Skip to content

[5 Gambar] Konsep Desain Ruang Cuci Jemur Lantai 2

Mengalokasikan ruang khusus satu area langsung untuk mencuci dan menjemur pakaian bisa jadi ide terbaik. Khususnya jika rumah Anda bertingkat. Adanya ruang cuci jemur lantai 2 ini tentunya akan menghadirkan alternatif lokasi kebutuhan loundry rumah tangga Anda.

Dengan desain ruang cuci jemur lantai 2 yang bagus nantinya Anda akan lebih mudah dalam melakukan berbagai kegiatan cuci mencuci pakaian kotor.

Tidak hanya itu, masalah sempitnya ruang atau ketidak adaan ruang di lantai satu yang khusus untuk loundry juga jadi bisa teratasi.

Bahasan kali ini bisa jadi dibutuhkan oleh para pemilik rumah minimalis bertingkat yang menginginkan ruang cuci jemur lantai 2.

Sebelum bicara soal konsep seperti apa yang bagus untuk ruang cuci jemur di rumah bertingkat, mari kita bahas beberapa poin pengantar yang kami kira cukup penting, diantaranya:

  • Pengertian Ruang Cuci Jemur
  • Manfaat atau Fungsi adanya Ruang cuci dan jemur jadi satu lokasi
  • Konsep Ruang Cuci Jemur di Lantai Dua

Apa itu Ruang Cuci Jemur?

Kebutuhan rumah tangga dalam hal cuci mencuci pakaian sudah pasti amat diperlukan/dibuatkan tempat khusus. Seperti sudah jadi kebutuhan pokok rumah tangga.

Pertanyaannya, seperti apa cara menata ruang cuci jemur lantai 2 itu supaya bisa berfungsi maksimal dan tidak menimbulkan masalah baru?.

Sebelum ke konsep, kita bahas pengertiannya dulu ya. Apa itu ruang cuci jemur yang dimaksud?

Ruang cuci jemur sendiri berarti tempat/space khusus yang dialokasikan untuk tempat mencuci pakaian/kain kotor dan perlengkapan menjemurnya sekaligus.

Bicara soal alat-alat yang dimaksud tersebut, peralatan vital seperti msesin cuci, detergen, sikat, selang dan sebagainya minimal harus ada alokasi penempatan dan penataannya. Sehingga dengan demikian tidak ada yang berantakan dan mengganggu aktivitas cuci mencuci.

Termasuk mengatur instalasi kelistrikan dengan teratur jika menggunakan mesin cuci. Menempatkan alat-alat dan bahan untuk membantu pencucian, dan pemasangan tempat jemuran.

Untuk rumah berkonsep satu lantai mungkin hal ini bukan masalah besar. Namun bagaimana untuk rumah dua lantai?

Ini yang akan kita bahas karena memang penting sekali mengaturnya agar tidak jadi masalah. Pembahasan ini akan kita bahas di konsep ruang cuci jemur lantati 2 nanti di bawah ini.

Apa Manfaat dan Perlunya Ruang Cuci dan Jemur?

Sesuai fungsinya yang vital, jelas ruang cuci jemur lantai 2 itu penting untuk dikonsep dengan baik.

Ruang cuci selalu identik dengan area basah yang harus disiapkan lokasi dan mitigasinya. Untuk rumah lantai dua, hal ini jelas amat urgent.

Menyiasati rumah dua lantai agar tetap bisa berfungsi maksimal untuk beroperasi kegiatan cuci mencuci pakaian/kain.

Apa sih manfaat ruang cuci dan jemur ini untuk rumah tangga?

Tentu saja pakaian kotor harsu selalu dicuci secara berkala sebelum dipakai lagi, dan ini butuh ruangan/space khusus.

Fungsinya memang cuckup vital, sehingga mau seperti apapun bentuk rumah nya bertingkat atau tidak, ruangan ini harus ada agar operasional pencucian pakaian kotor bisa terus berjalan.

Bagaimana Konsep Terbaik untuk Membuat Ruang Cuci Jemur

Sebelumnya kita sudah bicara soal pengertian ruang cuci jemur, fungsinya, serta manfaat yang akan Anda dapatkan jika membuat ruang ini dengan konsep terbaik.

Sekarang kita masuk inti pembahasan soal bagaimana membuat ruang cuci jemur lantai 2 ini bisa dimaksimalkan sesusai fungsinya.

Termasuk bagaimana mengatur penataannya agar tidak semrawut dan membuat tampilan ruangan lantai dua jadi kacau.

Kita urai dulu apa saja hal-hal yang dibutuhkan atau perlu diperhatikan untuk melengkapi ruang cuci di rumah Anda.

  • Tempat mesin cuci
  • Rak pengering
  • Instaalasi kelistrikan
  • Pencahayaan
  • Dekorasi lainnya

Mari kita bahas satu-satu mengapa item-item tersebut sangat penting untuk ada di ruang cuci jemur lantai 2 rumah Anda.

1. Tempat mesin cuci

Knapa mesin cucu jadi sorotan? Karena alat ini memiliki peranan yang paling vital. Mencuci pakaian dengan mesin cuci juga harus memperhatikan banyak hal, seperti lokasi penempatan, aspek keamanan dan kenyamanan pengguna saat proses pencucian pakaian.

2. Rak pengering/gantung

Setelah dicuci tentu saja Anda perlu menggantungnya agar proses pengeringan sempurna bukan? Anda bisa buat gantungan dari bahan apapun yang sekiranya sesuai dengan konspe ruang cuci Anda.

3. Instalasi kelistrikan

Ini poin penting yang juga tak boleh luput dari pertimbangan. Akan sangat berbahaya jika sistem kelistrikan di area basah seperti ruang loundry ini tidak diperhatikan.

Anda bisa buat sistem aliran listrik dan kabel-kabel jadi rapi sehingga tidak mengganggu bahkan membahayakan.

4. Pencahayaan

Siapa bilang ruang cuci jemur lantai 2 tidak perlu diatur pencahayaannya? Justru, ruang lantai dua ini punya kebutuhan besar yag salah satunya adalah pengaturan kondisi pencahayaan ruang yang benar.

Anda bisa memperbanyak bukaan dari jendela kaca. Atau bisa juga dengan menambahkan atap transparan sehinga sinar matahari bisa masuk ke dalam ruangan.

5. Dekorasi tambahan

Selain item-item di atas yang perlu ada di dalam ruang cuci. Lalu, apa saja item dekorasi yang mestinya ada di sebuah ruang cuci baju dan jemur?

Anda bisa menambahkan gantungan poster, mengecat tembok sekeliling dengan lukisan custom juga bisa. Sesuai selera anda saja.

Baca juga: 6 Tips Mencuci Baju Bayi Dengan Mesin Cuci Agar Baju Lebih Awet

Contoh Konsep Desain Ruang Cuci Jemur Lantai 2

Ada beberapa konsep desain dan penataan ruang cuci lantai 2 yang bisa Anda tiru untuk dierapkan di rumah Anda.

ruang cuci jemur lantai 2

Pada contoh yang pertama ini, konsep desain ruang cuci jemur lantai 2 ini benar-benar strategis penataannya. Keberadaan mesin cuci, ember dan perlengkapan lainnya membuat ruang ini bisa sepenuhnya dimanfaatkan untuk mencuci pakaian kotor Anda.

Adanya rak gantung baju dan kabinet untuk meletakkan peraltan kecil pelengkap loundry. Ini akan sangat pas untuk Anda terapkan pada rumah minimalis Anda.

ruang cuci jemur

Satu lagi referensi desain ruang cuci jemur lantai 2 yang cocok untuk Anda adopsi. Ada juga space untuk setrika baju yang sudah kering.

Jendela kaca besar sekaligus pintu keluar ruangan cukup bagus untuk melengkapi ruang cuci jemur yang representatif. Gantungan baju berada di atas dengan beberapa bilah yang cukup untuk menampung beberapa deret pakaian basah/setengah kering.

desain ruang cuci jemur

Di lantai dua rumah Anda, mengatur ruang cuci jemur bisa dengan model penataan seperti di gambar ini.

Gantungan bisa pendek dan menempel pada tembok dengan ketinggan hanya 100 meteran. Kemudian untuk rak bisa lebih tinggi beberapa meter. Ada kipas angin dan meja setrika yang bisa melengkapi ruang cuci jemur lantai 2 Anda lebih representatif.

contoh desain ruang cuci jemur

Space di lantai 2 rumah Anda sempit? Anda tetap bisa membuat ruang cuci jemur lantai 2 yang fungsional kok.

Lihat saja gambar di atas, penempatan mesin cuci dan wadah pakaian kotor dalam satu area/sudut yang sama. Kemudian untuk gantungan dibuat tinggi mengingat area jalan yang sempit. Bukaan jendela yang menghasilkan pencahayaan yang cukup cerah juga memabntu mempercantik ruang cuci.

gambar desain ruang cuci jemur lantai 2

Terakhir, jika ide di atas sebelumnya tadi terbilang tidak memungkinkan karena masalah budget misalnya, Anda bisa adopsi desain ruang cuci jemur lantai 2 sederhana ini.

Mau model seperti apapun desain ruang cuci jemur lantai 2 Anda, yang penting adalah fungsinya yang harus optimal agar benar-benar bisa dipakai. Semoga Anda bisa mengambil pilihan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.