Tips Pilih Lampu Dapur Kekinian

Lampu adalah salah satu elemen paling penting di area ruang dapur. Cukup dengan menambahkan lampu dapur minimalis satu saja yang terang maka akan membuat dapur nyaman dipakai beraktivitas.

Sebagai sumber utama dari pencahayaan, lampu dapat membuat tidak hanya dapur. Tapi juga rumah anda terasa semakin lebih hidup dan nyaman berkat cahaya yang dihasilkan.

Selain di area ruang tamu, kamar tidur, dan kamar mandi, area dapur inilah yang juga membutuhkan pencahayaan yang cukup memadai.

Apalagi area dapur kerap kali digunakan untuk proses masak yang membutuhkan cahaya agar terhindar dari berbagai hal buruk.

Salah satu yang sering digunakan untuk area dapur adalah jenis khusus lampu dapur minimalis yang sudah banyak dijual di pasaran.

Anda bisa mempercantik dekorasi dapur dengan model lampu tersebut. Dengan penggunaan model dan bentuk lampu yang sesuai, maka akan menambah kecantikan pada rumah anda, terutama pada dapur.

Saat ini banyak tersedia jenis dan model lampu untuk dapur, mulai dari model klasik, lampu dapur vintage, hingga lampu dapur minimalis bergaya rustic.

Untuk harganya sendiri lampu dapur juga dibanderol dengan harga yang berbeda, tergantung dari model serta bahan material yang digunakannya.

Bagi anda yang berencana memasang lampu tersebut pada dapur, simak beberapa langkah yang harus anda perhatikan.

Tips Memilih Lampu Dapur yang Tepat

Bagaimana sih cara memilih lampu dapur yang baik dan benar? Untuk menjawab pertanyaan ini, simak penjelasan berikut ini, agar anda tidak salah dalam memilih lampu dapur minimalis yang tepat.

Perhatikan Warna Cat Dinding Dapur

Lampu Dapur Minimalis

Saat membeli sebuah lampu, biasanya kebanyakan orang tidak memperhatikan area sekitarnya, salah satunya adalah warna cat pada dinding. Padahal, warna lampu bisa dipengaruhi oleh cat dinding pada rumah.

Misalnya saja, bila anda memakai warna cat dinding yang gelap, maka akan lebih cocok jika anda memilih warna lampu yang lebih terang dan kontras, seperti kuning yang terang.

Hal terpenting jangan menggunakan cahaya yang redup, karena hal ini dapat membuat ruangan menjadi semakin gelap.

Tentukan Ukuran dan Jumlah Lampu dengan Luas Ruangan

Lampu Dapur Minimalis
Lampu Dapur Minimalis

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan dalam menentukan ukuran lampu adalah luas ruangan dapur. Selain itu, anda juga harus memadukan antara bentuk lampu dengan dapur.

Bila ukuran dapur cukup luas, anda bisa juga memakai lampu dapur minimalis yang lebih terang. Hal ini bertujuan untuk membuat dapur lebih terasa luas dan nyaman.

Anda juga dapat menambahkan lampu minimalis lain seperti lampu gantung untuk area makan.

Gunakan Jenis Lampu Downlight

Untuk bagian area memasak didapur, sebaiknya gunakanlah lampu downlight dengan warna putih yang netral. Jika jendela dapur minimalis dekat dengan area memasak mungkin akan gampang memasak saat pagi/siang hari.

Penggunaan lampu jenis downlight juga dapat membuat ruangan dapur anda tampak lebih luas dan tidak menyilaukan mata saat dipakai malam hari.

Cobain sih!

Tentukan Anggaran Dana Pembelian Lampu

Hal penting selanjutnya yang harus anda perhatikan adalah anggaran dana untuk membeli jenis lampu dapur minimalis.

Agar lebih hemat, anda bisa membeli lampu LED yang sudah terkenal hemat energy dan tahan lama dengan cahaya yang terang.

Referensi Model Lampu Dapur Minimalis Terbaik

Selain tips memilih lampu dapur yang baik dan benar, pemilihan jenis dan modelnya juga perlu anda pertimbangkan.

Berikut ini beberapa jenis dan model lampu dapur minimalis yang perlu diperhatikan.

Lampu Gantung Model Laba-Laba

Penggunaan lampu gantung model laba-laba pada ruangan memang banyak digunakan oleh beberapa kalangan. Lampu yang digantung akan terkesan sangat mewah saat dipasangkan.

Kemewahan dari sebuah lampu yang digantung terdapat pada jenis lampu yang diinginkannya. Selain itu, anda juga dapat menggunakan lampu gantung minimalis modern yang memiliki bentuk seperti laba-laba yang sangat unik.

Bentuk lampu ini terkesan jarang untuk digunakan bagi beberapa orang. Penggunaan warna pada model lampu dapur minimalis dapat disesuaikan dengan desain yang akan anda gunakan.

Lampu Minimalis Kotak Bertingkat

Menentukan jenis dan model lampu gantung yang cocok untuk dapur memang sulit untuk diterapkan.

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan baik dari segi ukuran, bentuk dan juga warna lampu serta kecocokannya dengan konsep.

Ketika anda akan memilih jenis lampu dapur minimalis akan mudah dilakukan jika anda sudah mempunyai konsep pada dapur anda. Jika belum mempunyai desainnya, gunakan konsep desain modern.

Gaya modern memang lebih mudah dipadukan dengan desain atau interior berjenis apapun. Salah satunya adalah memilih lampu gantung pada dapur.

Lampu Model Mediterania

Keindahan lampu dapur memang tidak dapat dilihat dari harganya saja. Seperti yang kita ketahui, saat ini terdapat banyak jenis lampu yang bisa di pilih sesuai dengan berbagai gaya model kekinian.

Salah satu model lampu pada dapur yang sering atau banyak digunakan adalah konsep mediterania.

Dengan konsep seperti ini, maka akan memunculkan keunikan tersendiri sehingga membuat lampu tersebut menjadi pusat perhatian.

Lampu Klasik Model Mangkuk Kaca

Keunikan sebuah lampu tidak hanya dilihat dari bentuknya saja, melainkan dari material yang digunakannya.

Untuk memunculkan keunikannya, anda bisa menggunakan model lampu dapur minimalis dengan menggunakan frame lampu yang berbeda.

Lampu Minimalis Model Toples

Jika kita lihat secara teliti, jenis model lampu dapur yang satu ini memang sangat unik. Model lampu cantik diatas memang sangat jarang digunakan dikalangan umum.

Perlu diperhatikan juga jika lampu yang digantungkan tersebut disimpan dan dimasukan kedalam sebuah toples.  

Dengan demikian, anda bisa memberikan kesan yang jauh berbeda dibandingkan dengan desain lampu pada umumnya.

Lampu Minimalis Klasik dengan Tambahan Palet

Model lampu dapur minimalis selanjutnya yaitu lampu dapur klasik dengan tambahan palet. Selain itu, anda juga tidak perlu khawatir untuk membuat sesuatu yang awalnya terlihat biasa saja menjadi sesuatu yang luar biasa.

Kesan tersebut bisa dilihat dari model lampunya, dengan bentuk yang unik tentunya akan membuat anda merasa jauh lebih nyaman ketika berada di dapur berlama-lama.

Baca juga: 9 Model Lemari Gantung Dapur Kayu Minimalis untuk Kesan Lebih Estetis

Lampu Minimalis Gantung Semi Klasik

Menggunakan lampu dapur model klasik memang jarang untuk digunakan, terutama jika anda menggunakan konsep modern ketika membuat desain interiornya.

Tentunya dengan desain model semi klasik akan cocok jika dipadukan bersama dengan gaya modern. Tentu saja hal ini akan menambah tampilan dan bentuk yang lebih unik pada tampilan lampunya.

Lampu Bergaya Modern dengan Konsep Elegan

Inspirasi desain dapur minimalis sering menjadi impian bagi banyak orang, terutama jika anda memadukan hasil yang sempurna dari penggunaan lampu dan desain interior lainnya.

Lampu dapur minimalis jenis ini sudah mulai banyak digunakan terutama pada konsep rumah minimalis dan kekinian.

Selain dapat membuat tampilan dapur menjadi semakin cantik, anda juga akan semakin betah berada di dapur dengan lama.

Itulah ulasan lengkap mengenai model lampu dapur minimalis yang bisa menjadi referensi bagi anda untuk dapat mempercantik tampilan dapur pada rumah anda. Padukan konsep yang sesuai dengan keinginan kita agar hasilnya juga sangat memuaskan.

Editor: UN

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *