Inspirasi Desain Dapur Minimalis 3×2 Meter

Ketika mendesain dapur sempit, yang paling penting adalah mengedepankan efektivitas penataan dan juga fungsi dapur itu sendiri.

Bagi Anda yang memiliki hunian dengan area yang terbatas, maka desain dapur minimalis 3×2 bisa dipilih.

Meski ukuran dapur ini terbilang sangat kecil, namun Anda tetap bisa membuatnya menarik dengan mempertimbangkan desain yang tepat serta memperhatikan berbagai hal penting ketika menata dapur minimalis ini.

Tips Mendesain Dapur Minimalis 3×2

Sebelum mendesain dapur minimalis 3×2 seperti apa yang hendak diterapkan dalam hunian Anda, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menata interiornya.

Berikut beberapa tips dalam menata dapur agar terlihat rapi dan menarik meski berada di tempat yang sempit:

1. Memadukan Warna Dengan Tepat

Tidak bisa dipungkiri, jika warna adalah salah satu elemen terpenting untuk menciptakan desain dapur minimalis ini jadi semakin terlihat sempurna.

Pilihlah warna-warna cerah, warna bold ataupun warna netral yang serupa dengan furnitur dapur supaya menambah nilai estetik.

2. Ruangan dengan Multifungsi

Memanfaatkan ruangan penyimpanan yang multifungsi akan sangat bermanfaat untuk dapur minimalis Anda.

Pakailah lemari kabinet untuk menyimpan berbagai peralatan dapur agar ruangan yang terbatas tersebut jadi terlihat lebih lapang.

3. Jangan Terlalu Banyak Mengoleksi Peralatan Dapur

Prinsip ketika memilih desain minimalis untuk dapur rumah dengan luas yang terbatas adalah less is more. Semakin sederhana, maka dapur minimalis ini juga semakin lebih baik dan menarik.

4. Memakai Kabinet Dinding

Kabinet sebagai rak penyimpanan sebaiknya memiliki ukuran besar agar bisa menyimpan lebih banyak peralatan dapur di sana. Untuk desain dapur minimalis 3×2, memakai kabinet dinding bisa menjadi solusi yang tepat.

5. Desain Sirkulasi Udara

Sirkulasi udara yang baik sangat penting diperhatikan di area dapur. Sirkulasi udara yang lancar bisa menciptakan udara yang selalu segar di interior dapur sehingga bisa membuat peralatan memasak ataupun makan jadi tetap higienis dan steril.

6. Pengaturan Tempat Mencuci

Tempat cucian di area dapur, selain berfungsi untuk membersihkan peralatan makan dan memasak agar kembali steril, rupanya juga bisa digunakan untuk hiasan.

Untuk memberi kesan minimalis dan modern sekaligus, pakailah wastafel yang berwarna krom dari bahan stainless steel. Akan semakin maksimal jika Anda memakai marmer ataupun keramik untuk area meja wastafel ini.

Inspirasi Desain Dapur Minimalis 3×2 Meter

Desain Dapur Minimalis 3x2
Desain Dapur Minimalis 3×2

Setelah Anda mengetahui beberapa tips menata dapur minimalis di atas, langkah selanjutnya adalah mencari referensi desain dapur minimalis yang tepat untuk ukuran ini.

Ada banyak sekali inspirasi dapur minimalis yang bisa Anda cari di internet untuk dijadikan referensi.

Dengan memakai referensi tersebut, tentu bisa lebih memudahkan Anda jika dibandingkan membuat desain dari awal. Berikut ada beberapa inspirasi yang bisa dipilih agar dapur jadi semakin bergaya:

1. Desain Dapur Minimalis 3×2 dengan Sekat Kubikel

Desain dapur seperti ini berada di dalam kubikel. Penggunaan kaca tempered sebagai sekat bisa memberikan privasi ketika Anda memasak. Desain ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai me time dengan memasak.

Perpaduan warna cokelat kayu dan krem yang netral bisa dipilih untuk menciptakan harmoni di sana.

Meskipun diberi sekat kubikel yang seolah memisah dengan ruang lainnya, pemilihan warna netral ini tetap bisa membuat ruang dapur Anda tetap terkesan lapang.

2. Desain Dapur Minimalis 3×2 Serba Putih

Jika Anda mengusung konsep rumah serba putih, maka harus konsisten sampai dapur dibuat putih. Buatlah dinding pembatas agar kegiatan memasak tidak mengganggu aktivitas di ruang lainnya.

Selain itu, keberadaan dinding pembatas ini juga bisa digunakan agar asap yang ditimbulkan dari masakan tidak menyebar kemana-mana dan bisa dengan cepat dihisap coocer hood.

3. Desain Dapur Minimalis Tema Mediterranean Blue

Agar sudut dapur tampak semakin unik, maka tidak ada salahnya untuk berani mengaplikasikan warna dan motif di sana.

Memilih tema mediterranean blue bisa dipilih dengan menambah sedikit aksen warna biru dari penggunaan keramik bermotif. Untuk menambah kesan alami yang kuat, Anda bisa memakai top table, meja gantung dan juga kursi.

4. Desain Dapur Minimalis  Ukuran 3×2 Tema Semi Outdoor

Keuntungan memilih desain dapur minimalis bertema semi outdoor ini adalah sirkulasi udara menjadi sangat lancar. Dengan udara segar yang berputar, maka membuat asap masakan tidak berputar-putar saja di area dapur.

Penggunaan rooster dengan beragam corak sebagai penyangga meja bisa memberikan kesan yang sangat unik. Akan sangat serasi ketika dipadukan dengan tembok acian yang memberi kesan industrial.

5. Desain Dapur Minimalis 3×2 Nuansa Hitam Putih

Menerapkan desain dapur minimalis dengan nuansa monokrom hitam putih juga tidaklah buruk. Untuk mempertegas kombinasi dua warna tersebut, Anda bisa menggunakan meja kayu sebagai aksen pemanis.

Bagi Anda yang memanfaatkan sudut ruangan sebagai dapur mungil ini, maka pastikan jika ventilasi yang dibuat berfungsi dengan baik agar asap dari masakan tidak berputar ke ruang lainnya di dalam rumah.

Baca juga: Rekomendasi Desain Dapur Minimalis 3×4

6. Desain Dapur Minimalis 3×2 Nuansa Cokelat Gelap

Memiliki dapur dengan nuansa kopi atau cokelat gelap bisa memberi kesan yang menenangkan. Layaknya aroma kopi yang bisa memberikan semangat, sudut dapur dengan nuansa demikian juga bisa diibaratkan layaknya sumber energi.

Agar bisa menonjolkan kesan yang elegan dari warna cokelat gelap ini, maka bisa juga dipadukan dengan furnitur seperti meja bar kayu dan top table.

Jika dapur minimalis ini letaknya berdekatan dengan ruang keluarga, maka Anda bisa menambah wall panel dengan warna yang senada untuk pemisah.

Mengingat keterbatasan ruangan dapur yang hanya 3×2 meter, maka pertimbangkan untuk selalu memilih perabotan yang paling fungsional.

7. Desain Dapur Minimalis 3×2 Berada di Tengah Ruangan

Memiliki dapur minimalis yang letaknya berada di tengah ruangan atau berada di belakang area keluarga juga menarik.

Karena posisi berada di tengah ruangan, maka pastikan untuk selalu menata semua peralatan dapur dengan baik agar saat dilihat anggota keluarga lain atau tamu selalu nampak rapi. Susunlah semua peranti makan dengan mempertimbangkan keserasian warna.

8. Desain Dapur 3×2 Di Area Sudut Lorong

Dapur yang terletak di sudut lorong cukup menarik untuk diterapkan. Agar semakin nampak rapi dan praktis, letakkan peralatan dapur dan memasak bersebarangan dengan kitchen set.

Agar memberi kesan luas pada area dapur minimalis yang berada di sudut lorong ini, terapkan warna putih untuk cat dindingnya.

Penggunaan material kayu untuk lis pinggiran rak dan pada top table bisa berperan sebagai pemanis yang sangat estetik.

Memiliki luas rumah yang terbatas, rupanya tidak bisa menghalangi Anda untuk bisa memiliki area dapur yang mungil tapi tetap bisa terlihat elegan.

Dengan memilih salah satu dari beberapa inspirasi desain dapur minimalis 3×2 di atas dan beberapa tips menatanya, Anda bisa menciptakan area memasak yang lebih menyenangkan.

Suasana dapur yang nyaman ini juga bisa membuat Anda mengolah masakan yang lebih enak dan lezat untuk keluarga tercinta.

Editted by UN

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *