10 Desain Dapur Dan Tempat Cuci Baju Minimalis Kekinian

Kini banyak sekali rumah yang menerapkan konsep kombinasi dapur dan tempat cuci baju minimalis. Hal ini dikarenakan kebutuhan akan fungsionalitas ruang yang semakin kesini semakin jadi tren bahkan tuntutan.

Salah satunya tadi, beberapa pemilik rumah membutuhkan desain dapur dan tempat cuci baju minimalis yang sesuai dengan konsep huniannya.

Tidak hanya cocok untuk hunian yang minimalis, tetapi desain dapur dan tempat cuci yang digabung juga cocok untuk ruang apartemen yang memiliki ukuran sempit.

Dengan desain seperti ini maka Anda juga dapat memaksimalkan keberadaan ruang yang ada. Supaya tidak penasaran, maka langsung saja simak beberapa rekomendasi desain dapur dan tempat cuci baju minimalis di bawah ini.

Pilihan Desain Dapur dan Tempat Cuci Baju Minimalis

Desain dapur dan tempat cuci baju minimalis merupakan salah satu ide yang cukup brilian untuk diusung. Pasalnya, tidak semua rumah memiliki lahan yang cukup untuk memisahkan dua ruangan tersebut.

Sehingga, ketika dapur dan ruang cuci menyatu, bisa diatur mulai dari porsi untuk menempatkan mesin cuci, kitchen set, dan benda-benda lainnya.

Berikut ini beberapa rekomendasi desain dapur dan tempat cuci baju minimalis khusus untuk Anda.

Dapur dan Laundry area Kecil

Desain dapur dan tempat cuci baju minimalis yang pertama ini cocok untuk Anda yang memiliki dapur dengan ukuran kecil. Dapur-dapur ukuran kecil umumnya banyak ditemui pada apartemen studio atau biasa disebut satu bedroom.

Ruangan yang serba minimalis ini tentu tidak memiliki cukup ruang untuk mencuci baju sehingga Anda dapat menggunakan desain ini. Pada desain kali ini, tempat cuci baju terkesan sempit namun muat untuk meletakkan sebuah mesin cuci dan wastafel sebagai tempat cuci tangat.

Dapur Alumunium dan Tempat Cuci Baju

Ruang dapur yang minimalis membuat Anda harus panda-pandai dalam mengatur atau menempatkan posisi barang. Gunakan konsep desain yang sekiranya sesuai agar ruangan tersebut dapat digunakan secara maksimal.

Agar ruangan lebih maksimal, Anda bisa menggabungkan antara dapur dengan tempat cuci baju yang diberi sedikit pembatas. Untuk bagian dapur, gunakan kitchen set dari alumunium supaya terkesan lebih simple namun tetap berfungsi dengan baik.

Desain Dapur dan Tempat Cuci Baju Minimalis dengan SPace Sempit

Bangunan rumah memiliki ukuran yang berbeda-beda, apalagi jika bangunan rumah di perkotaan tentu menggunakan desain minimalis untuk memaksimalkan ruangan. Salah satunya pada bagian dapur, umumnya memiliki ukuran yang sempit.

Model dapur yang sempit ini bukan menjadi masalah, Anda harus bisa mengolahnya menjadi dua fungsi yakni sebagai tempat memasak dan mencuci baju. Meskipun ukuran terlihat kecil, seluruh kebutuhan mulai dari mesin cuci dan barang-barang dapur dapat tertata rapi.

Dapur dan Tempat Cuci Baju Belakang Rumah

Demi memanfaatkan area belakang rumah agar dapat difungsikan, Anda bisa mendesain dapur dan tempat cuci baju minimalis. Hal ini juga berguna untuk menghemat tempat pada hunian yang kecil yaitu dengan menyatukan tempat cuci baju dan dapur.

Bisa juga dengan menempatkan dapur pada area dalam rumah dan tempat cuci baju pada bagian belakang rumah. Area mencuci ini bisa diberikan rumput sintetis hijau juga beberapa tanaman gantung. Dengan begitu area ini akan terasa lebih sejuk dan segar.

Dapur dan Tempat Cuci Baju dengan Tembok Pembatas

Dalam desain ruangan dapur yang digabung dengan tempat cuci baju, umumnya terdapat sedikit pembatas namun tidak menutup seluruhnya. Anda bisa membangun tembok beton sebagai pembatas antara dapur dengan tempat cuci baju.

Penggunaan tembok beton ini dirasa cukup murah untuk dijadikan sekat. Tidak harus dipisahkan seluruhnya, pisah sedikit saja maka dari itu Anda dapat melakukan dua pekerjaan sekaligus yaitu mencuci dengan memasak.

Dapur dan Tempat Cuci Baju Minimalis Modern

Bagi Anda yang menginginkan desain dapur dengan tempat cuci baju minimalis namun masih terkesan modern, inilah jawabannya. Desain kali ini menerapkan konsep minimalis modern, menggunakan kitchen set serta wastafel warna putih.

Untuk sekat pembedanya hanya menggunakan model keramik lantai, dimana untuk ruang cuci dengan keramik berwarna hitam dan dapur menggunakan keramik vinyl berwarna kecoklatan. Untuk menambah kesan modern, Anda bisa menambahkan pajangan-pajangan dinding yang estetik, seperti figura dari bahan kayu atau kuotes.

Dapur dan Tempat Cuci Baju Cat Putih

Desain dapur dan tempat cuci baju minimalis yang ke tujuh yaitu desain dengan dominasi warna putih yang posisinya bersebalahan dengan tempat mencuci baju. Dengan dominasi warna putih akan membuat ruangan tampak lebih luas walaupun sudah ditambahkan sekat kaca transparan.

Agar tampak lebih elegan, bisa menggunakan keramik pada bagian dinding supaya lebih mudah ketika membersihkannya. Ruangan akan tambah menarik dengan dibuatnya sekat antara kedua area tersebut yang akan terlihat cantik namun simple.

Dapur dan Tempat Cuci Baju dengan Tirai Pemisah

Jika Anda bingung untuk memilih desain dapur dan tempat mencuci yang minimalis, bisa dengan memanfaatkan tirai sebagai pemisah. Ini merupakan cara terbaik untuk menyembunyikan tempat cuci baju di dapur milik Anda.

Penggunaan tirai sebagai pemisah umumnya dirasa lebih fleksibel. Dengan tirai pemisah Anda dapat membagi ruang sesuai dengan fungsi. Untuk bahan tirai bisa dari bahan plastic agar lebih mudah untuk membersihkan serta mampu bertahan lebih lama.

Baca juga: Kesalahan Mencuci Baju Seperti ini, Akibatnya Fatal

Dapur dan Tempat Cuci Baju dibawah Kabinet

Banyak beragam desain untuk dapur dan tempat cuci baju minimalis, salah satunya dengan meletakkan mesin cuci dibawah cabinet.

Alhasil, cabinet yang awalnya hanya sebatas tempat kosong kini dimanfaatkan untuk menempatkan mesin cuci. Ketika mendesain, sisakan tempat yang terkesan praktis dan rapi.

Anda dapat meletakkan mesin cuci dan mesin pengering didapur yaitu pada bagian bawah meja cabinet. Ketika cabinet ditutup, seseorang tidak akan melihat bahwa ada mesin ditempat tersebut. Pada bagian meja atas bisa difungsikan untuk meletakkan barang.

Dapur dan Tempat Cuci Baju Kesan Alami

Desain dapur dan tempat cuci baju minimalis yang terakhir adalah desain dengan konsep alami. Dengan Anda mengikutsertakan tenaman hijau dalam desain ini maka tempat tersebut terkesan lebih alami dan nantinya akan menjadi tempat favorit untuk Anda kunjungi.

Dengan tanaman hijau maka dapur dan tempat mencuci lebih terlihat subur dan segar. Ditambahlagi pemberian cat warna hijau.

Bisa juga dengan menambahkan tanaman pot yang bervariasi untuk dapur lebih hidup. Taman indoor ini akan membuat kegiatan Anda lebih menyenangkan serta menghilangkan stress setelah berkegiatan.

Beberapa desain dapur dan tempat cuci baju minimalis di atas merupakan cara alternative untuk hunian yang tidak memiliki ukuran luas. Desain dapur dan tempat cuci piring dijadikan satu dengan tempat cuci baju sehingga ruangan yang terbatas mampu menampung semua kebutuhan.

Tempat mencuci baju yang sederhana dibangun berdampingan dengan dapur dengan ukuran yang tidak terlalu luas namun tetap berjalan sesuai fungsinya.

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website