6 Peluang Usaha Bidang Bangunan dan Konstruksi

Peluang usaha bidang bangunan semakin terbuka lebar di Indonesia. Tidak hanya terbatas sebagai jasa kontraktor saja. Beragam peluang usaha kini terus berkembang. Informasi ini cukup bagus. Terlebih untuk yang tertarik terjun menjadi pengusaha.

Bagi anda yang mulai bosan bekerja sebagai pegawai dimana harus mengabdikan diri pada perusahaan, Anda dapat memulai langkah Anda dengan membuka sebuah bisnis atau usaha.

Dengan menjadi seorang wirausahawan, Anda dapat mengatur usaha Anda sendiri. Membuat peraturan sendiri. Menerapkan strategi bisnis sendiri. Memiliki penghasilan sendiri dan bahkan berpotensi menghasilkan lebih banyak dibandingkan jika Anda sebagai karyawan. 

Terdapat berbagai jenis usaha yang dapat Anda pilih. Masing-masing bisnis memiliki peluangnya masing-masing, mulai dari besaran modal, sasaran pasar atau konsumen, proses pengembangan, serta untung yang diperoleh.

6 Peluang Usaha Bidang Bangunan

peluang usaha bidang bangunan
Peluang usaha bidang bangunan – narmadi.com/bisnis

Bagia Anda yang ingin mulai melangkah dalam berbisnis, sebenarnya ada banyak peluang usaha yang dapat dimanfaatkan. Salah satunya adalah peluang usaha bidang bangunan.

Peluang bisnis dalam dunia bangunan cukup banyak, Saya hanya akan mengulas 6 kelompok usaha bidang bangunan yang dapat dijalankan untuk menambah pemasukan.

Langsung saja diantaranya adalah :

1. Jasa desain interior rumah

Peluang usaha bidang bangunan yang pertama adalah jasa desain interior. Beberapa orang masih banyak yang beranggapan jika jasa desain interior dan arsitektur merupakan kesatuan atau sama. Padahal keduanya memiliki fungsi yang berbeda.

Desainer interior merupakan sebuah profesi yang memberikan pelayanan dalam merencanakan tata letak serta perancangan ruangan di dalam bagian sebuah hunian atau sebuah bangunan.

Layanan dari desainer interior tidak hanya mampu mendesain ruangan menjadi terlihat indah dipandang mata namun juga harus mempertimbangan kesehatan serta kondisi ruangan itu sendiri.

Selain itu desainer interior harus mampu dalam merancang ruangan yang fungsional seperti memilih waran, penggunaan material, jenis perabot atau furniture. 

2. Arsitek

Peluang usaha bidang bangunan selanjutnya adalah arsitek. Jasa arsitek merupakan profesi yang merancang semua jenis bangunan, baik itu tempat tinggal, hotel, vila, tempat ibadah, rumah sakit, dan beberapa fungsi lainnya.

Tugas utama dari arsitek adalah lebih kepada fungsi, keamanan, bentuk serta kebutuhan pemilik bangunan. Jika desain interior berfokus pada estetika sebuah ruangan, sedangkan arsitek bertanggung jawab pada eksterior dan interior namun lebih bertanggung jawab pada bangunan luar.

Ini tergolong peluang usaha bidang bangunan yang perlu di dukung dengan skill khusus. Saat ini banyak sekolah lokal yang telah melahirkan arsitektur berkelas internasional.

3. Toko bangunan

Selain membutuhkan jasa pekerja, dalam sebuah proyek bangunan juga membutuhkan segala bahan, peralatan atau yang biasa disebut dengan bahan material.

Dengan begitu usaha menjual segala kebutuhan bahan bangunan ini akan memiliki yang cukup besar. 

Peluang toko bangunan ini akan lebih berkembang jika menjalin kerjasama dengan jasa kontraktor. 

Jasa kontraktor yang menyediakan perencanaan dan pengerjaan pada konstruksi bangunan, sebuah profesi yang juga memiliki peluang yang besar.

Cara mengembangkan usaha kontraktor bisa dengan menjalin kerjasama dengan sebuah toko bangunan.

Toko bangunan untung karena barang laris, dan jasa kontraktor mudah dalam mencari bahan material bahkan bisa memperoleh harga yang termurah. Simbiosis mutualisme. 

Anda tertarik dengan peluang usaha bidang bangunan yang ini ? Siapkan modalnya dari sekarang !

4. Produsen besi

Usaha bidang bangunan yang ke emapat adalah produsen besi. Dalam proses pengerjaan konstruksi bangunan, dibutuhkan berbagai jenis besi seperti cakar ayam sebagai pondasi bangunan. Dengan begitu usaha satu ini akan memiliki perkembangan yang menjanjikan.

Para kontraktor bangunan tidak perlu mencari jasa pekerja tambahan dalam merangkai besi. Cukup memesan pada para produsen besi, rangkaian besi yang dibutuhkan akan dibuatkan sesuai dengan pesanan. Itulah peluang usaha bidang bangunan yang ke 4.

5. Usaha furniture

Peluang usaha bidang bangunan lainnya adalah menjadi menjual furniture. Dalam sebuah hunian tentunya membutuhkan beberapa set furniture seperti meja, kursi, kitchen set, dan lain sebagainya.

Usaha furniture akan lebih menarik minat para konsumen, jika produk yang dijual memiliki karakteristik sendiri, memiliki bentuk unik, warna yang catchy serta tidak meninggalkan fungsi utama.

6. Agen properti

Peluang usaha bidang bangunan yang ke enam adalah agen properti. Agen properti merupakan sebuah profesi yang menjualkan rumah ataupun gedung dengan memasang pengumuman untuk pemasaran.

Jadi untuk yang ingin menjual rumah atau bangunan dapat datang langsung pada agen, begitupun untuk para calon pembeli yang berminat atau untuk sekedar mencari-cari informasi penjualan bangunan.

Dewasa ini agen properti dalam melakukan pemasaran lebih dimudahkan karena dibantu kecanggihan teknologi dengan memasang iklan pada website atau akun media sosial. Itu tadi enam pilihan usaha bidang bangunan yang mungkin bisa menjadi jalan kesuksesan untuk Anda.

Kita lanjutkan…

Mengenal jauh usaha kontraktor

Nah, salah satu usaha bidang bangunan yang termasuk perkembangannya cukup sukses karena banyak dibutuhkan adalah penyedia jasa konstruksi bangunan.

Menurut Undang-Undang Jasa Konstruksi menjelaskan bahwa jasa konstruksi merupakan layanan jasa konsultasi pada perencanaan pekerjaan konstruksi, kemudian layanan jasa pelaksanaan proses pekerjaan konstruksi serta layanan jasa konsultasi pengawasan pekerjaan konstruksi.

Sederhananya jasa konstruksi ini merupakan usaha yang berhubungan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pada kegiatan konstruksi atau infrastruktur dalam membentuk bangunan atau instalasi lain.

Penyedia jasa konstruksi disebut dengan kontraktor. Kontraktor sendiri merupakan kontrak kerja dengan perorangan, sebuah perusahaan, atau juga pemerintah dengan tujuan untuk memasok sebuah barang atau untuk menyelesaikan jasa tertentu.

Bidang kerja dari kontraktor sendiri bermacam-macam mulai dari pembangunan gedung, pembangunan instalasi listrik, pembuatan jalan raya, serta penyediaan ribuan generator.

Sebuah perusahaan kontraktor dalam prakteknya tidak menyelesaikan pekerjaan proyek secara sendirian. Bila nilai dari proyek besar, maka kontraktor akan mencari puluhan bahkan ratusan lain untuk menyelesaikan proyek, ini salah satu cara untuk mengembangkan usaha kontraktor.

Sederhananya kontraktor merupakan bidang usaha yang memberikan jasa dalam pelaksanaan dalam bidang pembangunan.

Kontraktor juga dikenal dengan istilah jasa pemborong bangunan, yang bermakna individu atau badan usaha yang melayani pengerjaan konstruksi bangunan dengan sistem bayaran “borongan” atau satu paket pekerjaan atau bukan harian.

Jenis-jenis pelayanan jasa kontraktor

Perlu anda ketahui bahwa jasa konstruksi yang ditangani oleh para kontraktor memiliki jenis yang sangat banyak.

Jenisnya beragam sesuai dengan konsentrasi tugas serta pengerjaan, macamnya seperti pengerjaan arsitektur, mekanikal, pekerjaan terintegrasi, elektrikal, bidang sipil, dan tata lingkungan. 

Pertama

Jenis bidang pertama yang ditangani oleh kontraktor adalah bidang arsitektur.

Bidang jasa konstruksi satu ini mencakup beberapa pengerjaan pada arsitektur bangunan yang berteknologi sederhana, menengah, maupun tinggi, serta pengerjaan untuk arsitektur ruang dalam bangunan atau interior dan arsitektur lansekap termasuk dan perawatannya.

Jenis pekerjaannya mulai pekerjaan kayu, pengerjaan logam, pekerjaan perumahan tunggal, bangunan komersial, pemasangan aksesoris bangunan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kedua

Kedua, pengerjaan bidang mekanikal. Bidang kedua ini berfokus pada proyek jasa konstruksi mencakup pengerjaan berupa instalasi atau pemasangan tata udara (AC), instalasi industri, konstruksi list dan eskalator, instalasi minyak/gas/geotermol, perpipaan air dalam bangunan, dan juga penyedia peralatan kerja konstruksi.

Ketiga

Ketiga, terdapat pengerjaan dalam bidang elektrikal. Bidang elektrikal ini berfokus pada pengerjaan instalasi listrik, instalasi pembangkit, instalasi sinyal dan telekomunikasi kereta api, instalasi jaringan telekomunikasi atau telepon, transmisi tenaga listrik tegangan tinggi dan ekstra tegangan tinggi, penangkal petir, pemancar radio, dan beberapa instalasi kelistrikan lainnya.

Keempat

Keempat, bidang sipil. Bidang yang dikerjakan oleh kontraktor selanjutnya berfokus pada pengerjaan sipil (infrastruktur umum) meliputi pembangunan jalan, jalur kereta api, terowongan, prasarana sumber daya air, konstruksi tambang dan pabrik, penghancuran bangunan, dan beberapa pengujian lain.

Kelima

Dan kelima, kontraktor yang memberikan pelayanan jasa dalam bidang tata lingkungan. Pengerjaan tata lingkungan ini berfokus pada analisa dampak lingkungan atau Amdal, pengerjaan tata ruang kota, teknik lingkungan, bangunan pengolahan perpipaan air bersih dan juga pengolahan perpipaan limbah.

Tips memulai bisnis kontraktor serta pengembangannya

Bagi Anda yang mulai tertarik untuk berbisnis, dan ingin mencoba peruntungan menjadi penyedia jasa layanan konstruksi atau menjadi seorang kontraktor, tidak ada salahnya anda coba untuk belajar dan menekuni bidang bisnis satu ini. Jika anda tekun, hasil yang anda harapkan tentunya akan terwujud. 

Mungkin akan cukup sulit bagi Anda sebagai seorang pemula untuk mengawali atau membangun sebuah dari dasar, atau Anda yang sudah memulai berbisnis kontraktor, namun bisnis Anda belum berkembang dengan baik.

Tidak perlu risau ataupun khawatir, banyak cara yang dapat dilakukan. Berikut terdapat tips yang dapat anda implementasikan untuk mengembangkan bisnis anda.

1. Memahami mengenai dunia kontraktor dengan baik

Hal pertama yang mesti Anda miliki sebelum memulai bisnis kontraktor adalah Anda harus paham ilmu atau dunia mengenai jasa kontraktor utamanya dalam teknis-teknis pelaksanaannya.

Ini akan menjadi modal awal yang sangat penting bagi Anda. Modal materi memanglah penting, namun modal ilmu jauh lebih dibutuhkan ditambah jika Anda sendiri yang akan mengelola serta menjalaninya sendiri.

Dari beberapa kasus, para pemborong atau kontraktor bisa menjadi kontraktor berawal dari tukang bangunan yang telah lama berkecimpung di bidang bangunan.

Belajar dari pengalaman serta ilmu yang didapat dari senior atau pimpinan (mandor) membuat mereka perlahan mulai memahami mengenai jasa kontraktor.

Ilmu dan pengalaman ini sebagai modal dalam manajemen pengelolaan usaha kontraktor anda. Anda akan lebih dimudahkan jika Anda memiliki latar belakang dibidang bangunan juga seperti teknik sipil, arsitek, dan lain-lain. Atau anda juga dapat mengambil kelas kursus serta pelatihan. 

2. Mempersiapkan modal.

Setela modal ilmu serta pengalaman telah didapat, selanjutnya Anda dapat menyiapkan modal materi atau uang untuk memulai bisnis kontraktor Anda.

Modal ini meliputi pengadaan tempat atau kantor, biaya operasional, perekrutan karyawan biaya pemasaran, dan yang penting untuk menjaga kredibilitas serta legalitas perusahaan anda, perlu persiapan modal untuk membangun perusahaan anda menjadi CV atau juga PT serta membuat izin usaha.

Jika anda memiliki ilmu bidang kontraktor, ingin memiliki perusahaan sendiri namun modal anda kurang, Anda dapat menjalin kerjasama dengan atau menjadi anak perusahaan dari sebuah perusahaan kontraktor besar dan resmi. Tentunya dengan tenaga pekerja yang dapat dipercaya.

3. Menentukan jenis usaha kontraktor

Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa jasa kontraktor memiliki berbagai macam jenis sesuai dengan fokus pekerjaan dan kebutuhan. Penentuan jenis kontraktor sangatlah penting.

Anda akan memiliki pandangan atau gambaran besar saat memulai usaha akan seperti apa.

Utamanya dalam cara mengembangkan usaha kontraktor itu sendiri akan dilakukan dengan strategi dan pengimplementasian seperti apa. Manajemen pengelolaan anda nantinya akan lebih terarah dan tidak asal-asalan.

4. Relasi yang perlu dijalin

Networking dalam membangun sebuah usaha sangatlah penting. Termasuk usaha bidang bangunan ini. Sebagai penyedia jasa kontraktor, Anda perlu memiliki relasi untuk membantu pekerjaan Anda.

Seperti pemasok bahan bangunan dan peralatan bangunan, untuk memperoleh client, serta jasa tenaga lain seperti pemasangan kaca atau karpet.

Jadilah kontraktor yang baik, buat kesan yang baik dengan memberikan hasil yang kerja baik pula.

5. Mempromosikan jasa kontraktor

Terakhir dan tidak kalah pentingnya, adalah mempromosikan usaha kontraktor yang Anda jalankan. Promosis menjadi cara mengembangkan usaha kontraktor Anda agar dikenal luas oleh masyarakat utamanya pihak-pihak yang membutuhkan jasa kontraktor.

Buat promosi usaha Anda sebaik dan sebagus mungkin, agar publik tertarik. Anda dapat membuat website usaha kontraktor Anda sendiri untuk mengunggah contact person, gambar proses pengerjaan, review hasil kerja, dan beberapa kebutuhan pemasaran yang lain. 

Tinggalkan komentar

Tarif dan Biaya Sertifikasi SDPPI
Tarif dan Biaya Sertifikasi SDPPI – Kominfo (Update 2024)
produk wajib disertifikasi sdppi
67 HS CODE Produk Wajib Disertifikasi SDPPI/Kominfo
biaya pengujian
Biaya Pengujian Alat Telekomunikasi di 4 Lab
sertifikasi sdppi
2 Prosedur Sertifikasi SDPPI/Postel yang Perlu Diketahui
Daftar Produk Wajib SNI Terbaru
12 Kategori Produk SNI Wajib
Persyaratan Mendapatkan sertifikat SNI
9 Langkah Mendapatkan sertifikat SNI
daftar produk wajib sni
261+ Daftar Produk Wajib SNI
Desain Pembangunan Perawatan Renovasi
konstruksi kolam renang
Konstruksi Kolam Renang yang Baik dan Benar
obat penjernih kolam renang
9 Obat Penjernih Kolam Renang dan Harganya
ide desain kolam renang minimalis
45 Desain Kolam Renang Minimalis yang Menginspirasi
Kota Peluang Usaha Video
SIUJK - surat izin usaha jasa kontstruksi
SIUJK – Pengertian, Keuntungan/Manfaat, Persyaratan
Memulai Bisnis Kontraktor
7 Tips Memulai Bisnis Kontraktor & Prosedurnya
Cara Mengatur Keuangan
15 Cara Mengatur Keuangan Perusahaan Konstruksi