Harga Tanaman Bonsai Serut dan 5 Kelebihannya

Harga tanaman bonsai serut dijual dengan bandrol yang bervariatif. Tergantung bentuk dan nilai seni yang ditampilkan.

Ada banyak sekali jenis tanaman hias yang bisa digunakan untuk mempercantik halaman rumah Anda. Salah satu jenis tanaman hias tersebut adalah bonsai.

Bonsai berasal dari Jepang yang kemudian merambah hingga ke Indonesia. Jenis tanaman bonsai ini sudah ada sejak dulu dan masih menjadi tanaman hias yang cantik dan banyak diminati.

Tanaman bonsai adalah jenis tanaman yang secara sengaja dibuat kerdil dan menyerupai miniatur dari tanaman aslinya. Bonsai dapat dibuat dari beberapa jenis tanaman. Salah satunya adalah bonsai serut.

Bonsai serut adalah tanaman yang dikerdilkan atau bonsai yang berasal dari pohon serut.

Harga Tanaman Bonsai Serut, harga bonsai serut termahal, harga bonsai serut bakalan, bonsai serut mini, harga pohon bonsai kecil, gambar bonsai serutbonsai serut besar, bonsai serut merah, harga bonsai asem
Harga tanaman bonsai serut sangat mahal karena nampak eksotis – narmadi.com

Harga Tanaman Bonsai Serut dan Apa yang Unik

Tanaman bonsai serut juga dikenal dengan nama latinnya yaitu Streblus Asper. Tanaman bonsai serut rupanya menjadi salah satu jenis tanaman bonsai yang paling banyak diminati oleh para pecinta tanaman hias.

Pasalnya, tanaman bonsai jenis ini memiliki bentuk tanaman yang unik dengan tekstur batangnya yang berwarna putih dan daunnya yang berbentuk kecil lebat.

Jika Anda tertarik untuk memilikinya, maka Anda perlu mengetahui terlebih dahulu harga tanaman bonsai serut ini.

Kelebihan Tanaman Bonsai Serut Dibandingkan Bonsai Lain

Harga Tanaman Bonsai Serut, harga bonsai serut termahal, harga bonsai serut bakalan, bonsai serut mini, harga pohon bonsai kecil, gambar bonsai serutbonsai serut besar, bonsai serut merah, harga bonsai asem
Tanaman bonsai serut memiliki postur yang indah dan menawan untuk dibentuk – narmadi.com

Tanaman bonsai serut memiliki daya tarik yang lebih jika dibandingkan dengan tanaman bonsai lainnya.

Dibalik itu, tahukah Anda mengapa tanaman bonsai serut lebih diminati pecinta tanaman hias dibandingkan dengan tanaman bonsai lainnya?

Jawabannya adalah karena tanaman bonsai serut memiliki bentuk dan tampilannya yang unik.

Daunnya yang kecil dan sangat lebat akan terlihat sangat menggemaskan. Apalagi jika tanaman bonsai serut memiliki umur yang sudah tua, tampilannya justru sangat menarik karena batang pohonnya terlihat besar dan sangat kokoh.

Di samping itu, tanaman bonsai serut ini rupanya memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh tanaman bonsai lainnya.

Kelebihan tanaman bonsai serut dibandingkan dengan bonsai lainnya, antara lain:

Harga Tanaman Bonsai Serut, harga bonsai serut termahal, harga bonsai serut bakalan, bonsai serut mini, harga pohon bonsai kecil, gambar bonsai serutbonsai serut besar, bonsai serut merah, harga bonsai asem
Tanaman bonsai serut memiliki harga yang fantastis dibandingkan dengan bonsai lain – narmadi.com

1. Harga yang Lebih Fantastis

Harga pohon bonsai serut rupanya cukup fantastis jika dibandingkan dengan harga bonsai lainnya.

Hal ini jika dilihat dari penilaian bentuk fisik dari bonsai serut yang unik dan mampu memikat hati.

2. Daun yang Berguguran di Musim Kemarau

Kelebihan bonsai serut yang tak kalah menarik adalah tanaman bonsai serut ini dapat menggugurkan daun-daunnya pada musim kering atau kemarau. Fakta menarik ini tentu sangat jarang kita jumpai pada bonsai jenis tanaman lainnya.

Faktor tanaman bonsai serut menggugurkan daun-daunnya rupanya bertujuan untuk mengurangi kebutuhan kadar airnya.

3. Usia yang Mencapai Ratusan Tahun

Bonsai tanaman lain mungkin usianya hanya mencapai puluhan tahun saja. Berbeda dengan tanaman bonsai serut ini yang mampu bertahan hingga ratusan tahun.

Akan tetapi, agar usia bonsai serut dapat mencapai ratusan tahun memang dibutuhkan perawatan yang rutin dan intensif.

Menariknya, semakin tua usia pohon bonsai serut maka nilai jual atau harga tanaman bonsai serut ini pun akan semakin tinggi.

4. Jenis Tanaman Bonsai Serut Berdaun Merah Merona

Rupanya, tanaman bonsai serut tidak hanya memiliki daun berwarna hijau monoton saja. Melainkan tanaman bonsai serut ini juga memiliki jenis yang berdaun merah merona.

Warna merah yang dihasilkan dari daun bonsai serut disebabkan oleh pigmen daun bonsai serut yang berwarna merah. Warna merah pada daun bonsai serut ini akan memiliki nilai plus jika dibandingkan dengan tanaman bonsai lainnya karena dinilai unik dan menarik.

5. Batang Tanaman Bonsai Serut Elegan

Karakter dari batang bonsai serut adalah berlumut dan lembab sehingga tampilannya akan terkesan elegan dan menarik. Apalagi jika batang bonsai serut ini sudah berwarna putih besar dan kekar maka akan terlihat semakin elegan.

Harga Tanaman Bonsai Serut Dibanding Bonsai Lain

Bagi Anda yang ingin memiliki pohon bonsai serut, berikut akan kami ulas harga tanaman bonsai serut serta perbandingannya dengan tanaman bonsai lainnya.

Pada umumnya, jenis tanaman bonsai memang memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan tanaman hias lainnya.

Sedangkan masing-masing jenis tanaman bonsai akan dinilai atau dijual bervariasi berdasarkan jenis pohon, keindahan, perawatannya serta usia dari pohon bonsai tersebut.

Jika dibandingkan dengan tanaman bonsai lain, bonsai serut ini memang memiliki harga yang lebih mahal. Sehingga, jika bonsai serut tidak dirawat dan memiliki bentuk yang kurang menarik maka jangan heran apabila nilai jual bonsai serut lebih rendah.

Semua memang bergantung pada kondisi bonsai tersebut. Jika Anda menginginkan bonsai serut memiliki nilai jual yang lebih tinggi maka rajin-rajinlah merawatnya.

Jika usia bonsai serut sudah tua hingga puluhan atau ratusan tahun maka harganya akan mencapai harga yang fantastis.

Jika Anda tertarik untuk memiliki  bonsai serut sebagai tanaman hias di rumah maka Anda bisa langsung membeli tanaman bonsai serut yang sudah jadi. Akan tetapi, jika budget yang Anda miliki minim, tak perlu khawatir.

Pasalnya, Anda bisa membeli bonsai bahan serut yang dibandrol mulai dari Rp 100.000 saja. Selanjutnya, Anda dapat melakukan perawatan sendiri di rumah hingga bonsai serut tumbuh besar dan memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

Jika Anda menginginkan bonsai serut yang sudah berukuran besar dan usianya sudah cukup tua, maka siapkan budget antara Rp 2,5 hingga Rp 50 jutaan. Untuk itu, memang penting bagi Anda untuk memantau harga tanaman bonsai serut di pasaran.

Demikian artikel tentang harga tanaman bonsai serut dan perbandingannya dengan bonsai lain. Jangan lupa juga untuk memahami cara merawat bonsai asem jawa agar berdaun lebat supaya menghasilkan tampilan yang cantik. 

Semoga dapat menjadi referensi untuk Anda pecinta bonsai.(us) – Editor: RN26032019, 02/02/2022 UN

Lutfi N

Menulis seputar property sejak tanggal 7 Agustus 2016. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar konsep hunian. Topik yang disukai adalah topik yang mengedepankan kenyamanan tempat tinggal.

All Post | Website


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *