Lantai Mezzanine

Selain bisa menjadi panel beton untuk membangun rumah dua lantai, dak beton juga bisa Anda gunakan untuk membagi ruangan rumah Anda seperti desain rumah mezzanine.

Saat Anda membangun rumah seperti ini, Anda tidak perlu repot – repot untuk membongkar bagian atap rumah dan tidak perlu membongkar secara keseluruhan sehingga Anda bisa menghemat biaya.

3. Sangat Mudah untuk Dibersihkan

Menggunakan warna abu tua pada model teras cor dak rumah minimalis akan membuat ruangan rumah Anda terkesan lebih modern. Anda juga tidak perlu khawatir apabila terdapat noda yang menempel secara permanen.

Cukup mudah untuk membersihkannya hanya cukup di sapu atau di pel saja sehingga beton bisa menjadi bersih kembali.

4. Lebih Kuat dan Tahan Lama

Bangunan yang memiliki bahan dasar beton tentunya akan lebih kokoh dan juga tahan lama. Penggunaan dak beton sangat tahan terhadap suhu ekstrim sekalipun saat musim kemarau ataupun terpaan angin badai sekalipun.

Apa saja Karakteristik Dak Beton?

Setiap dak beton memiliki karakteristik yang berbeda, saat Anda membangun panel beton untuk rumah Anda perhatikan agar memiliki kelebihan sebagai berikut:

Sangat Kokoh: Menggunakan dak beton bisa membuat panel beton rumah Anda menjadi lebih sempurna.

Khususnya apabila dibangun dengan proses yang cukup lama dan tentunya akan menghasilkan dak beton yang kokoh dan solid dan bisa menopang beban dan berat sebuah bangunan bertingkat.

Tepat Waktu: Dalammembangun rumah dengan dak beton sangat diperlukan perhitungan atau kalkulasi untuk mengukur waktu yang tepat dalam pengerjaan.

Jangan sampai waktu terlalu lama dan juga harus menyesuaikan kondisi cuaca. Sebaiknya tidak membangun rumah pada saat musim hujan.

Rata dan Halus: Dalam proses pengerjaan dak beton tentunya harus bisa menghasilkan dak beton yang rata agar bisa terlihat seimbang dan tidak melengkung sesuai dengan fungsinya serta nilai estetika.

Murah Meriah: Penggunaan dak beton adalah pilihan yang sangat tepat yang paling aman dan juga sangat ekonomis yang tentunya harganya terjangkau dan akan menghasilkan bangunan yang kokoh untuk tempat tinggal jangka panjang.

Desain Teras Rumah Paling Banyak Dicari

Jika Anda ingin menggunakan dak teras, maka Anda bisa menggunakan cor.

Penggunaan cor beton sebagai dak teras cenderung lebih fleksibel sehingga lebih mudah untuk dibentuk sesuai dengan model teras cor dak rumah minimalis yang semewah Anda inginkan.

1. Dak Teras Memanjang

Model teras cor dak rumah minimalis pertama adalah model memanjang.

Pembuatan dak teras bisa Anda bentuk memanjang sehingga rumah terlihat lebih gagah. Penggunaan dak teras memanjang juga membuat tampilan rumah Anda tampak lebih besar dan luas.

Untuk melengkapi keindahan dak teras, maka Anda bisa menggunakan sejumlah tanaman hias gantung untuk memberikan kesan natural di bagian depan rumah.

2. Dak Teras Dengan Pilar

Konsep teras cor dak mewah selanjutnya yang bisa Anda terapkan untuk hunian adalah penggunaan pilar.

Selain menambah kesan estetik, pilar juga berfungsi sebagai penyangga dan memperkuat cor dak.

Anda bisa menggunakan keramik atau batu alam di bagian pilar agar tampilannya untuk meningkatkan nilai keindahannya dengan menggunakan ukuran pilar yang berbeda.

3. Dak Teras Asimetris

Penggunaan dak teras asimetris bisa Anda terapkan pada hunian dua lantai untuk menciptakan tampilan asimetris yang memberikan kesan dinamis dan kekinian pada bagian depan rumah.

Selain itu, Anda juga bisa menempatkan beberapa tanaman hias untuk menciptakan model teras rumah yang nampak lebih hidup dan segar untuk ditinggali.

Cara Membuat Cor Dak Teras Rumah Minimalis

Berikut ini cara membuat cor dak teras, yaitu:

1. Siapkan Alat dan Bahan

Sebelum mengecor, agar lebih efektif dan efisien, Anda perlu menyiapkan alat dan bahan seperti:

  • Semen dan pasir,
  • Besi,
  • Papan kayu
  • Kape,
  • Meteran,
  • Aquaproof, hingga
  • Alat Pelindung diri seperti sarung tangan.

2. Lakukan pengukuran

Jangan lupa untuk melakukan pengukuran. Pengukuran ini sangat berguna untuk mengetahui jumlah material bangun yang nantinya akan dibutuhkan.

Hitunglah komposisi masing-masing bahan untuk pengecoran dak teras rumah minimalis Anda.

3. Pastikan pondasi teras kokoh

Untuk membuat cor dak teras ini, pertama Anda perlu memastikan bahwa pondasi teras sudah cukup kokoh untuk menopang dak beton ini.

4. Bersihkan permukaan dak

Cara ini cukup efektif karena permukaan yang benar-benar bersih akan membuat kualitas pengecoran dak menjadi lebih baik.

Selain itu, apabila Anda menambahkan lapisan waterproofing, maka bisa melekat dengan kuat.

Gunakan kape gagang atau sikat untuk membersihkan dak secara menyeluruh.

5. Lakukan pengecoran

Lalu, mulailah proses cor dan pemasangan rangka-rangka beton sesuai dengan kebutuhan.

Setelah rangka sudah dibuat, siapkan juga papan-papan kayu. Papan kayu ini akan digunakan sebagai media cetak. Tujuannya agar hasil dak yang dibuat bisa lebih rapi dan rata.

Setelah cor beton mengering dan papan cetak dibuka, berikutnya bisa dilakukan pengamplasan untuk menghaluskan dak. Setelah itu, Anda bisa mengecat atau mendekorasinya sesuai kebutuhan.

6. Finishing

Terakhir, jangan lupa untuk membersihkan peralatan yang telah Anda gunakan, terutama peralatan yang terkena cor.

Segera cuci alat-alat tersebut dengan air bersih sebelum ia mengering dan mengeras. Membersihkan peralatan pengecatan ini menjadi penting untuk menjaganya tetap awet dan agar bisa digunakan untuk kesempatan berikutnya, misalnya menambal dak beton.

Sekarang kita beralih ke contoh model dak teras rumah minimalis modern yang sudah banyak diaplikasikan.

Model Teras Cor Dak Rumah Minimalis

Di bawah ini ada beberapa contoh model teras cor dak rumah minimalis modern yang bisa Anda pilih dan jadikan sebagai inspirasi.

model teras cor dak rumah minimalis
model teras cor dak rumah minimalis
https://i.pinimg.com/564x/71/d8/01/71d8011962876b4bff7d07fbb65404a2.jpg
https://i.pinimg.com/564x/f0/2a/b6/f02ab699f5c325ae7641a5d79b9cbbde.jpg
https://i.pinimg.com/564x/cb/a8/77/cba8778ef8a3d5b12590d36a7e37933a.jpg
https://i.pinimg.com/564x/25/b9/fd/25b9fd2d08d23a7a3efc0f1764394410.jpg
https://i.pinimg.com/564x/73/42/2a/73422ab061448424ef86aa1dde8db7e7.jpg
https://i.pinimg.com/564x/58/b8/5f/58b85fc6df6f5b7029e4921c7f909f37.jpg

Mungkin itu dia 10 contoh model teras cor dak rumah minimalis terbaru yang bisa kami share. Semoga salah satunya ada yang cocok dan Anda adopsi sebagai bagian depan dari hunian minimalis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.