Desain Apartemen yang Populer Berikut Tipenya

Referensi contoh gambar desain apartemen sangat diperlukan oleh siapa saja yang sedang berencana membeli apartemen.

Selain masalah harga, lokasi, bentuk tata layout, denah desain apartemen menjadi bahan pertimbangan yang sangat penting bagi calon buyer apartemen.

Wajar saja, jika para developer berlomba-lomba dalam berkreasi untuk menarik calon pembeli apartemen.

Artikel ini akan sedikit memberikan gambaran beberapa contoh desain apartemen yang layak dijadikan rujukan oleh Anda.

Okay langsung saja

Tipe-Tipe Desain Apartemen

Desain apartemen, juga erat kaitannya dengan tipe apartemen itu sendiri. Nah agar sedikit menambah referensi Anda, berikut ulasannya.

1. Desain apartemen studio

desain apartemen studio
desain apartemen studio

Desain apartemen yang pertama adalah apartemen dengan type studio. Tipe studio merupakan salah satu tipe yang biasanya ditawarkan dan ada di dalam suatu apartemen, baik untuk apartemen mewah ataupun apartemen biasa.

Tipe desain apartemen studio merupakan tipe yang banyak dicari, terutama bagi para single yang membutuhkan tempat tinggal untuk diri sendiri.

Tipe ini juga cocok untuk para mahasiswa atau siapapun yang ingin tinggal sendiri. Baik dalam jangka waktu yang lama atau pendek. Tipe studio merupakan salah satu tipe yang sederhana namum memiliki fungsi yang cukup banyak.

Dengan kata lain tipe ini merupakan tipe yang multifungsi. Satu ruangan yang bisa memiliki fungsi yang sangat banyak.

Apartemen studio bisa menjadi pilihan Anda yang menginginkan tempat tinggal yang simpel namun bisa memenuhi kebutuhan Anda.

Tipe studio yaitu sebuah apartemen dimana kamar tidur biasanya langsung satu ruangan dengan ruang tamu, ruang belajar, nonton tv, dan dapur serta ada satu kamar mandi yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan Anda setiap hari.

Ruangan yang multifungsi ini, didesain dengan sangat rapi sehingga bisa memberikan desain yang sangat bagus dan bisa membuat penghuni lebih nyaman di dalam apartemen.

Desain yang ditawakan setiap apartemen juga berbeda-beda. Anda bisa membandingkannya antara satu apartemen dengan apartemen yang lainnya.

Dengan begitu, Anda bisa memilih apartemen dengan desain yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Jangan lupa juga untuk membandingkan harganya.

Hal ini saya rasa cukup penting, karena nantinya akan ada kaitannya dengan masalah finansial. Selain lokasi, tipe fasilitas, pertimbangan harga apartemen harus diperhatikan dengan teliti agar tidak menyesal pada akhirnya.

2. Desain apartemen 1 kamar

Desain apartemen 1 kamar
desain apartemen

Desain apartemen yang ke dua adalah apartemen dengan 1 kamar tidur. Apartemen dengan model ini identik dengan apartemen tipe studio yang hampir menyatu semua ruangnya.

Namun, apartemen satu kamar ini berbeda dengan tipe studio, karena desain ruangannya tidak menyatu sehingga berbeda.

Tipe studio memperlihatkan bahwa kamar menjadi satu ruangan dengan bagian yang lainnya tanpa ada pembatasnya. Sehingga tipe studio terlihat seperti satu ruangan yang multifungsi.

Sedangkan untuk desain apartemen satu kamar yang dimaksud di sini adalah apartemen yang hanya memiliki satu kamar tidur, namun berbeda ruangan dengan ruangan lainnya.

Desainnya memperlihatkan adanya ruang tamu sendiri, ruang makan, dapur, kamar mandi dan kamar tidur yang terpisah.

Jadi tidak dalam satu ruangan saja, melainkan banyak ruangan yang menjadikannya tetap menjadi apartemen dengan satu kamar tidur dan berbeda dengan apartemen tipe studio.

Desain apartemen dengan satu kamar berbeda-beda antara satu apartemen dengan apartemen lainnya. Jadi Anda bisa membandingkan dan memilih apartemen dengan desain yang sesuai dengan keinginan Anda.

Kali ini, contoh desain apartemen 1 kamar yang disajikan adalah apartemen dengan dua lantai, dimana kamar berada di dilantai dua. Sehingga luas ruangan tidak menjadi penghalang untuk berkreasi desain.

Adanya ruangan yang terpisah inilah yang menjadikan apartemen satu kamar berbeda dengan apartemen tipe studio. Apartemen ini cocok untuk Anda yang single dan ingin kamar Anda tetap privat.

Hal tersebut dikarenakan kamar tidur berada pada bagian yang tertutup dan tidak semua orang bisa langsung masuk atau melihatnya. Hampir sama dengan konsep rumah atau hunian-hunian pada umumnya.

Tetapi, jika Anda menginginkan hal yang lebih simple, Anda bisa memilih tipe studio yang mengusung konsep desain minimalis dan multifungsi.

Apapun pilihan yang akan diambil, semoga menjadi pilihan yang tepat dan terbaik, sehingga tidak ada penyelasan dikemudian hari.

3. Desain apartemen 2 kamar

Desain apartemen 2 kamar
Desain apartemen 2 kamar

Desain kamar apartemen yang ke tiga adalah desain apartemen dengan 2 kamar tidur. Apartemen dengan desain ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki keluarga kecil.

Dengan begitu, kamar yang tersedia bisa memenuhi kebutuhan Anda dan keluarga Anda. Namun, bagi Anda para pelajar atau mahasiswa, apartemen jenis ini juga bisa menjadi pilihan terbaik Anda lho.

Anda bisa menggunakannya bersama teman Anda. Jadi, biaya sewa apartemen bisa dibagi dengan teman Anda. Dengan begitu akan lebih hemat biaya sewa tempat tinggal.

Desain yang ada dalam contoh ini merupakan desain tata letak dua kamar yang ada di dalam apartemen. Desain ini bertujuan untuk memberikan gambaran desain apartemen dengan dua kamar tidur.

Selain dua kamar tidur yang terpisah, apartemen tipe ini juga biasanya dilengkapi dengan ruang tamu, dapur dan kamar mandi. Semua ruangan tersebut terpisah.

Jadi ada batasan pada setiap ruangan yang memisahkan semua bagian. Sehingga pembagian ruangan akan terlihat sangat jelas. Terkait dengan desain pada setiap bagian ruangan Anda bisa merubahnya sendiri sesuai dengan keinginan Anda.

Termasuk desain pada kamar tidur. Sehingga desain satu kamar dengan desain kamar yang lain bisa berbeda, tergantung selera masing-masing pemiliknya.

Sedangkan desain ruang tamu dan dapur, Anda bisa mendiskusikannya dengan teman Anda atau keluarga Anda yang tinggal satu apartemen dengan Anda. Sehingga Anda bisa menikmati desain ruangan dengan nyaman.

Anda juga bisa menambahkan berbagai furniture atau hiasan yang menurut Anda bagus dan bisa menjadi penghias ruangan Anda. Baik di ruang tamu, dapur, kamar tidur ataupun kamar mandi.

Hal tersebut bisa Anda lakukan demi kenyamanan Anda dan keluarga atau teman seapartemen Anda. Karena kenyamanan menjadi hal yang sangat penting dan harus dirasakan oleh setiap orang.

Kenyamanan adalah hal yang akan membuat Anda lebih senang dan bisa menikamti semua kegiatan sehari-hari Anda dengan bahagia tanpa terbebani yang akan membuat Anda stress.

4. Desain apartemen 3 kamar

Desain apartemen 3 kamar
Desain apartemen 3 kamar

Desain apartemen yang terakhir adalah desain apartemen dengan 3 kamar tidur. Contoh desain kali ini adalah desain kamar pada satu kamar tidurnya saja. Desain dalam kamar ini bisa menjadi inspirasi yang cocok dan dapat diterapkan di kamar tidur yang Anda miliki.

Inspirasi desain kali ini adalah kamar tidur dengan ruangan yang sempit. Anda bisa mendesain dan menatanya dengan rapi. Sehingga kamar tidur apartemen Anda akan lebih rapi dan lebih enak dipandang.

Jika apartemen Anda berhadapan langsung dengan jendela menuju keluar, Anda dapat meletakan tempat tidur di bagian yang jauh dari jendela.

Dengan begitu, Anda bisa menikmati dan melihat suasana luar dengan nyaman tanpa terhalang tempat tidur.

Hal ini juga bisa menjadi alasan kenyamanan Anda saat tidur. Terutama di pagi hari, saat matahari mulai memancarkan sinarnya. Ini akan sangat mengganggu tidur (silau), ketika tempat tidur tepat berada di bawah jendela.

Posisi tempat tidur jauh dari jendela menjadi terbaik yang bisa diambil di kamar apartemen tipe ini.

Anda juga bisa menambahkan furnitur ruangan lainnya yang kiranya pas dan cocok berada di dalam kamar tidur. Tujuannya tidak lain adalah agar kamarnya lebih homey. Tatalah furnitur atau hiasan kamar dengan rapi dan benar, agar makin membuat nyaman penghuninya.

Hindari penggunaan furniture apartemen yang terlalu banyak. Ini hanya akan membuat ruang lebih sempit, tidak nyaman digunakan untuk beristirahat dan menjalankan aktivitas lainnya.

Demikian beberapa contoh desain apartemen yang umum diaplikasikan pada apartemen. Semoga membantu (fy), Editor UN

Fisa Yaninta

Menulis interior dan eksterior dalam hunian pertama kali tanggal 5 Mei 2019. Menulis tentang bidang properti sejak tanggal 2 Juli 2016. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar konsep hunian di apartemen. Topik yang paling disukai adalah topik hunian futuristik.

All Post | Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *