Kelebihan Desain Dapur Terbuka untuk Rumah Minimalis

Pada beberapa artikel sebelumnya, kita sudah membahas tentang beragam ide desain dapur terbuka. Ada beberapa kelebihan desain dapur terbuka, mulai dari kombinasi dengan taman, hingga sesuai tipe rumah yang dimiliki.

Nah, pada konsep desainnya, kelebihan desain dapur terbuka sebenarnya cukup banyak. Terutama jika Anda termasuk orang yang cepat bosan dengan hal-hal yang monoton.

Anda bisa coba desain dapur terbuka dengan ide yang bisa Anda eksplorasi sendiri.

Sebelum membahas lebih jauh tentang konsep terbuka yang dimaksud, mari kita bahas dari awal dulu mulai dari pengertian dapur terbuka hingga contoh desainnya.

Apa itu Desain Dapur Terbuka?

Desain dapur terbuka adalah desain dapur yang sengaja dibuat tanpa sekat dinding. Dapur terbuka biasanya diletakkan menyatu tanpa sekat dengan ruangan yang lain.

Dapur terbuka ada dua konsep, yaitu berdampingan dengan ruang makan atau ruang keluarga dan juga konsep dapur terbuka yang berdampingan dengan taman belakang.

Bagi Anda yang senang dengan ruangan yang lega, konsep dapur terbuka ini sangatlah cocok untuk Anda. Walaupun ada banyak keistimewaan, tentunya dapur yang mengusung konsep terbuka pun punya kekurangan.

Yuk cek bareng-bareng apa saja sih kelebihan dan kekurangan dapur terbuka?

Kelebihan Desain Dapur Terbuka

kelebihan desain dapur terbuka

Konsep dapur terbuka minimalis akan berdampak pada dapur di rumah Anda yang jadi punya sirkulasi udara yang lebih baik.

Tentunya poin kelebihan desain dapur terbuka sendiri ini ada pada kualitas udara sekitarnya yang jadi lebih segar dibandingkan dengan konsep dapur indoor atau dapur di dalam ruangan.

Tidak hanya itu saja tentunya, dari sisi kemudahan keterjangkauan, desain dapur terbuka selalu menyuguhkan suasana memasak yang tidak biasa.

Di bawah ini beberapa list kelebihan dan kekurangan desain dapur terbuka yang bisa Anda jadikan pertimbangan.

Sirkulasi Udara yang Lebih Baik

Kelebihan desain dapur terbuka pertama adalah soal sirkulasi udara.

Sirkulasi udara yang baik akan menyebabkan dapur Anda jadi tidak lembap dan tidak pengap.

Udara yang segar dan tidak lembap akan mengakibatkan dapur Anda terhindar berasal dari bakteri dan perkembangan fungi. Meski begitu, Anda juga konsisten perlu membersihkan area dapur terbuka Anda secara rutin ya.

Ruang Mobilitas yang Lebih Luas

Dapur terbuka punyai ruang yang nisbi lebih luas dibandingkan dengan dapur di ruangan tertutup. Tentunya gara-gara dapur terasa lebih luas, Anda akan lebih gampang dan leluasa kala berkegiatan di dapur yang mengusung konsep terbuka.

Kecuali konsep dapur terbuka yang Anda memiliki menyatu dengan ruang makan, Anda tentunya akan lebih leluasa untuk menaruh kuliner yang udah matang ke meja makan tanpa mesti melewati sekat pembatas ruang.

Anda juga akan lebih mudah menaruh piring kotor dan peralatan makan lain yang sudah selesai digunakan ke bak cuci piring di dapur, tidak?

Tidak cuman tersebut, konsep dapur terbuka pun bisa menghemat biaya Anda. Anda tidak wajib membangun atau membeli penyekat ruangan dan bisa mengenakan satu furniture untuk dua ruangan. Lebih ekonomis bukan, tidak harus membawa dampak sekat terhadap dapur Anda?

Pemandangan yang Segar

Tidak cuman menyatu dengan ruangan lain, konsep dapur terbuka juga bisa dibuat menyatu dengan halaman belakang Anda.

Jikalau konsep dapur terbuka yang Anda memiliki menyatu dengan halaman belakang, Anda bisa memasak dan berkegiatan di dapur sambil nikmati pemandangan yang segar lho.

Tak hanya tersebut, kecuali dapur Anda dekat dengan halaman belakang, Anda pun bisa mengadakan pesta kebun dan tidak mesti jauh-jauh ke di dalam ruang dapur. Anda juga bisa mengadakan pesta barbeque dengan keluarga atau teman-teman Anda.

Kelemahan Desain Dapur Terbuka

Setelah tahu kelebihan desain dapur terbuka jika diusung, selanjutnya kita juga mesti tahu kekurangannya. Diantaranya ialah:

Berisiko Terkena Hama

Mempunyai dapur berkonsep terbuka tentunya akan membawa dampak dapur Anda rawan untuk dimasuki oleh hama.

Hama layaknya tikus dan kecoak bisa dengan mudah masuk ke dapur terbuka Anda. Tentunya Anda mesti mengusirnya sebab akan memicu dapur Anda jadi tidaksehat.

Terkecuali hari tengah hujan, terhadap konsep dapur terbuka yang dekat dengan halaman luar, Anda bisa mendapati cacing tanah yang ada di halaman naik ke dapur.

Untuk tersebut, Anda sebaiknya membatasi daerah dapur terbuka Anda dengan halaman sehingga cacing tanah tidak mudah masuk kala musim hujan.

Anda juga bisa memberi jarak yang memadai antara dapur dengan taman sehingga hama yang berasal dari taman tidak gampang masuk ke dalam rumah.

Baca juga: Desain Dapur Terbuka Sederhana Di Belakang Rumah

Dapur jadi lebih Cepat Kotor

Dapur berkonsep terbuka terutama menyatu dengan halaman akan nisbi lebih cepat kotor. Dapur yang terbuka akan memudahkan debu berasal dari luar masuk ke dalamnya.

Daerah dapur terbuka juga berisiko terkena tampias air hujan sementara musim hujan.

Untuk itu sebaiknya gunakan atap atau kanopi yang lumayan untuk menutupi tempat perbatasan antara dapur dan taman belakang rumah.

Nah, itu dia berbagai kelebihan desain dapur terbuka termasuk kekurangannya. Memang , kelebihan desain dapur terbuka cukup beragam. Sehingga, sebaikya Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan. . Semoga bermanfaat!

rofik n

Being Content Writer Since 2017. Menulis pertama kali di diminimalis dimulai tanggal 7 Februari 2018. Topik tulisannya seputar desain rumah minimalis, interior, eksterior, landscape dan juga aquascape, termasuk kolam renang, mulai dari pembuatan, renovasi dan juga perawatan, dengan mengedepankan konsep green living dan citra hunian yang nyaman bagi keluarga.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.