Skip to content

5 Plus Minus Desain Dapur Terbuka dengan Taman

Untuk mendapatkan konsep desain dapur terbuka dengan taman yang terbilang bagus, Anda mesti coba mengkombinasikannya dengan elemen lain.

Nantinya, desain dapur terbuka dengan taman yang indah ini akan memberikan kenyamanan dan visualisasi yang berbeda dari biasanya.

Penasaran seperti apa rasanya mengusung desain dapur terbuka dengan taman? Yuk baca sampai selesai artikel ini ya.

Pengertian Dapur Terbuka

Desain dapur terbuka adalah desain dapur yang terbuka. Dapur terbuka biasanya diletakkan menyatu tanpa sekat masif dengan ruangan yang lain.

Dapur terbuka memiliki dua konsep, yaitu berdampingan langsung dengan ruang makan atau ruang keluarga serta konsep dapur terbuka yang berdampingan dengan taman belakang.

Bagi Anda yang suka dengan ruangan yang lega, konsep dapur terbuka ini sangatlah cocok untuk Anda.

Meskipun terdapat beberapa kelebihan, tentunya desain dapur terbuka dengan taman ataupun tidak tentu memiliki beberapa kekurangan. Yuk lihat apa saja sih kelebihan dan kekurangan dapur terbuka?

Plus Minus Mengusung Desain Dapur Terbuka dengan Taman di Rumah Minimalis

desain dapur terbuka dengan taman

Berikut ini diantara kelebihan dari mengusung desain dapur terbuka untuk area memasak Anda.

Sirkulasi Udara yang baik

Konsep dapur terbuka akan membuat dapur di rumah Anda memiliki sirkulasi udara yang lebih baik. Tentunya dapur terbuka memiliki udara yang relatif lebih segar dibandingkan dengan konsep dapur indoor atau dapur di dalam ruangan.

Sirkulasi udara yang baik juga dapat membuat dapur Anda menjadi tidak lembap.

Udara yang segar dan tidak lembap akan membuat dapur Anda terhindar dari bakteri dan pertumbuhan jamur. Meski begitu, Anda juga tetap harus membersihkan area dapur terbuka Anda dengan rutin ya.

Ruang Gerak yang Lebih Luas

Dengan dapur terbuka sederhana di belakang rumah jadi memiliki ruang yang relatif lebih luas dibandingkan dengan dapur di ruangan tertutup. Tentunya karena dapur terasa lebih luas, Anda akan lebih mudah dan leluasa saat berkegiatan di dapur yang mengusung konsep terbuka.

Kelemahan Desain Dapur Terbuka

Selain memiliki kelebihan yang akan Anda dapatkan secara visual dan kenyamanan, mengusung desain dapur terbuka denga taman belakang rumah juga pnya kekuranganna sendiri, diantaranya:

Berisiko Terkena Hama

Memiliki dapur dengan konsep terbuka tentunya akan membuat dapur Anda rawan untuk dimasuki oleh hama. Hama seperti tikus dan kecoak dapat dengan mudah masuk ke dapur terbuka Anda. Tentunya Anda perlu mengusirnya karena akan membuat dapur Anda menjadi tidak sehat.

Jangan lupa baca perangkap tikus yang ampuh untuk membasmi tikus di sini.

Jika hari sedang hujan, pada konsep dapur terbuka yang dekat dengan halaman luar, Anda bisa mendapati cacing tanah yang ada di halaman naik ke dapur.

Untuk itu, Anda sebaiknya membatasi area dapur terbuka Anda dengan halaman agar cacing tanah tidak mudah masuk saat hujan. Anda juga bisa memberi jarak yang cukup antara dapur dengan taman agar hama dari taman tidak mudah masuk ke dalam rumah.

Dapur Relatif Cepat Kotor

Dapur dengan konsep terbuka terutama menyatu dengan halaman akan relatif lebih cepat kotor. Dapur yang terbuka akan memudahkan debu dari luar masuk ke dalamnya. Area dapur terbuka juga berisiko terkena tampias air hujan saat musim hujan.

Untuk itu sebaiknya gunakan atap atau kanopi yang cukup untuk menutupi area perbatasan antara dapur dan taman belakang rumah Anda, ya.

Jika konsep dapur terbuka yang Anda miliki menyatu dengan ruang makan, Anda tentunya akan lebih leluasa untuk menaruh masakan yang telah matang ke meja makan tanpa perlu melewati sekat pembatas ruang.

Anda juga akan lebih mudah menaruh piring kotor dan peralatan makan lain yang telah selesai digunakan ke bak cuci piring di dapur, bukan?

Selain itu, konsep dapur terbuka pun dapat menghemat budget Anda.

Anda tidak perlu membangun atau membeli penyekat ruangan dan dapat menggunakan satu furniture untuk dua ruangan. Lebih hemat bukan, tidak perlu membuat sekat pada dapur Anda?

Pemandangan yang fresh

Selain menyatu dengan ruangan lain, konsep dapur terbuka juga dapat dibuat menyatu dengan halaman belakang Anda.

Jika konsep dapur terbuka minimalis yang Anda miliki menyatu dengan halaman belakang, Anda bisa memasak dan berkegiatan di dapur sambil menikmati pemandangan yang segar lho.

Selain itu, jika dapur Anda dekat dengan halaman belakang, Anda pun bisa mengadakan pesta kebun dan tidak perlu jauh-jauh ke dalam rumah ke area dapur. Anda juga bisa mengadakan pesta barbeque bersama keluarga atau teman-teman Anda.

Contoh Ide Desain Dapur Terbuka dengan Taman Rumah yang Indah

Jika Anda tak memiliki ruang terbuka hijau, dapur terbuka dapat terus dihadirkan di rumah anda. Bagian belakang rumah bisa difungsikan sebagai dapur + taman belakang semi tertutup.

Kuncinya semata-mata terletak pada pemasangan atap transparan atau skylight di atas taman. Skylight ini nantinya akan menambahkan penerangan alami seperti dapur di ruang terbuka lainnya.

Desain dapur mungil terbuka tidakperlu diletakkan di area terbuka. Anda mampu mendesain dapur terbuka dengan taman yang indah. Suasana terbuka dan segar bisa konsisten dirasakan bersama dengan memasang pintu transparan di dapur.

Pintu kaca ini akan berdampak dapur terasa luang. Anda pun bisa makan dengan sambil menyaksikan segarnya taman minimalis di belakang rumah.

Dapur terbuka dan taman adalah kombinasi desain dapur terbuka dengan tamanyang segar dan mengasyikkan. Desain taman tak wajib dibuat semewah, taman simple akan melengkapi tampilan dapur terbuka di rumah Anda.

Desain lantai dapat dipilih bersama lantai keramik motif kayu, supaya dapur terbuka ini terkesan menyatu bersama dengan alam.

Tak sekedar anti sumpek, desain dapur terbuka dengan taman di belakang rumah juga menggembirakan untuk berkumpul bersama dengan anggota keluarga.

Sesudah memasak, acara makan bersama dengan akan terasa lebih nyaman ditemani udara segar berasal dari halaman belakang rumah.

Dapur terbuka minimalis dapat hadir cantik bagaikan kotak pandora. Dapur terbuka ini didesain ala Skandinavian bersama elemen rona putih dan kayu.

Tak heran, walaupun dapat berisi meja makan, dapur terus terasa lapang. Tak ketinggalan, atap rumah juga didesain bersama atap transparan untuk penerangan alami yang lebih optimal.

Desain dapur terbuka dengan taman tak selalu mahal, Anda mampu memilih kitchen set jenis linear yang lebih ekonomis budget.

Di atas dapur diletakkan rak ambalan untuk menaruh beragam bumbu dapur. Sambil memasak, Anda akan ditemani semilir angin segar. Memasak pun menjadi bukan kepanasan.

Dapur terbuka bisa menghadirkan mood happy ketika memasak. Ini karena, situasi dapur terbuka yang lebih terasa lapang, bukan sumpek dan bukan pengap.

Anda mampu memilih kitchen set bersama rona kayu dan hitam layaknya di atas. Tampilannya mengesankan dapur terbuka yang tampak simpel namun elegan.

Jadi jika disimpulkan, desain dapur terbuka dengan kombinasi taman yang bagus akan menghasilkan suguhan yang menarik. Kita bisa lihat pada salah satu contoh desain dapur terbuka dengan taman di atas. Tentunya ada salah satu diantaranya yang Anda sukai bukan?

We would like to thank if you would like to follow us on Google News

Leave a Reply

Your email address will not be published.