Berapa Kedalaman Septic Tank yang Ideal? Ini Standar dan Langkah Membuatnya

Rumah yang sehat perlu memperhatikan beberapa faktor, salah satunya adalah keberadaan septic tank yang instalasinya sehat.

Tentunya kedalaman septic tank yang ideal menjadi salah satu hal yang perlu jadi perhatian. Perlu Anda ketahui bahwa ketinggian, jarak dan ukuran septic tank harus sesuai dan pas alias lebih rendah dari kloset.

Ya, hal ini dikarenakan struktur septic tank yang buruk akan berpengaruh pada lingkungan, yakni dapat mencemari lingkungan sekitar. 

Oleh karena itu, jika Anda berencana membangun septic tank, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah kedalamannya. 

Selain itu, kedalaman septic tank yang ideal dapat mencegahnya cepat penuh serta terhindar dari resiko ledakan. 

Kedalaman Septic Tank yang Ideal dan Wajib Anda Ketahui

Saking pentingnya septic tank rumah, pemerintah pun mengeluarkan aturan yang harus dipatuhi. Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 3 Tahun 2014 tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.

Sedangkan dalam ketentuan Standar Nasional Indonesia (SNI) 2398:2017, septic tank harus kedap air dan memiliki bagian penyimpanan dan pengolahan limbah dengan kecepatan aliran lambat.

Secara umum, kedalaman septic tank yang ideal adalah 1,5 hingga 1,8 meter. Namun, kedalaman septic tank juga bisa bergantung pada jumlah penghuni rumah.

Jika septic tank digunakan bersamaan, ukuran dan kedalaman septic tank yang disarankan juga harus besar. 

Berikut ini adalah aturan ukuran septic tank jenis terpisah (khususnya untuk tinja dan urine) berdasarkan jumlah penggunanya: 

  • 10 orang : Volume 1,66 meter kubik ( panjang 1,6 m, lebar 0,8 m, tinggi 1,3 meter )
  • 15 orang : Volume 2,5 meter kubik  ( panjang 1,8 m, lebar 1 m, tinggi 1,4 meter )
  • 20 orang : Volume 2,9 meter kubik  ( panjang 2,1 m, lebar 1 m, tinggi 1,4 meter )
  • 50 orang : Volume 5,2 meter kubik  ( panjang 3,2 m, lebar 1,6 m, tinggi 1,7 meter )

Pada kedalaman yang disarankan, septic tank bisa digunakan selama bertahun-tahun tanpa penyedotan. Akan tetapi, perlu diingat bahwa penyedotan tergantung juga dari seberapa sering Anda dan penghuni lainnya menggunakan septic tank tersebut. 

6 Langkah Mudah Dalam Pembuatan Septic Tank dan Mengatur Kedalamannya

kedalaman septic tank yang ideal

Kedalaman septic tank yang ideal bergantung pada beberapa faktor seperti jenis tanah di sekitarnya, jumlah anggota rumah dan volume air yang dibuang.

Namun, jika tanah di sekitar septic tank memiliki sifat yang tidak mencukupi, seperti tanah berpasir atau tanah yang gampang retak, kedalaman septic tank yang ideal dapat bervariasi.

Pada kondisi tanah seperti itu biasanya diperlukan kedalaman yang lebih dalam lagi untuk mencegah limbah mencemari air tanah atau permukaan tanah. Selain kedalaman, penting juga untuk memastikan bahwa area di sekitar septic tank memenuhi persyaratan kesehatan dan lingkungan.

Jarak antara septic tank dengan sumur atau sumber air minum minimal 30 meter untuk menghindari pencemaran. Tak hanya itu,  sebaiknya tidak ada tanaman atau bangunan di atas atau di dekat septic tank untuk mencegah kerusakan dan kemudahan perawatan. 

Yuk langsung saja intip langkah mudah dalam membuat kedalaman septic tank yang ideal berikut ini :

Menentukan Lokasi dan Ukuran Septic Tank

Langkah pertama dan utama dalam membuat septic tank adalah menentukan letak serta ukuran septic tank. Lokasi yang dipilih harus jauh dari sumber air tanah dan air permukaan agar tidak terjadi pencemaran lingkungan lebih lanjut.

Ukuran septic tank tergantung pada jumlah penghuni rumah tangga dan jumlah limbah yang dihasilkan. Semakin banyak penghuni rumah dan semakin banyak limbah yang dihasilkan, maka septic tank yang dibutuhkan juga akan semakin besar. 

Menentukan Kedalaman Septic Tank

Kedalaman septic tank yang ideal biasanya minimal 2 meter di atas permukaan tanah. Hal ini dilakukan agar limbah yang masuk ke septic tank bisa terendapkan dengan baik dan tidak mencemari lingkungan sekitar.

Lebih lanjut, kedalaman septic tank yang ideal juga dapat mencegah kerusakan akibat beban berat pada tanah di atasnya. 

Menghitung Volume Septic Tank

Volume septic tank bisa dihitung dengan menggunakan rumus panjang x lebar x kedalaman. Namun, untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan ahlinya. 

Baca juga: Sanitasi Septic Tank Biotech yang Ramah Lingkungan, Ini 4 Keuntungan untuk Rumah Anda

Memastikan Jenis Tanah Yang Digunakan

Jenis septic tank juga dipengaruhi oleh tanah dimana kedalaman septic tank yang ideal harus dipikirkan secara matang. Tanah yang digunakan harus tahan air dan tidak gampang longsor. Tanah yang cocok untuk pembuatan septic tank adalah tanah liat atau tanah berpasir.

Jika tanah yang digunakan tidak sesuai, maka harus dibor atau dibuatkan pondasi khusus agar septic tank tidak rusak atau bergeser. 

Mempersiapkan Bahan Dan Alat

Setelah menentukan kedalaman septic tank, langkah selanjutnya adalah menyiapkan bahan dan alat yang akan dibutuhkan untuk membuat septic tank tersebut.

Beberapa bahan yang dibutuhkan adalah batu kali, pasir, semen dan pipa PVC. Alat lain yang dibutuhkan termasuk sekop, cangkul, penggaruk dan sepatu boot. 

Baca juga: 5 Kriteria Septic Tank ideal untuk Rumah Sehat

Melakukan Pengerjaan

Setelah semua lima langkah sebelumnya selesai, langkah selanjutnya adalah proses pengerjaan. Ada beberapa proses yang dilakukan dalam pengerjaan ini seperti pembuatan septic tank.

Septic tank tanam terdiri dari dua ruang, yaitu ruang pengendapan dan ruang penyimpanan atau penampungan. Pipa dan filter media perlu dipasang di area penyimpanan tersebut.

Tujuan dari filter media adalah untuk menyaring limbah sebelum tersebar ke tanah. Disamping itu, perlu juga dipasang saluran pembuangan yang menghubungkan septic tank ke lapangan tanam atau lubang resapan. Saluran pembuangan harus dipasang dengan tepat untuk menghindari kebocoran atau kerusakan pada sistem. 

Nah, itu dia pembahasan seputar septic tank dan berbagai strategi yang bisa diterapkan. Termasuk soal berapa kedalaman septic tank yang ideal untuk dibuat di rumah minimalis Anda.

Itulah pembahasan lengkap tentang kedalaman septic tank yang ideal beserta langkah-langkah pembuatannya. Semoga artikel ini bisa membantu dalam menentukan septic tank yang tepat untuk bangunan Anda ya.

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website