20 Inspirasi Desain Dapur Kecil Terbuka Di Belakang Rumah, Unik dan Simpel!

Selain di dalam rumah sebagaimana lumrahnya, dapur bisa juga terletak di belakang rumah lho. Desain dapur kecil terbuka di belakang rumah misalnya semakin marak diminati karena lebih simpel dan anti mainstream.

Selain itu, udara di dapur terasa lebih segar dan bebas asap rokok karena merupakan area terbuka. Berkat konsep terbuka, dapur tidak lagi membutuhkan ventilasi tambahan  seperti kipas angin atau cooker hood.

 Anda juga akan merasakan kesegaran udara saat memasak di belakang rumah. Berikut ini beberapa inspirasi desain dapur kecil terbuka di belakang rumah yang bisa Anda tiru.

20 Inspirasi Desain Dapur Kecil Terbuka Di Belakang Rumah yang Unik

Ada banyak desain dapur kecil terbuka di belakang rumah yang bisa Anda jadikan referensi. Beberapa desain ini layak Anda pertimbangkan karena sifatnya yang simpel dan sederhana, namun tetap terlihat mewah dan rapi.

Selain itu, dapur di belakang rumah juga bisa memberikan efek kesegaran karena berada di ruang terbuka.

Dapur Kecil Terbuka di Belakang Rumah Menggunakan Sliding door

dapur kecil terbuka di belakang rumah

Walaupun  terdapat minibar, dapur terbuka minimalis ini tetap terasa luas karena didesain dengan konsep terbuka dengan pintu kaca geser. Penggunaan pintu geser seperti ini sangat disarankan, karena dapat memudahkan akses ke dapur Anda.

Selain itu, sinar matahari juga langsung masuk ke dapur dan membuat ruangan terlihat lebih cerah. Lumayan menghemat lampu, bukan?

Desain Dapur Kecil Terbuka di Belakang Rumah, Sederhana dengan Tone Warna Bumi

Karena orientasinya menghadap ke taman tepat di belakang rumah, dapur terkesan lebih luas dan terang. Sementara itu, desain dapur minimalis terbuka di bagian belakang rumah seperti ini rawan debu, jadi Anda dapat menggunakan tirai bambu di bagian samping dapur untuk melindunginya.

Selain debu, tirai bambu juga bisa menghalangi angin, sehingga api dalam kompor bisa tetap stabil saat memasak.

Dapur Terbuka Sekaligus Ruang Makan

Desain dapur kecil terbuka di belakang rumah selanjutnya yaitu dapur terbuka yang sekaligus dijadikan sebagai ruang makan. Ruang makan outdoor yang ada di dalam ruang indoor akan menciptakan suasana kekeluargaan yang hangat.

Apalagi jika dipadukan dengan ruang makan. Hasilnya akan lebih hemat tempat dan tentunya jadi tempat berkumpul favorit bersama keluarga.

Dapur Minimalis Terbuka Berbahan Kayu

Material kayu identik dengan hunian minimalis yang mampu membuat suasana di dalam ruangan menjadi lebih hangat. Anda bisa menggunakan kayu dalam desain dapur terbuka.

Hasilnya pasti akan terlihat lebih estetik, apalagi jika memiliki jendela yang cukup besar. Desain dapur kecil terbuka dibelakang rumah Anda pasti akan lain dari yang lain.

Desain Dapur Terbuka Yang Menyatu Dengan Halaman Belakang

Memanfaatkan ruang sempit di belakang dapur adalah ide yang patut Anda coba. Desain dapur kecil terbuka di belakang rumah ini memiliki ide yang bagus karena didesain menyatu dengan taman belakang rumah.

Kalau ruangan terlalu sempit, Anda tetap bisa memanfaatkannya dengan maksimal lho. Salah satu caranya adalah dengan membuat meja bar yang diletakkan pada jendela yang membatasi bagian luar dan dalam rumah.

Anda juga dapat menambahkan beberapa kursi. Area ini juga bisa dijadikan tempat bersantai sambil menikmati suasana halaman belakang yang segar dan asri.

Dapur Terbuka yang Menyatu dengan Area Cuci

Inspirasi desain dapur kecil terbuka di belakang rumah berikutnya adalah menyatu dengan area mencuci. Selain untuk  dapur, Anda juga bisa mencuci pakaian di area yang sama. Tak perlu space yang besar, dapur terbuka berbentuk L bisa Anda buat di dinding ini.

Desain dapur terbuka seperti ini juga sangat cocok untuk Anda yang memiliki rumah minimalis.

Desain Dapur Kecil Terbuka di Belakang Rumah model Tradisional

Desain dapur selanjutnya hadir dengan nuansa ala pedesaan. Dapur semi terbuka ini juga unik dengan meja besi cor yang hanya menggunakan adukan semen.

Selain meja dapur besi cor, dinding dapur juga menggunakan semen yang dipadukan dengan detail atap kayu agar dapur terasa lebih alami.

Anda bisa mencoba meniru dapur di belakang rumah ini jika ingin memiliki dapur tradisional yang sederhana namun tetap unik.

Desain Dapur Terbuka Minimalis

Pemandangan alam yang indah di belakang rumah juga bisa dijadikan aksen natural pada dapur Anda lho. Anda bisa mendesain dapur terbuka dengan kompor yang menghadap pemandangan alam di belakang rumah.

Jangan lupa tambahkan atap/kanopi untuk dapur terbuka Anda agar kegiatan memasak tidak terganggu oleh cuaca buruk.

Desain Dapur Minimalis Terbuka Holiday Style

dapur kecil terbuka di belakang rumah

Desain dapur kecil terbuka di belakang rumah yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang menginginkan suasana seperti di pantai. Struktur seperti kotak putih menciptakan ruang yang terdefinisi dengan baik, terpisah dari rumah utama.

Sementara itu, area untuk memasak dan persiapannya hampir seluruhnya tersembunyi di balik bar luar ruangan yang tertutup. Dua sisi terbuka memastikan angin terus bertiup, dapur serta bar tetap terbuka untuk area hiburan lainnya di halaman belakang.

Desain Dapur Minimalis Terbuka Bar Style

Konsep dapur terbuka ini menampilkan bilah atas kayu yang menghadap ke area panggangan yang dilapisi dengan kayu hangat yang serasi untuk tampilan yang kohesif.

Desain dapur dengan konsep bar menawarkan tempat makan yang santai. Sementara itu, meja dan kursi berukuran lebih besar yang terletak beberapa meter dari bar dapat digunakan untuk makan sambil duduk dalam jamuan yang lebih luas.

Desain Dapur Minimalis Terbuka Praktis

Dapur terbuka berbentuk L ini menampilkan peralatan baja tahan karat dan ubin bermotif indah. Bahan interior ini memberikan kesan ruang interior. Ventilasi hood yang besar dapat menyedot asap dari panggangan dan menambah dimensi pada ruang luar.

Memasak di luar ruangan tidak terbatas pada pemanggang arang yang biasa digunakan banyak orang.

Dapur modern yang dirancang untuk luar ruangan dapat menampilkan peralatan berteknologi tinggi dan komponen modern untuk menciptakan ruang gaya hidup yang apik dan mudah digunakan.

Desain Dapur Terbuka Dalam Lorong

Memanfaatkan lorong dapur terbuka juga tak kalah menyenangkan untuk dicoba. Karena keterbatasan ruang, Anda bisa mengatasi masalah ini dengan menempatkan lemari model panjang yang dipasang menempel ke dinding.

Untuk penyimpanan tambahan, Anda dapat menggunakan rak terbuka yang dipasang di dinding di atas bak cuci. Perpaduan interior dengan kayu putih dan cokelat menghadirkan siluet luas pada dapur sempit ini.

Desain Dapur Minimalis Yang Elegan

Desain dapur kecil terbuka di belakang rumah minimalis ini memanfaatkan ruang belakang yang berbatasan langsung dengan taman. Dapur didesain dengan konsep minimalis dan menggunakan banyak furnitur yang sederhana dan ringkas.

Penggunaan dinding bata ekspos dan lantai kayu membuat interior dapur menjadi lebih lega. Sementara itu, cahaya yang baik juga diambil dari atap dan jendela kaca besar memisahkan ruang dapur dari taman rumah. Tahukah Anda, penggunaan furnitur yang praktis dan tidak dekoratif di dalam ruangan membuat dapur terlihat rapi, lho.

Desain Dapur Terbuka Nuansa Putih

dapur kecil terbuka di belakang rumah

Desain dapur kecil terbuka di belakang rumah ini menggunakan sistem kabinet berbentuk U. Sistem kabinet berwarna putih dibangun di samping taman tanpa adanya sekat.

Kabinet minimalis dengan bentuk U sangat efektif, selain digunakan sebagai kompor dan wastafel. Salah satu ujung meja dapur juga bisa dijadikan meja bar, lho.

Anda juga bisa memasang kursi bar sebagai tambahan. Untuk memberikan penerangan yang lebih, memasang lampu gantung yang unik adalah pilihan yang tepat. Memasang lampu gantung yang unik juga bisa menjadi elemen dekoratif yang menambah keindahan ruangan.

Desain Dapur Terbuka Sederhana Tapi Tetap Cantik

Desain dapur sederhana yang ini diletakkan di bagian belakang rumah yang dibatasi taman kecil dan kamar mandi. Seperti dapur kecil lainnya, dapur yang satu ini juga menggunakan furnitur berukuran simpel dan minimalis.

Mulai dari meja makan kecil, lemari minimalis hingga lemari dapur gantung juga menggunakan furnitur dengan kesan praktis dan simpel.

Interior ruangan didominasi warna putih, serta penggunaan dapur kayu dan meja makan memberikan kesan hangat dan luas pada dapur kecil.

Desain Dapur Menggunakan Kaca

Desain dapur kecil terbuka di belakang rumah dengan kaca juga akan membuat ruangan terlihat lebih luas. Cahaya yang masuk ke dapur juga akan lebih banyak sehingga ruangan menjadi lebih terang.

Cara pemasangan kaca disini ada dua yaitu kaca yang ditempelkan ke dinding dan kaca yang berfungsi sebagai sliding atau pintu geser. Menggunakan kaca sebagai pintu geser atau sliding door akan membuat Anda dapat memaksimalkan ruang dan fungsi kaca sebagai pembatas saat dibutuhkan.

Desain Dapur dengan Backsplash Keramik Unik

Desain dapur terbuka kecil sederhana berikutnya adalah dengan menggunakan ubin dapur keramik untuk memberikan sentuhan desain yang menarik dan unik. Pilihlah warna dan bentuk keramik yang serasi dan unik untuk membuat dapur Anda terlihat estetik namun sederhana. Penambahan keramik pada dinding dapur juga akan menjadi nilai plus pada ruang dapur Anda.

Desain Dapur dengan Tirai Bambu

Desain terbuka dan sederhana seperti ini akan terlihat lebih menarik dengan pemasangan gorden. Tentunya dengan menggunakan tirai bambu.

Anda bisa menggunakan tirai bambu sebagai sekat antara dapur dan taman belakang. Pada hari yang cerah Anda dapat menarik tirai dan jika hujan Anda dapat menurunkannya untuk perlindungan.  Terlihat menarik bukan?

Desain Dapur Terbuka dengan Lighting

Desain ini akan memberikan kesan hangat dan cozy. Kesan hangat tercipta dengan menambahkan lampu gantung untuk menerangi ruangan.

Selain itu, untuk bagian dinding, Anda juga bisa menambahkan jendela yang terlipat saat dibuka untuk melihat ke luar ruangan seperti kolam ikan kecil. Pilihan desain yang unik ini akan sangat cocok bagi Anda yang tidak memiliki banyak ruang di rumah.

Baca juga: Desain Dapur Terbuka Sederhana Di Belakang Rumah

Dapur Bergaya Mediterania

Desain dapur kecil terbuka di belakang rumah yang satu ini bisa menghadirkan suasana alam yang natural lho.

Anda bisa menggunakan material batu alam untuk mendekorasi ruangan dengan gaya mediterania. Misalnya dapur terbuka yang terletak di bagian belakang rumah. Anda bisa membuat dinding dapur dari batu alam, selaras dengan furnitur di dalamnya. Menarik sekali bukan?

Itulah beberapa contoh desain dapur kecil terbuka di belakang rumah yang bisa dijadikan referensi. Memiliki dapur terbuka di belakang rumah memang sangat disarankan karena bisa membuat suasana memasak menjadi lebih menyenangkan dan segar sehingga tidak terasa membosankan.

Baca profil Dimulti Pool, Perusahaan kontraktor kolam renang yang melayani jasa perencanaan pembangunan, desain kolam renang, renovasi kolam renang rumah pribadi, hotel, apartemen, villa, guess house dan kolam renang umum lainnya yang profesional dan bergaransi.

Leave a Comment