14 Kaligrafi Dinding Ruang Tamu yang Estetik

Selain untuk menampilkan citra religius, kaligrafi dinding ruang tamu juga bisa membuat para tamu yang datang lebih betah. Sebab, ada pemandangan yang bisa membuatnya senang.

Ada berbagai jenis hiasan dinding yang bisa Anda gunakan sebagai dekorasi ruang tamu, mulai dari lukisan hingga beragam pajangan tiga dimensi yang bisa digantung di dinding.

Jenis pajangan yang bisa Anda pilih tergantung pada citra yang ingin Anda tampilkan, apakah itu citra bahagia, modern, atau religius. Jika Anda ingin mengekspresikan gambaran religius dan estetis, Anda bisa mencoba memilih kaligrafi sebagai hiasan.

Bicara soal kaligrafi, bentuk yang dipajang di ruang tamu tidak harus berupa lukisan. Terdapat berbagai jenis produksi seni kaligrafi yang tentunya akan mempercantik tampilan interior.

Daripada penasaran tips menata hiasan dinding berupa kaligrafi, yuk simak beberapa inspirasinya berikut ini!

14 Rekomendasi Kaligrafi Dinding Ruang Tamu yang Populer

Kaligrafi Dinding Ruang Tamu
Kaligrafi Dinding Ruang Tamu

Penasaran seperti apa saja rekomendasi bentuk kaligrafi dinding ruang tamu yang bisa kalian cari? Anda bisa menemukan salah satu idenya dibawah ini.

Kaligrafi dalam Bingkai Geometris

Rekomendasi kaligrafi dinding ruang tamu yang pertama adalah kaligrafi dalam bingkai geometris. Jika ingin memadukan etnik Arab dengan motif modern, Anda bisa memilih kaligrafi yang disusun dalam bingkai geometris.

Garis-garis kokoh yang membingkai akan membuat lukisan kaligrafi ini terlihat lebih modern. Pajangan ini sangat cocok digantung di dinding putih polos untuk menambah kesan modern.

Langsung Lukis di Dinding

Tanpa memerlukan kanvas atau bingkai, Anda bisa memanfaatkan dinding rumah Anda sebagai media melukis. Kaligrafi ini dapat memberikan kesan seperti  kaligrafi Arab tersebut menyatu pada dinding rumah.

Jangan lupa gunakan warna kontras untuk kaligrafinya ya! Jika dinding Anda berwarna terang,  kaligrafinya harus berwarna gelap.

Baca juga: Kaligrafi Nabi Muhammad

Kaligrafi Berbentuk Lingkaran

Jika Anda bosan dengan kaligrafi dinding ruang tamu yang disusun secara vertikal, Anda bisa mencoba lukisan kaligrafi yang satu ini. Kaligrafi dengan bentuk melingkar akan membuat tampilan semakin estetis.

Pola dekoratif kaligrafi ini cocok untuk berbagai gaya dekorasi ruangan, baik modern maupun tradisional.

Kaligrafi Kayu

Kaligrafi dinding ruang tamu dari kayu ini khusus bagi Anda yang menyukai nuansa natural di rumah. Material kayunya memberikan kesan natural dan menghadirkan kehangatan. Dekorasi ini juga cocok untuk rumah bergaya tradisional lho!

Kanvas yang Dirangkai

Jika Anda ingin menggunakan kanvas sebagai media kaligrafi, Anda bisa memilih lukisan dinding kaligrafi untuk ruang tamu seperti yang satu ini.

Agar tidak monoton, rangkaian kalimat bahasa Arab dipisahkan menjadi beberapa kanvas. Dengan begitu, ketika dipajang di dinding, lukisan itu seperti potongan puzzle yang baru saja disambungkan.

Kaligrafi Berbentuk Binatang

Tentu akan membosankan jika menampilkan kaligrafi dalam bentuk yang itu-itu saja.  Sebagai pilihan, Anda dapat menyusun kaligrafi  dalam bentuk yang tidak biasa. Contohnya adalah tulisan kaligrafi yang disusun membentuk gambar burung.

Seni Dinding Kaligrafi Huruf Romawi

Bahasa Latin Romawi kuno hanya digunakan terbatas, namun huruf dan angkanya tetap digunakan secara umum hingga saat ini. Ada suatu masa ketika kaligrafi Romawi hanya sebatas menampilkan perkataan dan kutipan agama Kristen, seperti yang diambil dari Alkitab.

Selanjutnya, kaligrafi Romawi lambat laun menjadi simbol modernisasi. Hiasan dinding kaligrafi Romawi ini kini bisa digunakan untuk menulis kutipan dari orang-orang terkenal.

Seni Kaligrafi Sansekerta India

Bagi penggemar film Bollywood, hiasan dinding kaligrafi ini mungkin bisa menjadi pilihan dekorasi rumah. India adalah rumah bagi banyak bahasa, sehingga terdapat keragaman dalam penulisan artistik.

Sansekerta merupakan salah satu bahasa tertua yang biasa digunakan sebagai karya seni kaligrafi. Dalam bahasa ini, seni kaligrafi telah melayani banyak tujuan sejak dimulainya pada abad ke-2 SM, terutama digunakan untuk menyalin teks keagamaan.

Ya, kaligrafi dapat dijadikan sebagai sarana yang sangat indah untuk menjaga nilai-nilai filosofis untuk mempercantik dinding ruang tamu Anda.

Baca juga: 10 Ragam Pilihan Lemari Hias Minimalis Ruang Tamu Kecil yang Estetik

Kaligrafi Tiongkok Klasik Penuh Filosofi

Seperti banyak seni lainnya, lukisan dinding kaligrafi Tiongkok sepenuhnya terinspirasi oleh alam. Biasanya dalam  setiap naskah, setiap goresan, bahkan setiap titik menggambarkan bentuk suatu benda di alam.

Kaligrafi kemudian berkembang menjadi banyak bentuk seni lainnya di Tiongkok, seperti  ukiran  segel, hiasan pemberat kertas, dan bahkan batu tinta. Saat ini, Anda dapat mengadaptasi pesan filosofis apa pun dan kemudian  menggunakannya untuk tujuan dekoratif pada hiasan dinding kaligrafi.

Kaligrafi Kanji Jepang

Sama seperti kaligrafi Tiongkok, hiasan dinding kaligrafi Jepang seringkali terinspirasi dari benda-benda alam. Huruf Jepang yang umum digunakan adalah Kanji.

Menurut tradisi aslinya, terdapat beberapa pilihan kaligrafi dinding ruang tamu dari  haiku atau puisi tradisional Jepang, atau satu huruf Kanji unik yang penuh makna, dan dikhususkan untuk musim yang berbeda.

Pilihan modern untuk hiasan dinding kaligrafi Jepang juga bisa  menggunakan poster manga atau anime, karena jenis huruf Kanji yang digunakan seringkali sangat estetik.

Kaligrafi dengan Tekstur Seperti Relief

Pola relief yang banyak ditemui di museum atau candi akan semakin unik  jika dijadikan dekorasi ruangan. Ya, motif seperti relief akan memberikan kesan berbeda. Apalagi jika dipadukan dengan desain ruang tamu dengan corak mewah.

Anda bisa memasukkan elemen warna netral pada dinding serta banyak dekorasi lainnya.

Kaligrafi dinding ruang tamu satu ini sering kali dibuat dengan emas. Suasana yang tercipta dari hiasan kaligrafi timbul ini sangat nyaman dan sejuk.

Plakat Kaligrafi

Inspirasi kaligrafi dinding ruang tamu selanjutnya yaitu plakat kaligrafi. Plakat yang sering digunakan sebagai ucapan selamat pada acara-acara khusus kini juga bisa digunakan sebagai dekorasi interior. Plakat kaligrafi ini menghadirkan gaya ideal pada desain minimalis.

Bahan plakatnya bisa berupa kayu, fiberglass, kaca, akrilik, dan yang lainnya. Plakat ini akan memberikan kesan lebih elegan lho! Apalagi jika Anda memilih warna dengan kombinasi kontras antara terang dan gelap.

Kombinasi warnanya bisa Anda sesuaikan dengan desain interior ruang tamu Anda. Selain itu, Anda juga perlu memilih ukuran yang  sesuai dengan luas ruangan.

Kaligrafi yang Terbuat dari Silikon

Keistimewaan bahan silikon ini adalah membuat kaligrafi  bercahaya. Nuansa seperti ini akan terkesan lebih unik dan juga menonjolkan nuansa Timur Tengah yang kental.

Tekstur silikon ini benar-benar unik dan menjadi semakin unik dengan bahan yang digunakannya. Kombinasi antara kayu, kemudian dilapisi dengan lapisan kain beludru akan menciptakan pola yang eksklusif.

Dengan adanya kesan glossy serta kombinasi warna silver dan emas akan membuat dekorasi kaligrafi  ruang tamu Anda semakin artistik khas Timur Tengah.

Poster Kaligrafi

Kaligrafi dinding ruang tamu berikutnya yang tidak kalah menarik adalah poster kaligrafi. Dengan interior bergaya modern, menerapkan gaya kaligrafi ini pasti akan sangat cocok.

Nuansa modern pada poster akan menambah keindahan ruang tamu Anda. Terutama, jika Anda bisa menemukan model tulisan yang cocok.

Bahan yang digunakan biasanya kertas tebal dan tetap aman meski tanpa bingkai. Memang, dekorasi poster jenis ini akan lebih cocok jika tidak menggunakan bingkai.

Nuansa minimalis ini banyak dijumpai pada rumah-rumah masa kini. Apalagi bagi Anda yang tinggal di rumah dengan ruangan kecil dan modern.

Itulah 14 rekomendasi kaligrafi dinding ruang tamu yang bisa Anda jadikan referensi. Pilihan kaligrafi tersebut pasti akan membuat ruang tamu minimalis Anda semakin menarik. Selain tulisan yang akan selalu mengingatkan kepada Tuhan, kaligrafi juga menjadi pilihan terbaik untuk mendekorasi dan mempercantik rumah.

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *