Cara Mengusir Semut dengan 6 Bahan Alami

Kehadiran semut memang bisa jadi masalah yang mengganggu. Tidak hanya berbahaya karena dapat menggigit, namun juga mengganggu secara kenyamanan. Jika Anda mau, ada beberapa cara mengusir semut yang bisa Anda praktekkan. Bahan yang diperlukan sangat sederhana dan mudah dicari.

Kehadiran gerombolan semut yang tidak diundang pastinya akan mengganggu kenyamanan Anda saat berada di dalam rumah. Semut merupakan salah satu jenis serangga yang diperkirakan memiliki lebih dari 12.000 spesies yang berbeda.

Semut sering ditemukan di tiap sudut rumah terutama saat area tersebut dipenuhi oleh benda atau zat dengan rasa manis seperti tumpahan gula atau madu.

Sebagaimana yang dijelaskan di wikipedia, semut adalah semua serangga anggota suku Formicidae, bangsa Hymenoptera. Semut memiliki lebih dari 12.000 jenis (spesies), sebagian besar hidup di kawasan tropika.

Sebagian besar semut dikenal sebagai serangga sosial, dengan koloni dan sarang-sarangnya yang teratur beranggotakan ribuan semut per koloni.

Anggota koloni terbagi menjadi semut pekerja, semut pejantan, dan ratu semut. Dimungkinkan pula terdapat kelompok semut penjaga.

Satu koloni dapat menguasai daerah yang luas untuk mendukung kehidupan mereka. Koloni semut kadangkala disebut “superorganisme” karena koloni-koloni mereka yang membentuk sebuah kesatuan.

Meskipun ukuran tubuhnya yang relatif kecil, semut termasuk hewan terkuat di dunia. Semut jantan mampu menopang beban dengan berat lima puluh kali dari berat badannya sendiri, dapat dibandingkan dengan gajah yang hanya mampu menopang beban dengan berat dua kali dari berat badannya sendiri.

Semut hanya tersaingi oleh kumbang badak yang mampu menopang beban dengan berat 850 kali berat badannya sendiri.

Cara Mengusir Semut Menggunakan Bahan Alami yang Ampuh

Cara Mengusir Semut, Cara Mengusir Semut agar tidak datang lagi, Cara Mengusir Semut api
ada banyak cara mengusir semut dengan metode alami – narmadi.com/properti

Datangnya semut akan bertambah mengganggu jika melukai bagian kulit kita dan menyebabkan rasa gatal seperti semut merah.

Lalu, bagaimana cara mengusir semut yang efektif dan aman?. Kali ini kami akan mengulas untuk Anda tentang cara mengusir semut dari rumah minimalis Anda, berikut tipsnya :

1. Lada (Merica)

Lada dikenal dengan rasa pedasnya yang khas. Rasa pedas inilah yang tidak disukai oleh semut. Untuk menggunakannya, Anda tinggal menaburkan beberapa bubuk garam ke area yang sering didatangi oleh semut.

2. Bubuk Cabai 

Selain lada, bubuk cabai yang memiliki rasa pedas juga ampuh mengusir semut di area rumah. Sama halnya dengan lada, Anda cukup menaburkan bubuk cabai ke area semut berada.

3. Cuka

Cuka merupakan salah satu jenis penyedap yang memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Rasa asam ini juga tidak disukai oleh semut sehingga efektif mengusirnya dari dalam rumah.

Anda bisa membuat semprotan cuka dalam kemasan botol kemudian semprotkan pada daerah yang sering dihinggapi oleh semut.

4. Daun Mint 

Cara Mengusir Semut, Cara Mengusir Semut agar tidak datang lagi, Cara Mengusir Semut api
daun mint efektif bisa mengusir semut pada rumah minimalis Anda – cara mengusir semut – narmadi.com/properti

Daun mint merupakan salah satu bahan herbal yang sering dijadikan tanaman obat untuk melegakan pernapasan. Daun mint ternyata ampuh mengatasi kerumunan semut yang mendiami rumah Anda.

Sediakan daun mint yang sudah kering kemudian hancurkan hingga halus dan tebar ke area yang menjadi sarang semut.

5. Garam 

Satu lagi cara yang cukup ampuh mengusir semut adalah dengan garam. Garam merupakan bahan yang multifungsi untuk mengatasi segala jenis permasalahan baik gangguan kesehatan hingga masalah di rumah Anda seperti semut. Tebarkan garam ke sarang semut atau area yang sering dilalui.

6. Gunakan aroma feromon esensial

Mengusir semut menjadi pekerjaan rumah yang dilematis bagi ibu. Jika mengenyahkannya dengan menyemprot bahan kimia, maka akan berdampak buruk pada kesehatan keluarga.

Ada metode yang tidak membunuh semut, melainkan menghalangi jalan mereka memasuki rumah. Semut berjalan ke lokasi makanan dengan menggunakan aroma feromon semut lainnya. Minyak esensial maupun cuka mampu memblokir bau ini dan menyebabkan semut kehilangan navigasinya.

Demikian ulasan kami tentang cara mengusir semut secara efektif pada rumah minimalis Anda. Jika berkenan, silahkan baca artikel kami tentang cara mengusir laron tanpa mematikan lampu di taitan tersebut. Laron sendiri bisa jadi masalah jika Anda tidak bisa mengantisipasinya. So, silahkan dibaca dan semoga bermanfaat ya. (ls.) editted by RN11042021, 15/02/2022 by diminimalis

Lutfi N

Menulis seputar property sejak tanggal 7 Agustus 2016. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar konsep hunian. Topik yang disukai adalah topik yang mengedepankan kenyamanan tempat tinggal.

All Post | Website


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *