Riset Pasar: Apa itu? Mengapa dan 4 Tujuannya

Setiap produk yang hendak dipasarkan perlu terlebih dahulu diketahui apa dan siapa sasarannya. Inilah tujuan riset pasar sebenarnya. Disamping itu, kegiatan ini memiliki tujuan lain yang tak kalah penting.

Namun sebelum beranjak ke bagian tujuan, perlu terlebih dahulu mengetahui dari definisi tentangnya. Lantas, apa itu riset pasar ?

Definisi Riset Pasar

Riset pasar merupakan proses seleksi dan mengumpulkan data dari target konsumen mengenai kelayakan sebuah produk maupun layanan terbaru ataupun yang telah ada untuk kebutuhan pengembangan. Kegiatan ini memungkinkan merek menemukan target pasar dan mendapatkan umpan balik tentang minat khalayak mengenai produk atau layanan yang ditawarkan.

Ada beragam cara memperoleh data yang bisa dilakukan, seperti metode wawancara, survei, pengujian produk, fokus grup dan lainnya. Adapun riset atau penelitian bisa dilaksanakan secara internal perusahaan maupun menggunakan pihak ketiga yang berkompeten.

Lewat riset pasar ini pula, perusahaan atau merek dapat mengerti tingkat kepuasan konsumen. Karena dengan pengertian tersebut bisnis terbantu dalam penciptaan produk maupun layanan yang sesuai dengan tingkat kepuasan konsumen. Dengan data yang ada itu pula, baik bias atau asumsi yang secara natural muncul dapat dihilangkan lewat data, sehingga keputusan yang diambil pun lebih objektif dan tepat sasaran.

Dewasa ini periset sangat terbantukan dengan kehadiran teknologi. Kecanggihan dari segi pengumpulan dan perhitungan data lewat metode-metode tertentu, sangat memungkinkan pelaku bisnis untuk dapat memprediksi perilaku pasar.

22 ide marketing kreatif
Ide marketing kreatif versi offline

Mengapa Riset Pasar Penting?

Tujuan riset pasar dilakukan adalah untuk mendapatkan pemahaman soal pemenuhan kepuasan konsumen; mengurangi kekecewaan konsumen; serta meningkatkan bisnis. Disamping itu, ada beberapa alasan lainnya mengapa kegiatan ini perlu dilakukan untuk semua bisnis, diantaranya :

Informasi berharga. Mungkin banyak orang berpikir bahwa riset hanyalah sekadar kegiatan pengumpulan data. Namun, orang sering lupa bahwa data-data yang terkumpul tadi harus ditafsir dengan diperkaya lewat data dan konteks bisnis. Sehingga dari tumpukan data tersebut akan ada banyak informasi berharga yang bisa berguna yang sesuai dengan nilai bisnis ataupun masukan ide produk baru. Karena data ini pula rencana dan strategi bisnis yang sesuai dapat diciptakan.

Fokus pada konsumen. Tujuan riset pasar adalah menentukan apa kebutuhan dan keinginan konsumen. Pemahaman akan konsumen merupakan konsumen-sentris yang membantu bisnis untuk merancang desain produk dan jasa yang sesuai dengan mereka. Karenanya mengerti akan kepuasan mereka adalah cara yang paling baik untuk mendapatkan wawasan bermutu mengenai konsumen, terutama sentimen mereka terhadap merek.

6 Konsep pemasaran dan cara memilih yang tepat bagi perusahaan
Apa itu konsep pemasaran ?

Keuntungan kompetisi. Riset pasar adalah alat paling baik untuk tetap di atas pesaing. Semakin mutakhir dan presisi riset yang dilakukan, maka dapat pemahaman terhadap konsumen semakin baik. Pemahaman ini dapat memberikan masukan yang sangat berguna bagi rencana dan penerapan yang akan dilakukan. Sehingga keluaran darinya adalah percepatan perputaran yang membuat bisnis tetap di atas pesaing.

Prediksi. Lewat pemahaman yang cukup atas kepuasan konsumen, bisnis dapat memprediksi produksi dan penjualan, termasuk memperkirakan kebutuhan stok. Pada produk-produk tertentu, riset pasar membantu untuk memprediksi naik-turunnya sebuah permintaan dan penawaran dari waktu ke waktu.

Informasi yang diperoleh dari data riset juga memungkinkan pelaku bisnis untuk memprediksi tren tertentu, sehingga hal tersebut dapat direspon dengan inovasi, penambahan, pengurangan, atau menghentikan produksi komoditas.

Tujuan Riset Pasar

4 Tujuan riset pasar

Setelah mengetahui definisi dan betapa pentingnya kegiatan ini, maka tak kalah penting adalah tujuan riset pasar itu sendiri.

Data yang dikumpulkan dari riset, baik secara kuantitatif maupun kualitatif, akan diolah untuk menjawab sekaligus memprediksi kepuasan konsumen.

Di pemasaran dikenal pula dengan riset pengguna yang sama-sama memperoleh data dari konsumen. Tentunya tujuan riset pasar dengan pengguna jelas berbeda. Apabila pasar berfokus pada sikap dan perilaku konsumen terhadap produk, maka riset pengguna fokus pada pengalaman ketika menggunakan produk.

Ada empat poin penjabaran yang dapat menentukan sebuah produk dapat diterima atau tidak oleh konsumen. Adapun tujuan besar yang hendak dicapai dari kegiatan ini adalah :

1. Kesesuaian Kondisi Konsumen

Mengetahui kondisi konsumen adalah kegiatan yang menjadi bagian tujuan riset pasar dalam memahami aspek eksternal, seperti wilayah, distribusi, kebiasaan, hingga budaya yang berlaku.

Riset ini mampu memberikan gambaran pelaku usaha bagi demografi konsumen. Lewat pengetahuan ini pula dapat ditentukan apakah sebuah komoditas sesuai dengan daerah tersebut atau belum.

2. Kesesuaian Produk

Tujuan riset pasar paling utama adalah mengetahui kepuasan konsumen yang didasari atas kebutuhan dan keinginannya. Dengan data yang terkumpul, pelaku bisnis dapat mengetahui produk apa dan seperti apa yang sesuai.

Dari pemahaman itu pula, pelaku bisnis dapat mengelola produksi dan distribusi yang sesuai dengan kepuasan konsumen. Hal ini bisa menjadi bahan masukan pada tahapan perencaanaan rancangan komoditas yang hendak ditawarkan.

45 Penerapan psikologi marketing
Contoh penerapan psikologi marketing

3. Kesesuaian Biaya Produksi dan Harga Jual

Harga jual menjadi barang yang sensitif bagi pelaku usaha. Seringkali pertimbangannya tak melulu cuma sekadar biaya produksi, distribusi, ditambah dengan keuntungan. Namun juga mempertimbangkan aspek lain, seperti kompetitor.

Tujuan riset pasar dalam mengetahui kepuasan konsumen berguna dari sisi produksi, terutama soal spesifikasi yang dihadirkan nantinya memiliki konsekuensi berupa kebutuhan biaya. Sehingga total dari kebutuhan biaya itu akan dimasukan sebagai komponen pembentuk harga yang ditawarkan. Dari sisi produksi, pengetahuan atas kepuasan konsumen akan menyesuaikan spesifikasi komoditas.

Pertimbangan atas harga menjadi lebih kompleks, terlebih mengetahui daya beli segmen pasar. Pengetahuan atas kekuatan pasar bahkan seringkali menjadi pertimbangan sekaligus kekhawatiran utama dalam melihat peluang bisnis. Karena akan percuma apabila keinginan konsumen tidak dibarengi dengan kekuatan beli.

4. Kesesuaian Promosi

Tujuan riset pasar salah satunya dapat memberikan wawasan tentang buyer persona dari target pemasaran. Pengetahuan atas konsumen ini dapat dijadikan masukan saat pembuatan marketing plan maupun rencana strategi komunikasi pemasaran yang akan dijalankan.

Sehingga diharapkan dari adanya data ini, promosi yang dilancarkan akan berjalan efektif dan efisien. Efektif disini diukur dari ketepatan sasaran komunikasi ke konsumen, serta kesesuaian antara promosi dan proyeksi keuntungan yang didapat setelahnya.

Setelah mengenal definisi dan tujuan riset pasar, maka seseorang perlu pula untuk mengetahui cara melakukan riset pasar.

Editted by UN.

Tinggalkan komentar