Tips Renovasi Kamar Mandi & Memilih Material yang Tepat

Ketika kamar mandi sudah kurang layak karena sudah tidak bersih dan rusak, maka sebaiknya segera diagendakan perbaikan.

Perlunya renovasi kamar mandi adalah ketika ada beberapa kondisi yang mengganggu kebersihan dan keamanan penghuni rumah ataupun tamu yang datang. 

Bagi Anda yang berencana untuk tinggal di tempat baru atau menjual rumah, pastikan ada fasilitas yang memadai di ruangan yang satu ini.

Sebelum merenovasi kamar mandi Anda, tentu saja ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan. Lalu, apa saja hal-hal tersebut?

Untuk menambah wawasan Anda tentang bagaimana merenovasi rumah khususnya bagian kamar mandi, silakan simak ulasan berikut ya.

Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Renovasi Kamar Mandi

renovasi kamar mandi
renovasi kamar mandi

Berikut ini hal-hal yang perlu Anda perhatikan ketika hendak merenovasi kamar mandi, diantaranya:

Pastikan Keramik Dinding Masih Bagus/Tidak tembus

Hal pertama yang harus diperhatikan saat renovasi kamar mandi adalah mengecek keramik dinding kamar mandi. Ada kekurangan dan kelebihan apabila Anda memasang keramik di dinding kamar mandi.

Kelebihannya adalah dinding tidak berjamur dan lebih mudah dibersihkan. Dinding keramik juga bisa menciptakan desain yang mewah. 

Sedangkan kekurangannya, ketika suatu saat Anda bosan dengan warnanya, Anda tidak bisa mengecat dinding keramik, melainkan Anda harus mengganti keramik secara keseluruhan.

Sebagai solusinya, Anda bisa memasang keramik pada sebagian dinding dan sebagian lagi tidak perlu dilapisi keramik.

Saat merenovasi kamar mandi, Anda hanya perlu memastikan bahwa tidak ada yang bocor sehingga tidak perlu diganti.

Pastikan Wastafel (jika ada) berfungsi

Berbagai aktivitas seperti gosok gigi, cuci muka atau sekedar cuci tangan akan jadi lebih mudah jika kamar mandinya memiliki wastafel.

Menempatkan cermin di depan wastafel juga dapat membantu Anda saat membersihkan tubuh.

Saat merenovasi, pastikan wastafel jika punya, bekerja dengan baik. Sebab, cukup vital peran dan fungsi wastafel disini.

Pilih Keramik Lantai Terbaik

Kesalahan ketika Anda memilih keramik untuk kamar mandi akan membuat kamar mandi menjadi licin serta berbahaya bagi orang tua atau anak kecil.

Oleh karena itu, renovasi kamar mandi harus fokus pada jenis material keramik di kamar mandi. Pilihlah keramik yang tidak licin. Anda dapat memilih antara porselen dan batuan.

Pastikan Shower dan Sekat kaca Berfungsi

Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya ketika renovasi kamar mandi adalah shower dan sekat kaca.

Supaya Anda dapat membasuh tubuh dengan lebih bersih dan air yang Anda gunakan lebih efektif, Anda dapat memilih shower sebagai opsi yang paling cocok untuk mandi.

Selain itu, untuk mencegah percikan air membasahi seluruh lantai, pertimbangkan untuk memasang sekat kaca di sekitar shower.

Tambahkan Kloset duduk jika Perlu

Untuk klosetnya, Anda dapat memilih antara kloset duduk atau kloset jongkok, tergantung seberapa nyaman Anda menggunakannya.

Namun, jika Anda menginginkan desain yang lebih elegan dan menarik, sebaiknya pilih kloset duduk untuk kamar mandi Anda. 

Pastikan Gantungan handuk, tisu, dan tempat sabun ada

Meskipun cuma aksesoris kamar mandi, Anda harus tetap memasukkan elemen ini ke dalam daftar biaya renovasi.

Ya, jika tidak ada gantungan handuk, tempat tisu dan tempat sabun, kamar mandi akan menjadi berantakan. 

Pemisahan Area Basah dan Area Kering

Memang, menjadi satu hal yang mengganggu sebagain besar orang jika kamar mandinya selalu basah.

Contohnya, kloset juga basah karena tidak ada sekat antara shower dan kloset. Jika Anda salah satunya, pastikan Anda menetapkan batas yang jelas antara area basah dan kering.

Hal ini dapat dicapai dengan memasang saluran air yang sesuai, menggunakan tirai atau pintu shower, membuat shower atau bathtub satu tingkat lebih rendah dari wastafel dan kloset. 

Pertimbangkan Kemudahan Aksesnya

Anda bisa memanfaatkan momen renovasi untuk menambahkan beberapa fitur yang memudahkan akses kamar mandi, terutama jika ada lansia, orang dengan disabilitas atau orang sakit yang tinggal di rumah Anda.

Fitur yang dapat diakses untuk ditambahkan ke kamar mandi termasuk pegangan tangan atau railing di dinding kamar mandi dan meminimalkan undakan yang tidak begitu perlu. 

Tips Dalam Memilih Material Saat Renovasi Kamar Mandi

Material Tahan Air dan Awet

Pilihlah bahan yang tahan lama dan tahan air untuk memperbaiki kamar mandi. Hindari menggunakan bahan kayu atau bambu jika memungkinkan, karena bahan tersebut mudah lapuk dan rusak jika sering terkena air. 

Pilihlah Material Sesuai dengan Desain Kamar Mandi

Agar terlihat serasi, bahannya harus sesuai dengan desain dan tampilan dekorasi kamar mandi. Tujuannya agar enak dipandang mata dan membeli bahan sesuai kebutuhan. 

Pilihlah Bahan yang Kokoh dan Permukaannya Tidak Licin

Permukaan keramik lantai kamar mandi harus kasar, tahan bahan kimia pembersih lantai dan mudah dibersihkan. Contoh materialnya adalah marmer, granit, vinil ataupun keramik. 

Pilihlah Kloset yang Irit Air

Pilihlah toilet duduk hemat air dengan penyiraman ganda. Selain itu, klosetnya memiliki leher angsa, sehingga pembuangannya nanti tidak bau. 

Gunakanlah Warna yang Terang

Biasanya, tidak ada cukup cahaya di kamar mandi. Untuk menyiasatinya, Anda bisa memilih material dengan warna terang agar secara tidak langsung mengurangi kesan “gelap” pada kamar mandi Anda. 

Tips Menghemat Budget Saat Renovasi Kamar Mandi

Ingin tidak banyak pengeluaran saat merenovasi rumah? Anda bisa cek beberapa tips berikut ini dan terapkan

Cari Material Diskon

Tips pertama untuk menghemat budget ketika renovasi kamar mandi adalah mencari material yang diskon.

Cobalah luangkan waktu untuk mencari informasi diskon barang atau material kamar mandi yang Anda butuhkan di berbagai website, toko material atau yang lainnya. 

Tak Perlu Mengganti Semua Furniture atau Perabotan

Anda harus mencari tahu dan menentukan furnitur mana yang masih layak dipertahankan dan mana yang perlu diganti. Dengan cara ini, Anda dapat menghemat biaya. 

Apabila Kondisinya Masih Baik, Tidak Perlu Membongkar Pipa

Apa tujuan Anda untuk merombak kamar mandi Anda? Apabila hanya ingin merenovasi bagian yang tampak saja, tidak perlu mengganti bagian yang “tersembunyi” seperti saluran air dan pipa, asalkan kondisinya masih bagus.

Mengganti pipa membutuhkan anggaran tambahan dan waktu yang lebih lama. 

Perencanaan Untuk Renovasi Kamar Mandi

Nah, sebelum mulai, tentu Anda butuh perencanaan matang, apa saja kira-kira yang bisa Anda lakukan sebagai langkah perencanaan?

  • Cari Tahu Masalah Apa yang Ada di Kamar Mandi Anda 

Jika kamar mandi Anda memiliki ubin yang pecah, ubin yang licin, furnitur kamar mandi yang mulai berkarat, kloset yang rusak atau dudukan toilet yang goyah dan kerusakan lainnya, Anda harus segera memperbaiki ruangan tersebut. 

  • Pertimbangkan Ukuran Kamar Mandi

Untuk menciptakan kamar mandi yang nyaman dan tata ruang yang menarik, maka harus disesuaikan dengan ukuran kamar mandi.

Jika ternyata ruang ini tidak terlalu besar, buatlah kamar mandi yang sederhana dan jangan memasang furnitur atau benda-benda besar seperti bak mandi atau bathtub.

  • Tentukan Gaya dan Desain Kamar Mandi yang Diinginkan

Saat merenovasi kamar mandi, penting untuk menentukan desain dan gaya yang cocok untuk Anda.

Beberapa pertimbangan tersebut yaitu permukaan yang dipertimbangkan dengan baik, pilihan ubin dan pencahayaan, dan pengaturan ventilasi dan penyimpanan. 

Itulah ulasan lengkap tentang renovasi kamar mandi yang tepat beserta tips pemilihan materialnya yang bisa Anda jadikan referensi. Tidak harus berukuran besar, asalkan lengkap, kamar mandi akan terasa nyaman untuk digunakan setiap harinya! Editted by UN

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

Tinggalkan komentar