Desain Rak Buku Kayu Unik dan Cara Buatnya

Rak buku kayu selalu menarik untuk dilihat. Bukan hanya tampilannya saja, rak buku kayu biasanya lebih awet dan tahan lama dibandingkan dengan material-material lain.

Dari sisi estetika, rak buku dari bahan kayu ini selalu punya sisi menarik untuk dilihat. Tidak hanya itu, rak buku selalu punya sisi manfaat yang tidak dimiliki oleh material lain dalam rumah.

Lalu jika diurai apa saja sih manfaat dari memiliki rak buku di rumah?

Manfaat Adanya Rak Buku di Rumah

Untuk Anda yang masih belum memahami makna dari fungsi rak buku kayu, Anda bisa simak penjelasannya berikut.

1. Meningkatkan Minat Baca Anggota Keluarga

Manfaat utama rak buku yang penting untuk Anda sekeluarga adalah meningkatkan minat baca. Tak dapat dipungkiri bahwa saat ini minat baca masyarakat semakin berkurang dan tergantikan dengan gadget.

Oleh sebab itu, Anda harus konsisten meningkatkan minat baca anggota keluarga di rumah dengan cara sederhana, salah satunya yaitu menggunakan rak untuk menyimpan berbagai buku dengan tema menarik.

Hal ini agar anggota keluarga bisa tergugah saat melihat buku-buku menarik tersebut.

2. Melindungi Koleksi Buku dalam Jangka Panjang

Koleksi buku yang diletakkan sembarangan memang bisa rusak akibat debu, udara lembap, atau kotoran lainnya. Manfaat rak buku di rumah sangat penting untuk melindungi koleksi buku Anda.

Terutama jika Anda memiliki buku-buku mahal yang sering digunakan dan membutuhkan perawatan ekstra. Jadi, jangan sampai buku-buku kesayangan jadi rusak karena diletakkan sembarangan atau berserakan di rumah, ya.

3. Mengelompokkan Buku Berdasarkan Klasifikasi Tertentu

Buku-buku yang ada di rumah Anda harus dikelompokkan berdasarkan klasifikasi tertentu agar tidak sulit mencarinya, misalnya berdasarkan genre, edisi, atau pengarang.

Penggunaan rak buku di rumah yang minimalis akan mempermudah Anda mengelompokkan buku berdasarkan klasifikasi yang Anda inginkan. Alhasil rak buku tersebut membuat Anda tak perlu kerepotan mencari buku tertentu sewaktu membutuhkannya.

Cara Membuat Rak Buku Kayu

rak buku kayu

Hal pertama yang perlu dilakukan tentunya saat akan membuat rak buku kayu adalah mencari bahan yang dibutuhkan, yaitu kayu bekas yang sudah tidak terpakai. Bisa menggunakan kayu apa saja, namun jika ingin awet tentunya

Lebih baik kayu yang digunakan adalah kayu yang memiliki tekstur keras, dan perlu di ingat ingat ya..

Kayu bekas yang sudah tak terpakai. Kalau kayu bekas yang tersedia kurang tentunya bisa juga memakai kayu lain yang belum terpakai sebagai tambahan, namun jika kayu bekas dirasa sudah cucup, tak perlu lagi mencari bahan tambahan.

Setelah bahan baku kayu bekas sudah terkumpul tentunya Anda juga membutuhkan bahan baku tambahan berupa paku maupun lem dll.

Siapkan juga alat-alat yang di butuhkan selama proses pembuatan, tak perlu alat yang canggig-canggih, karena kali ini yang akan coba Anda buat adalah sebuah rak buku minimalis sederhana saja, lalu alat apa saja yang dibutuhkan?.

  • Siapkan palu
  • siapkan meteran (alat ukur)
  • siapkan siku, namun jika Anda tak memilikinya dirumah, Anda bisa juga membuat siku sendiri dari kayu agar Anda lebih kreatif.
  • siapkan gergaji tangan manual (kalau ada gergaji mesin akan lebih bagus).
  • siapkan alat serut kayu, bisa menggunakan alat serut kayu manual ataupun alat serut mesin jika kebetulan Anda memilikinya dirumah, namun jika Anda tak memiliki keduanya. Usahakan untuk meminjm atau membeli alat serut manual, karena Anda akan sangat kesulitan untuk mendapatkan permukaan kayu yang halus. Namun jika Anda tak terlalu mementingkan kehalusan kayu, karena nantinya akan dicat, Anda tak memerlukan alat serut tersebut.

Setelah semua bahan dan alat sudah siap, berikutnya yang Anda harus lakukan adalah :

  1. Memilih kayu bekas yang masih layak pakai dan ukurannya sesuai dengan yang dibutuhkan, agar tak perlu lagi menyambung-nyambung kayu lebih banyak.
  2. Setelah kayu dipilih ukur kayu sesuai dengan yang Anda butuhkan, jika pada ilustrasi gambar yang ada di atas tadi, iya… gambar yang yang sangat jelek tadi, tak perlu dilihat terlalu lama karena gambar dibuat dengan alakadarnya, dan menggunakan penggaris berupa kayu jadi jangan terlalu dibahas mengenai seni yang ada pada gambar yang di buat oleh admin.

Namun Anda cukup memperhatikan desain rak buku yang coba dibuat oleh kami, ukuiran yang admin berikan pada gambar adalah tinggi = 120 cm, panjang = 60 cm dan lebar = 20 cm, namun Anda tak harus menyamakan ukuran rak buku yang Anda buat.

Anda bisa menyesuaikan sesuai dengan ukuran kayu yang ada, jika panjang kayu bekas yang Anda punya maksimal adalah 100 cm, maka Anda bisa membuat rak buku dengan ukuran tersebut. Tujuannya adalah untuk mempermudah Anda untuk mempermudah Anda dalam membuat rak buku kayu.

Setelah kayu selesai dipilih dan di ukur langkah berikutnya adalah memotong kayu sesuai dengan ukuran, dalam pemotongan usahakan agar rapi agar dalam tahap berikutnya tak mengalami kesulitan.

Tahap berikutnya adalah menyatukan kayu yang telah dipotong-potong tadi,  menggunakan lem maupun paku usahakan mengukur keseimbangan setiap sudut, agar tak terjadi kemiringan seperti desain gambar yang admin berikan, cara pengukuran sudut tentunya menggunakan alat siku yang telah Anda sediakan dan pastikan kayu benar-benar dalam posisi kuat dan kokoh.

tahap berikutnya adalah tahap terakhir, yaitu tahap pengecekan dan tentunya pewarnaan jika Anda menginginkan sebuah rak buku kayu yang terlihat berwarna dan terlihat lebih indah.

Cukup mudah untuk Anda praktekan sendiri dirumah bukan?, jika Anda mau sedikit berusaha dan menjalaninya, tentunya semua akan terlihat lebih mudah.

Rak buku merupakan salah satu jenis furniture yang multifungsi, karena selain bisa digunakan sebagai tempat untuk menyimpan dan merapikan buku-buku. Anda juga telah memberikan sentuhan desain interior pada ruangan yang Anda gunakan untuk menempatkan rak buku kayu buatan Anda tadi.

Dari sini bisa ditarik kesimpulan bahwa rak buku kayu selalu menghadirkan naunsa berbeda untuk sebuah ruangan. Selamat mencoba.

rofik n

Being Content Writer Since 2017. Menulis pertama kali di diminimalis dimulai tanggal 7 Februari 2018. Topik tulisannya seputar desain rumah minimalis, interior, eksterior, landscape dan juga aquascape, termasuk kolam renang, mulai dari pembuatan, renovasi dan juga perawatan, dengan mengedepankan konsep green living dan citra hunian yang nyaman bagi keluarga.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.