Pembatas Ruang Tamu dan Ruang Keluarga

Rumah berkonsep terbuka memang terasa luas dan nyaman. Namun, dengan Anda memberikan pembatas ruang tamu dan ruang keluarga, akan membuat ruangan terlihat lebih bersih dan rapi.

Daripada merenovasi rumah, Anda tidak perlu membangun tembok untuk memisahkan ruangan.

Anda juga bisa mencoba teknik alternatif lain dengan menggunakan pembatas fleksibel yang dapat diubah sewaktu-waktu jika ingin mengubah model ruangan.

Ya, pemilihan pembatas ruangan tidak hanya memberikan nilai fungsional, namun juga berpengaruh pada visualisasi akhir ruangan.

Tak heran lagi jika saat mendesain pembatas ruangan, kebanyakan orang secara sengaja menggunakan material khusus dan mahal seperti kayu, kaca, besi, ataupun yang lainnya.

Berikut ini adalah beberapa inspirasi desain pembatas ruang tamu dan ruang keluarga yang dapat Anda coba.

Baca juga: Desain ruang tamu yang simpel tapi bagus

15 Rekomendasi Pembatas Ruang Tamu dan Ruang Keluarga yang Mewah dan Estetik

Pembatas Ruang Tamu dan Ruang Keluarga
Pembatas Ruang Tamu dan Ruang Keluarga

Kalau di rumah Anda ruang tamu dan ruang keluarga berdampingan, Anda bisa memberi partisi portable diantara keduanya. Jadi tidak harus ditembok permanen.

Nah, di artikel kali ini, ada beberapa rekomendasi pembatas ruang tamu dan ruang keluarga yang bisa Anda manfaatkan untuk menjaga batas privasi keduanya.

1. Rak Kabinet Minimalis

Pembatas ruang tamu dan ruang keluarga pertama yang bisa Anda coba adalah rak kabinet minimalis.

Tidak hanya bisa digunakan sebagai sekat pembatas ruangan, tapi juga bisa menjadi rak kabinet ataupun lemari multifungsi yang cantik. Mulai dari rak buku, pajangan favorit, hingga  rak TV.

Mengangkat konsep minimalis dengan unsur warna putih turut menciptakan kesan elegan bagi pemilik rumah.

Namun, risiko membersihkan setiap area rumah lebih besar karena rentan terlihat jelas jika kotor. Akan tetapi, jika Anda rutin membersihkannya, tentu hal ini bukan menjadi masalah besar.

2. Tanaman Gantung sebagai Penyekat Ruang Tamu

Tanaman gantung tidak hanya berfungsi sebagai pembatas ruangan saja, namun juga memiliki fungsi seperti tempat gantung tanaman untuk mempercantik suasana ruangan.

Elaborasi warna kayu pada furnitur rumah yang dipadukan dengan elemen dekoratif alami tanaman dijamin akan membuat Anda semakin nyaman dan menikmati nuansa alam yang juga sejuk dipandang.

Selain itu, penggunaan elemen kayu dan tanaman juga dapat membantu menyerap panas dari dalam rumah Anda.

3. Sekat Rangka Besi dan Kaca

Selain tembok dan kayu, Anda juga bisa menambahkan dekorasi cermin pada material seperti rangka besi untuk hasil akhir yang kreatif.

Tak hanya terlihat cantik, pantulan cahaya pada cermin juga bisa membuat ruangan tampak lebih luas. Tampilan ini juga memberikan kesan pada mata bahwa tidak ada pembatas antar ruangan tersebut.

4. Penyekat Ruang Tamu Minimalis Kontemporer

Permainan garis dan warna gelap membuat abstrak dari pembatas kayu ini terlihat istimewa. Gaya kontemporer pada hunian ini memberikan nuansa anti-mainstream.

Pembatas ruang tamu dan ruang keluarga ini memakai model meninggi dengan penempatan yang minim pada ruangan. Pada umumnya, pembatas jenis ini sering dipilih untuk ruang tamu dan ruang keluarga.

5. Sekat Rangka Bambu

Ciptakan suasana alami dengan memanfaatkan batang bambu sebagai pembatas ruangan. Untuk ruangan bergaya natural, opsi ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Yang menarik dari pembatas ini adalah Anda bisa menggunakan sistem low budget dengan mengambil batang bambu asli dari alam dan mengolahnya menjadi bentuk yang diinginkan.

Anda bisa memilih batang bambu yang diameternya lebih besar untuk menjaga kekokohannya. Berbagai formasi dinamis dapat Anda ciptakan dengan menata batang bambu secara rapi ataupun acak dengan ukuran dan sudut kemiringan yang berbeda.

Selanjutnya, tambahkan lampu pada bagian bawah bambu untuk menampilkan pantulan cahaya dan bayangan yang tercipta.

6. Penggunaan Kaca Transparan

Penggunaan kaca transparan juga bisa menjadi pembatas ruang tamu dan ruang keluarga selanjutnya yang tidak kalah estetik.

Pembatas ruang tamu dan ruang keluarga dengan partisi kaca transparan memberikan kesan ruang terbuka, namun tetap ada pembatas antar fungsi masing-masing ruangan. Nuansa modern yang kental akan menciptakan kesan elegan antar ruangan.

Selain itu, Anda juga bisa menempatkan lukisan pada salah satu sisi ruangan untuk menambah aksen estetika di rumah Anda.

7. Pembatas Ruangan Bentuk Kubus Kayu

Anda tidak akan pernah salah menggunakan desain pembatas ruang tamu dan ruang keluarga dari kayu.

Pasalnya, banyak sekali desain partisi kayu yang bisa Anda sesuaikan dengan keinginan, salah satunya adalah desain partisi kayu kubus ukir seperti yang satu ini.

Selain itu, mendekorasi interior dengan dekorasi natural seperti furnitur kayu dan lantai vinyl atau parket akan menciptakan tampilan yang lebih serasi lho!

8. Pembatas Ruangan Portable

Apabila Anda termasuk orang yang sering mengubah suasana ruangan, maka dapat memilih pembatas portabel dengan berbagai bentuk yang sesuai dengan hunian Anda.

Umumnya, partisi ruangan portable ini dapat dilipat, dipindahkan, dan disimpan saat tidak digunakan. Sebaiknya, Anda memilih pembatas yang ringan agar mudah dipindahkan ya!

Baca juga: Ide Desain Pembatas Ruangan dari Kayu

9. Pembatas Kayu dan Logam

Inspirasi selanjutnya yaitu pembatas kayu dan logam. Anda bisa memilih pembatas ruangan dengan motif bunga, vertikal, atau bahkan motif abstrak, asalkan sesuai dengan desain interior ruangan.

Agar ruangan tampak lebih luas meski dengan sekat, pastikan memilih motif yang transparan ya!

10. Penggunaan Plat Memanjang

Plat yang memanjang hingga ke langit-langit memang terlihat menarik dan unik secara visual. Rak seperti ini sangat cocok sebagai pembatas ruang tamu dan ruang keluarga.

Jika Anda akan menempatkannya pada lokasi yang berdekatan, maka Anda dapat melakukan variasi model diantara keduanya.

Inspirasi pembatas ruangan ini adalah warna dan tekstur alami  kayu. Perpaduan warna gelap dan terang menciptakan suasana natural sehingga ruangan Anda terlihat tidak monoton.

Tunggu apa lagi? Cobalah pasang pembatas seperti ini agar tampilan rumah Anda lebih menarik.

11. Kombinasi Gaya Tradisional dan Modern

Semua orang pasti setuju kalau kombinasi pembatas ruangan ini memiliki gaya furnitur oriental yang cantik dan mampu menciptakan harmoni visual yang menarik.

Bentuknya yang unik dan menarik akan menciptakan nuansa mewah pada ruangan Anda dengan perpaduan seni ukiran dan pencahayaan. Selain itu, kayu atau besi dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan ukiran yang menarik.

12. Pembatas dengan Konsep Aquarium

Inspirasi pembatas ruang tamu dan ruang keluarga berikutnya adalah pembatas yang berkonsep aquarium. Jika Anda memiliki ruang terbatas namun tetap ingin menempatkan aquarium, Anda bisa memilih pembatas aquarium ini.

Apabila Anda tidak membutuhkan partisi yang terbuat dari batu, bata, atau tembok, maka partisi aquarium bisa dipadukan dengan kayu. Anda juga bisa memilih dari beragam kombinasi kayu dengan model aquarium unik.

13. Pembatas Model Pintu Lipat

Konsep partisi ruang tamu dan ruang keluarga lainnya yang bisa dijadikan contoh adalah gaya pintu lipat. Anda bisa menggesernya di saat Anda memerlukan ruang lebih lenggang. Jadi, seolah-olah tak ada sekat antara ruang tamu dan ruang keluarga.

14. Pembatas Bercat Putih

Bagi Anda yang menyukai warna putih, mungkin akan suka dengan ide yang satu ini. Pasalnya, ide desain pembatas ini lebih memanfaatkan warna putih untuk menunjang keindahannya.

Seperti yang sudah diketahui bahwa warna putih melambangkan ketenangan dan kesucian. Karena itulah warna putih ini menjadi favorit banyak orang.

Dengan menggunakan pembatas ini, ruang tamu dan ruang keluarga juga akan terlihat bersih. Selain itu, pembatas ini juga bisa memberikan kesan lapang antar dua ruangan. Tak hanya itu saja, model pembatas ini juga menciptakan kesan modern dan kekinian lho!

15. Pembatas Marmer

Apakah Anda membutuhkan pembatas yang terbuat dari bahan berbeda? Cobalah pembatas marmer ini. Marmer dikenal luas sebagai bahan dengan karakter berbeda, unik, dan berkelas.

Penggunaan pembatas berbahan ini  akan langsung merubah suasana ruangan Anda sehingga tercipta ruangan yang elegan, mewah dan estetik.

Itulah 15 rekomendasi pembatas ruang tamu dan ruang keluarga yang bisa Anda jadikan referensi. Gunakan material yang tepat untuk menjaga interior ruang tamu Anda tetap indah ya!

Editted by UN

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

Tinggalkan komentar