Keunggulan Batu Alam untuk Dinding Teras Rumah Anda

Untuk Anda yang penasaran dengan efek penggunaan batu alam untuk dinding teras rumah, hunian-hunian modern saat ini bisa jadi sampel yang sempurna kok.

Bahkan, tidak harus melihat contoh di kota-kota/perumahan, untuk rumah-rumah di pedesaan juga banyak yang telah mengadopsi penggunaan batu alam untuk dinding teras rumah mereka.

Anda tidak harus memiliki hunian besar dan mewah untuk bisa mendapatkan manfaat estetis dari batu alam ini. Anda tinggal menentukan area dinding mana yang akan diberi sentuhan batu alam. Termasuk seberapa luas area yang akan dilapisi dengan batu alam tadi.

Sebagai salah satu bagian dari ide dekoratif hunian modern, batu alam untuk dinding teras rumah Anda akan memberikan sebuah suguhan tampilan yang unik dan menarik.

Tidak hanya itu, batu alam ini juga akan berperan lain yakni membantu melindungi permukaan tembok eksterior (teras) rumah Anda dari kerusakan. Baik oleh terpaan air hujan, ataupun goresan yang berpotensi membuat tembok jadi terkoyak.

Kenapa Dinding Teras Perlu Diberi Lapisan Khusus?

Tampilan dinding yang monoton dan tanpa hiasan apapun jelas akan membosankan secara visual. Apalagi jika bicara soal eksterior yang mana akan dilihat oleh banyak pasang mata yang berkunjung ke rumah.

Maka, salah satu alternatif terbaiknya adalah dengan Anda mencari ide untuk menambahkan sebuah material pelapis yang unik dan fungsional.

Nah, jika Anda salah satu yang tertarik dengan pelapis tembok dari elemen batu alam maka teras rumah Anda bisa dilapisi material ini.

APa keunggulan dari material batu alam untuk dinding teras rumah Anda?

Setiap satu inci batu alam yang dipasang akan bermanfaat untuk membuat dinding teras jadi lebih bagus secara tampilan dan kuat secara konstruksi.

Lalu, Bagaimana Penerapan yang Tepat dari Jenis Batu alam untuk Pelapis Dinding?

Batu alam ini seperti bongkahan keramik yang lumrah dipakai sebagai pelapis dekoratif yang terbuat dari batu asli ataupun tiruan. Anda dapat menggunakannya untuk melapisi dinding teras dengan dasar konstruksi beton, baja ataupun semen.

Kita tahu bahwa ada berbagai macam warna, tekstur dan juga pola yang bisa dipilih dari material batu alam itu sendiri.

Pelapis dinding berupa material batu alam adalah pilihan tepat untuk menambahkan keanggunan dan kesan sejarah ke dalam hunian Anda.

Tidak hanya itu, pelapis dari sejenis batu ini juga bisa bertindak sebagai pelindung dinding dan sekaligus sebagai isolator untuk menjaga suhu rumah Anda tetap stabil dan sejuk.

Ide Penambahan Batu Alam untuk Teras Rumah

batu alam untuk dinding teras rumah 99.co

Ada banyak ide yang bisa diterapkan untuk membuat dinding teras jadi lebih asri. Setidaknya dengan beberapa ide yang bisa diusung. Berikut ini contoh konsep penerapan batu alam untuk dinding teras rumah minimalis Anda.

1. Teras Rumah Kombinasi Batu Alam Hitam dan Tanaman Hias hijau

Satu diantara pilihan warna terestetis batu alam untuk dinding teras rumah yang bisa diadopsi adalah warna hitam. Ini adalah warna umum yang biasa dipakai pada eksterior rumah khususnya bagian dinding teras.

Nah, sebagai pelengkap kecantikan rumah Anda, sebaiknya tambahkan beberapa elemen lainnya yang memang mendukung. Seperti tanaman bunga dalam pot, rak sepatu atau elemen lainnya yang bisa dimanfaakan untuk menunjang penampilan.

Termasuk juga elemen furniture berupa kursi dan meja santai yang identik dengan sebuah teras rumah. Tentu jika kombinasinya tepat akan menghasilkan desain teras rumah yang benar-benar bagus.

Baca juga: Manfaat Memiliki Tanaman Rumah Minimalis yang Simpel Tapi Estetis

2. Teras rumah tradisional dengan batu alam 

Konsep lainnya dalam hal penerapan batu alam untuk teras rumah ialah model teras rumah sederhana ala hunian tradisional. Cirinya bisa dengan menambahkan kursi atau bangku panjang dan meja dari kayu .

Tidak perlu ada tambahan lain yang biasa ada di teras rumah modern. Konsep tradisional ini mengedepankan apapun termasuk penataannya dengan amat simpel sehingga tidak perlu banyak tambahan.

Dengan konsep seperti ini, maka teras rumah Anda akan terkesan simpel dan mirip dengan rumah-rumah tradisional zaman dahulu yang penuh kesejukan

3. Teras Rumah Sederhana minimalis

Teras rumah juga bisa dibuat dengan simpel minimalis meskipun ada tambahan batu alam pada dindingnya. Setiap orang pasti menginginkan rumah yang simpel dengan segala perpaduan elemen yang tepat.

Pada teras rumah minimalis sederhana, setiap detailnya hanya akan menonjolkan fungsinya sebagai tempat untuk duduk santai sembari melihat pemandangan taman.

Bukan berarti teras sederhana itu tanpa perlu diberi hiasan tumbuhan apapun di sekelilingnya ya. Anda bisa menambahkan sebuah pot bunga gantung di teras rumah Anda sehingga momen santai Anda lebih khustu sembari menikmati kopi atau teh hangat.

4. Teras rumah yang Luas

Sebenarnya tidak ada perbedaan yang terlalu kentara antara konsep-konsep teras sebelumnya dengan konsep teras yang luas ini. Perbedaannya hanya pada ukuran terasnya yang luas dibandingkan beberapa model sebelumnya.

Teras yang luas sendiri keuntungannya ada pada kemudahan dalam penataannya. Namun begitu, penambahan elemen lain juga sering kali berpengaruh terhadap hasil rancangan desain teras yang bagus dari sisi tampilan.

Pada intinya, saat Anda memutuskan untuk mengadopsi batu alam untuk dinding teras rumah Anda, ada banyak kelebihan yang ditawarkan.

Apalagi jika Anda berhasil memadukannya dengan sentuhan tanaman hias yang unik. Setiap detailnya pasti akan menghasilkan sebuah filosofi desain yang indah.

Bagaimana, tertarik menjadikan ide batu alam untuk dinding teras rumah Anda? Silakan cari inspirasi bagaimana mendesainnya ya, semoga desain yang Anda harapakan bisa terwujud dan berhasil!

rofik n

Being Content Writer Since 2017. Menulis pertama kali di diminimalis dimulai tanggal 7 Februari 2018. Topik tulisannya seputar desain rumah minimalis, interior, eksterior, landscape dan juga aquascape, termasuk kolam renang, mulai dari pembuatan, renovasi dan juga perawatan, dengan mengedepankan konsep green living dan citra hunian yang nyaman bagi keluarga.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.