Cara Hemat Membuat Carport Minimalis

Carport minimalis merupakan solusi bagi Anda yang ingin menyediakan ruang khusus parkir kendaraan namun terkendala dengan luas lahan yang terbatas.

Kendaraan yang biasanya di tempatkan pada garasi, bisa digantikan dengan keberadaan carport.

Selain memiliki fungsi sebagai pelindung kendaraan dari cuaca panas dan hujan, carport juga dapat memperindah tampilan / desain fasad rumah Anda.

Bentuk carport yang bisa Anda bentuk sesuai keinginan akan sangat membantu menciptakan fasad rumah yang indah.

Jadi, gunakan ketelitian dan kecermatan Anda ketika hendak membuatnya agar diperoleh hasil yang diinginkan.

Desain Carport Minimalis Modern

Seiring dengan berkembangnya dunia properti sekarang ini banyak orang yang lebih memilih carport minimalis modern sebagai tempat menyimpan mobil dibandingkan dengan menggunakan garasi di dalam rumah.

Alasannya karena keterbatasan lahan yang ada sehingga lebih mendahulukan memanfaatkan lahan yang ada sebagai rumah.

Untuk Anda yang hendak membangun carport minimalis di rumahnya, ada baiknya mempertimbangkan beberapa hal berikut ini, agar diperoleh carport yang tidak hanya kuat dan indah namun juga bisa menampung kebutuhan yang ada. Selamat menyimak.

Hitung kebutuhan lahan

Luas lahan yang dibutuhkan untuk membangun carport minimalis sebetulnya seragam, yaitu sekitar 3 meter.

Tetapi jika Anda memiliki kendaraan lain seperti sepeda atau motor yang ingin Anda amankan dari terkena panas atau air saat hujan, penambahan luas mesti dilakukan sesuai kebutuhan.

Tinggi carport (pail)

Penentuan tinggi carport yang tepat akan memudahkan Anda saat memarkirkan kendaraan.

Idealnya lantai carport minimalis memiliki selisih tinggi dengan jalan sekitar 10 cm – 15 cm dan posisinya sedikit miring.

Namun sudutnya tidak terlalu besar, agar mobil tidak terlalu menahan yang nantinya berpengaruh pada sistem rem kendaraan.

Kanopi carport

model carport minimalis
model carport minimalis dengan kanopi terbaik

Berbagai pilihan bahan di pasaran yang dapat Anda gunakan untuk membuat carport semakin memudahkan dalam penentuan model carport minimalis.

Bahan seperti beton, kayu, besi tempa, besi galvanized, stainless steel atau kombinasi dari bahan tersebut dapat Anda gunakan.

Apapun material pilihan Anda pastinya masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan yang berbeda.

Bahan dari beton misalnya, umur penggunaan akan jauh lebih lama dibandingkan dengan bahan lain namun membutuhkan biaya yang tidak sedikit dalam membuatnya.

Adapun bahan dari kayu, secara segi biaya tergolong murah namun sangat mudah rusak jika terkena air dan rayap.

Sebagai bahan penutup kanopi, ada baiknya menggunakan bahan yang tidak gelap namun juga tidak terlalu transparan agar halaman rumah minimalis Anda tidak terkesan sumpek.

Bahan yang paling umum digunakan sebagai material penutup kanopi adalah bahan poli karbonat. Selain bahan polikarbonat, bahan seperti asbes, mika dan fiberglas juga dapat Anda gunakan.

Jika Anda lebih condong untuk menggunakan bahan polikarbonat sebagai penutup kanopi, kecermatan dan ketelitian harus dilakukan ketika memilih bahan tersebut.

Hal ini dilakukan untuk menghindari pemilihan yang salah dikarenakan secara tampilan polikarbonat cenderung sama saat pemakaian baru. Tim Narmadi sarankan pilihlah polikarbonat yang memiliki garansi.

Material lantai

Lantai carport minimalis memiliki fungsi sebagai penyangga beban mobil, oleh karena itu pilihlah bahan yang kuat sehingga bisa berumur lama.

Bahan material lantai carport minimalis yang bisa Anda gunakan diantaranya adalah batu alam, keramik, cor beton, grass block dan paving block. Konsep carport batu alam dapat Anda gunakan agar tampilan fasad rumah terkesan lebih natural.

Desain Carport Rumah Minimalis

Penempatan carport harus disesuaikan dengan desain rumah Anda untuk menciptakan keserasian dan menimbulkan estetika sebuah hunian.

carport minimalis
carport minimalis

Berikut ini kami sajikan beberapa desain carport modern yang cocok untuk desain rumah Anda.

1. Memadukan carport dengan bahan kayu dan warna hitam

Desain pertama yang cocok sebagai bahan rekomendasi pada carport rumah Anda adalah memadukan unsur kayu dan warna hitam.

Material kayu tidak hanya cocok untuk diaplikasikan di dalam ruangan, namun diterapkan di luar ruangan pada carport juga sangat cocok.

Unsur dari kesederhanaan kayu akan menjadi lebih elegan dan mewah apabila diberikan aksen warna hitam diantara penempatan material kayu.

2. Menghiasi carport dengan batu alam

Penggunaan batu alam pada carport akan menciptakan kesan alami dan unik. Selain itu, material ini juga dapat membawa kesejukan tersendiri bagi Anda.

Pilihlah batu alam dengan warna yang sesuai dengan fasad rumah Anda. Pada umumnya warna cream atau cokelat menjadi pilihan sebagian penikmat batu alam.

3. Menggunakan warna hitam sebagai warna dominan carport

Warna hitam pada carport akan memunculkan kesan yang elegan pada rumah Anda. Warna ini akan sangat cocok apabila dipadukan dengan cat tembok dengan warna yang terang atau netral, misalnya putih.

Namun, jika cat tembok Anda ternyata bukan warna yang terang atau redup, Anda dapat menggunakan warna terang pada carport Anda.

4. Menambahkan rumput pada lantai carport

Bagi Anda yang menyukai alam dan tumbuhan hijau, Anda dapat menambahkan rumput hias pada lantai depan carport.

Sebelum menanam rumput di depan carpot, terlebih dahulu Anda membuat jalan yang terbuat dari bata atau yang lainnya untuk lalu lintas mobil. Jalan terdiri dari bata yang disusun secara horizontal (memanjang) hingga ke bibir jalan.

Buatlah jalan tersebut dengan panjang kira-kira 5 meter, kemudian buatlah jalan yang serupa di samping jalan yang telah jadi.

Beri jarak kira-kira 1 meter diantara jalan tersebut. Setelah jalan itu tersusun rapi, baru Anda dapat menambahkan rumput di kanan dan kirinya.

5. Menggunakan semen dan beton

Unsur alam lainnya yang dapat Anda aplikasikan pada carport adalah penggunaan semen dan beton.

Perpaduan kedua bahan ini dapat menimbulkan kesan klasik. Bahan ini dapat menambah kesan mewah apabila Anda menggunakan cat warna abu-abu pada tembok rumah Anda.

6. Menggunakan warna carport serba hitam

Anda yang menyukai warna gelap, mungkin warna hitam sangat cocok sebagai warna yang dominan di carport Anda.

Mobil Anda akan terlihat lebih hidup diantara warna gelap apabila mempunyai warna yang cerah, seperti putih.

7. Menggunakan pagar sebagai upaya pengamanan carport

Carport memang sebuah bangunan yang di desain terbuka dan tidak mempunyai pintu sehingga mempunyai tingkat rawan pencuri yang cukup tinggi.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi pencurian, Anda dapat menggunakan pagar rumah dari besi sebagai solusi aman menjaga kendaraan Anda.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat menambahkan CCTV sebagai upaya antisipasi apabila maling berhasil melompat pagar. Rekaman CCTV yang bisa pantau lewat hp jarak jauh bisa dipilih.

Dengan adanya cctv tersebut dapat Anda jadikan bukti untuk mengetahui pelaku pencurian.

Baca juga: artikel tentang cara pasang CCTV dan tata ruang peruntukan lahan untuk rumah minimalis, termasuk carport dan teras.

Demikianlah ulasan kali ini mengenai cara cermat dan hemat membuat carport minimalis dan desain modern yang dapat Anda terapkan.

Semoga carport yang Anda inginkan bisa segera terwujud dengan cepat dan juga dengan biaya terjangkau dan tentunya dengan desain yang elegan. Salam. (Is) editor: AL17052020, 22/07/2022 UN.

Arif N

Menulis seputar hunian sejak tanggal 25 Mei 2016. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain rumah minimalis, interior, eksterior, landscape dan juga aquascape. Topik yang disukai adalah topik yang mengedepankan kenyamanan di sekitar rumah tinggal. Topik tulisannya seputar

All Post | Website


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *