3 Kategori Tata Cahaya Lampu untuk Kamar Tidur

Tata cahaya lampu merupakan hal penting dalam membangun estetika rumah minimalis. Tata cahaya yang baik akan memberikan ruang yang nyaman bagi setiap penghuni rumah.

Beberapa jenis tata cahaya yang banyak digunakan siang hari adalah cahaya alami yang berasal dari sinar matahari sementara untuk malam digunakan cahaya buatan yaitu dari lampu.

Bentuk dan ukuran lampu pun akan mempengaruhi visualisasi sebuah desain rumah. Walaupun rumah tersebut memiliki ukuran yang kecil.

Tata Cahaya Lampu untuk Kamar Tidur

Pada umumnya, tata cahaya lampu untuk kamar tidur terbagi atas 3 jenis yaitu yaitu general lighting, accent lighting dan task lighting.

Baca juga: Tata cahaya interior rumah

Tata Cahaya Lampu, Tata Cahaya Lampu rumah, pengertian tata cahaya, desain plafon indah, desain plafon rumah sederhana, desain plafon kayu
tata cahaya tambahan pada plafon dari plafon sebagai ornamen keindahan – narmadi.com/properti

1. General Lighting

General lighthing adalah pencahayaan pada kamar yang umumnya digunakan sebagai sumber penerangan utama. Pemilihan tempat untuk General lighthing biasanya di letakkan pada titik tengah ruangan yang dipasang secara simetris dan merata.

Tujuannya adalah untuk mendapatkan pencahayaan secara menyeluruh pada ruangan. Sistem pencahayaan dengan general lighthing paling banyak digunakan di rumah rumah pada umumnya tidak terkecuali rumah desain minimalis.

2. Accent Lighting

Plafon kamar tidur
ragam desain plafon kamar anak dengan accent ligshting- narmadi.com/properti

Accent lighthing merupakan jenis tata cahaya lampu untuk kamar yang mengusung konsep desain minimalis. Jenis pencahayaan ini biasanya diletakkan pada bagin rumah yang mempunyai lukisan ataupun artwork sehingga dibutuhkan lampu sorot untuk melihat detailnya.

Accent lighting menggunakan lampu spotlight karena akan menghasilkan biasa cahaya yang kuat dan fokus pada objek tertentu.

Accent lighthing biasa menjadi pilihan anda untuk dekorasi kamar tidur yang berdesain minimalis agar terlihat lebih cantik dan indah dengan penambahan interior lukisan dinding dan benda lainnya.

3. Tesk Lighting

Task lighting adalah jenis pencahayaan lampu untuk kamar yang secara sengaja digunakan untuk membantu aktivitas tertentu. Selain itu, fungsi lain dari task lighting adalah membantu untuk membentuk suasan kamar menjadi lebih hangat.

Salah satu penggunaan task lighting sebagai tata cahaya lampu untuk kamar adalah sebagai lampu baca. Untuk bagian rumah yang lain task lighting biasanya juga digunakan pada meja makan dan dapur.

Demikianlah, tata cahaya lampu untuk kamar tidur yang dapat Anda aplikasikan di rumah. Pilihlah jenis lampu yang berkualitas dan tahan lama untuk mendukung fungsi kamar yang semakin baik dan nyaman.

Demikian penjelasan dan uraian kami tentang tata cahaya lampu untuk kamar minimalis. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang pencahayaan pada kamar mandi untuk elemen fungsional dan estetika di bawah tautan tersebut. Semoga bermanfaat. (ls), Editor 04/02/2022 by UN

Lutfi N

Menulis seputar property sejak tanggal 7 Agustus 2016. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar konsep hunian. Topik yang disukai adalah topik yang mengedepankan kenyamanan tempat tinggal.

Tinggalkan komentar